Umur tepat anak masuk SD

Discussion in 'Makin cerdas' started by MAYAFITRIASARI, 6/5/08.

  1. MAYAFITRIASARI

    Message Count:
    2
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    0
    Daer All Mom's

    Lagi bingung nih, Tahun ajaran baru sebentar lagi anaku sekarang TK B tahun ini mau masuk SD tapi umurnya bulan juli baru 5th 7 bulan saya dengar tahun ini untuk bisa masuk SD umurnya harus 7 th. Kira -kira anak saya bisa ngak ya masuk SD dengan umur segitu. Klo harus mengulang lagi di TK B selama 1 th kasihan anaknya bisa jenuh. Buat yang pernah mengalami hal yang sama tolong dong minta masukannya:022: Thx
  2. mamiandrew Moderator

    Message Count:
    1.415
    Likes Received:
    1
    Trophy Points:
    38
    Dear Maya,

    Maaf belum bisa ikutan sharing karena Andrew baru play group :)

    Tapi rasanya tergantung kebijaksanaan sekolahnya masing2, kalau anaknya memang berprestasi bagus disekolah, bisa mengikuti pelajaran dan sudah siap untuk masuk SD harusnya diterima ya...

    Untuk informasi tambahan silahkan baca artikel yang sudah ada di web :
    <url=http://www.anakku.net/index.php?option=com_content&task=view&id=311&Itemid=59>Bersiap memasuki sekolah dasar</url>
  3. bundanuzula

    Message Count:
    505
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    0
    dear maya...

    apakah sianak udah bisa baca, tulis dan hitung?
    setau ssaya masuk sekolah sekarang di tes, kayaknya klo lulus tes, boleh SD deh, pengalaman ponakan saya begitu, lahir januari, jadi masuk SD umur 5 tahun 6 bulan, tapi karena lulus tes dia bisa sekolah




    ________________
    <COLOR="Blue">fitri_bundanuzula</COLOR> :)
  4. wind16

    Message Count:
    79
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    0
    dear maya,
    yang pernah kutahu menurut teori anak masuk SD idealnya berusia 7 tahun. supaya lebih siap secara mental dan emosional katanya. tapi pada kenyataannya banyak anak yang usia 5 tahun lebih sudah masuk SD. Ini juga terjadi sama aku. Akhtar saat ini 5 tahun 8 bulan. bulan juli nanti 5 tahun 10 bulan. tahun ini dia masuk SD.

    terkait peraturan masuk SD harus 7 tahun itu tergantung sekolahnya. biasanya kalau sekolah tersebut adalah sekolah unggulan yang memang membludak peminatnya, biasanya diadakan penyaringan seperti itu. usia prioritas utamanya. selain itu diadakan juga tes. menurut aku si, kasian ya mau masuk SD aja harus tes.

    akhtar sudah bisa baca tulis hitung, dan sudah diterima di SD. kebetulan SDnya swasta dan masih cukup kuotanya. di SDnya ini diadakan tes tapi bukan untuk tes penyaringan melainkan tes observasi. hanya untuk melihat sejauh mana kemampuan anak dan perkembangannya sehingga gurunya nanti sudah punya panduan dalam membimbing siswa tersebut. setiap siswa kan unik jadi harus dilihat/observasi.

    kalau ngomongin persyaratan masuk SD aku juga kadang bingung. pernah aku baca buku pelajaran siswa kelas satu SD. aku terkaget-kaget karena materinya udah berat gak seperti kita sekolah dulu. diharapkan masuk SD dah bisa baca. padahal katanya menurut teori, anak TK belum boleh diajarin baca.

    akhirnya ada TK yang udah ngajarin baca tapi ada yang sama sekali tidak mengajarkan membaca. Tapi gak usah khawatir bagi anaknya yang belum bisa baca. aku setiap survey sekolah selalu tanya bagaimana persiapan guru SD jika ada siswa yang ternyata belum bisa baca. pasti dibantu katanya. tapi tentunya perlu penanganan khusus. karena harus ngajarin baca lagi.
  5. bunda_AcaAya

