Imunisasi MMR

Discussion in 'Imunisasi: cara tepat untuk sehat' started by mamiandrew, 21/5/07.

  1. mamiandrew Moderator

    Message Count:
    1.415
    Likes Received:
    1
    Trophy Points:
    38
    Dok, bagaimana dengan anak yg PDD NOS & ADHD apa sebaiknya ditunda juga imunisasi MMR nya ?
  2. mamiandrew Moderator

    Message Count:
    1.415
    Likes Received:
    1
    Trophy Points:
    38
    Dok... yg ini belum di jawab nih :)
  3. Hardiono Pusponegoro Administrator

    Message Count:
    2.649
    Likes Received:
    11
    Trophy Points:
    38
    Location:
    Jakarta
    Hubungan MMR dan autisme merupakan pertanyaan yg sulit dijawab. Penelitian lab menunjukkan adanya hubungan, penelitian lapangan menunjukkan tidak adanya hubungan. Profesi kedokteran cenderung menganggap tidak ada hubungan antara MMR dan autisme.

    Pengamatan pribadi terhadap pasien, sebagian besar sudah menunjukkan gejala autisme atau PDD NOS sejak kecil, sebelum di imunisasi MMR.
    Sangat sedikit yang menunjukkan regresi, yaitu tadinya baik, lalu mundur pada umur 1,5 tahun.

    Saat ini di Amerika sedang berlangsung proses pengadilan atas gugatan orang tua, kita tunggu saja hasilnya.
  4. bunda sabrina

    Message Count:
    19
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    0
    Dok, saya kok sedikit bingung ya dgn MMR n autis ini ya?Kebtulan bulan depan anak saya (13 bulan) waktunya imunisasi MMR, saya kok jadi khawatir ya dok?sejauh ini sih dia baik2 saja, pertumbuhan baik (Alhamdulillah). Baiknya diimunisasi MMR gak ya dok?
  5. retyo

    Message Count:
    4
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    0
    dd rere (14bln) punya jadwal imunisasi MMR bulan depan. kira-kira berbahaya enggak kalau diikuti?. soalnya ngeri membaca tentang dampak imunisasi MMR di kalangan masyarakat. Tapi kalau imunisasi ini dilewat saja apakah tidak apa-apa ?
  6. Nyoen

    Message Count:
    366
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    0

    Nah...jawaban begini nih yang kita tunggu...gamblang tidak menimbulkan kesan menutup-nutupi. Kalo memang masih dlm penyelidikan ya...baiknya dikatakan terus terang. Finalnya kembali ke kita2, mau tunggu atau jalan terus. Saya pribadi cenderung nunggu ah...sampai secara resmi semuanya sepakat aman.:)
  7. detta

    Message Count:
    390
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    0
    setuju sama Nyoen...saya pribadi akan nunggu dulu.
    Thanks to dr Yoni atas penjelasannya. T O P deh
  8. nimas

    Message Count:
    309
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    0

    Maksimal umur brapa harus imunisasi MMR ( soalnya Atha jadwal imunisasi MMR bulan ini ).Kalo kita harus nunggu jawaban dan sampai berapa lama ya.....?



    <U]Nimas</U]
    Emaknya Atha
  9. Hardiono Pusponegoro Administrator

    Message Count:
    2.649
    Likes Received:
    11
    Trophy Points:
    38
    Location:
    Jakarta
    Nimas,

    DSA nya Raisa waktu itu bilang kamu mau tunggu, jangan ampe 3 tahun. Katanya sih 3 tahun udah ketuaan buat di MMR :p

    Sementara ini aku juga dah kasih tau si ke DSA nya bahwa aku akan menunggu dulu sambil memantau perkembangan anaknya.

    Disini MMR umur 1 tahun. Jadi kesepakatan kita, beresin dulu imunisasi yang lain, tapi saran si DSA nya maksimal 2.5 tahun deh...

