makanan penyebab kuning

Discussion in 'Tumbuh besar' started by diana_wulansari, 8/5/07.

  1. diana_wulansari

    Message Count:
    8
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    0
    Dear dokter,

    anak saya 9 bulan, kemaren pas dibawa ke dokter, kata dokter kelihatan kuning. diduga penyebabnya karena terlalu banyak labu kuning atau wortel.
    yang mau saya tanyakan, apakah jeruk juga bisa menyebabkan kuning, dok? karena saya selalu memberikan anak saya 2 buah jeruk Medan, diminumkan masing2x satu buah setelah makan siang dan makan malam.

    salam,
    Diana
  2. moonriver

    Message Count:
    176
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    0
    Iya mbak.. kalo kebanyakan makan sayur/buah yang mengandung beta karoten memang kulit bisa kuning..

    Sayur / buah yang mengandung beta karoten: buah-buahan serta sayur-sayuran segar berwarna kuning dan hijau seperti mangga, pepaya, wortel, brokoli serta kangkung dan bayam.
  3. mama_kesia

    Message Count:
    422
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    0
    Mba Diana,

    anak saya tiap hari juga saya beri jeruk 2x sehari tp smp skrg ga kuning, setau saya jeruk itu ga menyebabkan kuning loh...(bener ga doc?)
    kalo wortel sih emang bisa bikin kuning, krn saya pernah minum jus wortel tiap hari lama2 kulit saya jd kuning gitu...
    semoga membantu...

    regards,
    Elena
  4. Jobaja3raja Moderator

    Message Count:
    1.314
    Likes Received:
    1
    Trophy Points:
    38
    Location:
    Jakarta
    Dear diana,

    Beta karoten adalah cikal bakal vitamin A (provitamin A). Zat gizi ini secara alami banyak ditemukan dalam buah-buahan serta sayuran berwarna hijau dan merah.

    Bayi yang sering diberi bahan makanan yang mengandung beta karoten akan kelihatan agak kuning, untuk membedakan kuning karena kelebihan beta karoten atau kuning karena penyakit hati adalah :

    Bayi yang kuning karena kelebihan beta karoten, selaput putih matanya biasanya tidak ikut menjadi kuning, sementara bayi yang terkena penyakit hati hampir seluruh tubuhnya akan kuning.

    Bila bayi Anda kuning karena pemberian beta karoten, maka jika pemberian makanan yang mengandung beta karoten tersebut dihentikan, dalam waktu dua minggu gejala kuning tersebut akan hilang.

    Mengenai vitamin tambahan, jika pemberian makanan bagi bayi Anda sudah memenuhi syarat gizi yang seimbang (cukup hidrat arang, protein, lemak, vitamin dan mineral), maka tidak perlu memberikan bahan makanan yang mengandung beta karoten lagi (misalnya wortel) secara berlebihan.

    tambahan : jeruk adalah buah yang kaya akan vitamin C, beta karoten dan bioflavonoid yang keseluruhannya bersifat antioksidan.
  5. derryl

    Message Count:
    25
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    0
    Dear Mama Jo Ba Ja,

    Boleh tanya ngga? Anak ku 6 bulan kan alergi susu sapi, kalo tidak salah Dr. Adi pernah bilang jeruk tidak baik untuk anak alergi. Ada artikel yang mendukung tidak?
    Selain pisang buah apa lagi yang aman untuk anak ku.

    Untuk member yang laen, pls share donk tentang makanan bayi alergi.
    Anak ku sekarang makanan tambahan nya cuma bubur susu goodmil hypoalergic dan pisang saja di samping susu Nestle Nan HA 2 nya.

    Thanks yah...

    Rgds,
    Mom's Derryl
  6. diana_wulansari

    Message Count:
    8
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    0
    Dear all,

    thanks atas masukkannya.
    saya kaget juga, ternyata brokoli termasuk yang kandungan beta karotennya tinggi. mungkin karena itu Keisha kulitnya kuning (tapi matanya tidak). karena saya berikan dia brokoli tiap hari karena saya pikir brokoli sangat berkhasiat.

    regards,
    Diana
  7. Jobaja3raja Moderator

    Message Count:
    1.314
    Likes Received:
    1
    Trophy Points:
    38
    Location:
    Jakarta
    dear mom's deryl,
    satu hal yg kita harus tahu betul, alergi pada anak terutama alergi makanan bisa hilang dengan seiring pertumbuhan anak, karena pencernaan anak akan kian membaik.

