Stimulasi agar bisa merangkak

Discussion in 'Makin cerdas' started by mama_kesia, 30/4/07.

  1. mama_kesia

    Message Count:
    422
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    0
    dear doc and moms,

    saya mo nanya nich....gimana menstimulasi anak agar bisa merangkak
    Kesia (7,5 bln) udah bisa tengkurap dan guling2 malahan udah mo duduk, tiap kali tengkurap tangannya udah kuat buat angkat badan tp kog kaki ama pantatnya belom bisa nungging gitu yah...
    dsa-nya prnh bilang klo msh blm merangkak hrs diterapi, emang terapi apa sih doc? dan gmn cara stimulasinya agar mau merangkak?
    mohon sharingnya ya....

    Thanks
    Elena
  2. mamiandrew Moderator

    Message Count:
    1.415
    Likes Received:
    1
    Trophy Points:
    38
    Dear Elena
    Mgkn bisa dicoba pancing pakai mainan yg warna warni & bisa bunyi.
    Karena anak saya Matthew dr 5 bulan jg gitu, begitu dikasih mainan lgs dikejar :senyum
  3. shishie

    Message Count:
    563
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    0
    dear mama kesia..

    coba aja dg meletakkan mainan yg dia senangi didepannya...ntar kan dia berusaha untuk meraihnya...nanti secara nggak sengaja dia akan merangkak dengan sendirinya... saya dulu begitu dg anak ke 2.

    semoga bisa membantu...
  4. Hardiono Pusponegoro Administrator

    Message Count:
    2.649
    Likes Received:
    11
    Trophy Points:
    38
    Location:
    Jakarta
    Ikutan sharing yaaa.

    Raisa juga lagi distimulasi untuk bisa merangkak.

    Caranya adalah dengan meletakkan flash card gambar berwarna warni di hadapan dia kira kira 3 step ke depan untuk dia maju. Alhamdulillah... berhasil dia udah mulai jalan, walau belum dengan menggunakan dengkulnya (ini namanya merayap yah?).

    Dibandingkan benda lain, raisa lebih tertarik dengan flash card, dan jaraknya belum mau lebih jauh dari 3 step. jauh sedikit, dia bisa bikin dia jadi rewel dan gak mau jalan. Tapi kalau agak dekat, dia termotivasi untuk meraih flash cardnya dengan maju secara cepat.

    Oh ya, tidak lupa, ibunya juga jadi cheerleader ''Go.. Raisa... Go... move...move....!! you can do it... it's so close.. go ...get your card....!!!" pokoke rame deh. kadang pake boneka kecil dia yang berbunyi kalau goyang goyangkan untuk memberikan semangat. Kadang ibunya juga sambil mengacung acungkan tangan (gaya merdeka) sambil terus ngoceh :-D
  5. Jobaja3raja Moderator

    Message Count:
    1.314
    Likes Received:
    1
    Trophy Points:
    38
    Location:
    Jakarta
    he he he sama dengan ibu2 yang lain, sy juga memakai "pancingan" dari menaruh mainan didepannya, sampe bantuin "ngangkat" perut n pantatnya he he
    biasanya sy taruh dilantai, yg dilapisin dengan karpet, abis kesian juga dengkulnya

    Biar gemuk....ternyata bisa loh ngangkat pantat n perut u merangkak he he


    mama jo ba ja
  6. handryastuti

    Message Count:
    379
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    0
    Ibu-ibu udah pada pinter nih! istirahat dulu aahhh jadi moderator !! stimulasinya betul, cuma 7,5 bln belum merangkak sih nggak apa-apa belum terlambat dan nggak semua anak melalui fase merangkak.
  7. Hardiono Pusponegoro Administrator

    Message Count:
    2.649
    Likes Received:
    11
    Trophy Points:
    38
    Location:
    Jakarta
    Betuuulll....ponakan saya ga pake merangkak, krn ga mau, jadi dia langsung belajar jalan..
    Hanif 7,5 bln jg baru bisa merayap..:senyum meskipun berdiri n loncat2 dia jago..hehe..
  8. evan_mommy

    Message Count:
    3
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    0
    Saya ikut sharing ya...
    Mama Kesia, taruh saja Kesia di lantai yang agak keras dialasi dengan matras tipis dan taruh mainan kesukaannya di depan Kesia kira-kira sedikit diluar jangkauan tangannya. Pasti dia akan tertarik untuk maju mengambilnya. Dulu kalau Evan, saya taruh buku touch and feel yang ada bunyinya di hadapannya atau kadang dengan boneka anjing yang berjalan, wah dia senang sekali dan berusaha maju mengapainya. Atau kalau ada mainan baru, biasanya anak akan tertarik untuk mengambilnya, perlahan-lahan dia akan merayap maju mengambilnya. Pelan-pekan saja...n aja... Kesia baru 7.5bulan. Memang ada juga bayi yang bisa duduk dulu dan baru mulai merangkak.
  9. mama_kesia

    Message Count:
    422
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    0
    thanks a lot moms atas sharing-nya... ntar aku coba praktekin di rumah....

