hisap jempol mestimulasi otak?

Discussion in 'Makin cerdas' started by ewi74, 14/12/07.

  1. ewi74

    Message Count:
    133
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    0
    Dear All,

    Aku udah liat postingan ttg hal spt yg ingin aku tanya (title :sayang, jangan hisap jempolnya), tapi, pernyataan suster di RS waktu aku melahirkan anak ke 2 mbuat aku pengen tahu. Dia bilang : "kalo anaknya masukkin jari ke mulut, jangan ditarik ya bu...itu menstimulasi otak dia"

    Benar gak sih

    2nd question, bgmn ya mengembalikan kepala anak yang peyang....anak keduaku(perempuan 2,5 bulan), karena keseringan digendong kiri jadi agak peyang nih...pas lahir sih bulat benerrr....

    TErima kasih infonya......

    Dewi
  2. iangka

    Message Count:
    156
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    0
    Hohoho... yang ini baru denger tuh :senyum

    Menurut saya, menghisap adalah memang insting bayi dari sononya. Dengan menghisap dia memperoleh kepuasan batin & jadi tenang. Nah, perkara apa ini menstimulasi otak saya belum tahu. Mungkin ada moms lain yang bisa urun pendapat?

    Untuk kepala peyang, saya coba dengan cara membolak-balikkan kepala pas waktu tidur. Tapi, Karin teteup peyang tuh :senyum Pas Nana, saya juga coba dengan cara ditidurkan tengkurap, cara ini cukup berhasil menjaga bentuk kepala. Tapi ada informasi lain yang menyebutkan bahwa bayi tidak boleh tidur tengkurap. Nah, jadi tambah bingung kan? :senyum

    Maaf klo tidak membantu
  3. yolan

    Message Count:
    492
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    0
    Dear Dewi,

    Setau saya ttg ngisep jempol sih karena dengan cara dmk bayi bisa merasa aman, karena sejak dalam rahim pun dia juga sudah melakukannya. Mungkin dengan terpenuhi rasa amannya itu akan mendukungnya secara kejiwaan sehingga bisa membuat dia berkembang dengan baik. Disambung2 in sendiri nih, abis bingung juga nalarnya gimana ya. Makanya khan dr juga bilang klo bayi ngisep jempol biarin aja, asal gak keterusan sampe gedhenya.

    Trus klo ttg kepala peyang mungkin dengan cara posisi kepala waktu tidur jangan 1 posisi aja, kanan, kiri, tengah. Bisa juga dipakekan bantal peyang, demikian juga klo lagi gendongan ada kog bantal peyang kecil untuk anak klo pas ada di gendongan.
    Klo masih 2.5 bulan pasti d masih bisa berubah, jadi mulai biasakan aja ganti2 posisi tidurnya.

    Maaf klo kurang membantu.
  4. Euis

    Message Count:
    292
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    0
    Dear Ewi,
    Menurut Freud dalam teori Perkembangan Psikoanalisa bahwa fase perkembangan anak dibagi menjadi 3 fase ,
    yaitu : 1. fase oral,
    2. fase anal
    3. fase phalus/ fase genital

    fase perkembangan pertama /fase oral di usia 0-1,5 tahun ditandai dengan anak memperoleh kepuasan melalui daerah oral atau mulut, dimana anak memperoleh pengertian dan mengeksploritasi mengenai dunia disekelilingnya melalui aktivitas lewat mulutnya.

    Hal ini dapat dilihat pada bayi-bayi yang cenderung memasukkan apa saja benda yang dilihat dan ingin diketahuinya ke dalam mulutnya, memasukan ibu jari kedalam mulut, mainan di masukkan ke dalam mulut dll.

    Nah mungkin pada fase inilahn yang dikatakan menghisap jempol dapat menstimulasi otaknya, CMIIW ya dok

    euis
  5. ewi74

    Message Count:
    133
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    0
    Mbak Yolan,
    Beli bantal peyangnya dimana ya? apa di toko perlengkapan bayi tertentu
    Terima kasih banyak


    Dewi
  6. Kris

    Message Count:
    162
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    0
    Mba Dewi,

    Sekedar sharing.

    Dokter terapi anak saya pernah menegur saya gara2 saya melarang anak saya masukin jari ke mulutnya. Blio bilang, jari yang dimasukkan ke mulut bayi itu bisa merangsang agar indera perasanya bekerja. Juga untuk membantu menstimulasi otot2 di sekitar mulut & rahang agar dapat bergerak dengan lebih baik.

    Maaf jika tidak membantu banyak.
  7. yolan

    Message Count:
    492
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    0

    Dear Dewi,

    Maaf banget yach aku baru bales, soalnya lama gak masuk forum nih. Udah dapet bantal peyangnya lum ya ?
    Biasanya klo yang bantal peyang biasa (yang buat tidur sehari2 di ranjangnya) ada dijual di toko perlengkapan bayi, tapi klo yang buat anak di gendongan yang bentuknya kecil waktu itu aku dapatnya di matahari, merk elegance. Thx.