    Buah biasanya tetap dapat diberikan, kecuali tomat karena ada kandungan zat yang dapat meningkatkan sensitifitas terhadap alergi. Jadi anak ibu dapat tetap diberi alpukat, pepaya, pisang dan lain-lain. Sebaiknya tidak disajikan dalam keadaan yang terlalu dingin.

    kalau jeruk....katanya sich memang tidak boleh karena asam didalam jeruk itu pengaruh buat sistem pencernaan dan cara lambung menyerap asamnya dan ada beberapa zat yang membuat pencernaan anak kita tidak toleransi.

    tapi sy lebih lihat kearah sebab akibat, biasanya anak alergi itu gampang batuk n pilek, dan dulu waktu sy kecil, kalau sedang batuk, biasanya tidak diberi air jeruk, karena bikin leher jadi gatal, akibatnya tambah parah.

    artikel tentang alergi makanan ada di <url]www.anakku</url]. net di bagian anak atau ketik saja alergi di kolom live search
    artikelnya cukup komplit dari mengenali tanda2nya sampai pencegahannya
  8. detta

    Message Count:
    390
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    0
    Dok, apakah berbahaya kalo kuning begitu badannya.
    kemudian supaya tidak kuning bagaimana?
    konsumsi brokolly,wortel,labu kuning seminggu bisa 1-2 kali.

    Thanks
    Detta
  9. detta

    Message Count:
    390
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    0
    Dok, yang ini belon dijawab.
    Thank you very much
  10. derryl

    Message Count:
    25
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    0
    Dear Mama JoBaJa,

    Thanks a lot ya...Kemarin derryl dah aku saya kasih pepaya dan pisang. Syukur dia suka.

    Rgds,
    Mom's derryl
  11. Jobaja3raja Moderator

    Message Count:
    1.314
    Likes Received:
    1
    Trophy Points:
    38
    Location:
    Jakarta
    sy bantu ya... sy qoute lg artikel yg diatas

    Bayi yang kuning karena kelebihan beta karoten, selaput putih matanya biasanya tidak ikut menjadi kuning, sementara bayi yang terkena penyakit hati hampir seluruh tubuhnya akan kuning.

    Bila bayi Anda kuning karena pemberian beta karoten, maka jika pemberian makanan yang mengandung beta karoten tersebut dihentikan, dalam waktu dua minggu gejala kuning tersebut akan hilang.

    spy tidak kuning, konsumsi makanan yg mengandung beta karoten boleh dikurangi atau dibatasi

    Memang sy pernah dengar, entah ini mitos atau bukan, ada golongan darah tertentu yg memang rada susah untuk menguraikan beta karoten ini, jadi baru dapat asupan sedikit saja, kulit sudah agak kuning.
    Tapi sekali lagi ini belum terbukti benar atau tidak

    jadi gitu.... kl kuning karena beta karoten akan hilang dengan sendirinya, dan itu tidak membahayakan si bayi / anak
  12. handryastuti

    Message Count:
    379
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    0
    Kalau kulitnya kuning tidak berbahaya, hentikan saja konsumsi makanan yg mengandung beta karoten tinggi nanti hilang sendiri. setelah itu boleh diberikan tapi jangan terlalu banyak.
  13. anton

    Message Count:
    15
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    0
    Yang terhormat dokter dan teman2 ku sekalian,
    Saya mau bertanya tentang Buah Pepaya, apa benar kalo sering makan buah pepaya/wortel hampir setiap hari atau 2 hari sekali bisa membuat kulit balita kita menjadi kuning :confused:
    terima kasih atas perhatiannya
  14. Raisa

    Message Count:
    721
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    0
    Pak Anton,

    Yang saya tahu, makan wortel tiap hari dalam jumlah banyak (misalnya 500-1000gram wortel di jus). Bisa tuh bikin kulit kuning.

