Suka menjulurkan lidah

Discussion in 'Mitos, kontroversi, alternatif' started by ibu_zaidan, 5/6/07.

  1. ibu_zaidan

    Message Count:
    83
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    0
    dear moms and docs,

    baru dengar tadi pagi, dari pengasuh anakku. katanya anakku mungkin "kecengklak" alias keseleo di suatu tempat di badannya, entah di mana. tandanya? anaknya suka menjulur-julurkan lidah alias melet-melet. padahal anaknya sih menurutku baik-baik saja, malah melet-meletnya sambil senyam-senyum kok.

    tapi, daripada berdebat ya udah, kusuruh aja bawa ke dukun pijat bayi. nggak tau nih, ntar pulang kerja mau lihat, setelah dipijat anaknya masih melet-melet nggak.

    bagaimana bisa menjulurkan lidah dijadikan patokan anaknya keseleo atau tidak? jadi menurut saya sih ini mitos aja.

    atau memang ada penjelasan medis soal kaitan antara menjulurkan lidah dan keseleo ini?

    cheers,
    ibunya zaidan
  2. mama_kesia

    Message Count:
    422
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    0
    bunda zaidan, aku baru denger tuh ada mitos spt itu.....
    wah jadi takut jg nih soalnya udah bbrp minggu ini kesia jg sering menjulurkan lidah (melet) gitu, kalo pas ketauan aku senggol2 pipinya baru deh lidahnya dimasukin lagi.
    kupikir emang lagi waktunya suka mainan lidah gitu :senyum
    sorry malah ikutan sharing...
  3. Hardiono Pusponegoro Administrator

    Message Count:
    2.649
    Likes Received:
    11
    Trophy Points:
    38
    Location:
    Jakarta
    Sama tuh Raisa sama Kesia.
    Kalau aku inget2 sekitar bulan lalu tuh, dia sering melet2.
    Tapi sekarang dah ganti jadi ngeluarin bunyi "tak tak tak" (mainin lidahnya ke atas langit2 mulut).
    mudah2an mitos aja dan betul kata elene, mudah2 emang pas lagi waktunya mainin lidah, karena dia aware "eh.. aku punya lidah yang bisa dijulurkan".
  4. ibu_zaidan

    Message Count:
    83
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    0
    saya aja sebenernya pengen ketawa pas dengar ini dari pengasuh anakku, tapi ditahan, untuk menjaga perasaannya. sekarang aja ketawanya ... huahahaha
    kalau menurut saya ya, emang sedang masanya pengen njulurin lidah, seperti kata mama Raisa. makanya ntar sore mau dilihat masih melet apa nggak. kalau masih melet berarti masih keseleo, dong? :confused:

    cheers,
    ibunya zaidan
  5. Hardiono Pusponegoro Administrator

    Message Count:
    2.649
    Likes Received:
    11
    Trophy Points:
    38
    Location:
    Jakarta
    Yah... berati masih percaya juga?
    Mari kita tanya Galileo (dokter dan ibu2 lain).

    Hayoo dokter, ibu ibu, bapak bapak, pendapatnya gimana nih, mitos atau betulan kalau melet = keseleo?
  6. ibu_zaidan

    Message Count:
    83
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    0
    hehehehe, bukannya masih percaya...

    kalo masih melet ya, pastinya karena dia pengennya begitu.... tapi, musti bilang sama pengasuhnya gimana? apa musti begini, "wah, masih melet juga, nih. berarti masih keseleo, dukun bayinya kurang mahir, musti dipijat sama siapa lagi?"

    aah, daripada berandai-andai mending besok saja saya laporkan ke forum ini, anaknya masih melet apa nggak.

    kalo meletnya udah berenti, ibu-ibu (termasuk saya sendiri) mau percaya nggak kalo memang dia melet karena keseleo dan dukunnya berhasil menyembuhkannya? hayoo :p

    cheers,
    ibunya zaidan
  7. mama_kesia

    Message Count:
    422
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    0
    ibu zaidan, aku jadi penasaran nih nungguin laporan besok...bener ga sih? :confused:
  8. Hardiono Pusponegoro Administrator

    Message Count:
    2.649
    Likes Received:
    11
    Trophy Points:
    38
    Location:
    Jakarta
    Kalau menjulurkan lidah cuma main2 ya tidak keseleo.
    sebab lain ada sariawan (lidah terjulur, ngiler banyak, tak mau makan) atau ada gangguan lain di lidah.

