Jenis Kosmetika Bayi

Discussion in 'Jual beli dan promosi' started by yolan, 12/7/07.

  1. yolan

    Message Count:
    492
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    0
    Jenis Kosmetika Bayi

    * Sabun

    Ada dua jenis sabun bayi yang ditawarkan di pasaran, berbentuk batangan dan cair. Kedua sabun tersebut pada prinsipnya sama, yaitu mengandung detergen. Namun, jangan buru-buru mengidentikkan detergen dengan bahan cuci baju, lo. Detergen memang berasal dari kata deterje yang berarti membersihkan. Tak heran jika semua bahan pembersih dinamakan detergen, termasuk sabun ini.

    Baik yang batangan maupun cair, sama efektifnya. Jadi, tergantung selera masing-masing, ya, Bu. Memang bila dilihat dari segi kepraktisan dan higienis, sabun cair lebih baik, karena terhindar dari masalah sabun terjatuh ke lantai.

    Tapi perlu diketahui, beberapa bayi mungkin tak akan cocok dengan sabun cair. Sebab, pada umumnya sabun cair menggunakan bahan pewangi dan pewarna lebih banyak ketimbang sabun batangan. Sehingga untuk bayi yang mudah alergi, bisa saja mengalami reaksi terhadap bahan tambahan tersebut. Walaupun ada juga bayi yang tak mengalami reaksi apa pun. Satu-satunya cara untuk mengetahui apakah bayi Anda cocok dengan sabun tertentu, maka si bayi harus mencobanya dulu.


    * Sampo

    Tak beda dengan sabun, sampo pun termasuk detergen yang didesain khusus untuk pemakaian di kulit kepala. Sampo untuk bayi biasanya dirancang tak pedih di mata karena bahan aktifnya dipilih yang tak mengiritasi mata. Makanya daya bersih sampo bayi tak sekuat sampo orang dewasa. Tapi ini pun sudah cukup bagi bayi, kok. Bukankah rambut bayi tak terlalu kotor? Selain itu, bayi pun tak mengeluarkan banyak keringat. Jadi, kulit kepalanya tak sekotor kulit kepala orang dewasa.

    Karena alasan di atas pulalah, sebenarnya bayi tak perlu dikeramas tiap hari. Terlebih lagi bila rambutnya belum tumbuh banyak. Frekuensi keramas yang ideal bagi bayi adalah satu hingga dua kali seminggu. Memang, akan terasa lebih nyaman bila setiap dimandikan, kepalanya juga dibasahi. Jadi, kalau hanya membasahi kepalanya, sih, boleh-boleh saja. Asal tak memakai sampo tiap hari, ya, Bu.

    Kalaupun bayi Anda sudah telanjur dikeramas tiap hari, tak perlu terlalu cemas. Karena sampo merupakan jenis kosmetik yang hanya sebentar kontak dengan tubuh, tak seperti foundation misalnya, yang bisa melekat pada wajah hingga 10 jam lebih. Jadi, bila bayi dikeramas setiap hari dan kulit kepalanya sehat-sehat saja, berarti tak jadi masalah.


    * Hair Lotion

    Merupakan kosmetik pelengkap buat bayi yang ditujukan untuk menyuburkan rambut, selain dapat mengharumkan rambut bayi. Bukankah akan terasa lebih menyenangkan kala mencium si kecil tercium bau yang wangi? Kita pun akan bangga jika orang lain yang habis mencium bayi lantas berkomentar, "Aduh, wanginya!"

    Namun, ingat, lo, Bu, pertumbuhan dan kesuburan rambut sangat dipengaruhi oleh banyak faktor. Sebab, yang namanya menumbuhkan rambut tak semudah itu. Adakalanya berkaitan dengan nutrisinya. Jadi, bila rambut bayi masih sedikit, yang bisa dilakukan adalah memberi nutrisi yang baik.

    Selain itu, rambut tipis atau botak pada bayi masih wajar, kok. Bayangkan saja kalau rambut bayi Anda sudah sebanyak orang dewasa, bukankah itu akan merepotkan. Bayi, kan, belum bisa menggaruk bila rambut gatal. Jadi, bersabarlah menunggu. Bila bayi dalam kondisi sehat, di usianya yang kedua pasti sudah memiliki rambut yang diidam-idamkan.