    DSA nya sih cukup pengertian dan menghargai concern aku, walau dia kasih tau aku sebenarnya MMR gak ada hubungan dengan autisme. Akhirnya ya itu, kita sepakat memantau perkembangan anaknya sambil beresin imunisasi lainnya dulu.
  10. nelis

    Message Count:
    30
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    0
    dear all,

    ada artikel tentang "Menyikapi Kontroversi Autisme dan Imunisasi MMR"
    <url=http://puterakembara.org/rm/Alergi4.shtml>Klik disini</url>

    semoga berkenan.
  11. veron0805

    Message Count:
    332
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    0
    Moms, Dok,

    Apa sdh ada update ttg imunisasi MMR vs autis? Aman gak nih imunisasi MMR?
    Kalo sudah ada update, pls di-share yah..
    Thanks.
  12. Jobaja3raja Moderator

    Message Count:
    1.314
    Likes Received:
    1
    Trophy Points:
    38
    Location:
    Jakarta
    wah mbak..tuh diatas...member nelis ada kasih link dari salah satu forum yang kebetulan membahas masalah autis.., coba dilihat dulu

    sebenarnya ini sudah banyak pro-kontra nya..dari pada jadi pantun2an..balik lagi terserah mbak sendiri, apakah mbak merasa perlu dan yakin bahwa imunisasi MMR itu baik buat anak mbak, kalau tidak, biar orang rekomendasi sampai pegal ya ngak ada gunanya...

    saya sendiri sudah imunisasi MMR semua anak saya, bahkan anak saya yang terkecil saya mmr waktu dia mulai bisa komunikasi, artinya baru bisa beberapa kata, kalau ditanya kenapa..ya saya jawab karena saya yakin imunisasi MMRitu penting buat anak saya, sebab saya ngeri kalau sampai virus meningtis itu bercokol di anak saya, pinaltinya cuma meninggal atau cacat mental.
  13. veron0805

    Message Count:
    332
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    0
    Majo,
    makasih ya.. Waktu posting kemaren, aku ga merhatiin posting-annya nelis... jadi malu..:eek:
    Nah, sekarang ga ragu lagi deh utk imunisasi Kevin...

    Btw, aku dipanggil Vero aja, ga usah 'mbak'..hehehe, biar enak gitu (sorry OOT bentar) :senyum
  14. flo

    Message Count:
    54
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    0
    seru banget klo ngebahas MMR. ikutan tanya ya, kemarin dari hasil seminar yg ada dokter anaknya juga, beliau bilang klo anak pernah kejang baik dgn demam atau tanpa demam tidak boleh di berikan imunisasi MMR. apa benar begitu? jadi bingung ni mau imun atau tidak karena kevin ada riwayat kejang.
    terima kasih
    flo
  15. deedee

    Message Count:
    1
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    0
    Dear pak dokter,
    anak saya sudah mendapat imunisasi MMR & campak sesuai dgn jadwal.
    Tp setelah 3 hari ini demam suhu badan naik turun, akhirnya timbul bercak2 merah di badan & muka. Pagi ini saya ke RS dan ternyata anak saya kena Rubela germany. Saya agak kaget juga kenapa masih juga kena padahal sudah imunisasi. Dokter di RS tsb berpendapat, bisa krn vaksin tsb tdk 100% efektif bekerja atau krn virusnya terlalu kuat.Pertanyaan saya:
    1. Mengapa anak saya terkena rubela tsb padahal sdh imunisasi. Apa penyebabnya?
    2. Benarkah pendapat dokter tsb?
    3. Apakah penyimpanan vaksin yg kurang benar dapat menyebabkan vaksin itu rusak shg tdk efektif bekerja?
    4. Apakah anak saya akan imune thd penyakit tsb setelah sembuh?
    5. Perlukah vaksin MMR tsb diulang (setelah anak saya sembuh).