    Semua bayi menjulurkan lidah. Tapi umur 7 bulan sudah tidak menjulurkan lidah kalau makan atau menelan. Kalau sudah berumur 7 bulan masih makan dan menelan sambil menjulurkan lidah, termasuk suatu gangguan. Namaya Orofacial Myofunctional Disorder. Keren ya (namanya yg keren...).
  9. Hardiono Pusponegoro Administrator

    Message Count:
    2.649
    Likes Received:
    11
    Trophy Points:
    38
    Location:
    Jakarta
    Hayooo kita cek sama sama.
    Anaknya masih terus terusan menjulurkan lidah gak?
    mudah2an bukan gangguan dengan nama keren itu (susah akh nulisnya).

    Besok kita pada laporan yak.
  10. mama_kesia

    Message Count:
    422
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    0
    thanks doc...
    jadi klo bayi dalam keadaan biasa (bukan waktu makan) suka menjulurkan lidah berarti ga papa kan
    lega deh...kirain beneran keseleo :senyum
  11. irene

    Message Count:
    223
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    0
    Wah ibunya Zaidan.. saya juga baru denger nih kalo melet2 gitu keseleo..
    he...he...he...he...
    Dulu Nathan (6,5 bln) juga suka melet2 waktu umur 3 bulanan dech...
    tapi dulu kata pengasuhnya gara2 mamanya ini yang suka ngajakakin melet2..
    Memang sih saya kadang suka melet2in lidah supaya dia nurutin biar kalo lidahnya udah rada melet jadi gampang bersihin lidahnya pake kain kasa..
    Tapi kayaknya jadi keterusan dech... dan dia jadi sering melet2..
    Cuma sejak 5 bulan sih udah berhenti sendiri...sekarang malah hobbynya berubah suka ngecap2in mulut kayak orang makan gitu...
    so aku rasa sih kalo melet2 lidah karena keseleo mah mitos aja...
    Just sharing

    Regards,
    Irene - Mama Nathan
  12. ibu_zaidan

    Message Count:
    83
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    0
    moms and docs,

    jadi karena penasaran, kemarin dateng2 ke rumah langsung saya tanya pengasuh anakku, begini kira-kira percakapannya:

    saya: gimana mak (singkatan dari emak, panggilan pengasuh anakku), zaidan udah dipijat? udah sembuh? masih melet2 nggak?
    emak: orang kata nyak mumun (nama dukun pijat bayi) zaidan nggak pa-pa, emang anaknya suka melet2 aja
    saya: lha, terus, emak dari mana bisa bilang dia keseleo?
    emak: orang kemarin banyak yang bilang, di jalan, di warung, ibu-ibu semua pada mbilangin suruh mijat bayinya, karena anaknya melet2, mungkin keseleo
    saya: ooo, gitu. yaudah gak papa
    zaidan: :p
    saya+emak: :senyum :senyum

    jadi.... terbukti, itu cuma mitos

    CASE CLOSED :p

    cheers,
    ibunya zaidan
  13. Hardiono Pusponegoro Administrator

    Message Count:
    2.649
    Likes Received:
    11
    Trophy Points:
    38
    Location:
    Jakarta
    :senyum
    Oke, saya juga mau laporan kalau Raisa emang dah gak suka melet2 lagi juga.
    Untung2, karena takut juga tuh sama yang dibilang Dr. Hardiono.

    btw itu foto Zaidan lagi melet yah? tapi mukanya ceria gitu.
    Jadi emang mitos tuh............
  14. Hardiono Pusponegoro Administrator

    Message Count:
    2.649
    Likes Received:
    11
    Trophy Points:
    38
    Location:
    Jakarta
    wah bc cerita dari mama2 jadi pengen ikutan nih

    olivia dari umur 3 bln sampe sekarang (sekarang umurnya 6 bln) suka mengeluarkan lidahnya (melet-melet), tadinya sempet khawatir. Karena sebelumnya saya percaya olivia melet2 karena waktu hamil olive saya suka nonton acara TV yang menayangkan tentang ular. Tapi begitu bc informsi dari dokter dan info dari mama2 jadi tenang nih. Tapi ada anak temen sampai umur 1 tahun masih mengeluarkan lidahnya (melet-melet) itu bagaimana dok?


