(tanya) datang bulan/haid dua kali dalam sebulan

Discussion in 'Masalah ibu, ayah dan keluarga' started by rahma mulyani, 21/1/08.

  1. rahma mulyani

    Message Count:
    9
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    0
    Dear dr n moms
    Saya seorang Ibu berusia 28thn dgn satu putri.
    Pada bulan ini saya datang bulan/haid 2 kali, padahal sebelumnya siklus haid saya selalu teratur.
    untuk bulan ini saya haid tgl 1 Januari, trus hari ini saya haid lagi (tgl 20 Januari)
    yang ingin saya tanyakan apakah ini pengaruh dari senam nifas yang saya lakukan, krn sdh 3hari belakangan ini setiap sore sy melakukan senam nifas dan apakah pengaruh diet yg berlebihan jg mempengaruhi?
    mohon pencerahan dari dokter atau moms yang mungkin pernah mengalami masalah yang sama dengan yang saya alami karna terus terang aja ini pertama kalinya buat saya dan saya sangat kuatir dgn pengaruh yang diakibatkan nantinya?

    Thank's a lot....

    Rgds, Rahma
  2. intan

    Message Count:
    199
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    0
    Dear Rahma,

    Ga usah terlalu khawatir deh, mungkin menstruasi Rahma menjadi kurang teratur karena pengaruh hormon, kecapekan, stress/ banyak pikiran, pemakaian alat kontrasepsi, atau ada perubahan siklus menjadi 20 hari dari yang rentang sebelumnya 30 hari, pada wanita setelah melahirkan juga menstruasi menjadi tidak teratur kok.

    Yang perlu diwaspadai adalah jika Rahma mengalami keputihan yang berwarna/berbau, sering nyeri, sakit saat berhubungan, sering berdarah saat berhubungan dll..kalo cuman siklusnya maju..so far masih normal kok..

    Regards,
  3. rahma mulyani

    Message Count:
    9
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    0
    Dear Intan,
    Terimakasih banyak atas tanggapan dan infonya..
    iya, tadinya khawatir banget dgn masalah ini... kalo mengalami keputihan yang berwarna/berbau, sering nyeri, sakit saat berhubungan, sering berdarah saat berhubungan tidak ku alami dan mudah-mudahan jangan sampe terjadi deh...
    Makasih skali lagi ya.. Salam buat si kecil, Anes

    Rahma
  4. yolan

    Message Count:
    492
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    0
    Iya lho moms,
    Setelah melahirkan kayaknya siklus mens masih belum normal. Mulai mens aja setelah si kecil 6 bulan lebih, udah gitu ada kelewat bulan yang gak mens juga (sempet dag dig dug apa hamil lagi nih..hehehe).
    Berarti asal gak ada keluhan2 lain gpp kali ya.
    Trus yang Intan bilang tentang sakit saat berhubungan atau sampai ada berdarah, itu sebenernya karena apa yach ? Apa ada docs n moms yang bisa bantu ?

    Thanks
  5. madif

    Message Count:
    676
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    0
    Senam nifas? apakah bunda sedang dalam masa nifas?
  6. intan

    Message Count:
    199
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    0
    Dear Yolan,

    Sakit seperti yang yolan tanyakan yang wajar sih karena kurang lubrifikasi ( bener ga ya nulisnya ) tapi kalo ada gejala lain seperti keputihan yang berbau tidak sedap, mens lebih dari sekali sebulan, sering nyeri, kram perut dll mungkin ada penyakit lain atau merupakan gejala umum dari adanya sakit seperti infeksi bakteri, infeksi kandung kemih, kanker leher rahim dll tapi cuma dokter yang bisa mendiagnosis bisa juga lewat papsmear..mungkin di WOMEN GATHERING nanti akan dibahas lebih jelas sama ahlinya dan bisa tanya macem2..

    Regards,
  7. rahma mulyani

    Message Count:
    9
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    0
    Dear dr.Adi,
    Saya saat ini tidak sedang dalam masa nifas...Melahirkan anak pertama tanggal 21 Mei 2006.
    Saya cuma berolahraga dengan melakukan senam nifas dari vcd(hadiah dari produk susu menyusui). Bahaya ya dok kalo kita tidak sedang dalam masa nifas tp melakukan senam nifas?
    Mengenai haid saya yang dua kali dalam sebulan, tadi sore saya ke dokter atas desakan suami saya, suami saya takut jikalau terjadi apa-apa. Menurut dokter kandungan tadi haid dua kali dalam sebulan bisa jadi itu keguguran karena memang pernah 2bulan yang lalu haid saya(26Nov) terlambat datang, dan haid tgl 1Jan memang yang keluar cuma sedikit dan yang 20Jan kemarin lumayan banyak. Dokter td melakukan USG dan di rahim saya ada ruang yg menurutnya cukup besar, dokter menganjurkan dikuret, saya belum mengiyakan karena saya masih mikir-mikir dan butuh saran dari dokter dan moms di forum..hehehehe. Saya ingin tanyakan apakah kuret memang harus dilakukan dok... saya sangat butuh masukan dokter dan moms.
    Thanks a lot...


    Regards,

    Rahma
  8. madif

    Message Count:
    676
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    0
    dear rahma, tidak apa-apa kok. saya menanyakan masa nifas, karena jika ya, maka masih ada kemungkinan sisa dari plasenta yg tertinggal.
    Boleh jadi, darah yang dikira mens itu adalah perdarahan dari rahim, yang tentu saja hal ini tdk normal. dan harus ditelaah lebih lanjut, misal dgn usg (dan sudah dilakukan kan?). Atau boleh jadi, merupakan bagian dari abortus (keguguran), bila ada data terlambat haid sebelumnya.

    Mengenai masalah kuret, bunda dapat membacanya di artikel Majalah Anakku, kebetulan, pernah dibahas. Silahkan diikuti <url=http://www.anakku.net/index.php?option=com_content&task=view&id=369&Itemid=55>Pranala Ini</url>
  9. rahma mulyani

    Message Count:
    9
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    0
    Dear dr.Adi n Moms,
    Saya hanya ingin sharing disini tentang keluhan haid saya. Setelah mendapat informasi dari pranala yang dokter berikan dan saran dari teman-teman, saya akhirnya memutuskan untuk mencari second opinion dari dokter kandungan yang lain. Kemarin saya konsultasi dan dokter kandungan tsb melakukan USG transvaginal dan diperoleh hasil ternyata tidak ada yang perlu dikuret...lega dan syukur :) Saya memang agak ragu-ragu dengan keputusan dokter yang pertama karena dia cuma melakukan USG yang di perut saja(istilah kedokteran'nya apa ya) dan menurut saya yang orang awam tidak akurat hasilnya.
    Ada baiknya memang kita harus mencari second opinion jika kita merasa masih bingung dan khawatir.
    Terima Kasih saran dr.Adi n Anes's Mom n Bunda Yolan
    :madif


    Regards,

    Rahma

Share This Page