sudah boleh pakai odol?

Discussion in 'Gigi kinclong' started by depe, 12/11/07.

  1. depe

    Message Count:
    124
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    0
    don@,

    tanya dong.. anakku udah punya 6 gigi sekarang, 4 seri atas, 2 seri bawah.. umurnya 2 minggu lagi setaun :cool1:

    kadang kalo pagi aku mandiin dan raba giginya kok kayak ada the gee gong a.k.a jigong... hehehehe..

    aku sikat pake sikat karet pigeon ajah.. cuman kok kayaknya belon marem gituh.. kurang bersih..

    boleh nggak ya ditambahin odol bayi itu? sekalian supaya giginya kuwat dan nggak mudah keropos....

    ada rekomendasi odol tertentu kah?

    makasiihhh :rolleyes:
  2. Raisa

    Message Count:
    721
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    0
    Dear Depe,

    Sebenarnya ada odol khusus untuk bayi yang tidak mengandung flouride. Biasa dipake dari umur 3 bulan - 3 tahun. Sayangnya aku ketemu odol ini pas waktu Raisa umur 10 bulan. Jadi dari umur 10 bulan, Raisa baru mulai sikat giginya pake odol.

    Nama odolnya adalah "First Teeth Baby Toothpaste"
    Wiith Milk Enzime and flouride free - Safe to swallow.
  3. depe

    Message Count:
    124
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    0
    kakak raisa, umm... kalo disini belinya dimana ya?

    kayaknya mereknya nggak umum gituh...
  4. tomodachi

    Message Count:
    24
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    0
    Dear Depe,

    Coba pakai odol merk Switzal, ada tulisannya "aman bila tertelan" rasanya juga macam2 ada jeruk dan strawberry.
    Kalau anaknya belum bisa kumur, sikat giginya pakai air matang ya...
  5. Raisa

    Message Count:
    721
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    0
    Depe,

    Coba cari di Guardian. Waktu itu Raisa belinya di Guardian. Mugkin ada di Guardian sana ya.

    Kebetulan aku nyimpen gambarnya nih. Kali aja nemu juga di sana yah.
  6. razan Member Aktif

    Message Count:
    111
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    16
    Seminggu yang lalu Aku bawa razan ke dokter gigi, soalnya ada sisa makanan yang nempel dan sulit dibersihkan. Aku pikir disana akan dibersihkan gak tahunya cuma ditengok doang tuh gigi. katanya belum bolong! padahal saya kesana minta dibersihkan.

    cuma di suruh bersihin pakai kasa atau sikat gigi u/ seusianya. padahal kendalaku Razan susah disikat giginya. aku sedikit kecewa sih. memang seperti itu ya kalau ke dokter gigi...

    Terus aku tanya kalau pakai pasta gigi anak bagaimana dok? kalau belum bisa berkumur lebih baik jangan, karena banyak menelan pasta gigi malah bisa merusak giginya.

    duh kok jadi curhat sih...
  7. mamiandrew Moderator

    Message Count:
    1.415
    Likes Received:
    1
    Trophy Points:
    38
    Eno,

    Razan dibawa ke dokter gigi yang khusus anak2 bukan ?
    Harus dari awal diceritakan masalah yang dialami Razan, trus minta tolong dokternya bersihkan.
  8. Raisa

    Message Count:
    721
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    0
    razan,

    Mungkin maksud si dokter giginya, jangan pake pasta gigi yang mengandung flouride. Makanya pasta gigi khusus bayi dan batita, harusnya tidak mengadung flouride dan aman jika tertelan. Seperti yang tomodachi tulis, kumurnya juga pake air matang.
  9. razan Member Aktif

    Message Count:
    111
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    16
    iya mam, ke dokter gigi anak.
    saya sudah jelaskan kalau razan susah dibersihkan giginya, bahkan ada sisa2 makanan yang kalau disikat dah tidak bisa. saya takut kalau nantinya jadi karang.

    malah disuruh bersihin pakai kasa/sikat gigi, jadi gemes deh wong dalam keadaan tidur aja dia gak mau ( tau aja kalau giginya mau dibersihin).
  10. Euis

    Message Count:
    292
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    0
    bunda Razan.... problem kita sama nih, elmo juga giginya ada sisa makanan yang nggak bia hilang udah nempel kayaknya dan susah disikat giginya, maunya sikat gigi sendiri dan ibunya ikutan sikat gigi juga... padahal kalo dia sikat gigi yang ada sikatnya digigit-gigit doang dan hanya mau di depan kaca...

    di bawa ke dr gigi...boro-boro mo buka mulut tuh mulut rapet banget ditutupnya dan begitu kepala dan dagu dipegang langsung berontak dan melengos...

    kalo tidur dia juga tau kalo giginya mo dibersihin baru kita pegang dagu dan bibirnya dibuka langsung melengos kesamping.....

    sorry jadi curhat juga nggak kasih solusi.... abis saya sendiri bingung mo gimana?

    ada yang punya solusi jitu.....

    euis
  11. depe

    Message Count:
    124
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    0
    Thankks ya.... itu lucu yah, kemasannya ada sikat telunjuknya segala...


