prosedur ganti nama

Discussion in 'Jual beli dan promosi' started by widyaaryanti, 14/11/07.

  1. widyaaryanti

    Message Count:
    167
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    0
    Moms,

    mungkin ini sound silly ya. tapi karena kecerobohanku, nama Anin yang tercantum di akta kelahirannya kelebihan satu huruf. Nama istimewanya jadi kehilangan artinya deh :(

    nah maunya sih diurus secepatnya sebelum Anin sekolah dan punya dokumen2 penting lainnya. kasihan kan, klo dia menyandang nama salah seumur hidupnya :)

    moms, ada yg punya pengalaman mengurus revisi akta kelahiran gak? sepertinya gak semudah bikin ktp ya? bagaimana prosedurnya?

    mohon sarannya, thx.
  2. Bunda_Mytha

    Message Count:
    508
    Likes Received:
    1
    Trophy Points:
    0
    Aduh,..mbak blom bisa bantu banyak nih.

    Sekedar saran aja mungkin mbak wid, coba menghubungi kantor Sudin tempat membuat akte kelahiran tersebut....
  3. mamiandrew Moderator

    Message Count:
    1.415
    Likes Received:
    1
    Trophy Points:
    38
    Ganti nama yang sudah ada di akte kelahiran kalau tidak salah bukannya harus disyahkan oleh pengadilan ya ?

    Mungkin Don@ lain ada yang punya pengalaman ?
  4. shishie

    Message Count:
    563
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    0
    mami..
    maksudnya bukan ganti nama tapi ada kesalahan pada nama anin...dan itu yang mau dibetulin...

    iya kan mbak widya...:senyum
    *terus terang saya juga nggak bisa ngasih solusi nih...*
  5. widyaaryanti

    Message Count:
    167
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    0
    iya bener, maksudnya bukan ganti nama. tapi cuma membetulkan tepatnya menghapus satu huruf saja.
    kemaren sempat tanya2 katanya memang harus ke pengadilan segala ya?

    kebetulan akta lahir anin dibikinnya sesuai dengan tempat lahir anin, jadi beda kota/kab sama domisili ortu Anin. sempat kepikiran, boleh nggak ya, dibuatin akte lahir baru sesuai domisili ortu :p
  6. jeni

    Message Count:
    203
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    0
    Dear Mbak Widya,
    Kalau akte lahir sudah keluar, biar kata cuman hapus satu huruf doank tetap diitung ganti nama. jadi harus ke kantor sipil dulu terus disahkan ke pengadilan.
    Ntar akan keluar namanya surat ganti nama, dan dimasukkan ke dalam kartu keluarga. jadi ntar waktu pendaftaran sekolah selain akte lahir harus dilampirkan surta ganti nama tersebut, demikian juga pada saat pembuatan paspor.
    Akte lahir adanya cuman satu dan dibuat dalam tenggang waktu 60 hari terhitung sejak anak lahir. Bila lkewat masa itu dikenai denda keterlambatan dan harus disahkan melalui pengadilan.

    Kalau mengenai biaya :) kalau memang mau urus sendiri, kudu ke kantor ybs dan nanya sedetil detilnya beserta waktu pengurusan n harus tahan banting. Soale kemaren ada ngurus dokumen untuk si kecil, heehehe, harus tegas n yakin diri.

    Kalau diurus orang laen, yah ke biro pengurusan surat-surat tapi yah, nanya juga pasti pastinya berapa n berapa hari, jangan sampe kecolongan deh.

    Good luck
  7. Dina

    Message Count:
    28
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    0
    waktu anakku lahir aku jg pernah ganti nama karena kebingungan dengan nama anak. tapi mgk karena tenggang waktunya tidak lama setelah kelahiran dan di urus pihak rs tempat saya melahirkan jd tidak tahu jelas prosesnya. Yang saya tahu, jadi akta sebelumnya dibatalkan diganti dengan yang baru jadi spt bikin akta baru aja lagi. begitu bunda anin...
  8. shishie

    Message Count:
    563
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    0
    dear mbak widya...

    setelah baca postingannya dina...saya berfikir bisa nggak ya kalau anin dibikin akte baru saja seakan-akan anin belom punya akte....memang sih nanti dibilang ini telat dan kemungkinan kena sanksi...semacam denda keterlambatan membuat akte....

    mungkin prosedurnya bisa dibandingkan dengan cara ralat akte (ralat/ganti nama) kira-kira mana yang lebih simpel dan praktis...(dari segi waktu, biaya dan tenaga...untuk pengurusanya)

    ini hanya sekedar pemikiran aja lho mbak...karena untuk praktek lapangannya saya juga nggak tau...
  9. Nyoen

    Message Count:
    366
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    0
    Setuju dengan Shi...

    Lebih baik Anin daftar akte baru, seolah-olah belum punya akta lahir. Saya rasa lebih mudah.

    Btw, saya baru punya akta lahir begitu mau masuk SMA kalau tidak salah :p
    Nanti saya tanya kakak saya yang dulu urus akta lahir untuk saya.

