obat batuk untuk ibu hamil

Discussion in 'Ibu hamil dan menyusui' started by tina, 3/8/07.

  1. tina

    Message Count:
    5
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    0
    dear doc and moms....

    dok,moms, saya sedang hamil 6 bulan, saat ini lg terserang batuk sepertinya batuk kering tp skrng ada dahak2 sedikit (hehe..maaf :senyum)..tenggorokan guatelllnya minta ampun..
    aku konsul ke dokter ktnya minum OBH boleh2 aja, jd aku minum..ya kok dah 1 minggu ga sembuh2 ya dok?

    wktu blm hamil kl batuk kaya gini aku biasa minum amoxicillin + FG troches (maaf ngga promosi loh..;) )...minta saran dong kl sekarang aku minum obat kaya gitu boleh ngga ya dok, apa ada efek yg ga baik buat baby yg didalem...
    coz batuknya dah mengganggu aktivitas bngt nih...

    btw nanya 1 lg..hehe...kl ikut klinik laktasi ma senam hamil itu, kehamilan brp bulan ya?

    tx buat sarannya.... ;)
  2. Hardiono Pusponegoro Administrator

    Message Count:
    2.649
    Likes Received:
    11
    Trophy Points:
    38
    Location:
    Jakarta
    Dear tina,

    Selamat ya buat kehamilannya dan selamat bergabung di forum Anakku.

    Udah pernah nyoba obat tradisional ?
    itu tuh.. kecap pake jeruk nipis...
    terus...
    kalau misalnya batuk dan gatel di malam hari, coba deh gunakan vicks vaporub di dada, punggung, tenggorokan, dan tapak kaki. Setelah itu pake kaos kaki. Membantu lho menghilangkan batuk yang mengganggu waktu tidur.

    Mudah-mudah membantu dan cepet sembuh ya....
  3. Hardiono Pusponegoro Administrator

    Message Count:
    2.649
    Likes Received:
    11
    Trophy Points:
    38
    Location:
    Jakarta
    <SIZE="3"><FONT="Century Gothic">DEar mbak Tina.. Selamat bergabung ya di Forum Anakku.. disini t4nya para mama2.. dan don@...</FONT></SIZE>

    Untuk masalah batuknya maaf, saya tidak dapat membantu.. tapi untuk laktasi coba klik <url>http://forum.anakku.net/showthread.php?t=540&highlight=laktasi</url>

    semoga dapat membantu..


    ________________
    :green:Mama olive..
  4. madif

    Message Count:
    676
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    0
    dear tina,

    sedapat mungkin, hindari penggunaan obat-obatan selama hamil, kecuali memang keadaan mendesak akibat penyakit yang diderita. Itu pun, harus melalui petunjuk dokter.

    Perbanyak minum air putih, usahakan hangat, untuk batuk yang berdahak.

    nah, ini juga tidak boleh. antibiotik sebaiknya tidak sembarang dikonsumsi. apalagi bila tidak ada indikasi. umumnya, antibiotik amoxicillin, sudah banyak yang resistensi kuman.

    senam hamil dapat mulai dilakukan saat usia kehamilan 7 bulan.

    untuk masalah klinik laktasi, moonriver jagonya... :)

    semoga membantu ya.
  5. tina

    Message Count:
    5
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    0
    dear docs en moms...

    makasi u/ welcome nya....:senyum

    waaa dok, dah 1 minggu ini saya dah minum OBH, duh mudah2an ga berpengaruh ke baby saya ya..:(
    hbsnya ga bisa tidur dok, guatelnya minta ampun... skrng sdh ada riak2/dahaknya (maaf....:senyum)..

    to moms raisa..tx ya, nanti aku coba resep tradisionalnya deh...:cool1:
    mudah2an sembuh....

    to all..thanks ya buat informasinya...
  6. ummu rauhul

    Message Count:
    141
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    0
    kecap n jeruk nipisnya, perbandingannya berapa sa?
  7. bundanya Faris