  12. jessica

    Message Count:
    230
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    0
    Raisa,,sama tuh odolnya yang dipakai Alicia..Kayaknya di Indo engga ada deh, AKu dapatnya dari teman dari Singapure.
  13. Raisa

    Message Count:
    721
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    0
    Hihihi.... Alicia ternyata pake odol yang sama.
    Pantesan waktu dulu pernah ditanyain, Jessi bilang udah dapet odolnya, tapi gak kasih tau dapetnya dimana. Ternyata... di singapure.....
  14. mama_evan

    Message Count:
    12
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    0
    allo moms

    anakku problem nya sama, sulit sekali kalo disuruh sikat gigi, kalo mo disikatin pasti berontak, gimana ya solusi biar anak saya nggak berontak kalo disikat giginya? please....sarannya

    mama_evan
  15. Raisa

    Message Count:
    721
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    0
    Dear Mama Evan,

    Mengajarkan dan membiasakan anak untuk sikat gigi harus dimulai dari bayi lho.
    Saya membiasakan Raisa sikat gigi dari umur 5 bulan (itu sudah termasuk telat). Alhamdulillah, sampai sekarang gak susah nyikat gigi Raisa tiap abis makan dan minum susu.

    Beberapa waktu lalu, Raisa aku kasih liat majalah anakku (edisi agustus atau september ya) ada gambar anak sikat gigi, Raisa tambah semangat "iiii..iiiii...." ngunjukin giginya, minta disikat.

    Jadi, mungkin bisa dicoba gunakan majalah atau buku yang ada gambar anak anak lagi sikat gigi. Waktu liat gambar itu sambil di kasih tau.. "tuh.. kakak atau mas... sikat gigi..." sekarang Evan juga yaa... mana giginya? sambil ibunya ikutan unjuk gigi deh....

    Selain itu, coba juga kalau pas papa atau mama Evan sikat gigi, tunjukin ke Evan. Ini mama mau sikat gigi, lihat yaa... Mudah-mudahan Evan jadi pengen niru sikat gigi.
  16. mamiandrew Moderator

    Message Count:
    1.415
    Likes Received:
    1
    Trophy Points:
    38
    Salah satu contohnya softbook yang Lulabby itu ya... ada sikat giginya juga :p

  17. mamiandrew Moderator

    Message Count:
    1.415
    Likes Received:
    1
    Trophy Points:
    38
    Buncha,

    Matthew lebih parah lagi, sikat giginya dimasukin ke mulut jadi basah deh sama ilernya, secara lagi giat2nya tumbuh gigi :senyum
  18. yolan

    Message Count:
    492
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    0
    Mama Evan, sama d dengan Michelle. Dia susah banget klo digosokin giginya. Cara satu2 nya yang lumayan ampuh tuh aku biarin aja dia pegang tuh sikat gigi (pake yang pigeon karet itu), lalu dia khan skr masih doyan ngemut2 apa aja tuh. Nah pas dia emut2, sambil ketawa2 ajak dia maen aku juga ikut pegangin tuh sikat sambil aku gosok2 ke gusi dan lidahnya... hehehe. Tampaknya berhasil juga kog.... Michelle senang, mama senang....
  19. Jobaja3raja Moderator

    Message Count:
    1.314
    Likes Received:
    1
    Trophy Points:
    38
    Location:
    Jakarta
    apa boleh buat...kalau si jay saya yang gosokkin giginya...kumurnya sih pakai air mineral...berhubung ada contoh hidup dirumah yaitu kakak2nya, jay bisa gosok gigi rada benar... dan pakai odol yang ada flouridenya...yang gambar princess..:senyum

    cara gosoknya ya...tinggal kita bilang..aaaa...iiiii..., terus kita sikatin deh

    kalau pakai odol....kayanya sejak jay 1 tahun sudah saya berikan, pertama2 si yang merek zwitsal.
  20. Ratu Uswatun Chasanah

    Message Count:
    137
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    0
    Dear para bunda,

    Fara, 14 bulan, sekarang sikat giginya dah aku pakein odol karena giginya dah agak banyakan. Sampe umur 1 tahun kalo sikat gigi belum aku pakein odol. Fara kalo mau disikat giginya tuh seneng banget, tapi pas aku mulai sikat giginya dengan odol, baru juga nempel ke gigi tuh sikat, dia meringis karena ada rasa dari odol itu, pas aku mau lanjutin lagi nyikatnya dia jadi gak mau sikat gigi dan gak aku paksain.

