ASI Tersumbat

Discussion in 'Ibu hamil dan menyusui' started by Nyoen, 16/6/08.

  1. Nyoen

    Message Count:
    366
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    0
    Dear moms,

    Mohon sharing ya...
    Kurang lebih 3 minggu lalu, PD kiri saya sakit karena saya tidak memeras ASI seharian dan sebelumnya Biyu juga menolak menyusu dari PD tsb. Nyerinya berlangsung hingga semalaman, tidak hilang dengan kompres hangat dan pijat PD.

    Karena repot antara mengompress dan menampung hasil perahnya, akhirnya saya putuskan memerah PD tanpa menampungnya. PD sedikit longgar disisi luarnya, tapi sisi dalam tetap keras dan nyeri. Akhirnya malam itu saya pasrah, jam 3 malam ( setelah lelah terus menerus mengompres PD yg nyeri) saya tertidur.

    Dinihari saya usahakan Biyu untuk mau menyusu dari PD kiri tsb, Alhamdulillah mungkin karena setengah tidur akhirnya Biyu mau. Ketika saya bangun pagi harinya PD sudah tidak nyeri.

    Tapi sejak saat itu PD kiri tsb sering sekali nyeri pada bagian ujungnya, rasanya seperti dicubit dan nyeri hilang timbul sebentar-sebentar. Saya tidak bisa memastikan apakah nyerinya berasal dari jaringan dalam PD atau bagian putingnya dan saya juga tdk menemukan adanya retakan puting. Kalau saya amati sekarang puting seperti tersumbat. Sedikit sekali ASI yg berhasil saya perah dr PD tsb, tetapi saya merasa bahwa ASInya masih banyak. Biyu juga sering marah kalau menyusu dari PD kiri ini.

    Moms, kira2 kenapa ya puting di PD kiri saya ini tersumbat? Mungkinkah ada luka dalam jaringan puting yg tidak terlihat?

    Kalau ada yg tau tentang hal ini, pls share disini. Belum sempat kedokter nih, mungkin bulan depan baru bisa.

    Thanks
  2. bundanuzula

    Message Count:
    505
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    0
    nyoen...

    coba diolesin madu dikit buat melembekkan puting, mungkin ada luka kecil tapi gak kelihatan.
    klo saya dulu ada seperti daging kecil,pas di hisap emang perih bgt, ternyata itu penyebabnya, dengan menahan rasa sakit saya cabut, berdarah dikit tapi alhamdulillah setelah itu nyaman lagi rasanya.

    sabar ya nyoen, maaf gak bisa membantu


    ________________
    <COLOR="Blue">fitri_bundanuzula</COLOR> :)
  3. Euis

    Message Count:
    292
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    0
    Nyoen ...
    coba bersihkan putingnya dengan air hangat, kemungkinan memang ada luka di putingnya.
    Aku soalnya pernah ngalamin tuh habis nyusuin dan sebelum nyusuin berasa nyut-nyutan nggak taunya setelah diperhatikan ada luka di sekitar puting (luka spt sariawan) waktu itu sih nggak ke dokter cuma diolesin ASI aja. dan dibantu dengan kompres air hangat di sekitar puting dan payudara sambil juga dipijat-pijat. alhamdulillah sehari kemudian sakitnya dah berkuring dan ASI udah lancar kembali

    Coba diperiksa ke dr kalo bisa sih secepatnya jangan nunggu sebulan lagi (kabur sebentar ke klinik laktasi carolus) takutnya kalo lukanya sudah menjalar kedalam bisa jadi mastitis (jangan sampe deh kenal sama mas-mas yang satu ini) soalnya selain PD bengkak, nyeri dan sakit sampe bikin badan panas dingin alias meriang.dah gitu kalo udah parah satu-satunya jalan adalah harus minum antibiotik yang berarti selama pemberian antibiotik harus libur menyusuinya ( rugi kan kehilangan momen-momen bondingnya)....
  4. prassasti

    Message Count:
    91
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    0
    saya dulu sempet ngalamin PD mampet jg. gara2nya pas ada acara nikahan sodara, dan saya lg cobain kasi sufor buat windra. Soalnya windra ga bisa nge dot. Waktu itu umurnya 9 bln an kynya. Trus PD sblh kiri sakit, bengkak, ky ada gumpalan didalem gitu, rasanya penuuuhhhh, tapi ga bisa kluar.
    udah di kompes air anget, diperes2 tetep kluarnya dikit.
    Badan dah meriang, panas tinggi, pusing, mual, muntah2. Trus akhirnya kompresin air anget terus, sambil terus diperes2, tp dimassage dulu. takutnya ntar malah banyak luka. Klo dulu sih sampe luka jg di sblm areola bkn putingnya.
    Mungkin aja nyerinya krn masih ada yg gumpal di dalem, atau puting nya jadi nyeri stl dipencet2 kmaren.
    klo emang msh sakit, jangan nunggu sebulan deh ke dokternya...

Share This Page