Kumpulan Sop

Discussion in 'Resep dan menu makanan' started by jessica, 10/7/07.

  1. jessica

    Message Count:
    230
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    0
    SOP JAGUNG

    1. Sop Jagung Ayam

    Bahan:

    Wortel 1/4 kupas, potong2 kotak kecil atau diparut kasar
    Jagung manis, Parut kasar
    Ayam, Cincang halus atau potong kotak kecil
    Daun bawang + Daun Seledri sedikit, iris halus
    Kembang kol atau brokoli ambil kuntum,iris kecil
    Lada,garam,gula sedikit
    Bawang bombay, cincang halus
    Air Kaldu
    1 sdm minyak untuk menumis


    Cara Membuat:

    Masukkan ayam kedalam air kaldu, rebus sampai empuk
    Tambahkan Wortel dan kembang kol atau brokoli, rebus sampai empuk
    Kemudian masukkan jagung parut, rebus sebentar. beri garam,gula dan merica.
    Kecilkan api masukkan daun bawang dan daun seledri.

    Panaskan minyak, tumis bawang bombay sampai layu dan harum. Masukkan ke dalam Sop. Siap disajikan.



    2. Sop Jagung Tofu jepang

    Bahan :

    Jagung manis, Parut kasar
    Daging giling
    Tofu jepang potong kotak2 kecil
    Wortel, iris kotak kecil atau parut kasar
    Bayam, iris kecil
    Daun seledri dan daun bawang
    Garam, merica dan gula sedikit
    Bawang bombay cincang halus
    Minyak untuk menumis
    Air Kaldu

    Cara membuat :

    Masukkan Daging giling ke dalam kaldu, rebus sampai lunak
    Tambahkan wortel rebus sampai empuk, kemudian masukkan Jagung dan Tofu
    Beri garam,gula dan merica, tambahkan daun seledri dan daun bawang.

    Panaskan Minyak, tumis bawang bombay sampai layu dan harum, masukkan ke dalam sop.

    Pisahkan sop yang mau dimakan,panaskan dan tambahkan bayam.Rebus sampai mendidih dan angkat

    NOTE : Ingat bayam jangan dipanaskan berulang..satu kali masak langsung dimakan,sisanya langsung dibuang.

    Variasi sop jagung :

    Untuk anak usia 1thn ke atas dapat ditambahkan telur kocok, tuang sedikit demi sedikit kedalam sop sambil diaduk.

    Daging giling Atau Ayam dapat diganti dengan daging kepiting atau ikan.

    Untuk sayur dapat diganti dengan buncis.
    Dapat juga ditambahkan dengan kacang polong fresh kedalam sop.

    Selamat mencoba.
  2. jessica

    Message Count:
    230
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    0
    Berikutnya Sop Bening,,,istirahat dulu yakk,ntar dilanjutin.
  3. Hardiono Pusponegoro Administrator

    Message Count:
    2.649
    Likes Received:
    11
    Trophy Points:
    38
    Location:
    Jakarta
    Jessica,
    Jangan lupa kasih tau untuk umur berapa yak.....
  4. jessica

    Message Count:
    230
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    0
    Thanks Raisa sdh di ingatkan..
    Moms resep diatas bisa diberikan kebayi 9,5 bln keatas,berbarengan dengan nasi yang dilembekin..
    Untuk bayi dibawah 1thn bumbunya cukup garam dan gula sedikit.

    Untuk anak 1thn keatas, dapat di pakai bumbu garam,gula,lada,biji pala.
  5. jessica

    Message Count:
    230
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    0
    Yuk lanjut ya. Untuk berapa bulannya seh tergantung dari kesiapan makan anaknya juga ya..Biasanya untuk anak 9,5 bln keatas sudah diberikan nasi lembek + sop. Alicia pas umur 10 bln malah sudah makan nasi yg tdk dilembekin + Sop.

    Sop Ayam

    Bahan :

    Daging Ayam, potong kotak kecil atau ayam giling
    Kentang, potong kotak kecil
    Buncis, iris tipis
    Wortel, potong kotak kecil
    Tomat, buang biji potong kotak kecil
    Kol, iris kecil
    Daun bawang dan daun seledri, iris halus
    Garam dan gula
    Merica, biji pala parut halus ( 1thn keatas )
    Bawang bombay, cincang halus
    Air kaldu

    Cara membuat :

    Masukkan ayam, kentang dan wortel, Rebus sampai empuk. Tambahkan Buncis,tomat dan kol, beri garam,gula.merica dan biji pala. Kecilkan api masukkan daun seledri dan daun bawang,rebus sebentar dan angkat.