    Message Count:
    221
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    0
    sorry nyelak ya... :)
    kalo aku biasanya air jeruk nipisnya sesendok makan, trus dikasi kecap manis..ya kira2 aja biar ramuan itu ga sampe luber...diaduk (masih di atas sendok)...trus glek aja langsung...
    enak loh rasanya...asem2 manis... :laugh:
    semoga membantu... :)
  8. ummu rauhul

    Message Count:
    141
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    0
    makasih bundanya faris..soale aku juga batuk ga sembuh2 nih...trus itu diminumnya berapa kali sehari, n berapa lama? maaf tadi kelupaan nanya..:senyum
  9. widyaaryanti

    Message Count:
    167
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    0
    klo pengalaman widya, air jeruk nipisnya dipanasin dulu diatas kompor. baru dikasih kecap manis. ramuannya jadi anget, enak di leher.
    Minumnya sih 3 x sehari aja, ga banyak2. sampe rasa gatal2 di leher ilang.
    Banyak2 minum air putih anget aja, ....
    semoga membantu

  10. bundanya Faris

    Message Count:
    221
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    0
    3 kali sehari sih...
    cuman karena pake air jeruk nipis...(untuk jaga2 biar ga sakit perut) minumnya setelah makan nasi...:laugh:
    diminumnya ya sampe sembuh...biasanya 2 - 3 hari udah ga gatel lagi tuh tenggorokan... :)
  11. ummu rauhul

    Message Count:
    141
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    0
    waah..kalo dipanasin dulu air jeruk nipisnya, vit c nya ga ilang ya?:confused:
  12. widyaaryanti

    Message Count:
    167
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    0
    air jeruk nipisnya dipanasin sebentar aja koq... biar anget...
    tapi klo ga dipanasin juga ga papa...
    selamat mencoba
    salam

  13. Hardiono Pusponegoro Administrator

    Message Count:
    2.649
    Likes Received:
    11
    Trophy Points:
    38
    Location:
    Jakarta
    Buat Sasti & Widya, Makasih ya udah bantuin jawab pertanyaan ummu.
    TOP deh. Ummu, dah dibantu jawab ya sama Sasti dan Widya, kalau aku sama gitu deh sama Sasti. Dikira kira aja di sendok :senyum
  14. Jobaja3raja Moderator

    Message Count:
    1.314
    Likes Received:
    1
    Trophy Points:
    38
    Location:
    Jakarta
    wah saya baru tahu pakai kecap n jeruk nipis.... kalau yang lagi hamil muda alias masih mual2 gimana tuh...bisa ketelan ngak ya?
    ada yang pengalaman lagi hamil muda terus batuk ngak?

    dulu saya cuma dikasih OBH, ngak boleh lebih dari itu, kayanya sudah hampir set botol habis tapi tetep gatel, akhirnya saya suka kumur2 baik dimulut maupun gelegean / kumur2 ditengorokan dengan oral B, baru deh legaaa banget, lehernya terasa hangat...
  15. irene

    Message Count:
    223
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    0
    Kecap dan jeruk nipis tuh bener2 manjur lho
    Tapi kalo resep dari mama saya malah kecapnya pake kecap asin... lebih 'nyelekit' (apa ya istilah indonesianya :p) di tenggorokan jadi langsung ilang gatel2nya
    porsinya paling jeruk nipis 1 sdm, campur kecap asin 1/2 sendok teh langsung diminum..
    Waktu hamil muda batuk2 juga minumnya itu soalnya ama dsog malah disuruhnya minum itu karena dsog nya juga super protektif ndak boleh minum obat2an.
    Oh ya sama minum air hangat yang banyak juga membantu mengencerkan dahak
    Hope its help
  16. mamiandrew Moderator

    Message Count:
    1.415
    Likes Received:
    1
    Trophy Points:
    38
    Dulu waktu hamil Andrew saya pernah kena batuk hebat.
    Tenggorokan gatel, batuk terus menerus. Tiap batuk perut sampai ikut terguncang2, capek banget.

