Anak ku terlalu kurus

Discussion in 'Tumbuh besar' started by poetnovy, 15/2/08.

  1. poetnovy

    Message Count:
    4
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    0
    Dear Mom's and Doc's

    Shafa anak saya perempuan, usia 9.5 bulan BB cuma 5.5 KG tinggi 65 CM, waktu lahir anak saya memang kecil 2.1 KG dengan Tinggi badan 45 CM, susu formula anak saya Promil dan untuk makanan saya masih memberi nya Bubur khusus promina untuk bayi dengan berat badan kurang.

    Anak saya memang kurang minum susu formula nya , karena lebih suka ASI, kebetulan saya ibu bekerja dan baru bisa menyusui anak saya malam hari. Setiap saya imunisasi anak saya pasti DSA nya selalu kasi komentar tentang pertumbuhan anak saya yang kurang.

    Doc's n mom's kasih saran donk ke saya, gimana anak saya biar pertumbuhannya pesat dan gak kurus, soal udah berbagai macam cara saya coba agar anak nya doyan makan dan minum susu formula, tp tetap aja pertumbuhannya masih di bawah rata2 anak seusianya.

    Anak saya walau kecil dan kurus tapi saat ini udah bisa berdiri dan merangkak dan sangan aktif sekali, BAB 2x sehari........minum susu formula nya sehari cuma 120 ML ( saya udah beberapa kali ganti susu karena anak saya gak terlalu suka dari mulai vitalac-nutrilon-morinaga dan sekarang promil) ada dokter yg menyaran kan agar mengganti susu anak saya dengan susu LLM tapi saya masih ragu. saya sangat menuggu saran nya dari doc's n mom's. sebelum nya saya ucapkan terima kasih.
  2. Raisa

    Message Count:
    721
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    0
    Dear Poetnovy,

    Bagaimana dengan pola makannya ? harusnya sudah makan 3 x sehari + cemilan.
    Selain makan bubur khusus promina, Shafa makan apa ?

    Coba Poetnovy browsing di sub bagian resep dan mencoba resep resep untuk anak 6-12 bulan yang ada di sana.

    Oh ya, apakah Shafa lahir cukup bulan ? prematur ?
    Jika Shafa lahir cukup bulan dengan berat badan rendah (BBLR), sama seperti mbak Anin (anaknya mbak Widyaarti).

    Mak Widya, ditunggu juga sharingnya untuk Shafa.

    Poetnovy bisa juga gunakan fasilitas search dan klik kata kunci "BBLR", banyak sharing info disana mengenai tumbuh kembang anak yang lahir dengan berat badan rendah.

    Semoga dapat membantu ya.
  3. veron0805

    Message Count:
    332
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    0
    Poetnovy,
    apa sudah dicoba memerah ASI dan dimasukin ke botol?
    Mungkin Shafa jadi lebih semangat minum susunya. Dan lagi susu formulanya bisa distop tuh kalo memang Shafa lebih suka ASI.
    Semoga membantu.
  4. suanitaryono

    Message Count:
    69
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    0
    Hai Bunda,

    Problem bunda alami hampir sama dengan saya, karena anak saya umur 8,5 bulan juga susah minum susu sejak lahir, dan sekarang lagi tahap susah makan. Boleh tau bagaimana nafsu makannya? bagaimana frekwensi makannya setiap hari? Kenapa tidak dibuat makanan dari bahan2 langsung? bagaimanapun lebih baik asupan dari bubur homemade,dan kita bisa atur asupan yang bervariasi disesuaikan dengan selera anak.

    semoga berkenan
  5. poetnovy

    Message Count:
    4
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    0
    Shafa lahir maju 10 hari dari tanggal yang di perkirakan dokter, perkiraan dokter akan lahir tanggal 1 may 2007 tapi tanggal 21 April ternyata dah mules2 dan lahiran dengan normal, waktu hamil shafa berat badan saya naik hampir 25 KG tapi ternyata anak saya lahir dengan berat badan kurang.

    Anak saya shafa sudah makan 3x sehari tapi kalo soal cemilan--anak saya gak gitu suka padahal saya udah kasih terus ( regal-biskuit milna dll ) kayaknya anak saya lebih suka gigitin mainan ketimbang biskuit.

    Anak saya juga sangat aktif sekali, gak suka terlalu lama di gendong, maunya duduk dan mainan, kosa kata nya juga sudah banyak, tp yang saya heran gigi nya satu pun blm ada yang nongol.
  6. ferri pratomo

    Message Count:
    20
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    0
    salam kenal poetnovy,

    shafa udah mule dikenalkan dengan nasi tim belom? kalo bisa ya buat sendiri nasi timnya bisa dicampur dengan bayam merah, brokoli ijo, wortel, ikan, tahu ato tempe pokoknya tiap hari menunya bervariasi biar shafa nggak bosen. kalo soal susu, anak saya bianda kebetulan susunya sama dengan shafa, promil. setahu saya susu produk wyeth memang tidak menggemukkan tapi badan anak akan terasa berisi dan kenceng kalo dipegang.

    untuk masalah gigi, saya sempat was2 juga karna udah 9bulan tapi bianda belom kliatan giginya tumbuh, saya sampe konsul ke DSAnya. kata DSAnya gpp,telambat tumbuh gigi itu bukan suatu kelainan. bahkan ada yang usia 2taun baru tumbuh gigi. ternyata sekarang anak saya bianda, 10 bulan udah tumbuh giginya, langsung 3. ada kalsium buat gigi kalo memang belom tumbuh juga, tapi saya lupa namanya. diminum 3kali sehari. di apotek juga ada.
    mungkin karena sahafa geraknya aktif sekali sementara shafa nggak begitu doyan ngemil makanya BBnya nggak seimbang dengan usianya.

