Tidur di Lantai bikin Paru2 Basah?

Discussion in 'Makin cerdas' started by irene, 20/6/07.

  1. irene

    Message Count:
    223
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    0
    Dear all,
    Saya lagi bingung nih... anak saya Nathan sejak umur 2 bulan tidurnya selalu di kasur yang ditaruh di lantai, tidak pakai ranjang karena kata ibu mertua saya lebih aman kalo kasurnya taruh di lantai jadi kalo udah mulai pintar guling guling kalo jatuh ndak parah2 banget...
    Tapi... kok denger2 katanya tidur dengan kasur yang bersentuhan langsung dengan lantai gitu bisa bikin paru2 basah.. bener ndak sih? memang efeknya ndak langsung keliatan tapi nanti kalo anaknya sudah besar... duh jadi takut :(
    Lalu ajak bayi jalan2 pagi hari jam 6an gitu juga bisa mengakibatkan paru2 basah ya? karena udara pagi masih mengandung embun basah... Bener ndak ya? karena kan saya berangkan kerja pagi2 jam 6an, sedangkan Nathan jam 5.30 sudah bangun jadi sebelum pergi suka bawa Nathan jalan2 depan rumah
    Tolong advisenya ya....
    Makasih.....
  2. mama_kesia

    Message Count:
    422
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    0
    Irene,

    coba dibawah kasur dialasi pakai karpet yg agak tebal (ato pake play mate yg dari karet bergambar), jadi bisa mengurangi dingin.

    Skrg aja klo kesia main2 dilantai selalu aku kasih alas karpet, matras yg buat kasur, terus perlak biar ga terlalu dingin..jd tebal gitu

    Lebih baik ajak bayi jalan2 keluar kalo kabut/embunnya udah hilang, kan bayi tuh organ tubuhnya belum sempurna sekali

    sorry kalo ga membantu....
  3. irene

    Message Count:
    223
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    0
    Makasih ya Mama Kesia
    Nanti malam saya akan alasi kasurnya dengan tikar dulu dech...(belum punya karpet yang agak tebal)...
    Nathan juga kalo main di lantai cuma pakai kasur sih... cuma kalo siang saya pikir ndak apa2 lah kan udara tidak terlalu dingin
    Di sekitar rumah sih ndak berkabut... cuma kalo masalah embun sih papanya yang bilang... hiks...hiks..hiks... jadi skrg saya udah jarang bawa Nathan keluar rumah pagi2 sebelum berangkat kantor... padahal dia seneng jg kalo liat2 burung2 jalanan gitu pagi2....
    Kalo boleh nanya lagi nih... jam berapa ya baiknya bayi udah boleh diajak kena udara luar?
    Thanks ya
  4. ummu rauhul

    Message Count:
    141
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    0
  5. shishie

    Message Count:
    563
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    0
    saya setuju tuh dengan omongannya ummu rauhul...

    kalo udara pagi lagi bagus...nggak masalah bayi dibawa jalan...pengecualian misalnya udara dingin karena mau/habis hujan atau memang pagi-pagi udah ada polusi.

    saya sekeluarga aja sering jalan pagi....boleh dibilang hampir tiap hari...dan anak-anak seneng sekali....:jiggy: awal keluar rumah sih mereka masih ngantuk eh..nyampe diluar rumah langsung seger....:laugh:
  6. Jobaja3raja Moderator

    Message Count:
    1.314
    Likes Received:
    1
    Trophy Points:
    38
    Location:
    Jakarta
    lantai rumah yang langsung berhubungan dengan tanah... memang tidak dianjurkan untuk jadi alas tidur, karena uap air yang naik itu tidak bagus, juga untuk pertumbuhan tulang2nya, kan dingin juga.....tapi bukan itu penyebab pneumonia

    benar kata ummu, penyebabnya beraneka ragam, tapi jarang.... deh terjadi oleh anak bayi hanya karena tidur dilantai atau jalan pagi, lagi pula anak irene masih tidur diatas kasur bukan langsung kelantai.

    jalan pagi itu bagus buat anak, malah embun pagi itu masih bersih dan bagus, kalau masih pagi (matahari belum bangun), anak bisa dipakaikan sepatu dan celana panjang, supaya kakinya tidak basah dahulu, kalau sudah matahari keluar dan cuaca mulai menghangat, boleh di kasih, berkaki telanjang jalan2 /merangkak/duduk dirumput, bagus kok tapi sebentar saja ya, terus dimandikan
  7. irene

    Message Count:
    223
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    0
    Makasih ya semua atas pencerahannya...
    Jadi cerah deh perasaanku...:p
    Berarti Nathan aku mulai bawa jalan2 pagi dech...dengan syarat udara cerah.. ndak lama sih memang (karena mamanya juga harus kerja...) paling juga 5 - 10 menit...
    Kalo tidurnya sih skrg kasurnya saya sudah beri alas tikar, nanti mau ganti karpet jg.. supaya tidak langsung kena uap air yang dari tanah ya...
    Makasih sekali lagi
  8. Hardiono Pusponegoro Administrator

    Message Count:
    2.649
    Likes Received:
    11
    Trophy Points:
    38
    Location:
    Jakarta
    Pakai plastik sebagai alas paling bawah, lalu tikar atau karpet (jangan yg berbulu) lalu kasur.
    Paru basah karena tidur di lantai atau jalan pagi mitos saja.
  9. Hardiono Pusponegoro Administrator

    Message Count:
    2.649
    Likes Received:
    11
    Trophy Points:
    38
    Location:
    Jakarta
    Opa...:senyum kalo alasnya hanya triplek baru atasnya springbed...boleh ga? atau masih di tambahi plastik lagi?
  10. jeni

    Message Count:
    203
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    0
    Dear All,
    cerita soal jalan2 di pagi hari, ini mo sharing ya
    Kalo malamnya hujan ampe pagi terus Nikita-nya dibawa jalan22 keluar
    di pagi hari saat udara msh dingin n embun msh ada, si kecil sering batuk2
    n nafasnya seperti kekurangan oksigen jadi agak sesak tapi bkn seperti sesak nafas asma.
    si kecil memang ada bakat alergi :-(

Share This Page