    Kalau pepaya, saya gak tau.

    Tapi seberapa banyak sih pepaya atau wortel yang dimakan anak setiap hari sehingga bisa membuat kulit kuning ? *lho jadi ikutan nanya*

    Raisa makan wortel setiap hari, tapi kulitnya gak kuning kok.

    Kalau pepaya, seminggu sekali atau 2 kali. Karena buah yang dimakan Raisa tiap hari ganti.
  15. mamiandrew Moderator

    Message Count:
    1.415
    Likes Received:
    1
    Trophy Points:
    38
    Dear Pak Anton,

    Ikutan sharing ya...

    Dulu anak saya juga begitu, karena kebanyakan makan wortel dan pepaya jadi agak kuning. Saya juga tidak menyadarinya, baru tau waktu bawa anak saya imunisasi.
    Trus DSA nya bilang kuning (bisa lihat juga di ujung jari tangan berwarna agak kekuningan)

    Akhirnya wortel dan pepayanya sementara distop dulu sampai tidak kuning lagi. Setelah normal baru mulai dikasih lagi tapi dijaga biar tidak terlalu sering.
    Terutama wortel cukup seminggu 2 kali, kalau pepaya masih boleh lebih sering sampai 3-4 kali.

    Istilah kedokterannya apa saya lupa, dulu pernah tanyakan hal ini ke Dr. Adi *mana ya Dr. Adi* :)
  16. mama_kesia

    Message Count:
    422
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    0
    Pak Anton,

    diskusi mengenai masalah makanan penyebab kuning bisa dilihat di <url=http://www.anakku.net/forum/showthread.php?t=510&highlight=wortel+kuning>sini</url>

    semoga membantu...
  17. bundanuzula

    Message Count:
    505
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    0
    anak saya juga makan wortel tiap hari tapi kulitnya biasa aja tu...
    boleh tau gak pak umur anaknya sekarang?
    mungkin kulitnya kuning karena makannya kebanyakan.
  18. bunda khalisa

    Message Count:
    57
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    0
    kebetulan juga Khalisa juga alergi. Buah yang aman hanya apel, pear, alpukat, bengkuang, pepaya.
    Jeruk & mangga, memang tidak boleh dikonsumsi.

    Untuk sayur yang aman wortel, kentang & bayam. Brokoli, jagung, labu, tomat tidak boleh dikonsumsi.

    Daging sapi, kambing, boleh dikonsumsi. Tapi ayam (termasuk telur dan hati ayam) tidak boleh.

    Sebenarnya daftarnya banyak sekali. Jadi kasihan sama Khalisa yang tidak boleh makan ini itu:(
  19. Hardiono Pusponegoro Administrator

    Message Count:
    2.649
    Likes Received:
    11
    Trophy Points:
    38
    Location:
    Jakarta
    Namanya carotenemia. Tidak apa cuma kelihatannya jelek.

    Kemarin ada ibu pasien dimarahi habis sama ibunya lagi (nenek pasien) dan keluarga besar saat pulang kampung, karena bayinya kuning. Ibunya sampai stress karena dimarahi. Padahal sih kuningnya tidak apa-apa.
  20. anton

    Message Count:
    15
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    0
    dear bunda, anak saya usianya sekarang 1thn 5 bulan, kalo makan pepaya/melon wah.. senangnya bukan main, dia bisa menghampiri kita untuk minta dan minta lagi :), untuk wortel biasa mamanya mencampurnya pada sayuran yang dimakan oleh anak saya,
    terima kasih untuk semuanya...
  21. mamiandrew Moderator

    Message Count:
    1.415
    Likes Received:
    1
    Trophy Points:
    38
    He..he... namanya juga mertua dok, pasti ingin yang terbaik buat cucunya apalagi kalau cucu pertama. Sampai segala macam mitos saja kadang diikutin :no

