Minum obat VS Minum Susu

Discussion in 'Jual beli dan promosi' started by nimas, 14/7/07.

  1. nimas

    Message Count:
    309
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    0
    Dearest All

    Sebenarnya boleh gak sih setelah minum obat, trus 5 menit kemudian minum susu.
    Aku pernah denger, kalo sehabis minum obat tunggu 1 jam baru boleh minum susu. ( katanya susu menetralisir kandungan obat yg sudah diminum )

    Bener gak sih................:confused:



    <U>Nimas</U>
    Emaknya Athaya
  2. mama_chika

    Message Count:
    187
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    0
    Dear Nimas,

    Aku juga pernah tuh dikasih tau sama saudara2ku, hal seperti itu...
    Logikanya sih kata mereka, susu itu bisa menetralisir racun, sedangkan obat itu (menurut mereka) adalah racun <yang bisa mengobati], makanya kalo kita minum susu setelah minum obat, efek obatnya akan ternetralsisir sama susu, jadinya efek/hasil dari obat itu ngga ada.

    tapi, pengalaman aku, waktu aku ajak chika imunisasi DPT (tidak menghasilkan efek demam pada anak), habis disuntik dia nangis, trus dokter membolehkan aku kasih susu <ASI] sama chika.
    Kalo memang susu menetralisir obat (DPT), berarti imunisasi chika ngga ada efeknya dong (eh, malah ikutan nanya juga ya....:laugh:)

    Gmana nih dok, tolong masukkannya.....:wink1:
  3. Hardiono Pusponegoro Administrator

    Message Count:
    2.649
    Likes Received:
    11
    Trophy Points:
    38
    Location:
    Jakarta
    Dear mama chika,

    Imunisasi kan beda dengan obat. Bisa dibilang imunisasi itu bukan obat. Tapi, isinya bakteri-bakteri penyebab sakit (misalnya kalau imunsasi DPT, artinya yang disuntikkan bakteri penyebab DPT) yang sudah dilemahkan. Dokter, mohon koreksinya kalau salah yah.

    Setelah disuntik, anak nangis, boleh dikasih ASI, tentu saja. Dengan ASI kan biasanya anak akan jadi diam, tenang, dekat ibunya, dll (semua efek bagus dari ASI pokoke).

    Kalau urusan minum susu setelah makan obat atau malah mencampurkan obat dengan susu, saya juga mau jadi ikutan nanya nih. Pernah kepikiran gitu lho mau campurin paracetamol di susu.
  4. Hardiono Pusponegoro Administrator

    Message Count:
    2.649
    Likes Received:
    11
    Trophy Points:
    38
    Location:
    Jakarta
    Ada obat yang penyerapannya dipengaruhi oleh susu dan makanan, ada obat yang penyerapannya tetap baik walaupun dicampur makanan. Sayangnya kita tidak mendapat informasi yang cukup dari masing-masing obat.
    Untuk mudahnya, bila tidak ada informasi, jangan berikan bersama makanan. Kecuali obat tertentu yang disebut: Berikan setelah makan (istilah resepnya pc atau post coenam).
  5. yolan

    Message Count:
    492
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    0
    Setuju sama Raisa. Vaksin beda sama obat kog.
    Trus tentang mencampurkan obat dengan susu baiknya gak dilakukan Raisa, soalnya masalah dosisnya tuh klo susunya gak terminum semua.
    Nih ada artikelnya di <url=http://www.anakku.net/forum/showthread.php?t=872]sini</url]
    Tapi klo tentang minum susu setelah mik obat sih mungkin ya spt opa dokter bilang liat2 obatnya kali dan mungkin ada tulisannya klo memang gak boleh dilakukan hal dmk ya.
  6. mama_kesia

    Message Count:
    422
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    0
    Dear Nimas,

    setauku yg ga boleh dicampur dng susu atau minum susu adalah obat jenis antibiotika. harus diselangi waktu 1-2 jam

Share This Page