    Message Count:
    361
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    0
    Ini juga yg dulu bikin kakakku bingung. Guru TK nya tidak mengajari baca tulis, karena kurikulum TK tidak ada pelajaran baca tulis. Tapi masuk SD harus sudah bisa baca tulis...nah kan...jadi yg ada kita orang tua yang ngajarin anaknya baca tulis..
    Ada juga guru TK yang nge-les in muridnya baca tulis.
  6. wind16

    Message Count:
    79
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    0
    kenapa ya, Tk dan SD gak kompak gitu...?

    o iya, untuk maya, anakmu sendiri sudah siap belum masuk SD? kalau kelihatannya belum siap kasian juga kalau dipaksa.

    teman satu Tknya Akhtar ada yang seumuran tapi Ortunya memilih dia TK lagi. tahun berikutnya baru masuk SD.

    berarti tergantung si anak dan Ortunya. yang pasti kita jangan memaksakan tapi jangan juga menghalangi.
  7. shishie

    Message Count:
    563
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    0
    sekedar sharing ya...

    abrar kemaren (sekarang kelas 1) waktu mau masuk SD juga usia 5 th 7 bln...berhubung kurikulum Pemerintah sekarang untuk masuk SD unggulan salah satu syaratnya minimal usia 6 th dan lulus test..(membaca, berhitung dan menulis), jadi walaupun dia ikut test dengan hasil bagus tapi berhubung usia kurang ...tetap nggak diterima....:20:
    pusing juga...disuruh masuk TK B lagi nggak mungkin dan dia juga nggak mau...lha udah bisa baca nulis dan berhitung...masuk SD unggulan nggak bisa...masuk swasta *yg kualitasnya bisa diandalkan* jauh dari rumah....:confused:
    akhirnya....masuk deh SD negeri biasa.....*kebetulan tidak terlalu jauh rumah*:biggrin:

    kalo saya lihat dari perkembangan dia sekarang....nggak ada masalah tuh dia masuk sekolah dengan usia kurang (malah semester ganjil kemaren masuk 5 besar)....mungkin karena anaknya juga sudah siap kali ya...dia bener-bener semangat masuk SD.....
    jadi mbak kalau memang anaknya punya kemauan dan kemampuan saya rasa tidak masalah.... cuma kita pusing dan kalang kabut nyari sekolah yang mau menerima anak dengan usia yang kurang dari 6 th....
  8. nickmarv

    Message Count:
    15
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    0
    Sekedar info aja dari kepala sekolahnya Nico.
    Nico (lahir Okt) yang mana kata orang umur tanggung, mau dimasukin ke TK tapi umurnya belum 4thn bulan Juni ini. Sekolah TKnya sih memperbolehkan dia masuk asal lulus tes dan ada tambahan untuk uang pangkalnya. Kepala sekolah playgroupnya bilang jangan dipaksain, karena nanti kasihan anaknya. Teman2nya yang sudah 4thn keatas sudah pasti lebih matang daripada dia yang belum 4thn. Iya kalau anaknya bisa menyesuaikan diri, gak apa2, tapi kalau tidak, dia akan jadi tertekan & minder. Dan anak yang lebih matang sudah pasti lebih mudah kalau diajari. Jadi jangan dipaksa.

    Maaf kalau kurang membantu..
  9. rakhallisya

    Message Count:
    18
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    0
    dear maya....
    sekedar sharing nih, semoga belom telat. anak pertamaku, sekarang kelas 1 sd juga sama. dia lahir januari. setelah panjang lebar cari info & tanya sana sini akhirnya aku pilih ngulang di tk b, walaupun dia udah bisa baca tulis, udah mandiri & di tk dpt juara terus. pertimbangan kita waktu itu adalah mungkin fisik & mental dia siap tp scr emosi dia msh di bawah dr anak2 yg bukan usianya. kebetulan anakku laki2, beda dgn anak perempuan yg lbh cepat matang. anakku ga bosen tuh diulang di tk. cuma dia agak protes aja waktu dia udah sempet tes sd tp ga jadi msk pdhl udah keterima.
    saran aku sih, anak hrs dipersiapkan dr awal apa dia mau ngulang atau mau terus ke sd. sebenernya itu sih feeling ortunya ya terutama ibu. jd kl ada pendapat dari orang ya anggap aja sbg masukan, jgn dibuat jadi bingung
  10. mama_maliki