    * Bedak

    Bedak biasanya digunakan untuk menambah wangi dan segar setelah bayi mandi. Sebenarnya kegunaan yang lebih penting dari bedak untuk menyerap kelembaban, terutama di daerah lipatan, juga untuk mencegah gesekan sehingga tak mengalami lecet. Jadi, bila bedak ini digunakan di lipatan bagian bawah pun boleh-boleh saja, asalkan tak berlebihan apalagi sampai terjadi gumpalan. Yang tak boleh digunakan adalah penggunaan bedak di daerah selaput lendir.

    Untuk menghindari pemberian bedak yang berlebihan, sebaiknya bedak ditaburkan di tangan ibu, diratakan, lalu baru dioleskan ke tubuh bayi. Dengan cara ini, ditanggung pemberian bedak tak akan berlebihan. Selain juga lebih aman karena sisa bedak tak akan bertaburan seperti bila menggunakan spon.

    Selain itu, mengoleskan bedak dengan tangan jelas lebih aman dibandingkan bila menggunakan spon. Karena umumnya sebelum menggunakan bedak, tangan pasti dicuci dulu. Lain halnya dengan spon. Spon yang terkena kulit lembab akan memimbulkan mikroba yang akhirnya tercampur ke bedak.


    * Krem

    Bedak hanya boleh digunakan pada kulit yang utuh, artinya tak pada kulit bayi yang sedang lecet. Sebab, bila terkena kulit yang lecet dikhawatirkan ada partikel yang masuk pada luka tersebut sehinga malah bereaksi yang tak diinginkan. Nah, untuk kulit lecet biasanya digunakan bentuk krem. Tapi ingat, lo, Bu, bila krem yang dijual bebas tak bisa menolong, berarti harus segera dialihkan ke dokter untuk menanganinya lebih lanjut.

    Jadi, jangan kalau sudah tak cocok malah mau mencoba merek lainnya. Bisa-bisa lecetnya dikhawatirkan bertambah parah. Karena itu biarlah dokter yang akan menanganinya.


    * Body Lotion/Baby Oil

    Pada prinsipnya, lotiondan oil sama-sama campuran minyak dan air. Hanya, produk yang disebut lotion kandungan minyaknya lebih sedikit dibandingkan oil. Kegunaan baby lotion untuk melembutkan dan melembabkan kulit. Walaupun begitu, bukan berarti bayi harus menggunakannya setiap hari di seluruh tubuhnya.

    Iklan penggunaan produk baby lotion ini diserap dari budaya barat yang iklimnya berbeda dengan negara kita yang tropis. Kelembaban dan suhu di Indonesia lebih tinggi ketimbang di negeri Barat, sehingga bila bayi berkali-kali dioleskan baby lotion, bisa-bisa malah jadi biang keringat. Jadi, gunakan baby lotion sesuai keperluan saja, yaitu ketika kulit bayi terlihat kering sekali. Penggunaannya juga tak perlu di seluruh tubuh dan sepanjang waktu. Anggota tubuh yang disarankan memakai body lotion sebaiknya hanya tangan dan kaki.

    Baby oil biasanya digunakan untuk membersihkan kerak-kerak pada kulit di tubuh atau kepala bayi. Fungsinya sama dengan minyak kelapa. Hanya, baby oil dibuat dari minyak mineral, sedangkan minyak kelapa terbuat dari bahan organik, sehingga memiliki batas waktu kadaluarsa.


    * Baby Cologne

    Atau minyak wangi bayi hanyalah pelengkap perawatan tubuh bayi agar tubuh bayi berbau harum. Di Indonesia bayi memiliki bau khas yang berasal dari minyak gosok, dikenal dengan minyak telon. Jadi, sekali lagi, pemilihan wangi-wangian ini sangat tergantung dari selera orang tua masing-masing.

    Baby cologne aman digunakan ke tubuh bayi karena biasanya para produsen produk bayi sudah mengetahui mana bahan yang boleh digunakan untuk bayi dan mana yang tidak. Walaupun demikian, sebaiknya jangan berlebihan.