  22. widyaaryanti

    Message Count:
    167
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    0
    Anin (17 bulan, 8,4 kg) juga seneng banget sama pepaya & pisang. Tiap hari juga makan wortel. Buat Anin, mau masak apa aja pokoke pake wortel.
    Tapi beberapa hari ini klo diperhatiin, (maaf) BABnya koq jadi oranye ya? kadang2 juga ada potongan wortel/pepaya kecil2. apa kebanyakan wortel ya? atau karena pencernaannya belum sempurna? berbahaya atau tidak?
    ohya, konsistensi BAB normal, cuma sehari bisa 0-3 x BAB, nggak mesti.
    mohon sharing & sarannya, makasih .
  23. Raisa

    Message Count:
    721
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    0
    Mbak Wied,

    Kalau soal ampas BAB nya warna orange atau keliatan potongan wortel, sama juga kok, pernah dialami Raisa kira kira umur 8 ke 10 bulan. Mungkin bener tuh, pencernaannya belum sempurna. Makin anaknya besar kan nanti makin sempurna. Kalau sekarang sih, BAB nya Raisa dah bagus deh. Apalagi kalau abis makan yogurt :keren
  24. mamiandrew Moderator

    Message Count:
    1.415
    Likes Received:
    1
    Trophy Points:
    38
    Sama dong... waktu Andrew masih kecil dan sekarang giliran Matthew, kalau makan pepaya maka BAB nya keluar pepaya juga.

  25. Hardiono Pusponegoro Administrator

    Message Count:
    2.649
    Likes Received:
    11
    Trophy Points:
    38
    Location:
    Jakarta
    anak saya hampir seminggu ini mkn pepaya terus.. dan alhamdulilah oke2 aja. walaupun di pubnya keluarjuga pepaya..:senyum
  26. widyaaryanti

    Message Count:
    167
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    0
    o gitu ya, jadi normal BAB jadi kayak pepaya or wortel klo abis makan banyak pepaya or wortel ya...

    dulu hal ini pernah jadi masalah lho... waktu anin dirawat di RS karena ISK, waktu BAB koq keluar butiran2 merah banyak banget.... takut ada darah di fecesnya, trus di cek lab.
    ternyata, merah2 itu adalah butiran semangka... karena sehari sebelumnya anin makan banyak semangka :meringis

    moms, thanks for sharing
  27. bundanai

    Message Count:
    22
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    0
    Dear Raisa,
    Ngomong-ngomong yogurt neh, anak umur berapa bulan ya boleh makan yogurt? Soalnya anakku sekarang BABnya keras, tiap hari saya sudah kasih pepaya tapi masih belum ada perubahan (maaf BABnya bulat gitu, warnanya agak kehijauan). Saya tanya temen yang anaknya seumur BABnya ngga seperti anakku (maaf BABnya lembek). Anak saya makannya biskuit milna sehari 3x, kalau susunya morinaga.

    Moms & Raisa, Mohon share and tipsnya kalau ngasih pepaya bagusnya bagaimana? kalau saya, pepayanya saya blender dan tambah sufor.
    Terus kalau Yogurt yang bagaimana boleh diberikan, boleh dong sebutin merknya.

    Thanks b4
  28. Hardiono Pusponegoro Administrator

    Message Count:
    2.649
    Likes Received:
    11
    Trophy Points:
    38
    Location:
    Jakarta
    Alow bundanai...

    Kalau saya berhubung olip sudah punya gigi, pepayanya saya potong kotak2 kecil.
    sebelum punya gigi pepayanya saya blender di mix dengan buah lain saja seperti pisang, apel.
    Kalo masalah kapan pemberian yogurt.. coba dilihat disini <url]http://forum.anakku.net/showthread.php?t=708&highlight=yogurt</url]

    kalo olip saya beri merk petit miam. lumyan dia suka ada berbagaimacam rasanya.

    semoga membantu

    thanks
  29. Raisa

    Message Count:
    721
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    0
    Hi bundai,

    Kalau Raisa makan pepayanya masih diparut dan sama sekali tidak menggunakan susu. Asli pepaya doang.