    Message Count:
    102
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    0

    Dear rakhallisya,

    kebetulan anak saya juga lahir Januari dan laki-laki..kalo boleh tau jadi anaknya mba masuk SD pas umur berapa yah? Thanks infonya
  11. handryastuti

    Message Count:
    379
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    0
    Saya pernah diskusi dengan seorang guru dan psikolog, memang usia ideal anak masuk SD 7 tahun, siap secara akademis dan mental. Tetapi saat ini karena banyaknya pendidikan pra-sekolah maka mungkin2 saja banyak anak yang berusia krg dari 7 tahun sudah siap akademis dan mental karena memang mendapat stimulasi yang lebih dini. Anak saya masuk SD nanti umur 5 tahun 10 bulan, sdh bisa baca, tulis, berhitung sejak naik TK B. Kemarin juga sdh psikotest dan secara mental sudah siap masuk SD. jadi memang mungkin kecenderungan anak2 sekarang bisa lebih cepat masuk SD. Ada yg psikolog ? coba ikutan urun rembug dong!
  12. Raisa

    Message Count:
    721
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    0
    Nah lho nah lho...
    kalau disini, kayaknya walaupun banyak pre school (dan sebelum kelas 1, diwajibkan masuk pre school, minimal 1 tahun), tetap lho.. ketentuannya harus umur 7 tahun kelas 1 SD nya.

    Sekedar sharing, kata temenku, disini daftarin anak sekolah untuk 1 SD itu 3 tahun sebelumnya. Setelah daftar, orang tua wajib masukin anaknya ke pre-school apakah dari umur 4, 5 atau 6 tahun.
  13. Jobaja3raja Moderator

    Message Count:
    1.314
    Likes Received:
    1
    Trophy Points:
    38
    Location:
    Jakarta
    kalo di Indo..kayanya tergantung tes masuk waktu SD..apakah siap mengikuti pelajaran disekolah tersebut...
    masak umur 7 tahun baru kelas 1 SD? anak2 saya semuanya umur 6 sudah duduk di kelas 1 tuh...kan sesuai dengan jenjang pendidikan...

    bingung juga jadinya...:biggrin:
  14. Manikowati

    Message Count:
    2
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    0
    Dear Maya,

    Apa yang anda khawatirkan sebenarnya sama seperti saya. Tahun ajaran berikutnya, anak pertama saya juga akan berusia 5 tahun 7 bulan. Sekarang dia sudah TK B dan tetap ingin melanjutkan ke SD karena dia pun sudah bisa baca, tulis, dan hitung. Sebagai orang tua, tetap khawatir akan kebijakan pemerintah tentang usia minimal masuk SD.
    Sebagai pemerhati pendidikan saya kadang-kadang merasa dongkol terhadap policy tersebut. Satu pihak, pemerintah menanamkan KTSP sebagai kurikulum yang berlaku saat ini. Dilain pihak, anak dibenturkan oleh syarat usia masuk sekolah. Padahal menurut teori hal ini berlawanan. Jika emang KTSP yang diberlakukan dengan keberhasilan kompetensi sebagai tolok ukurnya, mestinya, siapa pun yang pada saat ditest, anak bisa menguasainya, dia berhak untuk meneruskan belajar. Dalam hal ini dari TK B ke SD. Dengan kata lain, seyogyanya usia anak harusnya agak diabaikan. Kapan Indonesia punya generasi Ph.D yang masih muda?
    Adapun saran saya untuk saudara Maya, mari kita sama-sama berusaha mendampingi putra kita mencari tempat formal buat dia belajar dan berinteraksi.Carilah sekolah yang emang dia bisa duduk dan bermain dengan teman seusianya. Jangan sepenuhnya bergantung ke sekolah tersebut, karena sesungguhnya tanggung jawab perkembangan anak-anak adalah pada kita, orang tuanya.

    Good Luck!

Share This Page