    * Sunblock

    Dikenal juga dengan tabir surya yang dipakai bila mau mengajak bayi berenang atau bermain di tempat yang terpajan sinar matahari secara langsung. Namun ingat, penggunaannya tak boleh sembarangan. Biasanya di belakang kemasan ada petunjuk pemakaian. Jadi, sebelum menggunakan ke tubuh bayi, baca dulu petunjuknya. Misalnya, berapa lama setelah pemakaian bayi boleh masuk ke dalam air. Karena kalau belum terlalu lama, bisa-bisa sunblock-nya belum menyerap ke kulit bayi. Perhatikan juga sunblock tersebut tahan berapa lama dan kapan harus dioleskan kembali.

    Menurut penelitian, sunblock tak boleh diberikan pada bayi yang masih berusia sangat muda. Usia yang aman untuk memakai tabir surya ini adalah 10 bulan ke atas. Bukankah bayi-bayi yang masih terlalu muda pun biasanya belum kontak dengan sinar matahari? Jadi, secara fisik memang ia belum memerlukan tabir surya. Untuk bayi yang sudah lebih besar pun, sebaiknya tak menggunakan tabir surya ini. Akan lebih aman bila ia diberi perlindungan secara fisik, seperti memakaikan topi dan ibu mengenakan payung saat mengajaknya bepergian.

    <url>www.tabloid-nakita.com</url>
  2. Shanti

    Message Count:
    15
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    0
    saya mo tanya boleh gak?

    Setiap pagi saya khan selalu memijat bayi saya dengan baby oil, apakah aman penggunaannya?
    biasanya baby oil saya gunakan sebelum mandi.

    makasi banyak

    Mama santhi
  3. yolan

    Message Count:
    492
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    0
    Dear Mama Shanti,

    Bener kog yang dilakukan Mama Shanti. Menurut info dari DSA saya sih bagusnya baby oil memang digunakan sebelum mandi, bukan setelah mandi.
    Dan untuk pijit bayi memang bisa digunakan baby oil atau baby lotoin, spt ada dalam artikel di <url=http://www.anakku.net/forum/showthread.php?t=883&page=2&highlight=pijat>sini</url>

    Thanks
  4. jessica

    Message Count:
    230
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    0
    Ngomong2 kosmetika bayi,,share yuk yang dipakai sekarang ini apa aja..

    Yang dipakai Alicia saat ini.

    Syampo : Sebamed
    Sabun : Gerber
    Minyak Telon : Conicare
    Baby Cream u muka : Sebamed
    Baby Lotion : Gerber
    Cream p****t : switzal
    Baby Hair lotion : Switzal
  5. shishie

    Message Count:
    563
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    0
    iya deh ikutan...tapi berhubung cowok jadi nggak begitu banyak pernak perniknya...

    shampo : switzal
    sabun : switzal
    odol :switzal
    bedak : switzal
    minyak telon : conicare

    *pecinta switzal....:laugh:*
  6. Hardiono Pusponegoro Administrator

    Message Count:
    2.649
    Likes Received:
    11
    Trophy Points:
    38
    Location:
    Jakarta
    Raisa:

    abis mandi pagi dan sore
    Sabun : johnson top to toe
    lotion: sebamed
    cream popok: sebamed (kalau ruam daktarin)
    bedak : Aiken (medicated talk)

    abis dilap malam pake air hangat, kalau mau bobo:
    Sabun, lotion, bedak : johnson & johnson bed time
    (katanya biar tidurnya nyenyak) baru nyoba nih.

    lain lain:
    cologne : johnson & johnson
    sabun buat daerah yang dipakein pampers: cetaphil (dpt resep dari DSA)
    minyak telon + minyak kayu putih = caplang
    minyak telon sekarang = nyonya meneer. tul gak yah?
    baby oil = johnson lagieee

    Kesimpulan: fans nya johnson & johnson :jiggy:
  7. yolan

    Message Count:
    492
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    0
    Sama dengan Shie....pecinta switzal nih.
    Shampo kemiri, sabun batangan, hair lotion kemiri, cream zink, bedak, baby oil semua merk switzal.
    Yang cream, bedak & baby oil dipakai klo butuh doang.
    Minyak telon merk conicare.
  8. mama_kesia

    Message Count:
    422
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    0
    Saat ini yg dipakai Kesia :

    Sabun : Lactacyd biru (saran dsa-nya)
    Shampo : Pigeon
    Hair Lotion : Cussons
    Minyak telon : Konicare
    Baby oil : Cussons
    Cream : Johnson cream (warna pink)
    Bedak : Johnson & Johnson blossom
    Cologne : Pigeon (pakainya kadang-kadang aja)