    Yogurt yang Raisa makan, yogurt khusus untuk anak-anak. Merknya Fernleaf. Gak tau ya di Indonesia ada atau gak. Raisa pernah juga dikasih yogurt petit miam waktu Raisa umur 8 bulan. Tapi, gak kuat euy beli rutin. Mahal banget. Masa harganya RM16 untuk isi 6 cup kecil :swoon: sementara Raisa makan yogurt 2 hari sekali.

    Untuk membaca lebih banyak sharing mengenai yogurt, silahkan ikuti link yang diberikan mama olive. Mama olive, thanks for the link ya.
  30. mamiandrew Moderator

    Message Count:
    1.415
    Likes Received:
    1
    Trophy Points:
    38
    Kalau Matthew biasanya, dikorek2 (benar ga ya istilahnya) pakai sendok langsung dikasihkan. Sama caranya kalau kasih buah pisang.

  31. bundanai

    Message Count:
    22
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    0
    thanks ya mama olive,
    anakku cow umurnya hari ini pas 7 bulan, giginya baru 2 yang di bawah. Jadi saya ngasih pepaya masih diblender takut tersedak kalau dipotong kecil2. Olive sekarang sudah berapa bulan?
    Iya dech Mama Olive, ntar saya coba kasih yogurt. setalah saya baca ternyata umur 7 bulan sudah boleh dikasih tuh. "petit miam" ada berapa rasa ya mama olive? maaf nech banyak tanya, soalnya kasihan kalau lagi BAB keras.

    thanks
  32. bundanai

    Message Count:
    22
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    0
    Ok dech Raisa, Mamiandrew, Mama Olive n semuanya thanks banget atas responnya
  33. mamiandrew Moderator

    Message Count:
    1.415
    Likes Received:
    1
    Trophy Points:
    38
    Bundanai,

    Bayi mengunyah bukan dengan gigi tapi dengan gusi.

    Matthew waktu hampir 10 bulan baru tumbuh giginya 1 buah ditengah bawah, tapi dari 6 bulan kasih pepayanya tidak diblender tapi dikorek2 pakai sendok.

    Coba deh, kasih pepayanya jangan diblender lagi tapi dikorek2 pakai sendok biar anaknya belajar mengunyah juga.

  34. Olivia Secillia

    Message Count:
    1
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    0
    dear all, yg sy mau tanya adalah apakah kuning krg beta karoten itu berbahaya bagi anak atau tidak.thnx
  35. detta

    Message Count:
    390
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    0
    Dear Olivia...
    coba baca lagi postingan ini yang depan.
    sudah pernah dijawab dokter... ini saya kutip dari dr Andry

    semoga membantu

  36. Hardiono Pusponegoro Administrator

    Message Count:
    2.649
    Likes Received:
    11
    Trophy Points:
    38
    Location:
    Jakarta
    Dear olivia,

    Selamat bergabung. Kuning karena karoten tidak berbahaya sama sekali, cuma kelihatannya kurang OK. Biasanya keluarga atau neneknya yang ribut karena cucunya terlihat kuning.

    Kalau makanan yang membuat kuning dihentikan, cepat pulih kembali.

    <quote=Olivia Secillia;15734]dear all, yg sy mau tanya adalah apakah kuning krg beta karoten itu berbahaya bagi anak atau tidak.thnx</quote]
  37. neti yulia

    Message Count:
    33
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    0
    ada anak tetanggaku, doyan banget sama jus wortel
    suatu hari telapak kakinya jadi warna kuning orange gitu, kata dokter kebanyakan minum jus wortel, bener gak bisa gitu sih mom, soalnya setelah kejadian itu aku agak ngeri juga ngasih Azman jus wortel...

    maaf kalo OOT, kalo bikin thread baru nanti dimerge, kan gak seru...:022:
  38. Raisa

    Message Count:
    721
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    0
    Dear Neti,

    Kalau postingannya tidak mau di merge, gunakan fasilitas search dulu.
    Sudah tau OOT, kok masih di posting <url=http://forum.anakku.net/showthread.php?t=3834> jus wortel</url> ?

    Mengenai konsumsi makanan wortel (atau yg berkarotien tinggi) dapat membuat kulit menjadi kuning orange, silahkan baca thread ini dari halaman depan.

    Selamat membaca.

Share This Page