    Tumis bawang bombay sampai layu dan harum, masukkan ke dalam sop.


    Catatan :Ada anak yang alergi dengan tomat..Jika alergi, tunda pemberian sampai umur 1thn.




    Sop Ikan Salmon

    Bahan :

    Salmon fillet iris kecil, beri jeruk nipis dan jahe sedikit.diamkan sebentar.
    Tahu jepang potong kotak kecil
    Brokoli ambil kuntumnya, potong kecil
    Daun seledri,ambil daunnya iris halus
    Bawang Bombay,cincang halus
    Air Kaldu
    Garam dan gula
    Merica ( 1thn keatas )


    Cara Membuat :

    Masukkan Salmon dan brokoli ke dalam air kaldu,rebus sampai empuk. Tambahkan Tahu jepang dan daun seledri. Beri garam,gula dan merica

    Tumis bawang bombay sampai layu dan harum, masukkan ke dalam sop


    Variasi sop ikan : Dapat juga menggunakan Ikan Kakap merah fillet atau ikan tuna.
  6. yudhie

    Message Count:
    7
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    0
    Thanks banget buat resepnya...
    Air kaldunya gimana caranya buat? Boleh pakai air yang dicampur kaldu instan nggak ?Selama ini saya bikin air kaldu dari rebusan daging ditambah wortel.Sebenarnya untuk anak usia 1 tahun boleh nggak sih dikasih kaldu instan?
    Thanks banget kalau ada yang mau bantuin..salam :jiggy:
  7. jessica

    Message Count:
    230
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    0
    Hai Yudhie,

    Yudhie jangan pakai kaldu instan ya,,yang serba instan sudah ga fresh dan tentunya mengandung pengawet.

    Untuk membuat kaldu sangat simple kog, kaldu yang sering saya buat sebagai berikut :

    Bahan :

    Tulang ayam atau ceker ayam 3 - 4 potong.
    Wortel 1/4 batang potong kotak kasar
    Seledri 2 batang
    Bawang bombay 1/4 buah
    Daun salam 3 lembar
    Air putih 1 ltr

    Cara Memasak : Masukkan semua bahan ke dalam air, rebus selama 25 menit. Saring ambil airnya saja. Kaldu sudah siap dipakai.

    Cara membuat kaldu dapat juga baca disini : <url>http://www.anakku.net/forum/showthread.php?t=483</url>

    Note : sambil menunggu kaldu direbus, siapkan bahan2 untuk membuat sop..Begitu kaldu sudah siap tinggal cemplungin bahan2 sop. Jadi deh sop untuk sikecil.

    Selamat mencoba.
  8. Hardiono Pusponegoro Administrator

    Message Count:
    2.649
    Likes Received:
    11
    Trophy Points:
    38
    Location:
    Jakarta
    dear Yudhie, mo coba share yah..
    Baiknya buat anak ditunda selama mungkin deh penggunaan kaldu instan..bukannya apa2 soalnya kan kaldu instan tuh terdiri dari bahan2 yg ngga bagus buat tubuh, terutama tubuh anak2 yang dalam masa pertumbuhan.. Apalagi kalau termasuk orang yg sensitif, kalo makan yg mengandung kaldu instan atau micin langsung radang tenggorokan deh...
    Untuk pembuatan kaldu jalan2 yuks <url=http://www.anakku.net/forum/showthread.php?t=857&highlight=kaldu..>ke sini</url>
    atau yudhie bisa pakai search engine ya...
  9. jessica

    Message Count:
    230
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    0
    Sop Salmon Labu Kuning

    Bahan :

    Daging ikan salmon, potong kecil2
    Labu kuning, parut halus.
    Kacang polong ( atau brokoli, kembang kol )
    1 butir kuning telur ayam kampung ( 1thn keatas )
    Bawang Bombay sedikit, cincang halus
    Mentega 1sdm untuk menumis
    Garam dan gula sedikit
    Merica ( 1thn keatas )
    Air Kaldu ayam kampung

    Cara Membuat :
    Didihkan air kaldu, Masukkan labu kuning dan ikan salmon, rebus sampai matang
    Masukkan kacang polong / brokoli / kembang kol
    Tumis bawang bombay dengan mentega hingga layu dan harum, masukan ke dalam sop
    Masukkan kuning telur sedikit demi sedikit sambil terus diaduk
    Bubuhi garam,gula dan lada.
    Siap disajikan

    Note : ikan dapat diganti dengan daging giling atau ayam giling.
  10. jessica

    Message Count:
    230
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    0
    Sop Makaroni Ayam

    Bahan :

    Makaroni
    Daging ayam giling
    Wortel, iris kotak kecil
    Tomat, Iris Halus buang biji
    Keju Parut
    Garam, gula sedikit
    Merica, pala sedikit ( 1thn keatas )
    Daun bawang, iris halus
    Bawang Bombay, cincang halus
    Air Kaldu

    Cara Membuat :

    Rebus makaroni bersama air kaldu sampai makaroni menjadi lunak, masukkan daging masak sampai empuk.
    Masukkan wortel dan tomat, Beri keju parut, garam,gula,merica dan bubuk pala. kecilkan api masukkan irisan daun bawang.