    Akhirnya ke dokter kandungan juga disuruh minum OBH dan obat kumur racikan (saya lupa campurannya apa saja) rasa mint.
    Setelah kumur pakai itu baru deh lega tenggorokannya.
  17. ummu rauhul

    Message Count:
    141
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    0
  18. Nyoen

    Message Count:
    366
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    0
    Hai Tina,

    Soal batuk kayaknya dah banyak nih yg kasih input, saya gak biasa konsum obat soale. Kalo sakit ringan tahan plus istirahat aja:)

    Dulu waktu hamil, ikut senam setelah usia kandungan 29 minggu sesuai anjuran bidan pembimbing senam di hamil di RS bersalinku.

    Saat senam hamil juga diajari massage payudara buat persiapan menyusui, plus anjuran dan larangannya yg di perlukan untuk itu.

    Klinik laktasi saya kunjungi waktu bayi masuk usia 2 bulan, karena ingin asi ekslusif dengan suplai asi saya yg sedikit ini. Jadi menurut saya, Tina pelajari dulu pola menyusuinya setelah si kecil lahir, kalau semuanya lancar dan Tina rasa bisa memberi asi ekslusif tanpa kendala, tidak perlu kan ke klinik laktasi kan?

    Oke Tina, selamat menjalani kehamilan. Jaga kondisi ya....
  19. LoveBaby

    Message Count:
    151
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    0
    mba..jeruk nipisnya jangan dipanasin..nanti vitaminnya ilang dong... ;)
    aku si waktu lagi hamil gitu minum OBh racikan..di kasih resep dari dokter...

    ya kalo blm terlalu parah jgn langsung pake obat tapi kalo ga sembuh2 juga k dokter aja dulu...
    Semoga leka sembuh ya...ni juga saya lagi batuk pilek ni... hiks :(
  20. veron0805

    Message Count:
    332
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    0
    Moms,
    mo tanya dong...
    Kalo OBH aman tuk ibu hamil, berarti aman juga tuk ibu menyusui dong ya? Pls dong advisenya.. Buat jaga2 kalo batuknya tambah parah nih... So far sih minumin vit C aja...
    Saya lagi batuk dan masih menyusui... Sdh coba2 cari di thread tapi ga nemu utk obat batuk yg aman buat ibu menyusui, cuma ketemu obat pilek dan obat sakit kepala...

    Dok, Kalo Vick formula 44 atau Benadryl gitu boleh ga ya?

    Makasih...
  21. Hardiono Pusponegoro Administrator

    Message Count:
    2.649
    Likes Received:
    11
    Trophy Points:
    38
    Location:
    Jakarta
    Dear Vero...
    Selama 2x hamil ini...aku sih langganan batuk...*biasanya sih di semester pertama* Dan obatnya ya itu..cuma OBH yang rasanya amit-amit...kalo ngga tahan mah mendingan ngikutin saran moms yang lain buat resep tradisional, kecap n jeruk nipis.
  22. Hardiono Pusponegoro Administrator

    Message Count:
    2.649
    Likes Received:
    11
    Trophy Points:
    38
    Location:
    Jakarta
    sorry ya OOT dikit,

    Nyoen,
    Tolong bikin thread baru donk.. mengenai ini. Pengen belajar nih....

    Member yang lain ada yang punya pengalaman juga seperti nyoen ?
    tulis donk.. pasti berguna deh...

    Thanks ya :notworthy:
  23. veron0805

    Message Count:
    332
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    0
    Bunda_icha,
    Itu OBH Combi yg di iklan2 itu ya? Takut salah...
    Ttg resep kecap+jeruk nipis, kayaknya berat dilaksanakan nih, soalnya aku ga doyan kecap dibegituin aja (ngebayanginnya aja dah eneg, entah kenapa, pdahal kalo sate mah tancepp terus.... bingung ya..)
    Saya juga pernah minum obat batuk cap ibu dan anak (yg warna hitam dan terasa manis itu), tapi kayaknya ga mempan ya...

    Ttg 2 merk obat yg lain (Vick Formula44, Benadryl) apa terlalu keras?
    Dokter, pls advisenya dong (nanyanya maksa bgt nihh, abis dulu2 cuma mempan pake itu sih).. :notworthy:

Share This Page