    selama ini klo merayap sih kesia udah bisa, aku cuma agak takut aja klo perkembangannya terganggu, maklum ibu baru belum pengalaman :senyum

    thanks
    Elena
  10. detta

    Message Count:
    390
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    0
    ngomong-ngomong merangkak.. saya jadi rada kuatir..
    soalnya sampai sekarang anak ku umur 9.5 bulan masih belon mau merangkak..
    dipancing mainan didepan mata mau grap tapi tangannya doang..badan mah tetep aja diem atau berguling-guling..kalo dijauhin dikit senjata pamungkas keluar "nangis"
    pernah saya liat merangkak mundur..tapi tidak sering..
    mau nya ini anak di titah..trus dia nya nendang2 bola.:cool:
    kaki udah menapak kelantai (tidak jinjit)

    saya baca banyak anak yang melewati fase merangkak dan tidak masalah
    tapi pernah saya baca kata doc Hardiono bisa jadiii bermasalah..

    ada sharing dari mom's ?
    Doc..sampai batas toleransi mana perlu diperiksa atau tidak?
    umur berapa maksimal?
  11. Hardiono Pusponegoro Administrator

    Message Count:
    2.649
    Likes Received:
    11
    Trophy Points:
    38
    Location:
    Jakarta
    Terlambat merangkak sudah berdiri titah? Saya kurang suka. Kadang memang ada masalah, bayinya agak hipotonia (wah menjelaskan lagi repot deh), artinya kekenyalan ototnya sedikit kurang. Demikian juga bayi yang ngesot (maju sambil duduk).
    Paling aman tanya dokternya deh.
  12. wind16

    Message Count:
    79
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    0
    anakku rafi 7 bln, sudah guling-guling tapi belum mau merangkak. coba distimulasi seperti saran ibu-ibu diatas udah dicoba. bener kata detta tuh, senjatanya 'nangis' kalau kelamaan rafi gak bisa meraih mainan didepannya.

    Dok, sekarang dia juga kalau duduk dipangku maunya turun dari pangkuan dan maju sambil duduk.

    Jadi stimulasi apalagi yang harus saya lakukan?
  13. christ_ar

    Message Count:
    28
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    0
    efeknya apa dok?
    soalnya anakku dah 1 tahin 1 bulan tapi sampe sekarang gak merangkak
    tapi kalo jalan titah dah cepet banget jalannya

    emang pasti ya kalo gak merangkak itu hypotonia?
  14. detta

    Message Count:
    390
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    0
    Christ daripada dag dig dug.. bawa ke dokter yoni ajah..biar dilihat.

    dulu sih jagoanku pas 1 th ke dokter yoni...untungnya gpp hehhe..
    sekarang udah 18 bln udah jalan.. tenang deh

    malah jalan dulu..belakangan aku perhatiin mau merangkak juga..dia mau merangkak kalo dikasur ternyata..


  15. mamiandrew Moderator

    Message Count:
    1.415
    Likes Received:
    1
    Trophy Points:
    38
    Dear Moms,

    Untuk tambahan informasi tentang merangkak, silahkan baca artikel :
    <url=http://www.anakku.net/index.php?option=com_content&task=view&id=195&Itemid=27>Latihan merangkak di rumah</url>
  16. christ_ar

    Message Count:
    28
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    0

    dr yoni siapa ya?
    praktek di mana?

    eh iya...kalo di kasur mau juga ankku
  17. mamiandrew Moderator

    Message Count:
    1.415
    Likes Received:
    1
    Trophy Points:
    38
    Dear Christ,

    Dr. Yoni itu Dr. Hardiono Pusponegoro. Beliau seorang konsultan saraf anak. Praktek di Klinik Anakku Kelapa Gading. Dan beliau juga yang punya sekaligus mengelola forum ini :)

    Jadwal prakteknya bisa lihat <url=http://www.anakku.net/forum/showthread.php?t=1350&highlight=jadwal+praktek>disini</url>
  18. Jobaja3raja Moderator

    Message Count:
    1.314
    Likes Received:
    1
    Trophy Points:
    38
    Location:
    Jakarta
    tambahan...

    kalau ternyata memang ada masalah (mudah2an ngak ya) di klinik Anakku kelapa gading ada juga terapisnya..jadi silakan konsul :senyum
  19. Mamanya Emir

    Message Count:
    15
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    0
    Dear moms..ikutan sharing yaah..
    Emir bisa ngerangkak waktu 9 bulan, waktu itu dia tertarik sm mainan baru yg bisa bergerak.. sebelumnya cuma bisa ngerangkak posisinya doang..yang kalo pas tangannya maju, badannya ngedeprek ke lantai..tapi umur segini dia dah bisa berdiri sendiri ngangkat badannya senderan dimeja loh.. hal ini terjadi begitu aja.. ga pake disuruh2 segala dan memang emir dah bisa di titah dari umur 6,5 bulan.. posisi kaki menapak dan kuat.. menurut saya sih aneh yaa.. ko bisa kebalik2 gitu.. yg saya biasa baca2 itu umumnya bisa ngerangkak dulu br bisa berdiri kan yah?
    nah pas menginjak umur 9 bulan ini.. semua terjadi bersamaan.. emir tiba2 bisa ngerangkak, dan bangun untuk duduk dr posisi tidur..
    so.. 7 bulan blm bisa ngerangkak jangan khawatir dulu.. trus stimulasi.. ga harus mainan baru.. alat2 rumah tangga macem sendok sayur atau sendok karet bisa jadi benda menarik buat si kecil jd semangat.. jangan lupa dicek dulu keamanannya yaah

    TaMmy-mamanya emir-

Share This Page