    Tumis bawang bombay sampai layu dan harum. Masukkan ke dalam sop.


    Catatan : Bisa juga ditambahkan susu kurang lebih 30 ml.
    Untuk Variasi atau untuk anak yang alergi dengan tomat dapat diganti dengan brokoli atau buncis.
  11. jessica

    Message Count:
    230
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    0
    Sop Kacang Merah

    Bahan :

    Kacang merah segar
    Daging giling
    Jagung manis, parut kasar
    Wortel, potong kotak kecil
    Tahu / Tofu jepang
    Kentang, potong kotak kecil
    Daun seledri sedikit, iris halus
    Garam, gula sedikit
    Air Putih
    Air kaldu

    Cara membuat :

    Rebus Kacang merah dengan Air biasa sampai lunak, angkat tiriskan. Blender halus.
    Rebus daging giling dengan menggunakan air kaldu sampai empuk. Masukkan wortel dan kentang, masak sampai empuk, tambahkan tahu dan kacang merah yang sudah diblender dan jagung.Masak sebentar beri garam dan gula. kecilkan api tambahkan daun seledri. Angkat dan sajikan.
  12. mama_kesia

    Message Count:
    422
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    0
    Jess, aku tambahin resep sup juga...

    SUP JAGUNG BOLA_BOLA DAGING

    Bahan :
    50 gr jagung yang muda, serut
    50 gr daging giling, bentuk bulatan-bulatan kecil
    25 gr wortel, potong kecil
    1 sdt irisan daun bawang
    1 sdt margarin/mentega
    1 sdt tepung terigu
    10 gr keju parut
    sedikit pala bubuk

    Cara Membuat :
    1. Rebus jagung dengan 500 cc air. Masukan bola-bola daging, masak
    hingga matang.
    2. Masukan wortel dan daun bawang, masak hingga air tinggal
    setengahnya.
    3. Sementara itu cairkan margarin/mentega dalam wajan, masukan tepung terigu, aduk. Tuangkan sedikit air rebusan jagung, aduk rata. Tuang ke dalam panci berisi jagung dan bola bola daging. Masak semua hingga matang.
    Beri parutan keju, bubuhi pala. Aduk rata. Angkat.
    4. Tempatkan dalam wadah, berikan selagi hangat.

    SUP BAYAM ISI DAGING

    Bahan :
    1 sdt margarin
    1 sdt tepung terigu
    50 gr bayam, rebus, blender dengan 10 cc kaldu
    50 gr daging sapi, rebus, potong dadu kecil
    10 gr keju parut
    sedikit garam
    sedikit pala bubuk

    Cara membuat :
    1. Panaskan margarin dalam wajan hingga cair, beri tepung terigu,
    aduk-aduk sambil dituangi cairan bayam sedikit demi sedikit.
    2. Masukan daging, masak hingga daging matang. Beri parutan keju, garam dan pala, aduk rata, angkat.
    3. Tempatkan dalam wadah, berikan pada bayi selagi hangat.
  13. mama_kesia

    Message Count:
    422
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    0
    Ketinggalan ada satu lagi nih...

    Sup Ragout Isi Sayuran

    Bahan :
    1 sdt margarin
    1 sdt tepung terigu
    100 cc kaldu
    50 cc susu
    50 gr wortel Rebus, iris dadu kecil
    25 gr daging ayam
    10 gr keju parut

    Cara Membuat :
    1. Cairkan margarin dalam wajan, masukan tepung terigu, aduk.
    2. Sambil terus diaduk tuangi kaldu sedikit demi sedikit. Masukan susu.
    3. Masukan wortel, daging ayam dan keju parut. Bubuhi garam. Aduk rata. Angkat.
    4. Tempatkan dalam wadah, berikan pada bayi selagi hangat.
  14. jessica

    Message Count:
    230
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    0
    Dear all,

    Buat yang sudah mempraktekkan menu2 postingan disini,,minta commentnya donk..anaknya doyan apa engga,, trus buat yg menambahkan variasi2 pada menu2 disini di share juga ya,,biar ibu2 yg lain tdk kehabisan menu..ditunggu loh..

