Tidak hamil & belum pernah punya anak tapi ASI keluar

Discussion in 'Ibu hamil dan menyusui' started by Fansa, 3/7/08.

  1. Fansa

    Message Count:
    22
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    0
    Lima hari yang lalu saya dan suami sangat dikejutkan oleh ASI yang tiba2 keluar. Kejadian ini siang, sementara paginya saya baru tes kehamilan dengan hasil negatif. Saya bener2 kaget, koq bisa?? Sampai sekarang sudah 5 hari berlalu tapi ASI-nya masih terus keluar banyak, bahkan kemarin waktu lagi iseng coba peras keluarnya kenceng banget muncrat seperti selang yang ditutup ujungnya.

    Berikut kondisi tubuh saya sampai dengan saat ini:
    - Kondisi PD saya biasa saja, tidak membesar, tidak keras, dan juga tidak sakit seperti yang biasa ibu2 menyusui alami.
    - Warna ASI-nya kadang hanya berupa air yang keruh, tapi seringnya putih susu.
    - Karena ragu ini ASI betulan atau bukan saya coba icip dan rasanya memang persis seperti susu, gurih dan manis.
    - Saya pernah keguguran 2x dengan usia kandungan dibawah 3 bulan tapi sampai sekarang belum pernah punya anak.
    - Baru2 ini, sekitar sebulanan saya mulai beralih mengkonsumsi makanan organik. Saya khawatir ini ada hubungannya dengan perubahan pola makan jadi saya sekarang berhenti dulu konsumsi organik.
    - Seperti yang dulu pernah saya jelaskan <URL="http://www.forum.anakku.net/showthread.php?t=3292">disini</URL> saya sangat tidak suka makan sayur, makanya kejadian ini semakin membuat shock (walau jujur aja saya sempat berjam-jam menangis bahagia karena takjub tubuh saya bisa mengeluarkan ASI, tapi sekarang yang ada tinggal perasaan was2 dan takut ada yang tidak beres di dalam tubuh saya)

    Pertanyaan saya:
    - Sebenarnya faktor2 apa saja--internal dan eksternal--yang menyebabkan seorang perempuan dapat mengeluarkan ASI?
    - Apa yang harus saya lakukan untuk menghentikan ASI ini supaya tidak keluar terus?

    Terima kasih sebelumnya atas bantuan Mums dan Docs semuanya :)
  2. veron0805

    Message Count:
    332
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    0
  3. wind16

    Message Count:
    79
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    0
    Subhanallah...

    Saya baru mendengar berita yang seperti ini.

    Yang saya tahu, menurut teori, ASI dihasilkan pada ibu yang sedang hamil dan menyusui. Belum pernah dengar asi keluar untuk orang yang tidak hamil dan tidak menyusui.

    tapi kalau boleh tahu kegugurannya sudah lama atau belum?

    apa mungkin juga proses pembentukan asi terjadi karena sisa-sisa proses kehamilan yang sempat terjadi (walau akhirnya gagal).

    Tapi, untuk lebih pasti dan aman lebih baik fansa konsul ke obsgyn aja. Karena walaupun ASI itu baik bagi ibu yang hamil dan menyusui, bisa jadi tidak baik untuk ibu yang tidak hamil dan tidak menyusui...

    tumpukan asi yang tidak terpakai bisa mengendap dan menjadi menyumbat saluran asi. dikhawatirkan jadi hal-yang tidak diinginkan.

    Fansa... lebih baik segera periksa, semoga tidak apa-apa... dan semoga cepat diberikan momongan.

    semoga berkenan...
  4. Fansa

    Message Count:
    22
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    0
    <B>@veron0805</B>
    Wah2..mbak Veron, makasih buanget ya infonya. Sejak dapet info dari mbak, saya dari kemarin jadi sibuk sendiri browsing seputar induced lactation dari links yang mbak kasih disini dan di thread sebelah. Alhamdulillah sekarang jadi ngga terlalu khawatir lagi tentang keadaan saya ini karena ternyata ibu2 lain juga mengalaminya.

    Untuk sementara saya akan berusaha menghentikan produksi ASI ini karena toh memang tidak ada baby dan kami tidak (atau belum) ada niat untuk adopsi. Setelah baca2 di forum ini banyak yang bilang supply ASI itu akan terus meningkat kalau PD biasa dihisap anak/diperas, sementara kalau didiamkan saja ASI lama2 akan stop berproduksi, jadi saya memutuskan untuk tidak lagi menstimulasi PD supaya ASI-nya berhenti keluar. Konsumsi organiknya juga saya hentikan untuk beberapa waktu dengan harapan bisa mempercepat penghentian keluarnya ASI ini.

    Btw, sampai hari ini saya udah 2x tes pake Sensitif dan hasilnya masih negatif. Saya dan suami sempet deg2an juga sih ngirain ini pertanda hamil (betapa saya sudah lama sangat999x mengharapkan bisa hamil, huhuuu.. :20: << sori curhat colongan, hehe.. :p) tapi sepertinya memang belum hamil. Ngga apa2..mungkin belum rezeki :eek:
    <B>
    @wind16
    </B>Saya keguguran yang pertama tahun 2005, yang kedua baru2 ini, tepatnya Maret 2008. Iya saya juga sempat berpikiran yang sama dengan mbak Wind dan mbak Veron, mungkinkah ini sisa proses kehamilan yang terakhir? Bisa jadi..dan juga saya rasa karena tanpa sengaja saya mengkonsumsi makanan yang mengandung hormon perangsang ASI dari makanan organik yang saya konsumsi sebulan terakhir ini.

    Untuk sementara saya akan lihat dan tunggu sampai sekitar sebulan, stop konsumsi organik + stop memeras PD, kalau setelah sebulan masih keluar juga baru saya akan ke obgyn.

    Makasih banyak atas saran dan perhatiannya ya mums.. :gembira:
  5. poppheo

    Message Count:
    1
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    0
    Wah saya lagi bingung.. Kebetulan saya belum menikah dan tidak sedang hamil.. Kmrn saya masi period.. Trus pas mw ganti.. Shabis mandi.. Kok pd saya keluar asi? sy kaget dan ketakutan.. Memang kebetulan sy dlm prog pembesaran pd.. Menggunakan pil dan cream.. Tp ap karena itu sy keluar asi.. Tolong y teman2 share.. Sy sungguh bingung.. Thx b4

Share This Page