Vitamin Untuk Bayi 10 bulan

Discussion in 'Tumbuh besar' started by gotcha, 14/2/07.

  1. gotcha

    Message Count:
    8
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    0
    Pagi Dok,

    Apakah memberikan vitamin Nutricomp Caloric untuk bayi umur 10 bulan, ada efek sampingnya ?
  2. Hardiono Pusponegoro Administrator

    Message Count:
    2.649
    Likes Received:
    11
    Trophy Points:
    38
    Location:
    Jakarta
    Nutricom Caloric bukan vitamin, tetapi karbohidrat untuk menambah kalori. Digunakan bagi anak yang kurus. Boleh2 saja, tidak ada efek samping.
  3. kirei81

    Message Count:
    24
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    0
    UJ disini bukan berarti Ustadz Jeffry lho tapi Ubi Jalar :senyum

    Ubi jalar adalah umbi2an yang mudah ditemukan, tanpa mengenal musim.
    Ada beberapa jenis ubi jalar, yang paling umum adalah ubi jalar putih, merah, ungu, kuning atau orange.
    Selain sarat gizi, ubi jalar juga memiliki segudang manfaat untuk kesehatan.
    Yang paling signifikan adalah kandungan beta karotennya yang tinggi.
    Dalam setiap 100g :
    <LIST><*>ubi jalar putih terkandung 260 mkg (869 SI) beta karoten
    <*>ubi jalar merah keunguan terkandung 9000 mkg (32.967 SI) beta karoten.
    <*>ubi jalar kuning ke-orange-an terkandung 2900 mkg (9.657 SI) beta karoten.</LIST>

    <U>Khasiat Beta Karoten</U>
    Beta karoten adalah prekursor vit A yang secara enzimatis berubah menjadi retinol, yaitu zat aktif vit A di dalam tubuh.
    Vit A sangat berperan dalam proses pertumbuhan, reproduksi, penglihatan serta pemeliharaan sel-sel epitel pada mata.
    Vit A juga sangat penting dalam meningkatkan daya tahan dan kekebalan tubuh terhadap serangan penyakit.
    oleh karena itu ubi jalar baik diberikan pada anak2 terutama pada usia balita karena dapat mencegah dari kebutaan

    <U>Manfaat Lain & Kandungan Gizi</U>
    <LIST><*>Mengandung antioksidan yang kuat untuk: menetralisir keganasan radikal bebas penyebab penuaan dini, mencegah penyakit kanker dan gangguan jantung
    <*>Zat gizi yang banyak terdapat dalam ubi jalar adalah energi, vit C, vit B6 (piridoksin) yang berperan penting dalam kekebalan tubuh.
    <*>Kandungan mineral dalam ubi jalar seperti fosfor, kalsium, mangan, zat besi dan serat yang larut untuk menyerap kelebihan lemak/kolesterol dalam darah.
    </LIST>
    Serat ubi jalar merupakan oligasakarida, serat larut yang banyak menyerap cairan sehingga dapat mencegah sembelit dan memudahkan buang angin.
  4. gotcha

    Message Count:
    8
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    0
    Sore Dok,

    anak saya umur laki-laki umur 10 bulan, berat 8.8 kg, tinggi 7.2 cm mohon infonya kalau anak saya mau diberi nutricomp caloric dosis tepat berapa ya ?

    tks
  5. gotcha

    Message Count:
    8
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    0
    sore Dok,

    sorry mau nanya lagi, minta info dosis yang tepat untuk anak 10 bulan jika mau diberikan nutricomp caloric. anak saya bb 8,8 & tinggi 71 cm, cukup aktif tapi badannya lembek tidak berisi dan kesannya kurus
  6. madif

    Message Count:
    676
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    0
    dear gothca, berat badan rpada setengah populasi untuk anak usia 10 bulan, jika melihat dari grafik adalah 9,6 kg dan tinggi 74 cm untuk anak lelaki. Dan untuk anak perempuan, bb 9kg dan tb 72 cm. Mengenai Nutricomp Caloric, terus terang, saya belum pernah meresepkannya, tetapi yang saya tahu, untuk setiap 100gramnya terkandung 94g karbohidrat. Semoga dapat membantu ya. :)
  7. handryastuti

