Posisi Duduk Boleh Sejak Bayi Usia Berapa Bulan ?

Discussion in 'Makin cerdas' started by yolan, 14/5/07.

  1. yolan

    Message Count:
    492
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    0
    Dear docs n smart parents,

    Perkenalkan saya Yolan, mama Michelle (4.5 bulan). Saya mau nanya nih sebenernya bayi boleh posisi duduk itu sejak berapa bulan ? Michelle klo ada di pangkuan, selalu maunya posisi duduk, cukup tegak bahkan kadang melengkung ke depan, gak mau bersandar lagi, demikian juga klo digendong sukanya posisi duduk. Nah, kemarin waktu imunisasi di RS, ada perawat yang liat saat Michelle duduk, langsung dia nanya umur berapa anaknya dan dia bilang sebaiknya jangan didudukkan dulu, bisa melengkung tulang punggungnya.

    Apakah benar demikian yach ? Sebaiknya mulai boleh posisi duduk pada usia berapa yach ? L

    Mohon sharing dan tanggapannya yach. Terima kasih .


    Yolan
    Mama Michelle
  2. handryastuti

    Message Count:
    379
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    0
    4,5 bulan didudukkan (dipangku) dan dipegangi nggak apa2, anak umur segitu udah bosan tiduran terus, pingin didudukkan. nah nanti kalau umur 6 bln sudah bisa didudukkan sendiri (bukan dipangku) tapi tetap dipegangi , karena blm bisa menahan badannya spy nggak jatuh. Usia 6 bln anak juga sdh mulai belajar menahan badannya utk tdk jatuh kedepan shg dia selalu meletakkan tanggannya kedepan (spt membungkuk). Nggak betul kalau tulang punggungnya jadi mlengkung
  3. RizRad_tyo

    Message Count:
    8
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    0
    anak saya sekarang usianya 1 tahun.. dia mulai digendong dlm posisi duduk ketika usianya menginjak 7 bln... katanya sih, kalau didudukin di bawah usia 7 bln, pipisnya jadi sakit & tulangnya jadi bungkuk..
  4. ibu_zaidan

    Message Count:
    83
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    0
    Dear Yolan,
    Kalau menurut saya, setiap anak itu spesifik, meskipun ada beberapa generalisasi. Jadi tergantung anaknya sendiri, mau duduk atau tidak?
    Anak saya dari umur kurang dari 4 bulan sudah digendong dengan posisi duduk menghadap ke depan. Tampaknya dia senang sekali, mungkin karena lebih bebas melihat dunia, tidak hanya melihat plafon rumah aja atau muka ibunya.
    Mungkin generalisasi yang bisa dibuat adalah, kalau anak sudah bisa menegakkan lehernya, dia sudah bisa didudukkan dengan dipegangi. Dan kalau dia tidak mau atau tidak nyaman dengan posisi itu, pastinya dia akan "bilang" sendiri. Mungkin dengan menangis, atau "meleyot".
    Semoga berkenan.
    Salam,
    Ibunya Zaidan
  5. Jobaja3raja Moderator

    Message Count:
    1.314
    Likes Received:
    1
    Trophy Points:
    38
    Location:
    Jakarta
    Mungkin boleh kita coba2 posisi duduk, sambil digendong menghadap ke depan, tapi diusahakan punggung bayi dalam posisi bersandar kebadan kita.
    dan jangan dalam posisi duduk tegak (90 derajat), sedikit tiduran lebih baik.
  6. ummu rauhul

    Message Count:
    141
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    0

    ooohh..jadi ga bener ya dok..leganya...habis rauhul juga dah mulai aku latih untuk duduk sendiri, tapi ya gitu..masih belum kuat..s4 khawatir waktu uninnya (nenek) bilang jangan di dudukin kalo blm bisa duduk, ntar tulangnya kenapa-napa..
    btw..7 bln nlm bisa duduk sendiri, normla ga sih dok? :eek:
  7. Hardiono Pusponegoro Administrator

    Message Count:
    2.649
    Likes Received:
    11
    Trophy Points:
    38
    Location:
    Jakarta
    Dear Ummi,
    sama kok anakku juga dah mulai duduk sendiri mulai 7blnan....kalo diajarin duduk siy dah mulai dari umur 6bln, aku dudukin bersandar pake bantal kiri kanan...Alhamdulillah mpe sekarang gpp...aku tanya dsa nya juga gpp katanya. Cuma memang ortu biasanya lebih bawel ngingetin takut kenapa napa...hehehe namanya juga ortu...(ntar kayanya aku malah lebih bawel dari mereka kalo dah punya cucu:p )
  8. handryastuti

