BCG COMBO DPT HIB POLIO boleh gabung?

Discussion in 'Imunisasi: cara tepat untuk sehat' started by adeline, 12/3/08.

  1. adeline

    Message Count:
    1
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    0
    anakku telat BCA, sudah hampir umur 2 bulan. pas umur 2 bulan nanti aku rencana vaksin Combo DPT HIB & polio, boleh gak ya tambah BCG?

    benar gak sih kalo jarak imunisasi minimum 2 minggu? Karena aku pernah denger info kalau mau gabung ya dalam 1 hari yang sama, tapi tidak boleh imunisasi lagi kalo belum 2 minggu, katanya sistem pembentukan imunnya jadi "bingung".

    kalo gak bener, dan BCG gak boleh gabung yang diatas, jadi kapan ya saya kasih BCGnya, karena hari ini baru vaksin HepB-2, 2 minggu lagi pas 2 bulannya

    lebih efektif DPT HIB combo atau pisah?

    trims before.... ditunggu jawabannya ya dok.
  2. handryastuti

    Message Count:
    379
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    0
    DPT HIB combo sama efektifnya dengan yang terpisah. Kalau vaksinnya sama minimal pengulangan jaraknya 4 minggu. Tapi kalau vaksinnya beda (BCG dan DPT combo) boleh pada hari yang sama, atau kapan saja tidak harus interval tertentu.Biasanya sebagian besar orang tua nggak mau kalau anaknya disuntik kanan kiri pada hari yang sama. Jadi boleh2 saja semua pd hari yg sama tergantung org tuanya mau atau tidak. Kalau mau terpisah, saran saya BCG dulu, seminggu kemudian baru DPT Combo. Anaknya nggak disuntik kanan-kiri dan jarak tdk terlalu dekat shg anak tidak trauma.
  3. Hafhabs

    Message Count:
    11
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    0
    Boleh ikutan nimbrung ya..
    Jarak antara vaksin hidup (BCG, Polio, Campak, MMR dan Varicella) apabila diberikan terpisah minimal harus 4 minggu. tetapi bila bersamaan atau simultan tidak masalah sesama vaksin hidup.
    Nah kalau vaksin mati tidak ada jarak atau interval pemberian.

    Mengenai combo DPT-HiB kalau saya baca di situs AAP, tidak dianjurkan pada imunisasi primer (<6 bulan). Jadi sebaiknya terpisah.

    Saran saya sekarang imunisasi BCG dulu nanti 4 minggu lagi berikan DPTl, HiB1, Polio1. Karena jarak antara BCG dan polio minimal 4 minggu

    Mudah2an membantu
  4. ummulazuardi

    Message Count:
    1
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    0
    duh gimana y, lazua, pas 5 bln 15 hari di beri vaksin ini.
  5. Hafhabs

    Message Count:
    11
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    0
    Gapa2 bu..kalo udah terlanjur pake yang kombo, lagian ini kan penelitian di amerika. Di negara lain masih dipake ko yang kombo. DI Indonesia sendiri belum ada penelitian mengenai masalah ini.
    Imunisasinya tidak perlu diulangdan ibu tidak usah khawatir
  6. muksin

    Message Count:
    1
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    0
    mumpang tanya..
    kalo sudah imunisasi hepatitis 1, kemudian setelah 2 minggu imunisasi DPI 1 boleh ga yah...
    terus setelah DPT1 2 minggunya lagi hepatitis 2 dimana jarak antara hepatitis 1 dan 2 sudah 4 minggu..
    mohon sarannya

Share This Page