    Terus yang punya resep sop yang lain di share disini juga ya. Tengkiu.
  15. shishie

    Message Count:
    563
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    0
    udah kehabisan resep sop ya jess.....:laugh:

    *lari ah takut ditimpuk jess...*
  16. jessica

    Message Count:
    230
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    0
    Shie,,* bisik bisik ke Shie * sebenarnya masih ada resep sop yg belum diposting,,tunggu comment dan resep2 dari ibu2 disini dulu biar tambah ramai..:wink1:
  17. irene

    Message Count:
    223
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    0
    Jessica... mau tanya dong
    Kan salah satu bahan sop nya tuh kacang polong ya...
    Beli kacang polong fresh dimana ya? yang di supermarket yang kacang polong beku gitu bisa dibilang fresh ndak?
    Soale selama ini kayaknya belum pernah liat kacang polong di pasar deh (atau tidak bisa mengenali? maklum jarang2 ke pasar)
    Selain itu kan juga ada kacang polong yang kalengan ya?
    Bagus yang mana ya?
    Atau harus bener2 yang fresh? kalo fresh gitu cari dimana ya?
    Pengen nyobain resep sop juga nih buat Nathan
  18. jessica

    Message Count:
    230
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    0
    Irene,

    Kacang polong yang fresh memang agak susah dapetinnya, saya biasanya beli di rancmarket atau di toko buah Total..memang ga setiap kali ada, tapi dalam sebulan pasti ada beberapa kali dapat. 1bungkus harga 6000an bisa dipakai 4-5 kali untuk sop.

    Yang sudah beku tentunya udah ga fresh ya,,udah gitu suka gak ada lebel expirednya bkn? Nah taunya udah disimpan berapa lama kan ga tau, apalagi yang dikaleng tentunya udah pakai pengawet toh.
  19. jessica

    Message Count:
    230
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    0
    Mau Sop Murah Meriah tapi tetap bergizi tinggi
    Ini Dia.

    Sop Tahu Tempe

    Bahan :

    Dada ayam kampung,potong halus
    Tempe, Potong kotak kecil
    Tahu, Potong kotak kecil
    Buncis, iris tipis
    Tomat 1bh, Rebus buang biji.Parut halus
    Wortel, potong kotak kecil
    Bayam merah, iris halus
    Air Kaldu
    Garam,gula sedikit
    Merica sedikit ( 1thn keatas )
    Bawang bombay cincang halus

    Cara Membuat :

    Rebus Ayam,Wortel dan buncis dalam air kaldu sampai empuk, Tambahkan Tahu dan tempe, masukkan Tomat parut, Aduk.
    Beri garam,gula dan merica.

    Tumis bawang bombay sampai layu dan harum,tambahkan kedalam sop

    Pisahkan Sop yang akan dimakan, panaskan tambahkan bayam. Tunggu airnya mendidih.Angkat dan sajikan.

    Catatan : Ingat bayam hanya untuk sekali makan, bayam yg sudah matang tdk boleh dipanaskan lagi.
  20. jessica

    Message Count:
    230
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    0
    Untuk Usia 1thn Ke atas.


    Sop Oyong telur kocok


    Bahan :

    1bh Oyong kecil iris tipis2

    1bh telur, kocok

    Ayam kampung cincang / giling 2 sdm

    Garam sedikit

    Gula pasir sedikit ( u mendapatkan rasa gurih )

    Daun bawang / daun seledri iris tipis sedikit saja


    Cara Memasak :

    Rebus oyong dan ayam giling sampai empuk, kecilkan api.masukkan telur kocok sedikit demi sedikit sambil diaduk2. Masukkan daun bawang / seledri,beri garam dan gula. Angkat dan sajikan

    untuk 3 porsi



    Sop Oyong Misoa

    Bahan :

    1bh Oyong kecil iris tipis

    Misoa ( rebus ) sisihkan

    1bh kids sosis keju iris bulat tipis

    1bh telur, kocok

    Garam dan gula sedikit


    Cara Membuat :

    Rebus oyong dan sosis sampai empuk, kecilkan api.masukkan telur kocok sedikit demi sedikit sambil diaduk. Beri garam dan gula.

