Tifus. Tipus, Typoid

Discussion in 'Jual beli dan promosi' started by Jobaja3raja, 24/1/08.

  1. Opie

    Message Count:
    13
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    0
    Emh...minggu lalu papa-nya Fairuz juga sempat kena gejala Tipus, tapi buru-buru di obatin..
    Menurut beberapa orang yang pernah kena penyakit ini, obatnya adalah Pil Cacing.. :pasrah (adanya di toko2 obat Cina biasanya. )
    n' syukurlah sekarang udah bisa aktifitas lagi..
    Tapi memang semuanya masih harus terkontrol ya..., karena sifatnya kambuh-an.

    thx
  2. ummurazi

    Message Count:
    49
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    0
    Mmm,...jadi typhus bisa kambuh ya,... :(
    Anak saya,7th/23kg/129cm, baru sembuh dari sakit typhus 1 minggu yang lalu. Panas badannya waktu itu sampai 39,8 C turun naik selama 1 minggu dengan panas badan minimumnya 38,5 C. Tes Widalnya positif typhus dan alhamdulillah kata DSAnya ga perlu opname, tapi istirahat total dirumah sampai 10 hari tidak sekolah.
    Nah,...sekarang anak saya selalu bangun tidur (pagi hari) dengan keluhan perutnya sakit sekali,... seperti hendak BAB. Padahal dicoba u/ BAB ga bisa,.. Akhirnya jurus andalan keluarga deh yang dipakai,... perutnya tiap hari dioles minyak kayu putih,... dan katanya sudah tidak sakit lagi,.. ;)
    Yang ingin saya tanyakan :
    <LIST=1]
    <*]Apakah itu tanda bahwa typhusnya kambuh
    <*]Berapa lama penderita typhus dapat sembuh total dari sakitnya
    <*]Bisakah mantan penderita typhus diberi vaksinasi typhus untuk mencegah penyakit typhusnya kambuh kembali
    </LIST]

    Terimakasih sebelumnya Docs,...

    Wassalam,
  3. Jobaja3raja Moderator

    Message Count:
    1.314
    Likes Received:
    1
    Trophy Points:
    38
    Location:
    Jakarta

    Mmm,...jadi typhus bisa kambuh ya,... :( Anak saya,7th/23kg/129cm, baru sembuh dari sakit typhus 1 minggu yang lalu. Panas badannya waktu itu sampai 39,8 C turun naik selama 1 minggu dengan panas badan minimumnya 38,5 C. Tes Widalnya positif typhus sekarang anak saya selalu bangun tidur (pagi hari) dengan keluhan perutnya sakit sekali,... Yang ingin saya tanyakan :

    &lt;*&gt;Apakah itu tanda bahwa typhusnya kambuh
    Gejala typus yang khas adalah demam panas tinggi dan naik turun teratur (lihat artikel dipostingan sebelumnya) kalau cuma perut sakit belum tentu typus, bisa jadi masih dalam tahap pasca sakit..dipantau saja..
    &lt;*&gt;Berapa lama penderita typhus dapat sembuh total dari sakitnya
    tergantung pasiennya, ada yang cepat, ada yang malah lama dan cepat kambuh, paling baik dijaga supaya badan selalu sehat...
    &lt;*&gt;Bisakah mantan penderita typhus diberi vaksinasi typhus untuk mencegah penyakit typhusnya kambuh kembali
    mencegah penyakit bukan hanya dengan vaksin, tapi yang terpenting gaya hidupnya, vaksin typhus adalah vaksin yang dianjurkan bukan diwajibkan dan ada 2 tipe, oral dan suntik, coba aja keklinik Anakku 450-2355 /56
  4. Jobaja3raja Moderator

    Message Count:
    1.314
    Likes Received:
    1
    Trophy Points:
    38
    Location:
    Jakarta
