    Tapi perlu dipertimbangkan rentetan ke dokumen lain, misal kartu keluarga, asuransi dll. Dulu sewaktu mendaftarkan nama Byan ke kantor Ayahnya guna keikutsertaan asuransi, dokumen sempat dikembalikan oleh HRD katanya suruh diteliti dan difikir masak2 untuk menghindari perubahan nama agar tidak mengalami kesulitan claim seandainya ada perubahan nama meski satu huruf.

    Demikian Ibu Anin, semoga mendapatkan solusi terbaik.
  10. widyaaryanti

    Message Count:
    167
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    0
    dear shieshie,
    memang sempat kepikiran anin dibuatin akte baru, ikut kartu keluarga bapake anin. kebetulan domisilinya beda kota/kab sama akta anin. klo akta dobel gak papa ya?
    klo begitu, bikin kartu keluarga dulu apa urus akta baru ya?

    moms,
    thanks atas saran2nya
  11. shishie

    Message Count:
    563
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    0
    mbak widya...
    saya rasa nggak apa-apa dobel gitu...yang penting pas saat dipake untuk semua urusan satu aja...dan itu selalu..:senyum

    iya, mending bikin KK dulu deh...soalnya anin udah besar ya kecuali dibikin waktu lahir dulu....takutnya diminta sebagai salah satu syaratnya..(buat jaga-jaga).

    semoga berhasil...
  12. mamiandrew Moderator

    Message Count:
    1.415
    Likes Received:
    1
    Trophy Points:
    38
    Yup, setahu saya..... biarpun ganti/hapus satu huruf saja, tetap saja ganti nama ceritanya.
    Kalau tidak salah harus pakai sidang segala di pengadilan, dan kalau anaknya masih dibawah 17 tahun maka bisa diwakili oleh Ibu kandungnya.
    Ga tau peraturan sekarang apa masih sama atau sudah berubah.


    Wah... kalau buat ulang seolah2 belum pernah buat akte apa ga lebih susah ya ?
    Kalau tidak salah bayi yang sudah lahir saja harus segera dibuatkan akte lahirnya sebelum 3 bulan atau berapa bulan saya lupa.
    Trus kalau lewat dari itu apa ada sangsinya atau apa juga lupa lagi :)

    Mungkin bisa dicoba tanyakan dulu ke biro jasa yang biasa mengurus pembuatan akte lahir.

  13. jeni

    Message Count:
    203
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    0
    Dear Mbak Widya,

    Kalau mau buat akte lahir, yang diperlukan.
    1. Surat lahir dari RS bersangkutan
    2. Surat pengantar dari kelurahan
    3. Kartu keluarga
    4. KTP ayah dan ibu

    kemaren, ada teman yang terlambat membayar 2 kali lipat biaya akte lahir biasa ditambah pengesahan dari pengadilan. ( tenggang waktu pembuatan akte lahir 60 hari sejak bayi lahir )

    kalau akte lahir dobel, kembali ke pemikiran masing - masing ya, karena ini bertalian dengan dokumen anak untuk ke depannya. Coba deh konsultasikan dengan biro jasa pembuat dokumen mengenai plus minusnya.
  14. intan

    Message Count:
    199
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    0
    Dear mama Anin,

    Akta kelahiran Anin sebelumnya di catatan sipil kodya atau wilayah? Kalau di kodya semua prosedur sekarang udah lewat proses peradilan, sedangkan untuk wilayah di Jogja lebih mudah ( tidak memakai proses peradilan ) misal di Sleman.

    kalau di sleman, gampang kok, KTP/KK ortu harus Sleman, prosedurnya sama dengan mengurus baru, minta surat rt/rw/kelurahan/kecamatan/ kabupaten, pakai materai, saksi 2 orang, bayar biaya administrasi, akta perkawinan, akte yang lama difotokopi, surat kelahiran, surat keterangan ganti nama..setahu saya kalo ikut prosedur di Sleman mudah kok, tidak dipersulit, lagian masih di Jogja belum seribet di Jakarta...dengan syarat mengikuti prosedur yang ada.

    Tapi kalau wilayah tinggal/ ktpnya kodya agak ribet karena harus lewat pengadilan dan ada biaya peradilan, habisnya bisa kurang lebih 5 jutaan dan prosesnya cukup rumit/ agak lama karena ada proses peradilan.

    Buat yang Dijakarta masuk aja di websitenya Catatan Sipil udah ada panduannya.

    Regards,
  15. widyaaryanti

    Message Count:
    167
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    0
    Dear mbak intan,
    Aku ngaku deh, akta kelahirannya anin memang di catatan sipil kodya yogya. tapi ktp ibu anin sleman dan ktp bapak anin bantul. domisili masih nomaden bantul-sleman pp. jadi anin bingung klo ditanya rumahnya dimana :p

    wah, klo habisnya banyak & waktunya lama gitu koq jadi mikir2 ulang, mau meralat akta yang di kodya.
    bikin baru aja kyk lebih simple ya,...
    thanks sarannya
  16. foncesca

    Message Count:
    1
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    0
    Mbak, so akhir nya mbak ralat akte nya anin atao bikin baru aja? Soalnya saya juga pengen ganti nama anak saya..
    Thanks

Share This Page