MPASI umur 3 bulan

Discussion in 'Ibu hamil dan menyusui' started by Berlia, 20/12/07.

  1. Berlia Member Baru

    Message Count:
    25
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    Dok & Moms,

    Chika (3bulan) sampai sekarang masih susah beol-nya. Padahal udah full asi. Masih aku bantuin dengan thermometer. tiap 3 hr sekali untuk beol-nya DSA-nya (walaupun pendukung ASI, tapi tidak mendukung ASIX) menyarankan untuk ngasi pisang di umur 3 bulan ini. Kalau tidak, Chika ngga bisa2 beol sendiri.

    Saya jadi bingung. Pengen ngasi ASIX, tapi pengen Chika bisa beol sendiri juga.

    Gimana ya...
  2. Hardiono Pusponegoro Administrator

    Message Count:
    2.649
    Likes Received:
    11
    Trophy Points:
    38
    Location:
    Jakarta
    BAB keras atau tidak keluar tapi BAB tidak keras? Kalau minum ASI, semuanya diserap usus sehingga bisa jarang BAB.
    Kalau tidak keras, bayi tidak rewel ya biarkan saja. Bisa sampai 3 hari-7 hari.
    Kalau BAB keras lain lagi persoalannya.
  3. jessica

    Message Count:
    230
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    0
    Setuju dengan Doc,

    Maminya Chika,,

    Kalau pubnya tidak keras,,tidak perlu dipaksakan Pub setiap hari atau ditargetkan berapa hari sekali harus PUB..
    Teman saya anaknya juga begitu,, ASIX..tapi anaknya bisa 5 - seminggu sekali baru PUB,,tidak kenapa2 tuh,,normal2 saja. sekarang anaknya sudah umur 6 bulan,,dan pubnya sudah lancar sendiri.

    Jangan memberikan pisang di usia anak baru 3 bulan,,karena justru akan merusak pencernaan dan penyerapan ASI..

    Tetap berikan Full ASI ya..

    Salam.
  4. Berlia Member Baru

    Message Count:
    25
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    Dok & Jes,

    Pub-nya tidak keluar & tidak keras, padahal dia sering banget kentut & ngejan. Tapi keluarnya ya cuma pipis. Papinya Chika suka ngga tega kalo Chika-nya blm BAB sampai 3 hari. Kemarin ini saya pernah coba tunggu, dan ternyata sampai 6 hari dia belum BAB sendiri. Kita jadi paranoid, langsung pakai microlax.

    Jadi maksimal kita bisa tunggu sampai 7 hari ya, Dok? Soalnya saya pernah dapet info, kalo udah lewat 4 hari bisa jadi racun di tubuh. Duhhh.

    Iya, masalah makanan saya juga sreg ngasi dia pas umur 6 bulan aja.
  5. madif

    Message Count:
    676
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    0
    dear Berlia,

    sependapat dengan dr.Yoni, bahwa dengan pemberian ASI ekslusif, tidak ada ampas yang tersisa karena ASi diserap seluruhnya di usus. jadi, bila si kecil tidak BAB, ya wajar saja.
    Jadi, jangan panik ya, dan usahakan jangan terlalu sering menggunakan pencahar pada anak ya.
  6. mamiandrew Moderator

    Message Count:
    1.415
    Likes Received:
    1
    Trophy Points:
    38
    Dear Berlia,

    Bukannya dengan makan pisang malah akan membuat susah BAB ya ?

  7. Berlia Member Baru

    Message Count:
    25
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    Kata DSA-nya kalo BAB-nya bisa lebih keras, jadi bisa merangsang buat ngejan dan kuarin kotorannya sendiri. :confused:
  8. Hardiono Pusponegoro Administrator

    Message Count:
    2.649
    Likes Received:
    11
    Trophy Points:
    38
    Location:
    Jakarta
    Pisang seringkali membuat lebih keras. Ya mestinya lebih susah keluar,
  9. Raisa

    Message Count:
    721
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    0
    Mama chika,

    Coba search lagi deh mengenai BAB anak yang minum ASI. Ada rekornya lho...
    coba gunakan search dengan kata kunci "rekor".

    Selama ASI pokoke gak usah khawatir lho.

Share This Page