Bagaimana cara pemberian ASI yg benar ?

Discussion in 'Ibu hamil dan menyusui' started by bunda_iqbal, 10/8/07.

  1. bunda_iqbal

    Message Count:
    2
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    0
    Salam kenal semua saya baru gabung nih, mau tanya2 soal cara memberikan ASI. Sekarang anak saya iqbal usianya 4 bulan 2 hari masih ASI eksklusif tapi beratnya cuma 6,2 kg, waktu dia 3 bulan 9 hari beratnya 5,9 kg (naiknya kok dikit ya) :confused:. Sejak Juli kmr saya udah masuk kerja jd dia minum asi perah. Selama saya dikantor dia diberikan ASI dengan jadwal yg tidak teratur mis.nya habis dia bangun tidur atau akan tidur. Dan waktu saya sdh dirumah dia kembali menyusu langsung sama bundanya, tapi diberikannya ketika dia nangis atau lapar saja. yang ingin saya tanyakan lebih baik mana menyusui ketika si bayi minta atau menyusui dengan jdw tertentu mis.nya 2 jam sekali. Soalnya anaknya teman saya, usianya tidak jauh dr iqbal, disusui tiap 2 jam sekali dan beratnya skr sdh 8 kg.
    Trus skr Iqbal klo minum susu lgs di PD, tangannya suka nekan2 ke PD jd copot2 terus. Wajar gak sih? Saya jd khawatir, apa krn cara nyusuin sy masih salah ya? aduuh saya butuh pencerahan nih, soalnya sya niat ASI eksklusif tapi saya khawatir klo beratnya iqbal gak naik2.
    Trimakasih sebelumnya.... :)
  2. moonriver

    Message Count:
    176
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    0
  3. widyaaryanti

    Message Count:
    167
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    0
    Dear bunda Iqbal,
    Saya mau share pengalaman saya ya.. klo bagaimana menyusui yang baik mungkin ibu2 tukang susu lebih tahu saran yang tepat.
    Memang ada 2 pendapat tetnang menyusui, yaitu dijadwal per sekian jam atau diberikan begitu bayi menginginkan. Masing2 metode itu ada kelebihan dan kelemahannya.
    Saya menerapkan keduanya waktu menyusui Anin.
    Sejak lahir sampai umur 5 bulan, saya menyusui Anin setiap 2 jam sekali. Kalau Anin tidur juga tetep dipaksa minum. Dengan dijadwal seperti ini, Anin biasa terjadwal dan ibunya bisa dolan2 diantara waktu menyusui. Masalahnya adalah klo Anin kelaparan sebelum waktunya menyusui tiba. Waktu itu Alhamdulillah berat Anin selalu naik kira2 sekilo tiap bulan.
    Umur 5,5 bulan, jadwal minum ASI saya ubah jadi 3 jam sekali dengan alasan saya udah masuk kerja lagi dan Anin akan mulai dikenalkan MP-ASI. tapi gak lama karena Anin jadi kurus waktu peralihan jam menyusui dan pengenalan MPASI.
    Setelah kenal MP-ASI sampai sekarang, Anin menyusui sesuka hati dia (on demand), kapan saja ketika saya ada di rumah. Malam pun sukanya ngempeng ASI.
    Sayangnya saya cuma bisa ASI ekslusif 5,5 bulan dan sempat meres ASI di kantor cuma sebulan karena ga telaten. Jadi kalo Anin ketemu ibunya pulang kerja, dipuas2in deh mik ASInya.

    Kalau kakak ipar saya, dia menerapkan ASI on demand. Jadi kapanpun si bayi mau, tiap kali nangis dikasih ASI. malam juga ngempeng ASI terus. Anaknya bener2 nduuuut bgt... dalam sebulan beratnya naik ampir 2 kg (bb lahir 3,3 kg, sebulan naik jadi 5,1 kg). Kekurangan ASI on demand adalah, waktunya tidak teratur, susah menyesuaikan antara jadwal ibu dengan bayi.

    Soal Iqbal mainan & nekan2 PD.... Hehehe.... ga papa, Iqbal baru belajar megang2 kali... dan yang terdekat untuk dipegang adalah PD bundanya. Kelak Iqbal akan senang menolehkan kepala tanpa melepaskan PD, PD bunda dijadiin teether alias digigit2, bahkan berakrobat nenen. tentang usilnya anak2 ketika nenen silahkan lihat di <url>http://www.anakku.net/forum/showthread.php?t=1320</url>
    Klo cara menyusui salah... tanya ibu2 tukang susu aja deh...
    Tetep semangat memberikan ASI untuk Iqbal ya bunda.....
    salam

Share This Page