Vinaflour - baikkah dikonsumsi anak ?

Discussion in 'Tumbuh besar' started by yolan, 14/11/07.

  1. yolan

    Message Count:
    492
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    0
    Dear docs,

    Tolong nanya donk. Pas kemarin Michelle 10 bulan ke DSA, kata DSA nya dia perlu diberi puyer vinaflour, katanya ini bisa merangsang pertumbuhan gigi anak. Saat ini gigi Michelle baru 2 buah aja tuh doc. Nah, tadi baca di salah satu thread kog ada yang ngomongin ttg odol klo bisa yang gak mengandung flouride.
    Nah pertanyaan saya :
    1. Apakah fluor yang di vinaflour ini sama dengan flouride yang ada di odol ?
    2. Apa benar vinaflour bisa merangsang pertumbuhan gigi anak ?
    3. Apakah sebaiknya vinaflour diberikan pada anak ? Sesering apakah dan sampai berapa lama ?
    4. Jika diberikan over dosis efeknya yang saya baca bisa gagal ginjal, apa benar dmk ?

    Tolong dibantu ya doc dan terima kasih.
  2. Jobaja3raja Moderator

    Message Count:
    1.314
    Likes Received:
    1
    Trophy Points:
    38
    Location:
    Jakarta
    Vinaflour, berisi natrium fluorida, semua garam mineral ini diperlukan gigi untuk mendapatkan kekuatan & kekerasan yang max pada gigi.

    vinafluor itu fungsinya untuk menguatkan gigi dan juga supaya gigi tetap putih. Tetapi, kalau anak mengkonsumsi finafluor, harus extra untuk perawatan gigi anak. Karena kalau terlalu banyak konsumsi vinafluor (yang sebenarnya tidak perlu dikonsumsi buat bayi), gigi bisa berbercak abu-abu.

    Vinafluor ini diberikan jika gigi bayi/anak sudah terbukti keropos. Gigi keropos pada bayi bisa diakibatkan oleh kurangnya si ibu mengkonsumsi kalsium saat hamil. Jadi jika gigi anak tidak ada tanda-tanda keropos tidak perlu mengkonsumsi vinafluor, cukup dijaga kebersihannya.

    Nge-dot, makan coklat, dll bukan penyebab gigi keropos, yang bikin gigi keropos adalah sehabis makan coklat (dan semua makanan lainnya) tidak sikat gigi sampai keesokan harinya

    Teori terakhir disebutkan pemakaian fluor secara sistemik (flour yang tertelan) harus hati-hati lebih efektif aplikasinya dilakukan secara topikal (dengan sikat gigi). Menurut literatur,dosis untuk anak usia 4 tahun ke atas agar gigi dapat bertahan terhadap kerusakan adalah 1 mgr.

    Sampai saat ini masih banyak pro kontra terhadap pemakaian fluor secara sistemik. Mengenai vinafluor rasanya tidak pahit hanya hambar, tidak perlu dihisap lebih baik dikunyah dengan harapan remah-remah tablet masuk kedalam gigi yang alur-alurnya tidak terjangkau sikat gigi.

    Bisa juga dihaluskan lalu ditambahkan air. Jika bisa minta anak untuk mendiamkan larutan tersebut dalam mulut beberapa saat sebelum ditelan . Usia 4 tahun, dosis yang dianjurkan oleh drg adalah 1 tablet seminggu sekali.

    semua obat bila overdosis, akan menyebabkan penumpukan di pembuangan tubuh kita yaitu ginjal dan hati
  3. yolan

    Message Count:
    492
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    0
    Thanks ya Majo,
    Wah klo baca dari jawaban Majo sih kayaknya Michelle yang masih 10 bulan sih gak perlu dikasih dulu lah, lagian gigi juga baru 2 tuh, dan kayaknya sih ya gak keropos lah ya...
    Cuman radha bingung juga nih Majo, kog gigi Michelle tajam sekali ya, seperti bergerigi gitu. Apa itu keropos atau apa ya ?

    Thanks yach....
  4. Hardiono Pusponegoro Administrator

    Message Count:
    2.649
    Likes Received:
    11
    Trophy Points:
    38
    Location:
    Jakarta
    Majo top deh. Saat ini memang fluor menjadi kontroversi. Bila air minum tidak mengandung fluor, sebaiknya ditambah fluor. Bila air minum sudah ada fluor, jangan ditambah karena bisa kebanyakan fluor. Susahnya di Indonesia kita tidak pernah mendapat informasi yang betul apakah air yang kita minum mengandung fluor atau tidak.

