Cermati penyebab infeksi saluran reproduksi

28

infeksi.gif Sebenarnya tak mudah area genitalia wanita terserang infeksi. Beberapa mekanisme pertahanan terhadap kuman mulai dari vagina hingga saluran tuba falopii tersedia. Vagina memiliki dinding cukup tebal dan bakteri Doderlein yang mengeluarkan asam laktat, menciptakan suasana asam yang membuat kuman tak betah.

Sedangkan mulut rahim memiliki kelenjar yang mengeluarkan lendir kental, juga endometrium yang mengeluarkan darah haid yang salah satunya berperan membersihkan dinding rahim sendiri. Saluran tuba falopii juga memiliki rambut getar dan gerakan ritmis yang turut mengusir kuman.

Infeksi saluran reproduksi bisa dicetuskan berbagai hal, misalnya proses persalinan. Pasalnya, saat ini keadaan ibu menurun, terdapat luka pada jalan lahir akibat persalinan, hubungan saluran reproduksi dengan dunia luar lebih terbuka, dan cairan nifas yang disenangi kuman. Namun, saluran reproduksi bisa pula terinfeksi tanpa pencetus, salah satunya penyakit menular seksual.

Salah satu gejala yang paling mudah dikenali adalah leukorea. Yang perlu diingat, leukorea alias keputihan tak selamanya “jahat”. Ada pula keputihan yang normal yaitu terjadi pada bayi baru lahir, remaja yang baru haid, saat berhubungan intim, saat masa subur, atau sedang stres. Yang harus dicurigai adalah keputihan yang terjadi akibat infeksi atau pun proses keganasan.

Infeksi bisa saja terjadi di semua organ genitalia dan biasanya pun disebabkan kuman yang khas. Inilah beberapa di antaranya.

Bartolinitis

Dalam pintu masuk saluran reproduksi kita, terdapat kelenjar bartolin yang dapat terinfeksi oleh beberapa jenis kuman. Kita akan mengeluh nyeri dan rasa panas di area yang terkena dan kelenjar bartolin akan memerah dan membesar. Obatnya antibiotika dan nanah perlu dikeluarkan. Bila infeksi terjadi berulang, bisa terbentuk kista kelenjar bartolin yang memerlukan operasi untuk menghilangkannya.

 

Herpes Genital

Disebabkan oleh virus herpes hominis tipe 2 yang menular 3-7 hari setelah berhubungan intim. Gejalanya rasa panas, gatal, dan nyeri di area yang terkena. Ada bintil-bintil air atau koreng di area labia, vagina, sampai mulut rahim. Karena penyebabnya virus, terapinya adalah antivirus dan obat penghilang gejala. Penyakit ini bersifat kambuhan.

Trikomoniasis

Disebut trikomoniasis karena infeksi saluran genital ini disebabkan trikomonas vaginalis. Gejalanya keputihan encer, kental, kuning, dan agak berbau.  Bisa disertai rasa gatal dan terbakar, kadang-kadang mempengaruhi buang air kecil dengan gejala anyang-anyangan atau sering buang air kecil. Terapinya adalah antibiotika.

 

Vaginosis bakterialis

Vagina tidaklah steril. Di saluran tersebut tumbuh banyak flora normal yang hidup seimbang. Bila flora ini digantikan oleh kuman “jahat” maka terjadilah vaginosis bakterialis. Biasanya terjadi bila pH vagina lebih dari 4,5 dan berhubungan dengan persalinan prematur, pecah ketuban, atau infeksi selaput ketuban. Terapinya antibiotik

Kandidiasis

Inilah yang sering dikeluhkan terutam ibu-ibu yang sedang hamil. Keputihan yang disebabkan kamur kandida albicans ini memang cukup merepotkan karena gatal luar biasa. Keputihan khas berupa kepala susu berwarna keputih-putihan. Terapinya adalah anti jamur. Sering terjadi pada ibu hamil, sakit diabetes, memakai pil kontrasepsi, sedang minum antibiotika, atau bila daya tahan sedang turun.