    Message Count:
    379
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    0
    Wah yang ini agak ribet jawabnya. Nutricomp cal per 100 gram mengandung 94 gr karbohidrat jadi mengandung 376 kkal. Dosis tergantung target BB dan analisis makanan perharinya sdh masuk berapa kalori, jadi kekurangan kkal ditambah dari Nutricomp. Ini itung-itungan yg sesuai dgn ahli gizi. Anak 10 bln BB 8,8 sih sebetulnya udah OK lo beratnya.Coba ksh tahu pola makan anak sehari-hari lengkap dgn macam makanan, jumlah dan porsinya. Nanti saya coba jawab.
  8. gotcha

    Message Count:
    8
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    0
    bangun pagi ngemil biscuit baby, sehari makan bubur tim 3 kali, minum susu sehari +/- 630 ml, minum jus buah sehari 1 kali. anaknya sangat aktif, badannya lembek tidak padat
  9. Mauli

    Message Count:
    19
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    0
    Halo Dok,
    Dok saya mau tanya anakkku umurnya 11 bulan klo mau ksh vitamin, Vitamin apa yah yang bagus, soalnya sekarang ini dia makannya susah banget?? dia perempuan skg beratnya 9,5 kg itu normal ga dengan berat segitu??:) Tolong infonya yah dok.

    Thank's b4
    Bunda Mauli
  10. madif

    Message Count:
    676
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    0
    dear Bunda Mauli, sebenarnya berat badan anak ibu sudah cukup. Dari grafik pertumbuhan, untuk anak perempuan usia 11 bulan, beratnya 9,3 - 9,5 kg, jadi artinya anak ibu, insya Allah, masih dalam normal. tidak perlu vitamin khusus apalagi suplemen penambah makan.
  11. razan Member Aktif

    Message Count:
    111
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    16
    Dokter anak saya laki-laki umur 7 bulan lebih13 hari, BB 7,3 Kg TB 70 Cm.

    1. Saya mau tanya bagaimana dengan gizi anak saya ?
    2. Boleh saya kasih vitamin tidak ?
    3. Boleh dikasih Nutricomp caloric apa tidak ?
    4. Sudah boleh dikasih minyak ikan atau belum ?

    Terima kasih dok atas jawabannya dan maaf kalau pertanyaannya terlalu banyak.
  12. handryastuti

    Message Count:
    379
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    0
    1. Berapa berat lahirnya? BB ideal untuk PB 70 cm adalah 8,4 kg. klu dilihat dari BB per umur kurang, PB per umur bagus. target adalah BB menurut PB/TB.
    2. Vitamin boleh2 saja, tapi plg baik makannya yg lbh dulu diperhatikan. 7 bln sdh makan 3 x sehari. (dlm btk nasi tim saring semua or diselingi bubur susu), buah 1x, ASI atau susu formula 3-4 x 150 cc. Vitamin hanya pelengkap saja.
    3. Nutricomp cal fungsinya menambah asupan kalori. saya blm ada pengalaman memberi pada bayi, demikian juga dgn minyak ikan.Dan saya selalu menganjurkan cara yg alamiah dulu dari makan sehari-hari.
    4. Jika diet alami sdh cukup, sumber DHA, AA ada dlm menu sehat sehari-hari.
  13. handryastuti

    Message Count:
    379
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    0
    Anak diatas 6 bln sdh bisa membedakan macam2 rasa, jadi klu susah makan coba variasikan menunya.
  14. handryastuti

    Message Count:
    379
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    0
    PB 72 cm, BB ideal 9 kg (artinya rata2 anak dgn PB 72 cm BB idealnya adalah 9 k) Jadi sebetulnya nggak kurang. Kebutuhan kalorinya anak 9 kg adalah 990 sampai 1080 kkal. 630 ml susu = 450 kkal. Saya perlu informasi berapa keping biskuit n brp banyak nasi timnya (ukuran mangkok bayi) n jus apa berapa cc ?
    Ribet ya? memang perhitungan diet sangat individual. Klu ibu reply saya coba bantu. Lama2 saya dokter saraf anak atau gizi anak ya? nggak apa2 deh, biar ibu2 pinter semua.
  15. razan Member Aktif

