14 bulan belum bisa jalan

Discussion in 'Makin cerdas' started by ourprincessluna, 31/8/08.

  1. ourprincessluna

    Message Count:
    2
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    0
    batita saya (14 mos) sampai saat ini masih belum bisa jalan, bahkan berdiri tanpa pegangan pun dia belum bisa. mulai dititah umur 11 bulan sampai sekarang . saya mulai khawatir karena rata-rata di lingkungan saya umur 13 bulan sudah bisa jalan, setidaknya bisa berdiri sendiri. stimulasi apalagi yang harus saya berikan? ataukah mungkin ada kelainan pada anak saya?terima kasih sebelumnya.
  2. mamiandrew Moderator

    Message Count:
    1.415
    Likes Received:
    1
    Trophy Points:
    38
    Anaknya sudah pernah dibawa periksa ke dokter belum ?

    Untuk informasi tambahan bisa baca diskusinya disini :
    http://www.anakku.net/forum/biar-cepat-jalan

  3. Raisa

    Message Count:
    721
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    0
    Kalau tidak salah, range periode normalnya, anak bisa jalan itu sampai usia 16 bulan.
    Tapi, tidak ada salahnya dibawa ke dokter untuk konsultasi, kalau ibu merasa khawatir.
    Selain itu, tetap lakukan stimulasi ya.
  4. Jobaja3raja Moderator

    Message Count:
    1.314
    Likes Received:
    1
    Trophy Points:
    38
    Location:
    Jakarta
    sabar ya bu...coba diperhatikan, apakah anak ibu bisa merangkak? coba letakkan benda agak jauh dari dia, apakah dia berusaha untuk mengambil?
    Bagaimana proses rembetan? apakah anak ibu bisa sambil berpegang dengan sesuatu, dia bisa "mengangkat" dirinya sendiri untuk berdiri? kalau dibiarkan berdiri sendiri, apakah kakinya telah kuat? tidak ogleg2 atau goyang2..
    Bagaimana proses duduk? bisa duduk sendiri dan tegak?

    Coba di konsul kembali ke dsa ibu, diperiksa dengan teliti ya..
  5. ourprincessluna

    Message Count:
    2
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    0
    terima kasih respons-nya ya ibu-ibu...
    luna bisa merangkak sejak umur 7 bulan, dia juga bisa rambatan sambil pegangan meja atau kursi tapi nggak jauh palingan beberapa langkah, dan akhirnya malah naik meja/kursi itu atau duduk di lantai lagi. belum bisa mengangkat dirinya sendiri tanpa pegangan tapi bisa kalau berpegangan pada meja/kursi. kalo diberdirikan sendiri goyang-goyang dan langsung jatuh lagi. bisa duduk sendiri dan tegak.
    berarti memang sudah waktunya dikonsultasikan ke DSA-nya ya...
  6. handry

    Message Count:
    4
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    0
    Sudah pernah diperiksakan ke dokter anak? 14 bulan belum berjalan msh tidak apa-apa, tapi kalau belum bisa berdiri sendiri terlambat lho. Bisa tengkurap dan duduk sendiri umur berapa ?
  7. mama norbert

    Message Count:
    5
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    0
    bayiku ku juga udah 13 mos tapi belum bisa jalan, belum konsul sih ke
    dsa-nyaa, karena kata yang senior2 tunggu aja sampe 18 mos (1,5 tahun)
    kalo masih belum bisa jalan baru deh konsul, bayi ku sih dah bisa
    berdiri sendiri, angkat badannya sendiri dah bisa, kadang dia berdiri
    tanpa pegangan apa-apa sekian detik trus terjatuh duduk, kalo di tetah
    jalan dirumah aja dia males (dia lebih suka merangkak) tapi kalo di
    bawa keluar rumah dia senang di tetah apalagi kalo ga pake alas kaki.



    Maunya sih emang cepet2 bisa jalan, kaya anak2 lainnya, tapi seperti
    kata buku-buku yang ku baca, setiap anak pasti beda-beda
    pertumbuhannya. Bener kan yah? (kok jadi ragu sendiri yah :senyum)



  8. rahman.hadi

    Message Count:
    2
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    0
    kalau menurut saya tunggu saja saatnya dia sudah benar menuju ke arah pertumbuhan yang semestinya. saya coba untuk nge - blog apa yang saya baca dari buku: http://rahmanhadi.wordpress.com/2008/09/23/the-second-year/

Share This Page