    Misoa dimasukkan pada saat mau makan. Panaskan Sop tambahkan misoa yg sudah direbus. jangan memanaskan kembali misoa yg sudah tercampur.
  21. Hardiono Pusponegoro Administrator

    Message Count:
    2.649
    Likes Received:
    11
    Trophy Points:
    38
    Location:
    Jakarta
    Dear Jessi,
    Mo laporan akh...
    Resepnya dah beberapa niy yg aku cobain...alhamdulillah, icha yg tadinya ogah2an buka mulut, dah mau juga nyobain...(kayanya dia maunya makanan yg sama dengan yg bundanya makan, jadi kalo dibikinin bubur dah ogah...)
    Resep yg pertama aku coba tuh yg sup ayam jagung..., tapi ayamnya bener2 dicincang halus, atau kalo ngga begitu mateng masih harus disuwir-suwir...terus yg kedua aku nyobain yg sup tofu, tapi ngga pake tofu jepang, kebetulan dikantor kalo hari selasa kamis da yang jualan tahu tanpa pengawet, yg enak menurut aku, nah pake tahu yg ini niy...., terus terakhir kemarin nyobain bikin sup salmon...sambutannya kurang tapi jess, tapi eits tunggu dulu sambutan kurang bukan berarti karena ngga enak, ternyata icha ngga mau makan sambil duduk, maunya digendong:( (mau ngga mau deh dijabanin....untung ngga keterusan maem sambil gendongnya....:senyum)
    Tararengkyu ya jess buat resepna..

    *oh ya, kadang2 aku eksperimen nyampur bahan sendiri deh hihihi, maksudnya bahannya seadanya yg di kulkas, kalo ngga sempet belanja:p*
  22. lusy

    Message Count:
    25
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    0
    aku dah nyoba bikin sop jagung ayam,ternyata Randy suka sekali loh,biasanya kla makan suka rada dipancing-2 dl,(kaya ikan aja yah) tp tadi pagi begitu diicip sekali langsung nyosor g,dan makannya habis...


    Maminya Randy
    :laugh:
  23. jessica

    Message Count:
    230
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    0
    Selamat ya Buncha dan Lusy,ternyata anaknya doyan..
    Tuh terbukti kan bukan anaknya yang susah makan tapi memang bosan sama lauknya kan? hmm moga2 makin banyak yang share resep makannya..biar moms yang disini makin pinter masak dan anaknya jadi doyan makan semua..
  24. l3l1

    Message Count:
    203
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    0
    moms jes, ini resepnya boleh ditaroh di blog resep daku nggak? tentu aja sourcenya tetep dicantumin
  25. jessica

    Message Count:
    230
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    0
    Tentu boleh donk Moms, belum dipatenkan kog..:senyum
  26. ibu_zaidan

    Message Count:
    83
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    0
    Jessica,

    Trims berat udah posting aneka sop di sini. Hari Sabtu kemarin Zaidan umur 9 bulan. Sudah kucoba kasih makan Sop Tahu Tempe. Walopun bahan-bahannya tak selengkap yang di resep. Anaknya doyan. Padahal udah beberapa hari aku pusing dia susah banget makan bubur saring. Ternyata oh ternyata, dia maunya SOP.

    Terus hari Minggu, di resep yang sama kutambah brokoli, sayuran yang selama ini susah banget masuk ke mulutnya. Apa aja kalo ada campuran brokolinya pasti cuma habis dikit. Eh, setelah ditaruh di sop, dia doyan. Seneng deh akhirnya bisa kasih dia brokoli.

    Sekali lagi makasih ya, Jess :notworthy:
  27. Dian

    Message Count:
    4
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    0
    Dear Jessica,

    Mau nanya dunk...misoa itu sejenis apa ya.....
    Maaf ya....soalnya baru mau belajar masak niy......:laugh:
  28. detta

    Message Count:
    390
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    0
    Dear Dian,

    bantu jawab yak.. misoa itu sejenis bihun. tapi kalo dimasak cepet lembek.
    ada kok di supermarket. di deretan mie, bihun, soun.
    oiya kalo aku biasanya beli misoa nya yang bungkus kotak.


    semoga membantu
  29. jessica

    Message Count:
    230
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    0
    Wah Ikut Senang yan Mom..:biggrin1::biggrin1: Kalau ada waktu nanti saya posting lagi resep2 lainnya.
  30. Hardiono Pusponegoro Administrator

    Message Count:
    2.649
    Likes Received:
    11
    Trophy Points:
    38
    Location:
    Jakarta
    Jessica cantik,

    Terima kasih buat resep aneka sop nya.

    Sudah 2 hari ini baru di kasih Raisa yang ada salmon dan tahu jepangnya (ngikut stok di kulkas). Kenapa baru 2 hari ini? kan Raisa sudah 1 tahun dan aku baru berani kasih kasih garam dan gula.