    Thx
  8. Hardiono Pusponegoro Administrator

    Message Count:
    2.649
    Likes Received:
    11
    Trophy Points:
    38
    Location:
    Jakarta
    Hai nambahin ya soal bantal peyang...:senyum
    Jadi inget temenku yang memang masih mengikuti tradisi dari ortunya...
    Ketika anak pertamanya lahir, dia cerita kalo dia membuat bantal khusus yang isinya bukan kapas, melainkan kacang hijau, nah karena sifatnya butiran, jadi lengkungan bantal, pastinya mengikuti lekuk benda yang menekannya, which is kepala baby tersebut....
    Dan aku lihat siyh..memang kepala anak temanku tersebut ngga peyang....*lain banget sama kepalanya Icha tersayang:(*
    Semoga berkenan ya :)
  9. Hardiono Pusponegoro Administrator

    Message Count:
    2.649
    Likes Received:
    11
    Trophy Points:
    38
    Location:
    Jakarta
    Artikel kepala gepeng
    <url>http://www.anakku.net/index.php?option=com_content&task=view&id=67&Itemid=30</url>

    Moga2 bermanfaat
  10. veron0805

    Message Count:
    332
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    0
    Moms,

    Mau nerusin pertanyaan ttg masukin tangan ke mulut nih..
    Kevin (4.5 bulan) suka juga masukin tangan ke mulut. Sebetulnya ga kita larang, tapi sering juga dia jadi batuk dan kayak mau muntah gitu (seperti kalo kita mengosok lidah terlalu dalam, kan ada dorongan mau muntah).. Dan pernah juga abis minum susu, dia masukin tangan ke mulut dan jadinya muntah beneran... :( Lama2 jadinya sering dilarang deh masukin tangan ke mulut..
    Hmmm... apa emang kita monitor aja ya, asal ga muntah gpp? Mungkin ada moms yg punya pengalaman seputar ini?
    Pls di-share yahh...

    Trims,
    -maminya Kevin-
  11. intan

    Message Count:
    199
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    0
    Dear semuanya,

    Jujur aku juga masih kelabakan dengan kebiasaan Anes menghisap jempol, padahal umur udah 3 tahun lebih, kalo bosen dia sering banget hisap jempol:(
  12. mamiandrew Moderator

    Message Count:
    1.415
    Likes Received:
    1
    Trophy Points:
    38
    Dear Intan,

    Coba baca artikel yang sudah ada di web :
    <url=http://www.anakku.net/index.php?option=com_content&task=view&id=46&Itemid=72]Sayang, jangan isap jempolnya dong</url]

  13. Hardiono Pusponegoro Administrator

    Message Count:
    2.649
    Likes Received:
    11
    Trophy Points:
    38
    Location:
    Jakarta
    Wah kalau soal hisap jempol sepertinya alami banyak dialami setiap anak ya.. begitu juga dialami dengan anak saya... Tapi kalo saya, setiap olive masukin jempolnya ke mulut langsung deh dengan sigap langsung saya larang.:senyum
  14. Nyoen

    Message Count:
    366
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    0
    Mbak Ewi, secara tradisional orang kampung saya bilang bikin bantal yang isinya beras karna sangat fleksibel sehingga kepala anak bisa terbentuk sempurna. Saya sih gak pernah coba, tapi kalau mau coba mending jangan pake beras. Sekarang kan ada tuh steorofom berbentuk butiran bola-bola, nah bikin aja bantal lembut berisikan sterofom ini.

    Soal hisap jempol, selama masih batas usia fase oral seperti yang disebutkan teman-teman diatas biarkan saja asaljangan bayinya kecandan.
    pernah juga dengar opini bahwa menghisap dot bisa menstimulasi otak anak karna rahangnya bergerak terus sehingga aliran darah keotak semakin lancar. Tapi saya tidak setuju ah.
    Btw, dulu anaknya pengasuh Byan sekarang hobinya hisap jempol sampai usia sekolah. Jempolnya sampe membusuk (maaf...), kalau diperban perbannya dibuka dan jempol yang sudah luka ini tetap dihisap hi....
  15. veron0805

    Message Count:
    332
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    0
    Waduh seremnya kalo sampe segitu parah kecanduannya...

    Mbak Nyoen (maaf saya ga tau nama lengkapnya, dimana liatnya yah?), fase oral itu sampe kapan ya? Jadi kira2 sampe kapan yang masih dianggap wajar dan ga usah dilarang?

    tq,
    -maminya Kevin-
  16. Hardiono Pusponegoro Administrator

    Message Count:
    2.649
    Likes Received:
    11
    Trophy Points:
    38
    Location:
    Jakarta
  17. veron0805

    Message Count:
    332
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    0
    bundanya_icha,
    Sekarang sih ga tau kenapa Kevin suka isep jempol (Kevin 4,5 bulan), malah kadang dia berusaha masukin segenggam tangannya ke mulut. Dan karena dia belum bisa ngomong, jadi susah mo nanya hehehe... Tapi so far sih aku liat dia hepi2 aja tuh... Mungkin sekarang masih fase eksplorasi tangan kali yah... (ato gatel mo tumbuh gigi)
    Nanti kalo sudah lewat 6 bulan dan sudah MPASI, aku akan kasih cemilan aja seperti saran mba, sambil aku monitor lagi...

    makasih mba atas sarannya.
    :madif
    -maminya Kevin-

Share This Page