    Terima kasih pak dokter. Mohon jawabannya segera....
  16. bubunya_abiel

    Message Count:
    1
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    0
    :biggrin: Masalah MMR ini cukup bikin bingung juga ya, Abiel anakku 14 bulan rencananya bulan ini juga jadi jadwal MMRnya. Mungkin bener juga, kayanya aku harus konsultasiin dulu sebelumnya mengenai ini ke DSAnya. Apa lagi aku belum tau juga apasih ciri anak yang autis, walow sebenernya sejauh ini semua keliatan normal dari Abiel.

    Forum ini bantu aku banget yang baru punya anak satu, thanks ya :)
  17. Hardiono Pusponegoro Administrator

    Message Count:
    2.649
    Likes Received:
    11
    Trophy Points:
    38
    Location:
    Jakarta
    Buat yang mau tau lebih jauh mengenai vaksin MMR (kebetulan aku dikasih tau kalau vaksin MMR yang diberikan disini adalah Priorix dari glaxosmithkline), silahkan baca referensinya dengan <url=http://emc.medicines.org.uk/emc/assets/c/html/displaydoc.asp?documentid=3180>klik disini </url>.

    Semoga dapat memberikan pencerahan dan gambaran yah.
  18. nindita

    Message Count:
    51
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    0
    tadinya juga aku ragu jadinya mmr dita telat banget, dita baru mmr bulan kemaren pas umur 2 tahun 9 bln. gpp dech daripada tidak sama sekali. kalau masalah udah imun tapi tetep sakit juga, kata dsa ku imun itu hanya sekedar jaket jadi tidak menjamin si anak bebas 100 %. hanya kadar sakit nya akan lebih rendah daripada anak2 yg tidak imun.
  19. handryastuti

    Message Count:
    379
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    0
    Kalau ragu tentang MMR, tunggu anak sampai bisa bicara atau komunikasi baru imunisasi. Itu yang kita terapkan pada pasien di praktek sehari-hari (yang ngajarin juga Opa). Tapi please ... MMR itu perlu, terutama Rubella utk anak perempuan spy nanti kalau sudah hamil punya kekebalan terhadap virus Rubella shg janin yang dikandung tdk akan terinfeksi Rubela. Kalau janin terinfeksi Rubela, wah .... berat sekali bisa katarak, kelainan jantung dan retardsai mental. paling ringan gejalnay gangguan pendengaran. Dan Rubella tidak ada obatnya.
    Untuk anak laki Mumps (parotitis atau gondongan) nya penting, kalau kena parotitis bisa menginfeksi testis yang kelak mengganggu kesuburan. Atau yang paling berat kena ensefalitis (radang otak) dengan resiko kematian atau cacat.
  20. Hardiono Pusponegoro Administrator

    Message Count:
    2.649
    Likes Received:
    11
    Trophy Points:
    38
    Location:
    Jakarta
    Terima kasih untuk dokter Yoni (Opa) dan dokter Andry.
    Sangat mencerahkan sekali......

    Artinya.. gak apa terlambat asal jangan tidak sama sekali ya...?

    DSA nya Raisa juga kemaren bilang tuh.. banyak orang tua sekarang udah melupa sama bahayanya sakit karena mumps dan rubella :022:

    Oh.. ternyata yang ditulis dokter Andry di atas toh..... penjelasan maksud dari DSA nya Raisa. he he he kali kalau ibunya Raisa bukan lupa .. tapi gak tau detail apa bahayanya. Karena yg lebih banyak di denger efek autisnya.

    Senang deh dapat info ini dari dokter Andy :045:
  21. handryastuti

    Message Count:
    379
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    0
    Ya bunda, apalagi Raisa perempuan, wajib vaksin Rubela, biar cucunya nggak kena Rubela. Ya ampun,,,, jauh benar mikirnya. he...he...he.
  22. mamfad

    Message Count:
    226
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    0
  23. loli106

    Message Count:
    111
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    0
    Dok,

    Kalau yang saya dengar (saya minta konfirmasi ,takut jadi salah pemikiran ),katanya kalau anak kita tidak disuntik MMR tidak apa apa, karena dia tidak akan kena, kecuali anaknya ,,,(jadi cucu kita)itu harus disuntik ,karena dia bisa kena virus klo tidak disuntik MMR.