    Alhamdulillah.. makannya abis.. kalau soal lama sih.. ya.. wajar deh.... yang penting 1mangkuk abis.. biarpun 1 jam yang penting juga yang ngasih makan selalu sabar.
  31. depe

    Message Count:
    124
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    0
    Wahh.. ternyata disini to tempat para sop berkumpul... Hmm... hmm jadi termotivasi ngasih nasi lembek plus sop-nya jessica...
    Eh tapi kan aku nggak mau ngasih garem ama gula dan merica dan lain-lain bumbu itu, enaknya diapain yah biar tetep menggugah selera? ;)

    trus kalo giginya baru dikit emnag bole ya maem nasi lembek?
  32. ibu_zaidan

    Message Count:
    83
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    0
    Dear depe,

    Zaidan, 9 bln, belum ada giginya blass, udah kukasih nasi lembek. Kan dia ngunyahnya gak pake gigi, tapi pake gusi.
  33. depe

    Message Count:
    124
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    0
    evy,
    wah.,.. gitu to.. trus sayurnya brati dihalusin dulu dong? duhhh aku kok semakin laper nihh... tahan,,tahan,, magrip masih 6 jam lagih...:p

    *btw,diare dan tengkuk angetnya zaidan mungkin karna mau tumbuh gigi*
  34. Hardiono Pusponegoro Administrator

    Message Count:
    2.649
    Likes Received:
    11
    Trophy Points:
    38
    Location:
    Jakarta
    tumis bumbunya pake margarin ajah, atau pas mau makan kasih keju parut.
    anak bayi yg gak punya gigi, ngunyahnya pake gusi. Latihan mengunyah dengan gusi bisa merangsang pertumbuhan gigi lho.
  35. bundanuzula

    Message Count:
    505
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    0
    depe,..

    klo umurnya masih dibawah 1thn mending jgn pake merica dulu...takutnya perut anak panas...
    lagian rasanya gak begitu berobah untuk sianak...asalkan pas paduan gula garamnya:)
  36. depe

    Message Count:
    124
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    0
    Oke deh Raissa... Menteganya pasti yang unsalted dong... kalo yang biasa mah sama aja kasi gar-gul donk.
    Oya, biasanya aku pake minyak zaitun yang extra virgin juga buat nambah aroma dan gizi di tim-timan anakku, boleh juga kali yee buat numis2 bumbu sop. :rolleyes:
  37. Hardiono Pusponegoro Administrator

    Message Count:
    2.649
    Likes Received:
    11
    Trophy Points:
    38
    Location:
    Jakarta
    depe,
    boleh banget tuh pake minyak zaitun buat numis. tapi jangan banyak2 kali.
    margarin emang yang unsalted.
    untuk rasa gurih, keju yang paling okeh.. (menurutku yah yg cheeselover)
  38. Arriesaa

    Message Count:
    73
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    0
    Aku baru mo nyoba nih sop kacang merahnya..tapi bingung daging gilingnya dijadiin satu semua sama bahan2nya buyar donk mom kl dagingnya dicampur sama kuah?
  39. jessica

    Message Count:
    230
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    0
    Mom, daging gilingnya direbus sampai lunak dulu baru masukin bahan / sayur yang lain. Dagingnya engga akan hancur total kog.
    Kacang merah juga di rebus terpisah, dan blender setelah itu baru digabungkan ke sop.
  40. ratna_kns

    Message Count:
    2
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    0
    ni soup fav si kecil dan mama'nya ( ayahnya ga seberapa doyan sih...) disamping itu gampang membuatnya..


    Sop Kembang Tahu

    Bahan:
    ayam 1/2 ekor, direbus dengan 11/2 lt air
    Kembang tahu direndam air, potong sesuai selera
    Telur ayam 2 bh kocok lepas
    Wortel 2 bh iris tipis
    daun bawang iris tipis
    Bawang putih 2 siung dihaluskan
    Bawang bombay 1 bh diiris
    Mentega 2 sdm
    garam
    merica

    Cara memasak:
    Ayam yang sudah direbus, angkat ambil dagingnya dan dipotong kotak lalu masukkan daging dan tulang kembali ke dalam kaldu.
    Lumerkan mentega tumis bawang putih sampai harum, masukan bawang bombay sampai layu, masukkan ke dalam kuah kaldu yang sudah dididihkan kembali, masak dengan api sedang,masukkan wortel, masak sampai 1/2 lunak, tambahkan kembang tahu, garam-merica.
    Masak sampai semua matang, lalu masukkan telur kocok kedalam kuah sambil terus diaduk sampai matang. Sajikan dengan taburan daun bawang diatasnya</SIZE></FONT></FONT>
  41. Bunda Andra

    Message Count:
    136
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    0
    Depe, week end kemaren aku liat tuh di supermarket Minyak Zaitun Extra Virgin merk <B]BERTOLLI</B] ya?
    Ada juga yang Minyak Zaitun Extra Light Wah kecil-2 botolnya lumayan juga ya harganya :p

    Trus itu minyak pemakaiannya bgm? Seperti minyak goreng gitu kah kudu dipanaskan dulu?
    Masupin ke bubur dari awal atau terakhir aja?
  42. jessica

    Message Count:
    230
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    0
    Sop baru kedoyanan Alicia juga,,hehehe banyak banget ya kedoyanan Alicia..senang deh. Ini aku share ..semoga yg lain juga doyan kyk Alicia.

