anakku susah makan...

Discussion in 'Tumbuh besar' started by jesslyn, 12/11/07.

  1. jesslyn

    Message Count:
    8
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    0
    Halo Dok...mau nanya nih,anak sy umur 2.5 bulan berat badan 13kg...laki2,dia susah sekali makannya...sering muntah..apalg kalo dikasi buah,tidak mau sama seakli,kalo dipaksa pasti dia muntah..begitu juga dengan nasi,jd drpd dia muntah semua isi perut keluar lg,jd saya ga lanjutin lg makannya..gimana yah solusinya?susunya saat ini procal gold lutein..mix dgn pediasure complete..apa sy harus ganti susu dok?vitamin apa yg bagus utk menambah nafsu makannya?:confused:thanks dok...
  2. mamiandrew Moderator

    Message Count:
    1.415
    Likes Received:
    1
    Trophy Points:
    38
    Dear Jesslyn,

    Coba baca artikel yang sudah ada di web :
    <url=http://www.anakku.net/index.php?option=com_content&task=view&id=273&Itemid=30>Mengatasi anak susah makan</url>
    <url=http://www.anakku.net/index.php?option=com_content&task=view&id=262&Itemid=146>5 alasan anak menolak makan</url>

    Masalah vitamin untuk anak juga sudah pernah diposting silahkan lihat <url=http://forum.anakku.net/showthread.php?t=86&highlight=vitamin+untuk>disini</url>
  3. Raisa

    Message Count:
    721
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    0
    Hi Jesslyn,

    Mungkin umur anaknya 2.5 tahun ya ?

    Seperti yang udah sering di bahas, gak ada vitamin yang bisa bikin nafsu makan. Jadi, masalah anaknya yang gak mau makan, harus dicari penyebabnya dulu. Silahkan membaca artikel dari link yang diberikan Mamiandrew. Semoga cepat diketahui masalahnya dan ketemu solusi yang sesuai.
  4. jessica

    Message Count:
    230
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    0
    Sepertinya harus diperiksa ke DSA, penyebab sering muntahnya kenapa ?
  5. Nyoen

    Message Count:
    366
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    0
    Hi Jessline, salam kenal

    Anak saya Abyan 14 bulan juga sudah hampir 1 bulan ini susah makan. Saya sih berharap in hanya suatu fase yang akan segera berlalu. Tapi kalau susah makannya berkepanjangan apalagi disertai muntah, saya sarankan untuk konsultasi ke dokter anak.

    Betul kata Raisa, tidak ada fitamin atau obat yang bisa menambah nafsu makan, kesulitan makan harus ditelusuri penyebabnya. Pemberian makanan cair juga saya rasa tidak membantu untuk jangka panjang, untuk sementara mungkin anak akan kenyang tapi itu tidak melatih lidah dan pencernaan si kecil untuk optimal bekerja sehingga makanan cair cenderung menyebabkan ketergantungan.

    Silahkan simak link yang sudah ada, tetap sabar ( ini juga saran saya untuk diri sendiri ) dan jangan menyerah.
  6. Raisa

    Message Count:
    721
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    0
    Pemberian jarak waktu makan yang lebih lama, ternyata membantu lho untuk anak mau makan. Kalau biasanya waktu makan Raisa dari buah ke makan nasi adalah 2 jam, maka aku ganti menjadi 2.5 jam atau 3 jam. Begitu juga untuk susu ke nasi, kalau biasanya 3 jam, aku ganti jadi 3.5 jam.
  7. ore_11

    Message Count:
    116
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    0
    Mike (2th) skrg sudah mendingan, alias mulai mau makan. Ternyata memang jarak antara minum susu pagi dan makan terlalu dekat (juga jumlah susu yang ttl banyak). Jadi sekarang dijarak 2.5 jam, serta minum susu hanya 2x 180ml. Dan... lagi selera yang kering2 alias tak berkuah. Bosan kali ya dengan sop2 dan bening. Ya sudahlah, mungkin memang masanya.Menunya ya diusahakan diselipkan sayuran... Karena setelah dicoba berbagai tips and trik tetap ga ngaruh. Sekarang sudah mulai bisa bilang lapar dan kenyang :senyum
  8. jesslyn

    Message Count:
    8
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    0
    Thanks atas semua masukannya, nyoen jarak makan jason biasanya min 2.5jam..kalo uda laper dia minta bikin susu,dikasi makan nasi ga mau...dan sy jg uda konsul sama dsa ktny itu biasa,muntah spt itu bisa sampe 3thn ktnya...stres bgt dengernya..krn jason sering sekali muntah dari bayi..sudah konsul bbrp kali jwbanya sama..:sedih

    o yah...pernah dikasi vitamin racikan dari dsa,memang makannya jd kuat bgt,jd sewaktu dia minum makannya banyak tp setelah stop kembali spt semula...makanya saya tidak tebus lg resepnya..:sedih
  9. Raisa

    Message Count:
    721
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    0
    Jesslyn, kalau ngikut pengalamannya mamajo, anak gak mau makan, diemin aja, makan nasinya jangan diganti susu. Harus tega. Ntar juga kalau laper dia mangap pas kia suap nasi.

    Nah.. ini pernah aku praktekin juga. Kalau weekend, kadang Raisa gak mau makan. Aku biarin, gak aku ganti dengan susu. Besok hari, makan pagi banyak dan dalam waktu cepat (20 menit). He he he aku sih ketawa aja, ceritanya lapeeer nih yeee.... :rolleyes:

    Tapi kalau tiap hari anak gak mau makan dan sudah berlangsung dalam wktu lama, tentu bikin kita pusing dan jadi lain cerita. Karena, gak mungkin juga kita cuekin kan.... Nah... kalau udah begini, lebih baik DSA deh.....

Share This Page