Vulvovaginitis atrofikans

Sering terjadi pada wanita menopause karena dinding vagina menipis hingga mudah terkena infeksi. Gejalanya keputihan, gatal, dan pedih. Bisa disertai nyeri dan sering buang air kecil. Terapinya bukanlah antibiotik melainkan hormonal karena proses penyebabnya adalah menopause.

Radang mulut rahim akut dan kronis

Pada radang mulut rahim yang akut, gejala lebih berat. Mulut rahim akan memerah, bengkak, dan timbul keputuhan seperti nanah kental. Penyebabnya kuman dan terapinya anitbiotika sesuai kuman yang menyebabkannya. Sedangkan pada radang mulut rahim kronis, keputihan berupa lendir bercampur darah. Dinding perbatasan rahim dan mulut rahim menjadi terlihat. Hal ini harus dibedakan dengan kanker mulut rahim dan ibu perlu pemeriksaan paps mear. Terapinya tak hanya antibiotika, juga mungkin memerlukan teknik bedah tertentu untuk menyembuhkannya dan menghilangkan risiko menjadi keganasan.

Radang dinding rahim akut dan kronis

Radang dinding rahim yang akut lebih berat gejalanya yaitu panas tinggi, ibu tampak kesakitan, keputihan bernanah, dan sakit di area rahim. Bisa terjadi akibat menggugurkan kandungan yang tidak aman, persalinan, penggunaan kontrasepsi dalam rahim. Sedangkan pada yang kronis, gejalanya tak terlalu jelas bisa berupa keputihan dan waktu haid memanjang. Waspadai penyebab sakit tuberkulosis, adanya sisa plasenta, benda asing dalam rahim, polip rahim, kanker rahim, dan penyakit lainnya.

Referensi

William’s Obstetric

Share.

About Author

  • Hendry Arista

    saya mengalami sakit perut di daerah rahim ..

    pas saya berobat ke dokter kandungan saya di vonis dokter radang dinding rahim ..
    tapi tdk keputihan bernanah ..apaLagi panas tinggi ..cuma saya kesakitan aja ..
    apa emang benar yg di vonis dokter itu ??saya  sampai USG 2 kaLi . 
    awaL nya di kira dokter saya hamiL .karna rahim nya terbuka .
    pas test urin ternyata saya tdk hamiL ??
    apa yg harus saya Lakukan yaa supaya cepat menyembuhkan penyakit ini ??
    apa penyakit ini membahayakan ??apa saya bisa hamiL ??oh iya apa penyebab dari radang dinding rahim itu ??maaf yaa saya banyak tanya :)
    soaL nya saya Lupa mau tanya sama dokter krna syok mendengar saya di vonis penyakit radang dinding rahim ..

    • Anonymous

      Hi, Hendry Arista.. Infeksi dinding rahim memang terdengar menyeramkan karena dapat menganggu kesuburan, tetapi tidak usah khawatir karena infeksi ini dapat diobati. Penyebab infeksi dinding rahim bisa bermacam-macam umumnya infeksi bakteri. Sebaiknya memang dilakukan kultur untuk melihat penyebab pastinya, namun dapat juga ditunda dulu. Biasanya dokter meresepkan antibiotik lalu dilihat responnya. Suami juga sebaiknya diperiksa, kalau ada penyakit juga sekaligus diobati agar tidak terjadi ping-pong phenomenon (infeksi berpindah-pindah suami-istri). Semoga membantu :) 

      • Hendry Arista

        iya .. memang saya di kasih antibiotik 2 macam ..
        terus di suruh habiskan obat dan kembaLi cek berobat Lg ..
        tapi apa saya bs hamiL dok ??saya takut kLo tdk bs hamiL ..