    Sop berikut punya history loh, sewaktu Alicia kena radang tenggorok dan bapil semingguan,,Alicia menolak makan nasi plus susu,,yang masih mau dimakan adalah Sop ini,,padahal untuk nelan saja Alicia kesakitan dan terbatuk2..tapi begitu melihat Sop ini Alicia langsung bilang maam..hehehehe semingguan makan sop ini berturut2 :senyum

    Ini dia sopnya,,hehehe sopnya orang Jepang.

    <U>Miso soup</U>

    Bahan :

    Tofu Jepun, 1 bks kecil. Potong kotak2 kecil
    Rumput laut, saya beli yang kering 1/2 bks kecil, rendam air panas
    Tauco Jepang, 1 sdm
    Daun bawang, 2 btng, iris halus
    Air kaldu
    Garam, gula 1/4 sdt

    Cara memasak :

    Masukkan semua bahan diatas kedalam kaldu, masak selama 10 - 15 menit.
    Angkat dan sajikan.
  43. bunda_AcaAya

    Message Count:
    361
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    0
    Aku punya resep Sup Makaroni buatan sendiri, mirip2 sih sama resep Jessica. Makanan favorit anak kembarku (1 th 3 bln). Mulanya gak terlalu suka sih..tapi kata DSA nya, anak tuh butuh 14 kali mencoba suatu makanan sebelum akhirnya dia suka.
  44. jessica

    Message Count:
    230
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    0

    Bunda AcaAya,,

    Monggo langsung diposting resepna..Ditunggu loh
  45. Hardiono Pusponegoro Administrator

    Message Count:
    2.649
    Likes Received:
    11
    Trophy Points:
    38
    Location:
    Jakarta
    bunda Aca Aya, silahkan di posting resepnya.

    Terima kasih.
  46. Kris

    Message Count:
    162
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    0
    Dear all,

    Aku kalo buatin sup buat Naira (16 bln) aku kasih merica butiran 2 biji. Kalo dirasain sih gak kerasa apa2. Aku buatin sup nya model sup nya orang jawa gituh...heheh...

    Emang gpp ya dikasih tauco atau saus2 yang macam2 gitu ? Aku msh rada takut neh..

    So far sayur2 yang aku masak buat Naira sayur2 made in orang Jawa, seperti sayur bening bayam, sayur sop, sayur asem, oseng ati ayam/sapi, soto, semur. Muter aja tiap harinya...heheh...
  47. jessica

    Message Count:
    230
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    0
    SOP BAKSO TAHU

    Bahan Bakso :

    Tahu putih yang lembut 1 Bh : Haluskan / Hancurkan
    Ayam cincang : 2 Sdm
    Tepung Roti : 1 Sdm
    Telur kocok : 1/2
    Bawang putih : 1 siung : Haluskan
    Garam, gula, lada sedikit

    Bahan Sop :

    Soun rendam, sampai empuk ,potong pendek2
    Wortel : potong bulat2 tipis / kotak
    Bawang goreng
    Air Kaldu
    Lada,Garam dan gula

    Cara membuat :

    Bakso : Campur semua bahan bakso dan aduk hingga rata, bentuk bulat2. Tambahkan garam, gula dan lada.

    Panaskan air kaldu, masukkan wortel dan bakso,,masak hingga matang.

    Pada saat disajikan,,panaskan Sop dan masukkan Soun dan bawang goreng. Sajikan
  48. yolan

    Message Count:
    492
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    0
    Dear Kris,

    Sama d dengan diriku, klo buat masakan made in Jawa, lebih mak nyos....hehehe.
    Nah Kris, klo tentang tauco tergantung anaknya juga sih. Tauco buatnya khan dari biji kecipir or kacang kedele yang terus diproses peragian seperti tempe juga. Nah tapi setelah proses itu khan ada campurannya tuh, ada udang, ebi, dan bumbu2 penyedap lainnya d. Nah, bagi anak yang suka alergi agak kurang bagus kali ya.
    Klo tauco biasanya dibuat sambal goreng tauco tuh or buat tumis kangkung. Tapi klo dibuat sup kog belum pernah denger ya Kris, jangan2 enak juga yach....
  49. jessica

    Message Count:
    230
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    0
    Moms,,

    tauco yang saya posting bukan tauco lokal loh..
    ini tauco jepang memang digunakan untuk membuat miso soup..
    Di hokben kalau engga salah juga ada deh miso soup.

