Bagaimana cara menyimpan telur ?

Bagaimana cara menyimpan telur ?

Bahwa telur merupakan penyumbang energi yang baik bagi tubuh tentu sudah tak perlu dipertanyakan lagi, namun bagaimana memperlakukan telur agar manfaatnya bisa optimal?

Kemajuan ekonomi suatu masyarakat diikuti dengan meningkatnya konsumsi telur. Amerika Serikat dapat dikatakan sebagai konsumsi telur tertinggi akni 314 butir telur per orang per tahun. Inggeris 290 butir, Jepang 269 butir, sedangkan Indonesia 50 butir.

T: Bolehkah mencuci telur?

J: Bila kita membeli telur, seringkali masih banyak kotoran yang menempel di kulitnya. Hati-hati kulit telur yang kotor dapat menjadi sarang bagi bakteri Salmonella. Oleh karenanya, biasakan untuk mencuci telur sebelum menyimpannya di lemari es. Semakin lama disimpan, umumnya putih telur aan semakin encer, yang bila dipecahkan dan diletakkan di piring kelihatan melebar.

Setelah Anda mencuci telur, keringkan dan simpan di dalam lemari es. Sebaiknya, jangan terlalu lama menyimpannya, karena telur mengeluarkan H2O dan CO2, sehingga semakin lama penyimpanan telur akan menjadi semakin ringan, selain itu terbentuk ruang udara ang semakin besardi dalam cangkang dan akhirnya teur menadi semakin encer.

summerrosefarm.webs.com

T: Bagaimana menyimpannya? Yang lancip di bawah atau yang bulat?

J: Banyak pendapat soal menyimpan telur, ada yang bilang bahwa bagian yang lancip di bawah, sebagian lagi berpendapat yang bulat yang di bawah.

Cara menyimpan telur yang dianjurkan adalah dengan meletakkan ujung tumpul menghadap ke atas. Posisi ini akan menstabilkan posisi kuning telur. Jika kita menginginkan telur mata sapi dengan kuning telur di tengah maka simpan secara horizontal, tetapi bila kita menginginkan telur mata sapi yang agak ‘melirik’ simpan dengan tegak lurus. Pada dasarnya uning telur akan cenderung bergerak ke atas (semula di tengah) pada saat penyimpanan.

T: Benarkah telur setengah matang lebih sehat?

J: Telur setengah matang? Jangan ah! Prose pemasakan telur, baik direbus maupun digoreng tidak terlalu signifikan dalam menurunkan kualitas gizi telur. Oleh karenanya, disarankan untuk mengonsumsi telur dalam keadaan matang. Kontaminasi bakteri pada telur mentah bisa mendatangkan risiko kesehatan yang tidak dikehendaki, misalnya saja infeksi bakteri Salmonella, yang menyebabkan mual, muntah dan pusing.

T: Mana lebih baik? Telur ayam, bebek, atau puyuh?

J: Kandungan protein ketiga jenis telur ini hamper sama, namun telur bebek memiliki kandungan lemak lebih tinggi.

Anak-anak lebih menyukai telur puyuh, 6 butir telur puyuh setara dengan sebutir telur ayam.

BOKS

Kandungan gizi telur (TOLONG DIBUAT BENTUK TABEL)

Telur kalori protein(gr) lemak (gr) besi (mg) vitamin A (IU)
Utuh 8 6 6 1,0 260
Putih telur 15 3 sedikit sedikit 0
Kuning telur 65 3 6 0,9 310
Telur goring 85 5 6 0,9 290
Telur rebus 80 6 6 1,0 260

 

 

  • yuli

    owh begitu ya….selama ini saya tidak tau ilmunya…mksh sudah berbagi ilmu.