Kapan haid pertama setelah nifas?

Discussion in 'Ibu hamil dan menyusui' started by ewi74, 22/1/08.

  1. ewi74

    Message Count:
    133
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    0
    Dear Moms,


    Mau tanya, kapan ya normalnya kita dapat haid lagi setelah masa nifas
    Waktu anak 1, seingatku begitu selesai nifas, langsung haid di bulan depannya...walaupun kasih ASI...
    Nah, anak ke2 ini udah umur 3.5 bulan, masih ASI, tp aku belum dapat haid...
    Aku juga blm pasang alat kontrasepsi...Normal gak ya?

    Belum sempat ke DSOG lagi nih...

    Big thanks


    Dewi
  2. mamiandrew Moderator

    Message Count:
    1.415
    Likes Received:
    1
    Trophy Points:
    38
    Dear Dewi,

    Masih normal kok, apalagi kalau kasih ASI ada yang sampai 1 tahun baru dapat haid lagi. Tapi tentunya tiap orang beda2.

    Saya sendiri waktu habis melahirkan 10 bulan kemudian baru dapat haid.
    Biasanya saya setelah masa nifas habis langsung KB biar aman :p

    Note : Rasanya sudah pernah diposting, coba gunakan fasilitas search.
  3. madif

    Message Count:
    676
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    0
    dear ewi, tenang... karena bunda sedang dalam tahap pemberian ASI, maka tanpa disadari, bunda telah melakukan metode konstrasepsi. Istilahnya <I>Lactation Amenorrhea Methode</I>. Jadi, keterlambatan mendapatkan menstruasi, juga akibat dari pemberian ASI.

    Dan, pemberian ASI secara ekslusif (fokus pada si ibu, minimal 3 bulan pemberian), dan belum mendapatkan haid pertamanya, maka angka kemungkinan hamil menjadi kecil sekali (2%). Namun, ada syaratnya, yakni:

    <LIST=1>
    <*>fkreuensinya dalam 24 jam minimal 10 kali menyusui singkat. Minimal durasi menyusui singkat minimal adalah 4 menit, terhitung sejak ASI mengalir (bukan sejak bayi mengisap payudara).
    <*>harus ASI ekslusif
    <*>waktu menyusui harus dipertahankan siang dan malam, tanpa jeda waktu (interval) panjang antara waktu-waktu menyusui. MAL terputus saat ada interval tunggal selama 10 jam, atau jika ada beberapa kali (lebih dari 2 kali seminggu) interval lebih dari 6 jam di antara dua waktu menyusui.
    </LIST>

    Semoga membantu
  4. wind16

    Message Count:
    79
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    0
    Wah, berarti aku masuk yang 2 %nya nih. habis nifas dan belum pernah dapet haid ditambah syarat tadi insyaallah terpenuhi eh... bayiku usia empat bulan udah mual-mual lagi. (maksudnya udah 'positif' lagi).

    Setuju juga tuh mending tetep pake 'pelindung' biar gak kecolongan. bukan nolak anak si, tapi kasihan masih kecil bangets.
  5. mamiandrew Moderator

    Message Count:
    1.415
    Likes Received:
    1
    Trophy Points:
    38
    Setuju, makanya DSOG saya selalu suruh langsung KB setelah habis masa nifas.

    Note : Jadi ingat salah satu teman saya, anaknya baru umur 3 bulan sudah hamil lagi.

  6. veron0805

    Message Count:
    332
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    0
    Dokter,
    apakah memerah ASI di siang hari (karena bekerja) terhitung sebagai waktu menyusui? Atau apakah jeda waktunya hanya dihitung dari jarak waktu menyusu langsung dari PD?
    Mohon infonya.
    Makasih..
  7. bundanuzula

    Message Count:
    505
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    0
  8. intan

    Message Count:
    199
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    0
    Kalo saya 1 bulan setelah nifas langsung menstruasi, tapi habis itu telat 2 bulan ga dapet trus dapet lagi sampai sekarang siklusnya normal dan teratur.