    Cream buat ruam popok : myco-z (resep dari dsa)

    Merk-nya macam-macam banget yah...:laugh:

    raisa, bedak johnson bed time ada di indo ga yah? aku blm pernah liat tuh
  9. Hardiono Pusponegoro Administrator

    Message Count:
    2.649
    Likes Received:
    11
    Trophy Points:
    38
    Location:
    Jakarta
  10. mamiandrew Moderator

    Message Count:
    1.415
    Likes Received:
    1
    Trophy Points:
    38
    Wah, yg anaknya cewek banyak bener ya kosmetiknya :)

    Kalau Matthew praktis :
    Shampo : Switzal
    Sabun : Switzal/Cussons, Sebamed (kalau kulitnya lagi bermasalah)
    Minyak Telon : Conicare
    Hair Lotion : Switzal (sejak rambutnya mulai banyak sudah di stop)
    Bedak : Switzal (tapi karena alergi hampir tidak pernah pakai bedak)
  11. Bunda_Mytha

    Message Count:
    508
    Likes Received:
    1
    Trophy Points:
    0
    Ikutan yach...

    peralatan tempurnya mytha ;

    Sabun : Lactacyd biru (saran dsa-nya)
    Shampo : Pigeon
    Minyak telon : Nyonya meneer
    Minyak Kayu Putih : Cap lang
    Baby oil : Johnson & Johnson
    Cream : Johnson cream (warna pink),
    Bedak Tabur/Bedak Badan: Johnson & Johnson blossom
    Bedak Muka : Pigeon
    Cologne : Pigeon
    Cream anti nyamuk: switzal
  12. l3l1

    Message Count:
    203
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    0
    hehehe kalo kenneth hampir semua pake zwitsal, jadi penggemar zwitsal juga. kalo lactacyd dan sebamed... biasanya dikasi di air buat dia mandi aja kalo lagi ada ruam ato gatal2... secara lactacyd ato sebamed itu mahal bo'

    oya, kalo minyak telonnya pake cap lang atau cap puri. wangi, tapi mahal juga. lagian cap lang lebih tokcer kalo lagi kembung, abis digosok pake ini langsung buang angin.
  13. ibu_zaidan

    Message Count:
    83
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    0
    Kalo Zaidan pakenya sekarang:

    Shampo+sabun: Pigeon wash 2in1
    Minyak telon: Cussons
    Baby oil: Johnson (kalo pijat aja)
    Hair Lotion: Cussons
    Bedak: Salycil (kayanya gak pake merk, cuma dipake kalo ada biang keringat)

    Dikit amat ya?
  14. jessica

    Message Count:
    230
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    0
    Mom,

    Alicia dari lahir belum pernah pakai minyak kayu putih, sebenarnya lebih bagus minyak kayu putih apa minyak telon ya ? Malah sekarang ada yang 2in1 minyak telon+minyak kayu putih..
  15. Hardiono Pusponegoro Administrator

    Message Count:
    2.649
    Likes Received:
    11
    Trophy Points:
    38
    Location:
    Jakarta
    Jess,
    Raisa dari bayi sampai umur 8 bulan pake yang 2 in 1 (minyak kayu putih dan telon caplang). Sekarang aja karena kehabisa stok, jadi pake minyak kayu putih caplang dan minyak telon nyonya meneer. Semua nya ok kok, tapi tetap aja tergantung kulit anaknya.
  16. loli106

    Message Count:
    111
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    0
    Halo jesi,

    Minyak telon itu kan ada kandungan minyak kelapa nya selain ada unsur kayu putih juga sama satu lagi kandungan apa gitu,saya lupa.

    Kalau minyak kayu putih kan cuman kayu putih saja

    Soalnya kalau anak masih bayi dikasih minyak kayu putih takutnya panas, kulitnya jadi ngga tahan(tapi tergantung anaknya kali ya)

    Ada anak bayi dikasih minyak telon juga ngga tahan kulitnya soalnya.

