ASI untuk anak sakit mata dan belekan

Discussion in 'Mitos, kontroversi, alternatif' started by akimtanty, 9/10/08.

  1. akimtanty

    Message Count:
    31
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    0
    Hi all,

    Bener nggak yach kalo sakit mata kasih ASI bisa nyembuhin?

    Habisnya anakku 9 bulan, udah tiga hari ini beleknya banyak banget, hijau warnanya dan gede2.Baru di bersihin terus sekitar 2 jam kemudian ada belek lagi, tapi matanya tidak merah. Memang dia baru sembuh dari batuk dan pilek. DAn juga beberapa hari ini dia agak rewel dan nangis melulu (minta di gendong melulu, mana suster dan pembantu lagi pada pulang kampung lagi jadi agak susah dech untuk di gendong terus)

    Ada yang bilang suruh ditetesin ASI saja biar cepet sembuh.

    Treatment apa yach yang bisa dipake, dan apa perlu ke dokter nich?

    Thanks

    Tanty
  2. mhie_ichalifa

    Message Count:
    4
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    0
    Dear akimtanty,lam kenal yach..kalau saranku sebaiknya ke dokter spesialis anak karena mereka lebih mengerti mengenai obat tetes mata untuk anak. Waktu anakku umur 1 bulan, matanya sebelah kiri juga sering keluar air mata dan belekan, trs ku coba kasih asi di matanya, ternyata bukannya sembuh malahan pipi anakku yang jelek karena terkena air mata yang menetes bercampur dengan asi. Kemudian kubawa anakku ke dokter spesialis anak dan diberi obat tetes mata khusus anak2/bayi, akhirnya mata anakku sdh sembuh dan tidak pernah lagi belekan/keluar air mata.
  3. bininiet

    Message Count:
    4
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    0
    Menurut pengalaman nita sih bisa ya. Waktu baby ku masih bayi, beberapa kali matanya merah dan belekan, diolesin ASI alhamdulillah sembuh. Ternyata di ASI itu ada zat anti bakterinya. Hal ini nita baca dari milis asiforbaby. Kalau mau, googling aja di milis asiforbaby, di situ ada segala macam tentang ASI.
  4. Hafhabs

    Message Count:
    11
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    0
    Boleh ikutan urunan ya....
    belekan pada anak paling sering disebabkan virus dan berupa konjungtivitis...biasanya tanpa mata merah dan gatal...
    terapinya cukup dibersihkan dengan kapas pake air hangat dan diusap dari arah hidung ke pelipis (jangan dibolak-balik).
    Perhatikan mata bayi apabila sekret/belekan berupa pus/nanah, mata merah, bengkak serta sukar membuka maka ada kemungkinan penyebanya bakteri.

    Untuk mata yang berair, pada bayi memang saluran air mata yang menghubungkan ke kelopak mata ke hidung kadang masih tersumbat, maka caranya dipijit2 di daerah mata dan hidung (sekitar puncak hidung). Diharapkan dapat membuka saluran ini. Memang benar ASI banyak sekali keuntungannya, tapi saya belum pernah tau kalau bisa mengobati konjungtivitis. Kalau ada penelitiannya tolong dikasi tau ya...thanks

  5. lhika

    Message Count:
    12
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    0
    yups!! pengalaman saya juga gitu, beberapa kali ngasih ASI.Alhamdulilah belekannya
    ilang.tapi ya akhirnya kedokter juga sih.buat ngeyakinin kalo dah sembuh...:)

Share This Page