    Message Count:
    111
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    16
    Hai dok, BB anak saya waktu lahir 3.5 Kg. Sekarang saya belum berani kasih makanan padat karena dia pasti muntah. Saya memberinya bubur susu itupun agak encer kemudian dimasukkan kedalam botol susunya. Saya memberi susu 90-100 cc setiap 2 jam sekali. makan bubur susunya pagi siang dan sore. apakah saya harus ubah pola makannya ? anak nya aktif, tapi dia belum bisa duduk tegak sendiri, sudah babbling. bagaimana dengan perkembangannya termasuk lambat atau tidak ? tks ya dok.
  16. gotcha

    Message Count:
    8
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    0
    biscuit 1 keping & jus buah +/- 60 ml, nasi tim 1 mangkuk bayi

    tks yah atas infonya
  17. handryastuti

    Message Count:
    379
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    0
    Anak hrs mulai diajari makan setelah usia 6 bulan, kalau mau diberi makan jgn diberi susu, interval plg tdk 3 jam dengan waktu makan. Klu sdh makan 3 kali sehari, jumlah susu dikurangi spy anak mau makan. Anak diatas 6 bln mayoritas diet adalah makanan padat bukan susu lagi. Kemudian jam makan jgn berubah-ubah spy anak terbiasa pada jam-jam tsb timbul rasa lapar n mau makan. Klu berat lahirnya 3,5 kg, berat sekarang memang kurang. selamat mencoba.
  18. handryastuti

    Message Count:
    379
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    0
    klu 3 porsi nasi tim bisa habis plus biskuit dan jus itu setara dgn +/- 650 kalori. Jadi makanan yg ibu berikan sdh cukup, terbukti BB anak ibu hanya krg 2 ons dr BB idealnya. hanya perlu diingat anak 10 bln gerakannya sdh banyak mulai belajar berdiri dan sdh bisa merangkak jadi kalori yg masuk banyak utk bergerak. Tidur jg harus cukup, krn penting utk pertumbuhan. pagi dan siang msh tidur +/- 1 jam masing2. malam jam 8 biasanya sdh tidur. kalau tiap kali makan selalu habis, besoknya tambah porsinya 1 sendok demikian seterusnya. krn klu makan selalu habis mgkn porsi makannya kurang.Pakai nutri comp klu benar2 perlu spt anak gizi kurang atau hbs sakit.
  19. nina

    Message Count:
    12
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    0
    docs.. anak saya mau 14 bulan. waktu 13 bulan beratnya hanya 8,1 kg. kurus ya.. memang berat lahirnya 2,87 tinggi badan 47cm. dari umur 2bulan sampai 6 bulan sering sekali muntah (hanya asi), padahal sudah disendawakan, menurut dsa, pencernaannya belum sempurna, dan pup-nya pun bisa 6-7 kali sehari. anak saya makannya memang susahhhh banget bisa sampai 1,5 jam. belakangan ini lumayan siy tapi harus dipancing pake kerupuk.. sekarang ini pup-nya bisa 2-3 kali sehari.

    1. vitamin apa yang sebaiknya diberikan untuk meningkatkan nafsu makan dan 'menggemukkan' anak saya?

    thx
  20. madif

    Message Count:
    676
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    0
    dear ibu nina, sebenarnya vitamin tidak akan menyelesaikan masalah sulit makan pada anak. banyak faktor yang menyebabkan anak sulit makan, yakni faktor organik, nutrisi dan psikologi. yang terpenting, kenali penyebab sulit makan pada anak ibu.
  21. nina

    Message Count:
    12
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    0
    docs.. kalau vitamin yang bagus apa ya? biar anak lebih sehat
  22. Hardiono Pusponegoro Administrator