    Kenali gejala tipus (thypus abdominal atau typhoid fever) yang tergolong berat dan berbahaya. Gejala awalnya perlu dikenali sebelum terlambat diobati. Selain itu, tipus kasus infeksi perut yang banyak di sini.
    Diawali demam lebih dari seminggu. Mulanya seperti orang mau flu. Bedanya, demam tipus umumnya muncul sore dan malam hari. Tidak disertai gejala batuk pilek. Demamnya sukar turun walau minum obat dan disertai nyeri kepala hebat. Perut terasa tidak enak, dan tidak bisa buang air beberapa hari, Demam naik teratur, bila naiknya menjelang malam, selama seminggu, akan terus seperti itu, bisa juga naiknya selalu disiang hari, malamnya agak mereda.
    Pada paratipus - jenis tipus yang lebih ringan - mungkin sesekali mengalami buang-buang air . Jika diamati, lidah tampak berselaput putih susu, bagian tepinya merah terang. Bibir kering, dan kondisi fisik tampak lemah, serta nyata tampak sakit. Jika sudah lanjut, mungkin muncul gejala kuning, sebab pada tipus organ hati bisa membengkak seperti gejala hepatitis. Pada tipus limpa juga membengkak. Kuman tipus tertelan lewat makanan atau minuman tercemar. Bisa jadi sumbernya dari pembawa kuman tanpa ia sendiri sakit tipus. Kuman bersarang di usus halus, lalu menggerogoti dinding usus. Usus luka, dan sewaktu-waktu tukak tipus bisa jebol, dan usus jadi bolong. Ini komplikasi tipus yang paling ditakuti.
    Komplikasi tipus umumnya muncul pada minggu kedua demam. Yaitu jika mendadak suhu turun dan disangka sakitnya sudah menyembuh, namun denyut nadi meninggi, perut mulas melilit, dan pasien tampak sakit berat. Kondisi begini membutuhkan pertolongan gawat darurat, sebab isi usus yang tumpah ke rongga perut harus secepatnya dibersihkan.
    Untuk tahu benar kena tipus harus periksa darah. Setelah minggu pertama demam tanda positif tipus baru muncul di darah (Uji Widal). Jika tes Widal negatif padahal pasien menunjukkan gejala tipus, tes perlu diulang sambil menunggu tes Gaal atau biakan kuman. Sering kali, pemeriksaaan Widal untuk diagnosis tifus hampir tidak ada artinya. Anak yang sakit tifus belum tentu Widalnya positif, anak yang bukan sakit tifus seringkali melihat gejalanya semata.
    Penyakit tipus mudah disembuhkan. Jika tak mempan obat konvensional golongan chloramphenicol, kini sudah ada beberapa generasi obat baru. Haruskah Rawat Inap? Jika kondisi pasien tidak berat, dan penyakitnya masih awal, yaitu sudah didiagnosis sebelum demam lebih dari 3 minggu, umumnya masih bisa dirawat di rumah. Namun mesti diawasi jika mendadak suhuturun, nadi meninggi, dan perut mulas melilit. Makanan tak selalu harus lunak, asal jangan jenis yang merangsang.
    Waspadai jika buang air ada darahnya, tanda awal usus jebol, dan demamnya muncul lagi, dan kondisi pasien cepat menurun setelah sebelumnya tampak menyembuh. Tipus bisa kambuh. Tandanya, demam yang sama muncul lagi setelah mereda. Kemungkinan kuman tipusnya tersasar ke kandung empedu. Tipus begini biasanya lebih sukar disembuhkan. Sebagian dari kasus tipus menjadi pembawa kuman tipus.
    Pembawa kuman ini berbahaya jika profesinya pramusaji atau orang yang kerjanya menyiapkan makanan dan minuman jajanan (food handler). Sekarang tipus bisa dicegah dengan imunitas tipus. Penyakit tipus di Indonesia masih banyak. Mereka yang punya risiko tertular, tidak salahnya ikut vaksinasi.

Share This Page