    Pendapat dokter gigi terakhir ini memang fluor lebih baik di aplikasikan langsung.

    Jadi saya belum bisa menyimpulkan, sorry.
  5. mamiandrew Moderator

    Message Count:
    1.415
    Likes Received:
    1
    Trophy Points:
    38
    Yolan, ternyata Michelle sama dengan Matthew ya....
    Matthew waktu umur segitu juga baru mau 2 giginya, sekarang sudah setahun lebih baru mau 4. Ngecesnya mah ampun2an deh :p

    Masalah pertumbuhan gigi pada anak bisa lihat <url=http://www.anakku.net/forum/showthread.php?t=825&highlight=pertumbuhan+gigi]disini</url]

  6. yolan

    Message Count:
    492
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    0
    Wah, ternyata Michelle ada temannya....untunglah... hehehe...
  7. Jobaja3raja Moderator

    Message Count:
    1.314
    Likes Received:
    1
    Trophy Points:
    38
    Location:
    Jakarta
    tajam yang bagian mana? bagian bawahnya bergerigis gitu? bagian bawahnya masih sama/rata atau cenderung runcing?
    kalau masih bentuknya rata, tidak meruncing, tidak berubah warna..ya terpaksa bilang tidak apa2 he he...dilihat aja apa suka gigit2 sesuatu? atau suka mengeretakkan gigi waktu tidur?
  8. yolan

    Message Count:
    492
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    0
    Majo, gigi Michelle khan baru 2 tuh dibawah semua, nah klo gigit sakit sekali. Setelah kulihat ternyata giginya gak rata, agak bergerigi gitu d, tapi bentuknya tetep kotak, tidak meruncing seperti taring, dan warna tetap putih.
    Klo menggertakkan gigi sih gak pernah denger, soalnya khan gigi baru 1 sisi aja tuh dibawah...tapi klo menggigit2 ya banyak d yang masuk mulut, selain jari2 nya, juga termasuk buah2 an, buku, plastik, tali, dll.
    Keropos tuh yang kayak apa ya Majo, dan lagian memang anak seusia Michelle yang baru 2 giginya sudah bisa keropos ?
    Thx
  9. Jobaja3raja Moderator

    Message Count:
    1.314
    Likes Received:
    1
    Trophy Points:
    38
    Location:
    Jakarta
    rasanya bukan keropos deh Yolan, memang gigi susu itu bawahnya itu seperti gerigis gitu, apalagi waktu gigi benernya tumbuh, kaya ada alurnya he he
    kalau digigit pasti sakit..lah gigitnya sekuat tenaga dia, saya pernah digigit Jay dengan 2 gigi atas plus 2 gigi bawah...biru lebam, ada cetakan gigi hampir 3 mingguan tuh...

    keropos banyak penyebabnya, bisa memang kurang kalsium dari lahirnya, suka ngemut dot botol (minum susu sampai ketiduran), kurangnya asupan air putih
    dan..tidak gosok gigi
  10. Hardiono Pusponegoro Administrator

    Message Count:
    2.649
    Likes Received:
    11
    Trophy Points:
    38
    Location:
    Jakarta
    Wah .. topiknya ganti ya? Dari fluor ke ngeces dan keropos.

    Ngeces maksimum 2 tahun.
    Majo top. Keropos paling banyak karena minum susu malam hari dan tidak membersihkan gigi. kalau begitu, biar diberi fluor dan kalsium ya tetap keropos.
  11. Jobaja3raja Moderator

    Message Count:
    1.314
    Likes Received:
    1
    Trophy Points:
    38
    Location:
    Jakarta

    wah udah diluar jalur? he he he ngak berasa...:p
    dah kalau tidak ada yang nanya tentang vinaflour tapi masih mau tanya tentang keropos, kita buka thread baru ya...

    kalau ngeces kayanya sudah ada....:rolleyes:
  12. Hardiono Pusponegoro Administrator

    Message Count:
    2.649
    Likes Received:
    11
    Trophy Points:
    38
    Location:
    Jakarta
    Yolan giginya olip juga atas bawah bergerigi gitu kaya gergaji... kuat dan tidak keropos yol. Sakit bener kalau digigit sama dia..

    Kalau mau disikati giginya ngamuk.. jadi kalo sikat gigi pakai odol hanya pagi saja.

Share This Page