    Gimana ya, apa odolnya gak usah dipake dulu daripada giginya gak disikat sama sekali atau ? :confused:
  21. Raisa

    Message Count:
    721
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    0
    Dear Ratu,

    Coba odolnya diganti atau pake odolnya sedikit ajah. Kalau masih gak mau juga, ya terpaksa deh jangan pake odol dulu, daripada gak sikat gigi sama sekali.
  22. Racheline

    Message Count:
    37
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    0
    Rachel waktu umur 1 th dikasih fluor dalam bentuk tablet kecil, dikunyah-kunyah gitu, katanya seh buat jaga giginya.
    sehari satu tablet, sebelum tidur.
    setelah yang dari dokter abis, aku beli sendiri di drug store dengan merk yang sama.
    kata temen yang dokter gigi, ini fluor fungsinya buat jaga gigi agar tetep putih, mengingat Rachel susah sekali sikat gigi, musti pake smack down dulu........ehehehhe....
    sebenernya boleh nggak sih aku kasih fluor terus?
  23. mamiandrew Moderator

    Message Count:
    1.415
    Likes Received:
    1
    Trophy Points:
    38
    Dear Racheline,

    Saya kurang ngerti gimana cara kerja fluor yang dimaksud, tapi menurut saya lebih baik anaknya diajarkan sikat gigi sejak dini.
    Dan jadikan kegiatan sikat gigi selalu menyenangkan buat anak, ajarkan perlahan jangan dipaksa takutnya malah trauma.

    Untuk informasi tambahan silahkan baca artikel yang sudah ada di web :
    <url=http://www.anakku.net/index.php?option=com_content&task=view&id=36&Itemid=72>Merawat gigi susu</url>
    <url=http://www.anakku.net/index.php?option=com_content&task=view&id=278&Itemid=72>Kapan waktu tepat menyikat gigi ?</url>

    Kalau tidak salah di majalah anakku edisi lalu (lupa bulan apa) sudah pernah dibahas detil tentang tumbuh gigi dan sikat gigi pada anak.
  24. Racheline

    Message Count:
    37
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    0
    @mamiandrew,
    Rachel udah diajarin sikat gigi sejak umur setaun, pake sikat karet punya pigeon itu lho.
    kami biasakan dia sikat gigi setiap abis makan n sebelom bobo'.
    so, Rachel tetep sikat gigi rutin.
    thanks ya buat sarannya....:keren
  25. veron0805

    Message Count:
    332
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    0
    Dear moms,
    anak saya 4.5 bln, tp blm tumbuh gigi.. Jadi sekarang ini cuma membersihkan lidah aja pake kain handuk tipis sehari sekali.
    Jd utk perkenalan menggosok gigi sedini mungkin tuh, setelah dia punya gigi pertama kan? Jadi kalo baru tumbuh giginya 7 bulan, langsung pas ada gigi itu aja ya disikat?
    Maaf ya kalo pertanyaannya rada2 oon ... maklum ibu baru hehehehe...
    Makasih yaaa...

    -maminya kevin-
  26. bunda_AcaAya

    Message Count:
    361
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    0
    Dear Moms and Doc
    Baru baca2 postingan ini, dan aku masih bingung nih...
    Jadi kalo anak2 boleh sikat gigi dengan odol asal yang tidak mengandung floride. Masalahnya kadang ada odol yg tidak mencantumkan kandungan pasta giginya, hanya menulis "aman bila tertelan".
    Nah, ini ada pasta gigi merk Z*****L yang mencantumkan bahwa mengandung sodium monofluorophosphate 0.76% dan tertulis juga aman bila tertelan.
    Apakah yang dimaksud dengan sodium monofluorophosphate 0.76% , dan apakah itu memang aman buat anak kita (bila tertelan)?
    Mohon pencerahannya.........

    :confused:
    Makasih sebelumnya....
    Yuyunt
  27. mamiandrew Moderator

    Message Count:
    1.415
    Likes Received:
    1
    Trophy Points:
    38
    Bunda AcaAya,

    Setahu saya, untuk pasta gigi anak2 disini yang ada tulisan aman bila tertelan ya cuma Z*****L, tapi kalau masih ragu dan mau lebih aman boleh beli pasta gigi first teeth.
    Gambarnya sudah diposting Raisa di page 1, di Quardian Indo ga ada. Biasanya di KL ada, tapi terakhir ini di KL barangnya juga lagi kosong, adanya di Spore.

  28. mamiandrew Moderator

    Message Count:
    1.415
    Likes Received:
    1
    Trophy Points:
    38
    Veron, sudah baca link artikel yang saya posting diatas ?

  29. veron0805

    Message Count:
    332
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    0
    Mamiandrew.
    Iya sdh baca.. Thanks.
    Tapi sampe 7 bulan Kevin blm tumbuh gigi, jadi masih dibersihin lidahnya aja...
  30. tan tjie shiu

    Message Count:
    17
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    0
    Dear Dokter
    Mau tanya : anak saya laki usia 20bulan
    giginya sudah banyak gigi taring atas dan geraham bawah sudah tumbuh
    terus kalau sikat gigi malem tapi tidak pakai odol
    karena saya bingung odol yang buat anak batita yang bagus itu yang apa?
    terus khan kalau gosok gigi sering sikatnya diemut
    Tolong saya dibantu odol apa ya...
    terima kasih
    madif-thanks
  31. mamiandrew Moderator

    Message Count:
    1.415
    Likes Received:
    1
    Trophy Points:
    38
    Dear Tan Tjie Shiu,

    Silahkan baca diskusinya dari page 1, sudah ada sharing Ibu2 forum tentang odol buat anak2.

    Yang perlu diingat kalau anaknya belum bisa berkumur harus kumur pakai air mateng.

Share This Page