    Message Count:
    2.649
    Likes Received:
    11
    Trophy Points:
    38
    Location:
    Jakarta
    dear mba nina, mau urun pendapat aja ya....
    mudah2an berkenan. kalau menurut saya selama anak sehat, dan ngga ada keluhan apa2 sebaiknya jangan terlalu sering dikasih macem2 vitamin. kan kasian karena masih kecil ginjalnya dipaksa nyaring macem2...
    Tapi buat sharing aja, waktu anak saya umur 4bulan saya sempet kasih DHA for baby (minyak ikan), 1 hari satu kapsul ditetesin di dalam air susunya. dan alhamdulillah, Aisha jadi lumayan mau makan, apalagi kalau makannya bareng2, karena anak saya kalau liat orang makan, mulutnya ikutan ngunyah2 gitu. Mohon maaf kalau ngga berkenan ya mbak...

    salam,

    bundanya icha
  23. Jobaja3raja Moderator

    Message Count:
    1.314
    Likes Received:
    1
    Trophy Points:
    38
    Location:
    Jakarta
    dear ibu nina, sy setuju dengan bunda icha, karena sy ada contoh "hidup", keponakan sy waktu berusia 1 thn, sm lidi ngak ada bedanya, kl makan, kaya topeng monyet, suster pegang piring, mbak yg satu pegang mainan, mbak yg lain pegang baskom u muntahan, belum lamanya, ngak keburu d kejar tayang, mamanya panik segala vitamin dijejel...

    waktu mulai bisa makan (mulai masuk sd), anaknya jd doyan makan, dan karena salah satu vitamin yg diminum ada mengandung hormonal, jadilah anak itu semakin gemuk dan benaaaar gemuk.

    Nah waktu lagi gemuknya, keponakan sy bisa "nyolong" makan mentega, bayangin aja krn perubahan hormonal, sangkin laparnya dia bisa nyemil mentega dengan sendok.

    sekarang udah ABG, rada sadar diri, cm yah itu... bempernya sudah terlanjur besar.

    sy setuju kok faktor makanan, cara mengolahnya, menghidangkannya, dengan embel2 hadiah he..he..he, anak sy jg susah makan n milih, biasanya faktor utamanya kita tidak sabaran, tp selama anak sy masih bernapas normal alias hidup sehat why not??? ada susu, ada roti, ada biskuit dlll sebagai alternatif
    yg penting perutnya tidak kosong, jam makan teratur, dan dia tidak trauma

    maaf ya kl ngak berkenan, sekedar sharing n bagi informasi :)
  24. dinichan

    Message Count:
    17
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    0
    sudah dicoba berbagai variasi menu makanan?
    mungkin kalo 'bentuk' makanannya menarik bisa mancing nafsu makannya.. coba aja berkreasi dengan tampilan makanan.. atau coba jg bentuk suasana makan yang selalu menyenangkan, misal makan bareng sama ortu dsb..
    semoga membantu..
  25. nina

    Message Count:
    12
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    0
    moms dan doc thank you banget ya masukannya... memang agak panik dan parno karena anak susah makan.... saya coba cari cara lain deh selain vitamin...
    thx yaaa
  26. razan Member Aktif

    Message Count:
    111
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    16
    dokter berapa banyak vitamin yang boleh di berikan anak usia 10 bulan? seandainya saya sudah berikan dia minyak ikan dan ferlin karena hb anak saya rendah. boleh apa tidak saya beri dia vitamin lagi seperti cerebrofort. kalau boleh bagaimana saya membagi waktu pemberiannya antara vitamin yang satu dengan yang lain. terima kasih.
  27. madif

    Message Count:
    676
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    0
    dear bunda razan,
    Sebaiknya vitamin dan protein untuk bayi diperoleh dari makanan segar yang dikonsumsi bayi. Selain lebih aman, si kecil juga dpt belajar untuk menyukai makanan yang bergizi bagi tubuhnya, sehignga ia akan terbiasa untuk mengkonsumsi <B>makananan yang sehat, bukan hanya lezat. </B>.

    pemberian vitamin diberikan bila memang sangat dibutuhkan, misalnya program pemberian vitamin A dosis tinggi dari pemerintah, dua kali setahun.

    semoga membantu..