    Saya tidak memakai alat kontrasepsi ( metode masa subur ), benar apa yang dokter Adi bilang, saya penganut ASI ekslusif, dan selama kita menyusui memang secara alami tubuh kita melakukan metode kontrasepsi sendiri. tapi ini bukan untuk dicoba lho...karena tubuh setiap orang punya metode tersendiri, hanya kita sendirilah yang sangat mengenalnya luar dan dalam...
  9. bundanya Faris

    Message Count:
    221
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    0
    kalo aku dulu, nifas langsung nyambung haid.
    makanya dulu sempet takut juga, udah 40 hari kok belum berhenti, banyak lagi malah.
    ternyata ya itu, kata dsog-nya nyambung sama haid. waktu aku bilang aku kasih asi eksklusif yg konon katanya bikin ga haid, dsog-nya cuma bilang, "nah, untung ibu langsung pasang iud ..." :pasrah
  10. Hardiono Pusponegoro Administrator

    Message Count:
    2.649
    Likes Received:
    11
    Trophy Points:
    38
    Location:
    Jakarta
    Waktu nifas setelah melahirkan Icha, aku juga langsung haid...selain karena memang ngga ASIX, jadi yah...memang langsung haid secara normal...dan langsung KB...^__^
  11. Euis

    Message Count:
    292
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    0
    dear Mbak Dewi,

    Aku mendapatkan haid pertama setelah nifas saat elmo usianya 14 bulan, sempet bingung juga sih kenapa? and deg-degan juga takut kesundulan. tapi ternyata menurut DSOGku nggak pa pa karena aku memang memberikan ASI ekslusif dan masih memberikan ASI.

    tapi walaupun pemberian ASI ekslusif juga merupakan metode alami KB ( seperti dsogku dan dr Adi bilang), tapi tetep aja biar tenang walaupun belum haid lagi tetep pake pengaman...
  12. bunda_naysa

    Message Count:
    18
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    0
    Dear Dokter....

    Dok...mungkin aga basi pertanyaannya...apa KB pada masa menyusui itu juga membuat haid tidak kluar....soalnya saya semenjak akhir masa nifas sampe sekarang bayi saya yg 2 hr lagi akan genap berusia 6 bln,belum haid2 juga...
  13. veron0805

    Message Count:
    332
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    0
    Bunda naysa,
    Apakah ASIX?
    kalo ASIX, normal aja kok 6 bulan blm haid... Kayaknya mommy2 di sini jg sdh banyak sharing deh...
    Aku smp skrg anakku sdh 8.5 bulan juga blm haid lagi...
  14. mamiandrew Moderator

    Message Count:
    1.415
    Likes Received:
    1
    Trophy Points:
    38
    Dear Bunda Naysa,

    Coba baca dulu postingan dari page 1, sudah ada jawaban kok :rolleyes:

    Ada beberapa jenis kontrasepsi memang bisa mempengaruhi siklus haid, coba gunakan fasilitas search sudah pernah diposting juga.

  15. bundanai

    Message Count:
    22
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    0
    Sekedar sharing aja nih....

    Dulu saya juga sempat khawatir setelah nifas koq tidak datang haid takutnya hamil lagi karena saya dan suami belum berencana menggunakan KB tapi setelah baca dan tanya sana-sini ternyata karena ASIX. saya dapat nifas pertama setelah anak saya umur 11 bulan, itupun karena saya sudah jarang menyusui lagi selama 3 mingguan (karena kondisi saya waktu itu sakit). Akhirnya lega deh... (karena sudah dapet haid lagi... hihii..)
  16. bunda_naysa

    Message Count:
    18
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    0
    <quote=veron0805;24166]Bunda naysa,
    Apakah ASIX?
    kalo ASIX, normal aja kok 6 bulan blm haid... Kayaknya mommy2 di sini jg sdh banyak sharing deh...
    Aku smp skrg anakku sdh 8.5 bulan juga blm haid lagi...</quote]


    :( nda ASIX....baby ku kena sufor dari awal di RS...
  17. bundanai

    Message Count:
    22
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    0
    Dear Bunda Naysa,
    kalau ragu, menurut aku seh cek ke dokter kandungan aja... :)
    semoga berkenan...
  18. Dita Santyoso

    Message Count:
    31
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    0
    Saya juga sampe sekarang belum haid. Padahal Azfa sudah berusia 1thn 9 bln. Mau ke DSOG, tapi koq rasanya malas...gitu :confused: . Kata teman saya, karena saya pakai KB suntik. Benar, gak sih?



    <url>http://ditabelle.multiply.com</url>

Share This Page