    _________________
    :chatterbox:Mama Olive
  15. Jobaja3raja Moderator

    Message Count:
    1.314
    Likes Received:
    1
    Trophy Points:
    38
    Location:
    Jakarta
    waduuuh bunda-bunda yang cantik, sudah pasti menjulurkan lidah dengan keseleo tidak ada hubungannya.

    FYI / asal tahu...kalau bayi kecengklek atau keseleo, itu boro-boro senyum-senyum sambil melet2 lidah, yang pertama kelihatan adalah :

    1. bayi itu menangis sepanjang hari, ngak melengking seperti rocker, tapi ngak berhenti deh
    2. telapak kaki menghangat.
    3. tidak mau makan, tidak mau mimi susu
    4. tidak mau digendong atau dipegang, terutama bagian yang keseleo
    5. terkadang timbul demam.

    nah kalau sudah begitu apa sempet si bayi menjulurkan lidah he he he memang kalau kita diamkan, beberapa hari kondisi bayi akan membaik sendirinya, tapi kalau sudah begitu, tidak ada salahnya diurut.
  16. l3l1

    Message Count:
    203
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    0
    Dulu anak saya kenneth suka meletin lidah lebih karena ada yg nggak enak di gusi, abis itu tumbuh gigi deh....
  17. mamiandrew Moderator

    Message Count:
    1.415
    Likes Received:
    1
    Trophy Points:
    38
    Dear Dr. Yoni,

    Matthew (9 bulan 19 hari, 8,8 kg) sudah sebulanan ini saya perhatikan sering menjulurkan lidahnya, malah kadang lidahnya ditekuk2 juga.

    Apakah ini pengaruh dari mau tumbuh gigi ?
    Karena saya lihat di gusi bagian bawahnya sudah ada putih2 (mau tumbuh gigi)
    Waktu makan sih tidak sambil menjulurkan lidah, normal ga dok ?

    Terimakasih :notworthy:

  18. Hardiono Pusponegoro Administrator

    Message Count:
    2.649
    Likes Received:
    11
    Trophy Points:
    38
    Location:
    Jakarta
    Dear Mami,

    Kalau gak salah waktu Raisa umur 9 bulan atau 10 bulan, pernah tuh melet aja... ada kali 3 minggu lebih. Baju sampai basah, ampe perlu aku kasih bip yang buat makan biar bajunya gak basah.

    Setelah itu, jreng jreng... launching deh gigi barunya. Jadi, buat Mattew yang lagi hobi melet, tenang aja... gak ada yang perlu dikhawatirkan. Kasih teether aja biar gusinya enakan.
  19. Hardiono Pusponegoro Administrator

    Message Count:
    2.649
    Likes Received:
    11
    Trophy Points:
    38
    Location:
    Jakarta
    Tenang...tenang... kalau menjulurkan lidah tidak menetap ya tidak apa2.
  20. mamiandrew Moderator

    Message Count:
    1.415
    Likes Received:
    1
    Trophy Points:
    38
    Raisa, kalau Matthew tidak mau dikasih "tatakan iler" pasti ditarik2 daripada lehernya sakit jadi terpaksa deh harus sering2 lap atau ganti bajunya :senyum

    Yup... mudah2an ini karena Matthew mau tumbuh gigi :green:

  21. Hardiono Pusponegoro Administrator

    Message Count:
    2.649
    Likes Received:
    11
    Trophy Points:
    38
    Location:
    Jakarta
  22. ummu rauhul

    Message Count:
    141
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    0
  23. Hardiono Pusponegoro Administrator

    Message Count:
    2.649
    Likes Received:
    11
    Trophy Points:
    38
    Location:
    Jakarta

Share This Page