    Komposisi tauco jepang : kacang kedelai, garam dan kecap doank.
    Bentuknya juga halus,,seperti tepung kental hanya warnanya coklat,,kalau tauco lokal kan kedelainya masih berbentuk,,ini udah halus.
  50. flora kilapong

    Message Count:
    35
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    0
    wah pas banget nich ada thread ini ... Zefanya anakku lagi susah makan ... eh ternyata setelah coba sana coba sini ... doyannya makan yang berkuah ... pas dech bisa nambah & nyoba resep nich :045:
  51. Hardiono Pusponegoro Administrator

    Message Count:
    2.649
    Likes Received:
    11
    Trophy Points:
    38
    Location:
    Jakarta
    Jessi.....*mmuachh...n big hug deh..*:045:
    Icha tuh hobi banget sama bakso...jadi pas deh, ntar pas libur aku cobain...:)
  52. jessica

    Message Count:
    230
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    0
    Wahh,,good luck ya..Moga Icha doyan.
  53. bunda_AcaAya

    Message Count:
    361
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    0
    Resep Sop untuk bayi umur 1 tahun keatas

    Bahan:
    - Makaroni kurang lebih 1 genggam
    - 1 wortel potong dadu kecil-kecil
    - Brokoli ukuran kecil potong kacil-kecil
    - 1 siung bawang putih memarkan
    - Bawang bombai seiris (atau secukupnya)
    - setengah sendok teh merica bubuk
    - 1 butir Telur ayam kampung kocok lepas
    - Air secukupnya
    - Garam secukupnya

    Cara memasak
    Masak air hingga mendidih, masukkan bawang putih, bawang bombai dan makaroni, tunggu sampai makaroni agak lunak. Kemudian masukkan wortel dan brokoli, merica bubuk dan garam. Tunggu hingga semua bahan matang, terakhir masukkan telur yang telah dikocok sambil aduk perlahan-lahan.
    Sajikan sop hangat-hangat.

    NB: Untuk takarannya boleh disesuaikan dengan selera, perlu diingat untuk anak-anak jangan terlalu asin.

    Selamat mencoba menu kesukaan Aca dan Aya.....:biggrin:
  54. Racheline

    Message Count:
    37
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    0
    makasih udah share resep sop nya.
    udah nyoba buat sop salmon, ternyata Rachel langsung suka, padahal dia biasanya pilih-pilih makanan.
  55. jessica

    Message Count:
    230
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    0

    Ikut senang deh kalo anaknya doyan. Coba terus ya macam2 resep buat sibuah hati biar engga bosan sama lauknya.
  56. Fanie Darmawan

    Message Count:
    1
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    0
    Mama Alicia
    Daging ayam yang dipake ayam kampung ato ayam potong? sampe skr attar, dah 15 bulan blm pernah saya kasi ayam potong tu?
    Trus kaldu ayam yg dipake harus rebusa pertama ya, kadang ayam ga lsg dipake, tp kl disimpen dlm keadaan mentah kan suka bau tuh, gmn donk?
    tengkyu

    mama attar
  57. jessica

    Message Count:
    230
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    0

    Hai Fanie, salam kenal..

    Daging ayamnya aku selalu pake ayam kampung.
    Untuk Kaldu bisa pakai tulang atau ceker ayam.

    Biasanya aku gini :
    Beli ayam 1 ekor, langsung dibersihin, trus langsung dibagi2. buang kulit trus ambil dagingnya aja, nah dagingnya di bagi2 lagi ke plastik2, 1 plastik u sekali masak,dan simpan di frezer, nah tulang, ceker dan sayap buat bikin kaldu. Berhubung setiap hari pasti buat kaldu, aku selalu sedia stok tulang ayam atau ceker < dapat dibeli disupermarket ] dan masukin ke frezeer. Mau masak baru keluarkan dari kulkas.

    Semoga membantu. Salam.
  58. benzmom

    Message Count:
    6
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    0
    to mama_kesia.. itu susu`nya susu apa? susu anak kita? ben (anak aku) minum susu Pediasure.. duh maaf ya.. aku kurang paham soal masak memasak... hehe .. thx

Share This Page