    Message Count:
    379
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    0
    Banyak sekali mitos tentang belajar duduk pada anak, katanya takut punggungnya bongkok dll yang semuanya tdk betul. Betul apa kata mama Zaidan, kalau anak sdh bisa menegakkan kepala dan leher sudah mulai bisa didudukkan atau digendong dlm posisi duduk (digendong menghadap kedepan, bukan di samping). Dengan belajar duduk dia belajar untuk mengontrol dan melatih punggungnya utk tegak sebagai persiapan duduk sendiri. itu teorinya perkembangan motorik anak. Umur 7 bulan memang blm bisa duduk sendiri (bukan didudukkan), biasanya umur 8-9 bulan mulai bisa duduk sendiri.
  9. Hardiono Pusponegoro Administrator

    Message Count:
    2.649
    Likes Received:
    11
    Trophy Points:
    38
    Location:
    Jakarta
    saya juga jadi ikutan legaaaa deh... makasih dokter Andry atas penjelasannya.
    Jadi.. apa yang telah saya lakukan mengenai "duduk" ini, tidak salah ya, karena ternyata sama seperti yang dokter Andry anjurkan.

    -Ibunya Raisa-
  10. ummu rauhul

    Message Count:
    141
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    0
    nah..kalo penggunaan baby walker itu gimana dok? saya pernah baca katanya ga direkomendasiin coz banyak menyebabkan cidera. selain itu alasannya apa lagi ya? ada pengaruh ama perkembangan tulang dan sendi didaerah pangkal paha or lainnya ga? aq sih lebih suka dudukin rauhul di stroler ketimbang di baby walker, tapi ama mbah n tantenya rauhul suka di dudukin di baby walker, biar bisa cepet jalan, gitu kata mereka. padahal emang ngaruh tuh dok? kayanya ga signifikan ya?
  11. Hardiono Pusponegoro Administrator

    Message Count:
    2.649
    Likes Received:
    11
    Trophy Points:
    38
    Location:
    Jakarta
    Dear Ummi,
    Kalau saya pribadi ngga niat buat pakai baby walker, soalnya pernah denger diskusi dengan psikolog anak (namanya lupa:senyum) katanya kalau anak yang ketika bayi ngga pakai baby walker, ketika dewasa akan lebih pintar, karena refleks dan kemampuan untuk menjaga keseimbangannya lebih terlatih sehingga kerja otak juga lebih baik (hihihi kurang lebih begini siy..saya dengarnya, soalnya dengarnya dah lama...waktu jaman mahasiswa dulu...lhoh...kok malah nostalgia:p)
    Kalo soal baby walker, di forum ini pernah ada diskusinya, bisa dilihat di:
    <url>http://www.forum.anakku.net/showthread.php?t=50&highlight=babywalker</url>

    Semoga berkenan (^_^)
  12. bundanya Faris

    Message Count:
    221
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    0
    cuman mau nambahin...:p
    ....dan menurut dr. yoni, anak yg pake baby walker biasanya nanti jalannya diseret ummu..
  13. ummu rauhul

    Message Count:
    141
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    0
    waduuuhh..serem amet ya? untung ga ampe ngesot kali ye..jadi suster ngesot deh hehe..
    thx ya moms!
  14. handryastuti

    Message Count:
    379
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    0
    baby walker tidak dianjurkan, karena anak tidak belajar untuk menahan badannya sendiri utk tetap tegak serta belajar menjaga keseimbangan badannya. Dua hal itu sangat perlu untuk persiapan berdiri dan berjalan. Sering anak jadi terlambat berjalan atau jalannya jinjit. Secara nggak langsung kalau otak sdh terlatih sjk dini utk waspada terhadap tubuhnya sendiri tentu siap juga utk hal-hal yang lain. Untuk belajar berjalan lebih baik mainan yg bisa disorong-dorong yg sekarang byk dijual, atau yg gampang suruh anak dorong2 kursi asalkan kursinya cukup berat shg tdk gampang jatuh, tapi cukup ringan shg bisa didorong -dorong si kecil.

Share This Page