    Lain kalau anak kita cowo, itu harus disuntik MMR, karena dia bisa kena virus itu.

    Bagaimana dok pencerahannya?trimakasih

    Salam
  24. Hardiono Pusponegoro Administrator

    Message Count:
    2.649
    Likes Received:
    11
    Trophy Points:
    38
    Location:
    Jakarta
    Loli,

    Boleh tau gak sumber yang loli dengar darimana ?

    hmmm, kalau yang ditulis loli aku artikan begini :
    Ibu aku, tidak pernah mendapatkan suntik MMR. Aku pun kayaknya dulu waktu kecil, gak suntik MMR. Nah... Raisa kan anak aku, cucunya ibuku, jadi perlu suntik MMR donk ? kan cucu nya ibu kita. Artinya anak kita perlu disuntik MMR donk :022:
  25. veron0805

    Message Count:
    332
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    0
    Dokter,
    kalo anak sdh pernah kena rubella, berarti otomatis sdh punya kekebalan. Jadi tidak perlu vaksinasi lagi. Bener ga ya pengertian saya?
    Makasih...
  26. handryastuti

    Message Count:
    379
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    0
    Kalau sudah pernah kena Rubella memang tidak perlu imunisasi lagi, asalkan yakin memang Rubela, sebab infeksi virus yang menyebabkan ruam kemerahan di kulit cukup banyak.
  27. mama_maliki

    Message Count:
    102
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    0
    dok...sori tanya lagi soalnya msh blm jelas :), yg dokter maksudkan diatas vaksin MMR atau vaksin Rubella saja? Nah...andaikan memang sudah terkena Rubella dan tetap divaksin MMR apakah boleh-boleh saja?

    thanks a lot
  28. handryastuti

    Message Count:
    379
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    0
    MMR itu measles (campak), mumps (parotitis/gondongan) dan Rubella. Campak disini untuk imunisasi ulangan spy titer antibodinya naik. sudah pernah Rubelle terus imunisasi MMR ? ya nggak apa2, karena kita mau ambil ulangan campak nya dan parotitis, untuk Rubelanya berarti titer antibodinya sudah lebih tinggi lagi krn ada infeksi alamiah.
  29. Rudbertha

    Message Count:
    8
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    0
    Imunisai MMR harus berapa kali ?

    Soalnya dulu waktu mau di imunisasai, DSA anak saya bilang tunggu anak saya bicara lancar dulu dan kebetulan anak saya bicaranya telat sekitar 2,5 tahun, jadinya saya lupa apakah sudah pernah di MMR apa belum ? Sekarang anak saya sudah mau 4 tahun, apakah masih bisa dan perlu ?
  30. Hardiono Pusponegoro Administrator

    Message Count:
    2.649
    Likes Received:
    11
    Trophy Points:
    38
    Location:
    Jakarta
    Rudbertha,

    Kalau di buku imunisasinya Raisa, MMR itu pada usia 1 tahun, kemudian diulang pada usia 6 tahun, khusus untuk anak perempuan.

    Untuk di Indonesia, sepertinya MMR itu pada usia 18 bulan. Kurang pasti untuk pengulangannya.

    Jika anaknya belum mendapatkan imunisasi MMR dan Rudherta ingin mengetahui masih perlu atau tidak, silahkan baca postingan dr. Handry di halaman sebelumnya.

    Kalau menurut saya, masih perlu lho... tidak apa apa terlambat.
  31. veron0805

    Message Count:
    332
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    0
    Dokter,
    kalo tunggu sampai anak bisa bicara atau komunikasi, ada batas maksimumnya gak sampai berapa bulan?
    Pls advise.

    Thanks,
    Vero- Mami Kevin

Share This Page