Penggunanan slow cooker & panci presto

Discussion in 'Resep dan menu makanan' started by mamiandrew, 19/2/08.

  1. mamiandrew Moderator

    Message Count:
    1.415
    Likes Received:
    1
    Trophy Points:
    38
    Buat Don@ yang sering masak memasak,

    Sharing disini dong cara penggunaan slow cooker & panci presto, trus perlu berapa lama proses memasaknya (ayam/daging/ikan) kalau perlu sekalian dikasih tahu merk apa yang bagus dan gampang pemakaiannya ?

    Trus kenapa ya, kalau masak daging pakai slow cooker airnya jadi merah dan agak kehitam2an ?
    Ada yang tahu bagaimana caranya biar airnya tidak merah dan kehitam2an :confused:

    Tolong sharing disini ya... kalau perlu dengan resep2 khusus yang dimasak menggunakan slow cooker & panci presto madif-thanks
  2. bundanuzula

    Message Count:
    505
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    0
    klo saya untuk ayam, biar empuk, klo bumbunya pake bumbu ayam kuning biasa.
    mami...
    klo rebus daging item itu kaldunya bukan?klo merah saya gak pernah ngalami tuh


    ______________
    <COLOR="Blue">fitri_bundanuzula</COLOR> :)
  3. mamiandrew Moderator

    Message Count:
    1.415
    Likes Received:
    1
    Trophy Points:
    38
    Airnya bisa sampai merah kehitam2an semua, baunya juga agak amis masa itu kaldu :confused:
    Kalau di presto tidak begitu, tapi kan ga bisa seperti slow cooker (dicolok dari subuh, paginya sudah empuk)

  4. shishie

    Message Count:
    563
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    0
    mami....
    barangkali dagingnya waktu dicuci masih ada sisa darahnya nggak..?
    atau daging sudah kurang seger...?
    aneh juga tuh...:confused:
  5. mamiandrew Moderator

    Message Count:
    1.415
    Likes Received:
    1
    Trophy Points:
    38
    Shie, beli dagingnya sudah yang segar di abang langganan pasar tradisional.
    Trus cucinya juga sudah berulang2 sampai bersih.

    Apa karena kelamaan ya di slow cooker ? karena kalau pakai panci presto tidak begitu.

    Shie, sudah pernah coba pakai slow cooker untuk masak daging ?

  6. shishie

    Message Count:
    563
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    0
    sudah mami...tapi nggak ngalami airnya jadi merah kehitaman gitu...paling ada semacam mirip busa berwarna agak kehitaman dan tidak berbau amis.

    mangnya dimasak campur dengan apa mami..?
  7. mamiandrew Moderator

    Message Count:
    1.415
    Likes Received:
    1
    Trophy Points:
    38
    Shie, itu masaknya berapa lama ya ?
    Kalau saya biasanya sampai dagingnya empuk, nanti tinggal dikasih wortel, kentang, garam.
  8. suanitaryono

    Message Count:
    69
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    0
    Dear Mami Andrew,

    kalo saya masaknya pake panci presto, selain sayur daun2an, daging/ikan/ayam/umbi2an masuk sekaligus setelah dipotong2, ditaruh di atas dandang bolong,dasar panci diisi air (seperti mengukus). presto sekitar 7 menit saja. Karena anak saya masih 9 bulan, belum saya bumbuin apa2,setelah masak,tinggal diblender kasar saja. Prestonya pake merk Fissler buatan Germany.
    Pernah juga nyoba pake slow cooker,tapi fine2 aja ga ada warna yang aneh, cuma lebih ga praktis aja dibanding pake presto. Kalo dari segi kandungan gizi sih mestinya presto lebih baik ya,karena tidak overcooked.
  9. Jobaja3raja Moderator

    Message Count:
    1.314
    Likes Received:
    1
    Trophy Points:
    38
    Location:
    Jakarta
    mandrew..dulu waktu masih jamannya bubur tim, saya pakai slow cooker, yang bahannya seperti keramik gitu kan...
    tapi saya ngak pernah tinggalin semalam suntuk, biasanya masak pagi2 saja , kira2 2 jam saja dah jadi bubur..

    kemungkinan karena kelamaan masaknya, karena kalau mau empuk, ya panci presto, 1 jam saja sudah empuk banget..
  10. mamiandrew Moderator

    Message Count:
    1.415
    Likes Received:
    1
    Trophy Points:
    38
    Majo,

    Yup sepertinya memang karena kelamaan :swoon:
    Karena saya mulai nyalain slow cookernya dari jam 2-3 pagi (waktu Matthew terbangun) dengan tujuan saat bangun jam 5 pagi sudah empuk tinggal dikasih kentang, wortel dll.

