Nasi Uduk Praktis Pakai Rice Cooker

Discussion in 'Resep dan menu makanan' started by Ummu Sumayyah, 13/8/08.

  1. Ummu Sumayyah

    Message Count:
    39
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    0
    Assalaamu’alaykum..

    Apa kabar moms.... (docs juga deh...)?! Cuma mo share resep nasi uduk paling gampang sedunia :biggrin: (menurut saya sih... :p). Ini dia!

    NASI UDUK

    Bahan:
    3 cangkir beras,
    3 lembar daun salam
    2 batang serai
    1 sdt garam, bisa juga pakai royco atau sejenisnya.
    1 kotak Santan Kara (200 ml)
    Air secukupnya.

    Cara Membuatnya:
    1. Masukkan beras yang telah dicuci ke dalam wadah rice cooker
    2. Tambahkan santan kara dan air sebanyak yang dibutuhkan untuk bikin nasi biasa sebanyak 3 cangkir beras, aduk rata.
    3. Masukkan daun salam, serai, garam, aduk rata.
    4. Nyalakan rice cooker, tunggu deh!
    5. Kira-kira pas 3/4 masak (kalo saya 20 menit), buka penutup rice cooker (hati-hati panas), kemudian aduk nasi perlahan hingga santan rata, lalu tutup kembali. (catatan: kalo kelewatan sampe masak juga nggak apa-apa, insya Allah tetep jadi, tapi jangan lupa diaduk setelahnya kayak petunjuk no.6).
    6. Setelah masak, buka penutup rice cooker, aduk kembali, kemudian tutup dan tunggu beberapa saat, dan nasi uduk siap untuk dihidangkan bersama bawang goreng :045:
  2. novtriana

    Message Count:
    9
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    0
    Ngrusak rice cooker gak itu? Hehe.. Kalo pake alat tradisional gimana, rice cooker diganti pake apa ya? apa direbus biasa kayak tim? (sory byk tanyak baru belajar masak)
  3. Ummu Sumayyah

    Message Count:
    39
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    0
    wah, gak tau juga ya... saya sih dah sering bikin, alhamdulillah baik2 aja tuh rice cookernya. cuman kalo pas ngaduk jangan terlalu semangat aja kali ya sampe sendok nasinya ngerusak dasar wadah rice cookernya. kalo yang tradisional malah saya nggak tau :p googling aja kali yaw...
  4. bunda_AcaAya

    Message Count:
    361
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    0
    Ummu,
    waktu itu juga bikin nasi uduk, karena ayahnya doyan banget nasi uduk.
    Caranya juga hampir sama, dimasaknya pake Rice Cooker.
    Tapi aku tidak menambahkan sejenis R****O itu karena anak-anak juga ikut makan sih...:045:
  5. trist_

    Message Count:
    30
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    0
    Assalamuallaikum Ummu...
    Saya sering buat juga nasi uduk pake rice cooker tapi tetep aja ya hasilnya lebih gurih dengan cara manual :biggrin:
  6. Ummu Sumayyah

    Message Count:
    39
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    0
    wa'alaykumussalaam trist... hi hi hi, iya... namanya juga mo praktis.

    oh ya, novtriana, kalo cara tradisionalnya pakai panci aja di atas kompor, trus nasinya diaron biasa kayak bikin nasi biasa. diaduk terus biar nggak gosong bawahnya, abis itu dikukus. baru ingat, ibu saya suka bikin yang manual.
  7. bayi_asha

    Message Count:
    10
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    0
    =D> pasti uenak..ku jg pernah coba pake r cooker dg bumbu yg sama tanpa royco, dgn tambahan kunyit. sayangnya lupa aduk2 jd warna kuningnya g merata. tengkyu ilmunya ummu summayah. maklum aja, ku ibu rumah tangga yg baru belajar masak. seneng jg jd member di sini, isinya g cuma seputar anak, tp bisa tuker2 resep. salam kenal..
  8. yna bintang

    Message Count:
    1
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    0
    wah, makasih bgt resep dan tips-nya nih.
    terus terang baru tau, hehe.. dan pastinya mau dicoba
    seneng aja sama yg praktis tp menu tradisional gitu. makasih ya ummu..

Share This Page