Ada Benjolan di Leher Si Kecil

Ada Benjolan di Leher Si Kecil

Jika suatu hari Anda mendapati ada benjolan di tubuh si kecil.
Cermati dengan baik, waspadai potensi menjadi ganas…


Jika suatu hari Anda mendapati ada benjolan di tubuh si kecil. Cermati dengan baik, waspadai potensi menjadi ganas.

Benjolan merupakan pembesaran kelenjar yang merupakan reaksi pertahanan tubuh akibat adanya infeksi. Benjolan bisa muncul di mana saja, yang paling sering ditemukan adalah di kelenjar-kelenjar. Secara umum benjolan disebut dengan tumor, bisa jinak atau ganas.

Kapan kita mesti curiga adanya keganasan?

•    benjolan/pembengkakan tanpa rasa nyeri
•    benjolan membesar dengan cepat
•    benjolan disertai demam berkepanjangan dan nafsu makan menurun

Pembesaran kelenjar bisa jadi oleh karena proses infeksi seperti Tuberkulosis (TBC). Sayangnya seringkali kecurigaan adanya TBC menyebabkan benjolan lambat ditangani.

Untuk memastikan TBC perlu dilakukan tes Mantoux, pemeriksaan laboratorium, dan ronsen dada.

Untuk memastikan ganas/tidaknya benjolan sebaiknya dilakukan biopsi terbuka (open biopsy), yang merupakan gold standard.
Setelah dipastikan bahwa benjolan tergolong ganas, dilakukan CT scan untuk mengetahui primer (letak keganasan) serta penyebarannya.

Tatalaksana benjolan

  1. Pertama-tama harus dibuktikan benjolan tsb jinak atau ganas, bila tidak terbukti adanya infeksi (jinak) maka perlu dilakukan pengangkatan.
  2. Setelah diangkat, ahli patologi anatomi akan menilai dibawah mikroskop jenis sel tersebut, dan  untuk menilai apakah tepi sayatan dari bagian yang diangkat telah ‘bersih’, artinya tidak ada lagi tumor yang tersisa.
  3. Terapi lanjutan setelah operasi pengangkatan adalah kemoterapi dan radiasi, untuk membasmi mikrometastasis (penyebaran sel). Sayangnya banyak orangtua khawatir akan efek samping kemoterapi, yakni efek mual, sariawan, rambut rontok, dsb.

Berdasarkan catatan di RSCM, keganasan yang kerap ditemukan adalah:

1.    Leukimia
2.    Retinoblastoma
3.    Limfoma
4.    Kanker suprarenal (anak ginjal)

Angka keberhasilan penanganan keganasan pada anak semakin baik. Deteksi dini adalah kata kunci penting dalam penanganan. Orangtua sebaiknya peka terhadap segala perubahan yang terjadi pada anak. Biasanya saat yang tepat untuk mengetahui adanya benjolan adalah saat memandikan si kecil.

Referensi
Philip A Pizzo & David G. Poplack. Principles and Practice of Pediatric Oncology. Fourth edition. 2002
RH Sills. Practical Algorithme in Pediatric Hematology and Oncology. 2003

  • martadinata

    boleh taya seberapa penting untuk imunisasi?, sekarang yang saya tahu imunisasi proses pembuatannya banyak tidak halal seperti penggunakan pada organ babi, organ monyet, dan organ bayi aborsi dll.ini yang membuat kita khawatir untuk mengimunisasi anak kita, apa di firman Allah, bahwa makanan maupun obat-obat halal dan thoyiban.apakah semua imunisasi serperti yang saya katakan halal dan prosesnya pembuatan baik..apakah ada selain imunisasi membuat anak kita tertahan berbagai penyakit,?apakah saya memberikan madu, sari kurma dan obat tradisonal sudah cukup untuk melengkapi imunisasi?. pencegahan tidak hanya lewat imunisasi kerennya.itupun yang memberi tau adalah seorang dr spesialis anak di wilayah kami