    poetnovy semoga sharing saya ini bisa sedikit membantu yah!
  7. mamiandrew Moderator

    Message Count:
    1.415
    Likes Received:
    1
    Trophy Points:
    38
    Dear Poetnovy,

    Untuk informasi tambahan silahkan baca diskusi <url=http://forum.anakku.net/showthread.php?t=1384&highlight=bblr]yang ini</url]
    dan artikel <url=http://www.anakku.net/index.php?option=com_content&task=view&id=215&Itemid=30]Berat badan sikecil susah naik ?</url]

  8. widyaaryanti

    Message Count:
    167
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    0
    Salam kenal Poetnovy,

    Klo Syafa lahir 10 hari lebih awal berarti cukup bulan dan <URL="http://www.anakku.net/forum/showthread.php?t=1384">BBLR</URL> ya, jadi lebih tepat disebut <URL="http://www.anakku.net/forum/showthread.php?t=1419">SGA</URL> sama dengan <URL="http://www.diaryofanin.multiply.com">Anin</URL> (21 bulan, dulu lahir 1750 gr).
    Memang membesarkan anak SGA penuh suka dan duka (hehe, membesarkan anak2 lainnya juga kan :) ) terutama masalah BB yang kurang & susah makan.
    Kata DSA Anin dan <URL="http://magicfoundation.org/www/docs/113/small-for-gestational-age">situs khusus SGA</URL>, karena terbiasa mendapat sedikit asupan nutrisi ketika di rahim, anak2 SGA cenderung susah makan, nafsu makan lebih rendah dan porsi makan lebih sedikit daripada anak2 normal. Waktu pengosongan lambung juga lebih lama. Itu sebabnya kenapa Syafa dan Anin BBnya dibawah normal.

    DSA Anin menyarankan Anin makan makanan2 tinggi kalori dengan frekuensi makan diperbanyak. Jadi Anin bisa makan 2-5 kali. Porsinya kecil2, paling cuma beberapa suap. Abis itu aksi tutup mulut & ngelepeh2.
    dulu ANin makan bubur homemade waktu umur 6-8 bln, tp oleh DSA disuruh makan Milna bubur khusus penambah BB sampai umur setahun katanya lebih gampang diserap. Sekarang makannya masih susah & dilepeh2. Sudah bisa makan nasi sejak umur 1 tahun, tapi kadang2 malas ngunyah klo makan sayur. jadi kadang nasi+sayurnya saya saring lagi.
    Minum susu formula? wah, susah juga & harus disendoki plus pake acara kejar2an. Alhamdulillah sekarang mau minum susu UHT, jadi bisa minum sendiri. ANin masih ASI, maniak nenen satu ini memang belum mau disapih :)

    Alhamdulillah, walau badannya kecil (21 bln, BB 9 kg, TB 80 cm) Anin gesit banget & cerdas. Udah ceriwis & aktif banget.

    Dulu saya juga khawatir, kenapa Anin susah makan & BBnya susah nambah. Tapi kata Dr. Yoni, anak BBLR malah sebaiknya nambah BBnya ga drastis2 amat karena beresiko hipertensi & diabetes ketika dewasa.
    Jadi Poetnovy, yg sabar & telaten ya memberi Syafa makanan2 bergizi & berkalori tinggi.

    Silahkan kunjungi <URL="http://www.diaryofanin.multiply.com">diary anin </URL>ada banyak cerita ttg Anin disana.

    salam
  9. poetnovy

    Message Count:
    4
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    0
    thx ya mbak atas saran nya, jd agak reda nih khawatir nya
  10. bunda_AcaAya

    Message Count:
    361
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    0
    Salam kenal Poet..
    Dulu anak2 saya juga lahir kecil (1.8 dan 2 kg) waktu kurang dari setahun jg susah naik BBnya. Tapi waktu udah bisa dikasih Nasi Tim aku buat sendiri dengan campuran sayur dan lauk pauk.jadi mumpung anak antara 6-1th belum bisa rasain yang berbumbu manfaatin moment itu untuk kasih makanan yg bergizi buat anak. Juga kasih buah2 an seperti Pure Apel, Pear dll.
    Kalo bisa jadwal kan makan anak biar tratur makannya.
    Salam
  11. pinkshirt

    Message Count:
    2
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    0
    hi, salam kenal... problem berat badan kurang menurut saya sudah lazim terjadi, karena selama ini yang ada di benak orang tua & media (terutama produsen susu & makanan instan anak2) adalah "gemuk = sehat". padahal sih setelah mengalami pada ke 2 anak saya, saya pada akhirnya "ngeh". anak saya pada umur 24 bulan keatas (baru lepas ASI 24-25bulan) mereka langsung naik BB nya susah.. ampun2. dikasih bubur khusus kek, susu utk menambah berat badan kek, makan divariasiin kek, GA EFEK.
    mau tau, dokter anaknya bilang apa? bu, anak itu punya masa2nya dimana mereka mau makan , & ada waktunya ga. dikasih apapun kalo belum waktunya ga bakal ada efek.
    betul lho, mbak, anak saya yang gede setelah umur 3 tahun langsung BB nya bagus, malah sekarang over weight (mungkin setelah sekian tahun dicekoki berbagai macam vitamin penambah nafsu makan, dll, jadi semua berakumulasi ...:meringis)
    yg kecil juga gitu, BB nya kurang, tp tingginya cepet & sangat aktif, bentar2 lari sana lompat sana sini, ya ga heran, badannya kecil, tp gesit sekali.
    nah... saran saya sih, apa yang mbak dengar utk menambah BB silahkan diikuti, tetapi, kurangilah rasa khawatir kok ga naik2 BB nya, karena ya.. spt yg saya tulis diatas, mungkin semua ada waktunya...

    good luck

Share This Page