    Salam
  17. mellisa_vs

    Message Count:
    39
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    0
    wah, jadi ingat waktu anak saya baru berusia 1 minggu, muncul semacam bentol2 merah di kepalanya, banyak banget. kulit kepalanya jadi menebal kemerahan gitu. mungkin akibat dikeramas tiap hari dengan shampo yah. tapi lama kelamaan sih hilang meskipun tetap dikeramas tiap hari. hehehe tobat d kalo gitu, ternyata gak perlu tiap hari yah :)

    *hematshampo*
  18. ferri pratomo

    Message Count:
    20
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    0
    bianda juga ikutan ya,,
    sejak lahir sampe sekarang bianda pake ;
    sabun ; pigeon
    shampo ; pigeon, bianda pake yang tu in wan, sabun dan shampo,
    bedak ; pigeon
    cologne ; pigeon
    baby hair lotion ; pigeon
    (pecinta pigeon ni, sama kayak keisa yang pake beberapa produk pigeon)
    minyak telon ; koniker

    baby oil buat pijet sebaiknya dipake sebelum mandi ya? selama ini bianda selalu saya pakein baby oil abis mandi ke seluruh tubuhnya,sebelum bedak dan minyak telon. kira2 ada efek bahayanya gak yah?
  19. Hardiono Pusponegoro Administrator

    Message Count:
    2.649
    Likes Received:
    11
    Trophy Points:
    38
    Location:
    Jakarta
    Berhubung mama cinta produk switzal jadi dari sabun,sampo,bedak,baby creamnya juga... cuma baby bodylotionnya aja yang pakai jhonson.


    Jes, kenapa alicia pakai baby cream untuk muka
  20. irene

    Message Count:
    223
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    0
    Ikutan ya...
    Nathan sih sekarang pakenya campur2 seadanya yang ada di lemari karena stok hadiah waktu lahir banyak banget, paling yang sekarang udah beli sabun mandinya
    Untungnya Nathan kulitnya ndak sensitif
    So saat ini yang dipakai tuh
    Sabun mandi : Switzal, ini sih karena mamanya yang suka baunya, dan rasanya lebih lembut daripada sabun lain
    Shampoo : Johnson (masih ngabisin stok)
    Bedak : Pigeon (ngabisin stok juga)
    Baby oil : Johnson (jarang pakai sih)
    Baby cream : Switzal yang spesial cream, kadang kalo timbul ruam pakai sebamed juga
    Minyak telon : Ny Meneer
    Cuma itu aja sih yang dipake selama ini.
  21. jessica

    Message Count:
    230
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    0
    Soalnya mukanya alicia gampang bener muncul merah2,,kalau dipakaiin baby cream,,merah2nya langsung hilang deh.
  22. mama_chika

    Message Count:
    187
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    0
    Sama kaya tante olive, berhubung chika dari bayi sama mama udah pake switzal, jadi sampe sekarang semua productnya pake switzal truss..

    trus mama bilang, kalo mo ganti-ganti takut ngga cocok, soalnya kulit chika sensitif, takut ngga cocok...(*lebih baik menghindari daripada mengobati*)
  23. intan

    Message Count:
    199
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    0
    Mau ikutan juga kalo Anes hampir semuanya juga pakai zwitsal dari bedak, shampo, cream nyamuk, kecuali sabun pakai johnson baby milk bath, minyak telon konicare, baby oil " johnson ", dari bayi sampai sekarang ga ganti merk.

    Salam,
  24. Ibunya Maiza

    Message Count:
    19
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    0
    Maizaku suka pke :

    Sabun : Sabun cair Zwitsal atau lactacyd campur Dettol
    Bedak : Rita ( gak branded amat ya ..hi..hi.. yang penting cocok buat Maiza )
    Minyak telon : Konicare, Cap Lang, Cap Gajah
    Sampo : Zwitsal kadang juga Lactacyd
    Cream Muka : Zwitsal
    Cream untuk leher, pantat, selangkangan : Salep resep dokter, dulu yang selangkangan pke dactarin.
    Minyak rambut : Zwitsal
    Cologne : Zwitsal
    Lotion : Cusson ( habisin stock bingkisan dr teman )

    Yang wajib ada dan wajib di pake Dettol, lactacyd dan salep nya dari dokter itu. Karena Maizaku alerginya parah. Jadi kemana2 harus dibawa.

    With Love
    Dian _Ibunya Maiza
  25. Bunda Andra

    Message Count:
    136
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    0
    Andra mah pake apa aja deh... apalagi yg gratisan dari kado :senyum

    Andra pake kosmetik kombinasi merk J&J, Switzal & Huggies.

Share This Page