        • Anonymous

          Antibiotik habiskan, jangan lupa kontrol bersama suami. Kalau sudah sembuh, kesuburan akan kembali baik. Lagipula tidak semua orang dengan infeksi ini kesuburannya terganggu. Jangan khawatir ya :)

  • shelly

    Saya berumur 24 th suami saya 29th kami menikah sudah 1th 5 bulan. sampai sekarang saya belum dikaruniai anak. saya sudah periksa ke dokter (USG transvaginal) & hasilnya ada penebalan didingding rahim & saya jg mengalami keputihan, keputihan saya jg diperiksa ke lab. & terdapat jamur pseudohypa positif 1, saya sudah diberi obat ovula trichostatic, zemic, & ashtin force u/ keputihannya ..
    memang sembuh setelah pakai obat itu tapi kambuh lagi keputihan saya .& tebal dingding rahim saya 7.2

    yang mw saya tanyakan
    obat apa u/ keputihan & penebalan dingding rahim?
    apakah saya masih bisa hamil dengn kondisi ini?

    makasih dokter dr. Mathilda

  • siska

    Anak pertama sy berumur 9th ,sy sdh dikuret 3x,pertama didiagnosa krn penebalan dinding mulut rahim,kedua keguguran semgg setelah di opname krn typus,ketiga keguguran setelah terpeleset(dlm 2 th 3x kuret) yg sy tanyakan bisa tdk sy hamil lg,apa yg hrs sy periksakan krn saat usg kontrol pasca curet spog sy bilang tidak apa2 malah suami sy di suruh berhenti merokok total,tlg sy dok krn anak sy saangat kepingin sekali punya adik TRIMS.

    • http://www.anakku.net octyvani

      Dear Siska, setelah selesai kuret tidak ada halangan untuk hamil lagi. Mbak Siska bisa hamil lagi, kalau Tuhan mengizinkan. Saran TS dokter Obsgin sangat baik untuk suami Mbak, agar menghentikan rokok. Rokok dapat mempengaruhi kesuburan, baik suami maupun Mbak sendiri.
      dari cerita Mbak Siska, risiko keguguran Mbak Siska akibat penyakit/kecelakaan yang dialami saat hamil, oleh karena itu sangat penting untuk menjaga diri saat hamil dan kesehatan.
      Semoga doa Mbak cepat dijawab agar si kecil cepat dapat adik :)

    • http://www.anakku.net/ Anakku Magz

      Dear Siska, setelah selesai kuret tidak ada halangan untuk hamil lagi. Mbak Siska bisa hamil lagi, kalau Tuhan mengizinkan. Saran TS dokter Obsgin sangat baik untuk suami Mbak, agar menghentikan rokok. Rokok dapat mempengaruhi kesuburan, baik suami maupun Mbak sendiri.

      dari cerita Mbak Siska, risiko keguguran Mbak Siska akibat penyakit/kecelakaan yang dialami saat hamil, oleh karena itu sangat penting untuk menjaga diri saat hamil dan kesehatan.
      Semoga doa Mbak cepat dijawab agar si kecil cepat dapat adik

  • Tika

    saya berumur 23th, bagian perut kiri bagian bawah saya sering nyeri, saya periksakan ke dokter dari hasil usg terdapat cairan di saluran telur saya, disebelah KANAN, tapi anehnya yg sakit disebelah kiri. saya diberi antibiotik dan obat anti radang.nyeri,, sebenarnya itu apa ya dok? berbahayakah???

    • http://www.anakku.net octyvani

      Jika memang hanya kelainan itu yang ditemukan di USG, kemungkinan Mbak Tika mengalami infeksi di saluran telur. Karena keterangan USGnya kurang lengkap, saya tidak bisa memastikan bahwa penyakitnya memang itu. Perlu diketahui bahwa walaupun infeksi terjadi di sebelah kiri, nyeri dapat dirasakan di sebelah kanan (refer pain) namun ini jarang terjadi. Semoga cepat sembuh :)

    • http://www.anakku.net/ Anakku Magz

      Jika memang hanya kelainan itu yang ditemukan di USG, kemungkinan Mbak Tika mengalami infeksi di saluran telur. Karena keterangan USGnya kurang lengkap, saya tidak bisa memastikan bahwa penyakitnya memang itu. Perlu diketahui bahwa walaupun infeksi terjadi di sebelah kiri, nyeri dapat dirasakan di sebelah kanan (refer pain) namun ini jarang terjadi. Semoga cepat sembuh :)

  • ibu yunia

    Anak saya remaja berumur 12th, ada keputihan, bagian perut kiri dan kanan terasa nyeri/ perih. pd pinggul belakang serasa ditusuk2, dokter kasih obat antibiotik & anti nyeri. Apakah tdk berbahaya dan bisa sembuh?bagaimana cara mengatasinya???