    Karena kalau baru nyalain slow cooker saat bangun jam 5, kapan masaknya... trus yang penting kekantornya bisa berangkat jam berapa :confused:

  11. jessica

    Message Count:
    230
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    0
    Masak Empal pakai panci presto,,oke banget..cepat empuknya..:045:
    Sekarang masak ayam juga pakai panci presto, 1/2 jam sudah empuk banget
    Setelah dipresto digoreng lagi juga enak banget.
    Menu barunya Alicia tuh ;)
  12. Euis

    Message Count:
    292
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    0
    Wah dirumah ada panci presto tapi suer deh belum pernah dipake (masih blum PD makenya)

    jess, pemakaiannya gampang ya?
  13. Raisa

    Message Count:
    721
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    0
    Omong2 soal masakan yg di presto, temenku pernah kasih tau, kalau makanan yang di presto itu gak bagus karena kandungan gizinya banyak hilang karena dimasak dengan tekanan tinggi (presto).

    Bener gak sih ?

    oh ya, satu lagi.. yg punya panci presto, harap berhati hati saat menggunakannya untuk memasak ya.. kalau emang belum waktunya itu makanan mateng dan diangkat, itu panci presto jangan dibuka buka tutupnya. Kalau di buka, isinya ntar keluar semua. Bahaya.

    Euis, penggunannya gampang kok. Tapi lebih baik merujuk kepada buku manual masing-masing panci presto. Soalnya bahaya kalau kita pake nya seperti panci biasa.
  14. mamiandrew Moderator

    Message Count:
    1.415
    Likes Received:
    1
    Trophy Points:
    38
    Euis,

    Panci prestonya merk apa ?

    [/QUOTE=euis;26008]Wah dirumah ada panci presto tapi suer deh belum pernah dipake (masih blum PD makenya)</quote]

    Hmmm kayaknya belum ada yang sharing pertanyaan saya di page 1 :

    <quote]Sharing disini dong cara penggunaan slow cooker & panci presto, trus perlu berapa lama proses memasaknya (ayam/daging/ikan) kalau perlu sekalian dikasih tahu merk apa yang bagus dan gampang pemakaiannya ?</quote]

    Dirumah adanya panci presto merk Maxim, tapi waktu masaknya lumayan lama. Kalau presto daging, setelah mendidih/bunyi harus tunggu lagi kira2 15 menit.

    Akhirnya kemaren pas jalan2 ke PRJ beli lagi deh panci presto merk Fissler, yang katanya waktu masaknya juga lebih singkat dan hasilnya juga OK :)
  15. shishie

    Message Count:
    563
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    0
    boss aku di kantor punya pengalaman buka presto sebelum waktunya...maksud hati sih dia mau ngetes...kalo dibuka sebelum waktunya gimana, karena perintah petunjuk jangan dibuka sebelum waktunya, eh pas dibuka..(dengan paksa lagi) uap yang ada didalam presto keluar dan mengenai tangan si boss....alhasil ya tangannya melepuh..seperti habis kena air panas..bengkak dan berair...:20:
  16. suanitaryono

    Message Count:
    69
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    0

    Raisa,setauku kalo soal gizi tidak berkurang kok, malahan kelebihannya presto tidak overcook karena dimasak dalam waktu singkat.tapi, bagi yang terbiasa memasak sup dengan metode tradisional,yaitu dimasak dgn api kecil dalam waktu lama, dari segi rasa,lebih ok dimasak dengan cara tradisional,karena kaldunya itu lebih gurih dan wangi.

    Aku pake merk fissler, di atas tutup panci ada jarum indikator, sebagai pertanda waktu masak.misalnya mau masak makanan yang cepat lunak,cukup jarum satu garis,tapi kalo masak daging mesti jarum pada garis 3. Nah kalo membuka panci presto supaya bisa dibuka dengan aman, sebaiknya menunggu jarumnya turun sampai rata dengan tutup panci,atau bisa juga dengan me'release' uapnya sampai hilang dengan memencet tombol pada pegangan panci,nanti uap akan keluar sampai habis.

Share This Page