  • citra

    bun, kenalkan, sy ibu 2 anak, masih sangat shock dan ketakutan krna baru pulg dari dokter spesialis kulit-kelamin dan didiagnosa infeksi leher rahim. dokternya ga ngasi bnyk penjelasan, dan sy sangat takut infeksi ini adlh kanker serviks. sy cuman dikasi antibiotik dan kontrol lg minggu depan. klo antibiotiknya tdk bereaksi, apakah itu sudh bisa dikatakan kanker serviks?. trus apakah infeksi ini bisa sembuh?. gejala yg sy rasakan keputihan (sy pke kb-spiral), nyeri di bagian pinggul terutama stlh duduk terlalu lama. mohon penjelasannya. trimakasih

    • http://www.anakku.net octyvani

      Dear Bunda Citra, bagaimana kabar Ibu sekarang? Infeksi leher rahim berbeda dengan kanker leher rahim. Namun, infeksi oleh kuman tertentu, yaitu virus hpv, bisa menyebabkan kanker leher rahim. Sebaiknya kita tunggu hasil setelah antibiotik habis ya bu.. Kalau gejala masih ada, ada baiknya ibu periksa ke spog, untuk pap smear.

    • http://www.anakku.net/ Anakku Magz

      Dear Bunda Citra, bagaimana kabar Ibu sekarang? Infeksi leher rahim berbeda dengan kanker leher rahim. Namun, infeksi oleh kuman tertentu, yaitu virus hpv, bisa menyebabkan kanker leher rahim. Sebaiknya kita tunggu hasil setelah antibiotik habis ya bu.. Kalau gejala masih ada, ada baiknya ibu periksa ke spog, untuk pap smear.

  • fanie

    memenag infeksi rahim itu apa sih ?saya ga ngerti

    temen sekolah saya ada yang terkene penyakit itu. apa obatnya sih ?

  • indah

    aku sudah 2 tahun menikah , pernah keguguran dan di kuret 1tahun yg lalu ,, sampai sekarang blm di kasih lagi ?? sudah mencoba program tapi yg ada menstruasi aku gak lancar , sudah 3 bulan ini keluar flek coklat .. dan tdk mentruasi dgn lancar .. apakah aku terkena infeksi kanker rahim ?? tolong dunk bunda2 siapa tahu ada yg mengetahui ny ..

  • anita kabelen

    saya seorang ibu dengan dua anak , 6 tahun sudah menikah umur saya sekarang 35 tahun keluhan saya ibu dokter sudah beberapa bulan ini kadang membuat saya takut dan minder sendiri sama suami soalnya kalau berhubungan sering keluar keputihan yang tebal dan banyak tp tidak berbau dan setiap kali berhubungan terasa perih.. mohon penjelasanya ya dok…

    • http://www.anakku.net octyvani

      Dear Bunda Anita,
      memang terkadang keputihan membuat kuatir. Selama keputihan tidak berbau, tidak membuat gatal di area kemaluan/pangkal paha, berwarna putih/jernih, tidak banyak (hingga membuat harus sering berganti CD), keputihan berarti tidak bermasalah.
      Namun, untuk usia 35 tahun, sudah sebaiknya memeriksakan diri tes papsmear, untuk mendeteksi dini ada infeksi di saluran reproduksi.

    • http://www.anakku.net/ Anakku Magz

      Dear Bunda Anita,

      memang terkadang keputihan membuat kuatir. Selama keputihan tidak berbau, tidak membuat gatal di area kemaluan/pangkal paha, berwarna putih/jernih, tidak banyak (hingga membuat harus sering berganti CD), keputihan berarti tidak bermasalah.

      Namun, untuk usia 35 tahun, sudah sebaiknya memeriksakan diri tes papsmear, untuk mendeteksi dini ada infeksi di saluran reproduksi.

  • ika

    Bunda,,, saya seorang ibu dengan 2 orang anak umur 6 tahun dan 3 tahun saya sudah menikah 7 tahun yang lalu,,, ekarang di bibir vagina saya timul koreng sudah 10 hari,, sebelumnya pada saat hamil bahkan setelah melahirkan saya sering mengalami keputihan yang sangat gatal, waktu periksa ke dokter kandungan saya hanya diberi semacam antibiotik yang dimasukkan ke liang vagina,, sya belum berani ke dokter penyakit kelamin,,, bunda apa yang harus sy lakukan???

    • http://www.anakku.net/ Anakku Magz

      Dear bunda Ika,
      Kemungkinan memang terjadi infeksi, perlu dipastikan penyebab infeksinya, apakah parasit, jamur, atau bakteri. Caranya dgn berobat ke dokter umum atau spesialis kulit-kelamin, atau obgin. Selain itu kemugkinan suami ibu jg hrs diobati.

  • http://www.anakku.net/ Anakku Magz

    Dear Yukari,
    Apakah mamanya sudah di papsmir? Bila belum, sangat saya anjurkan untuk papsmir. Bila sudah, dan hasilnya baik, kemungkinan memang penyebab perdarahannya krn premenopause, sesuai hasil dari usg dokter obgin..

  • neni amrullah

    bunda….setelah test HSG ternyata muut rahiim saya menympit karna adanya infeksi yg kemugkinan diebabkan oleh penyakit LUPUS yg saya derita…yg saya tanyakan apakah saya bisa hamil dan punya anak seperti wanita lain pada umumnya???

  • mustika

    sy tika usia 21thn seminggu yg lalu sy di fonis dokter hamil diluar kandungan dan di rujuk dokter untuk operasi,usia kandungan sy 5minggu,1minggu berlalu sya mengalami pendarahan ,setlh drh berhentikeluar muncul keputihan seprt nanah,dan juga sya mengalami sakit yg sangat-sangat sakit di bagian perut sebelh kanan dan kiri sampai ke paha sebelh kanan dan kiri,krn ngk tahn sya minum obt penghilng rsa nyeri,bru kemrn sy TP hasilnx negatif,yang mau sy sya tanyakan apakah janin sya sdh kluar & apakah sya mengidap penyakit rahim dok.mohn di bantu y dok ?

    • http://www.anakku.net/ Anakku Magz

      Dear Tika,
      kehamilan seharusnya berada di dalam rahim, tempat yang terbaik untuk pertumbuhan janin. bila berada di luar kandungan biasanya akan terjadi komplikasi, seperti perdarahan, yang tentunya membahayakan jiwa Ibunya.
      bila dirujuk untuk operasi, biasanya kehamilan tersebut tidak dapat dipertahankan. bila hasil negatif, kemungkinan plasenta sudah tidak menempel seperti semestinya, artinya jaringan kehamilan sudah tidak dapat tumbuh kembali, pilihannya bisa keluar sendiri atau dikeluarkan. Untuk itu, Tika harus kembali ke dokter kandungan, agar dilakukan USG ulang.
      Penyakit rahim tidak dapat dipastikan di sini, harus di dokter kandungan ya.

  • susy

    Saya susi 16thn ,, memang sih saya belum menikah … tapi saya mau tanya sudah dua hari ini miss v saya merasakan sedit perih dan kalo gas lagi perih itu pasti V saya mengeluarkan cairan merah agak kecoklatan . . Nah saya hanya takut yg saya alami itu termasuk berbahaya. . Mohon penjelasan ny trimakasih :)

  • waode

    Dok, saya mengalami keguguran bulan 9 usia kandungan saya 5 minggu, setelah keguguran 2 minggu kedepan saya mengalami sakit di pinggang seblah kiri yg luar biasa saat duduk sampai sekarang belum hilang apakah ada hubungnnya dengan keguguran saya, saya juga 2 bulan setelah keguguran menstruasi sy banyak dan lama hingga 20 hari.