    pemberian ferlin atas petunjuk dokter?
  28. mama_kesia

    Message Count:
    422
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    0
    doc, mo numpang nanya jg nih...
    anak saya Kesia umur 8 bln BB= 7.6kg TB= 69cm, kmrn saya bawa ke dsa ternyata ga ada kenaikan BB dari bulan lalu trus saya dikasih vitamin San-B plex (sorry sebut merk...) utk vitamin menambah napsu mkn, sebaiknya boleh diberikan ga utk bayi umur 8 bln?
    Sebenarnya kesia cukup gampang makannya tp yg susah minum susu (mungkin krn susunya HA)
    mohon sarannya...
    Thanks before
  29. Hardiono Pusponegoro Administrator

    Message Count:
    2.649
    Likes Received:
    11
    Trophy Points:
    38
    Location:
    Jakarta
    Vitamin buat tambah nafsu makan juga mitos saja. Tambah makannya saja, 3 kali sehari + susu 400 sehari semalam cukup.
  30. iis

    Message Count:
    1
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    0
    Hi Dok,

    Saya baru 1 bulan ini ikut di forum anakku. Sebelumnya sich sudah ikutan di millis anakku. Ok dech dok, saya mau tanya nech....
    Anak saya berusia 18 bulan. 2 bulan yg lalu anak saya susah BAB , berat badan kurus & saya bawa ke dsa (spec.pencernaan) Kemudian di kasih obat : lactulax,enzim, obat untuk usus, vitamin curvit & disuruh perbaiki makannya. Beliau menyarankan harus banyak minum, buah pepaya dll. Setelah 1 minggu, saya diminta untuk kontrol lagi. Setelah diminumin lactulax perutnya kok jadi kembung gitu & besar, udah gitu tidak banyak membantu. Saya datang untuk yg kedua kalinya & dikasih obat : NUtrichol, Vistrum, Enzim & obat usus, lactulax. Anak saya sich sptnya malas mengejan jadinya bisa sampai 3/4 hari tidak BAB. Yang ingin saya tanyakan :
    1. Kenapa lactulax membuat perut kembung & seharusnya diminum selama berapa lama?
    2. Adakah efek samping dari pemakain lactulax bila diminum terlalu lama?
    3. Apakah ada hubungannya masalah susah BAB dgn vitamin (Nutrichol,Vistrum,Curvit) ?
    4. Apakah manfaat dari Nutrichol itu sendiri ?
    5. Susu apakah yg cocok untuk anak yg susah BAB?

    Sebagai catatan, saya sudah perbaiki makannya anak saya : seperti makan sayur, buah (pepaya,melon,strawberry,jeruk,agar2) - saya juice semuanya, minum susu cukup banyak (encer), air putih. Kadang2 masih susah BAB.

    Sorry ya dok, ceritanya banyak banget. Mohon penjelasan dokter & rekan2 milis siapa tau ada yg punya mslh sama spt saya.
    Ditunggu ya dok, balasannya....

    Thanks a lot....
    Iis - Bunda Kheisya
    <email>iis.ismayatun@drtv-indonesia.com</email>
  31. Hardiono Pusponegoro Administrator

    Message Count:
    2.649
    Likes Received:
    11
    Trophy Points:
    38
    Location:
    Jakarta
    dear dokter

    lia mau sharing jg nih. Vitamin untuk bayi umur 6 bln apa ya?
    sebelumnya dari umur 0 - 5 bln olivia minum prolacta.

    terima kasih atas jwbnnya:jiggy:




    ___________________
    :chatterbox:Mama olive
  32. Hardiono Pusponegoro Administrator

    Message Count:
    2.649
    Likes Received:
    11
    Trophy Points:
    38
    Location:
    Jakarta
    Biasanya saya tidak memberikan vitamin untuk bayi. Lain halnya dengan zat besi, kalau memang perlu harus diberikan. Sebentar lai keluar anjuran IDAI agar semua bayi mendapat zat besi, bakan sejak umur 4 bulan.
  33. Trizia

    Message Count:
    13
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    0
    Dear Dokter ,

    Saya mau bertanya , untuk anak berusia 0-1 tahun di Indonesia apakah diberi supplement fluorida atau tidak? Dasar diberikannya fluoride suplement pada bayi di suatu tempat berdasarkan kandungan fluoride dalam air minum. Jika sudah mencukupi, biasanya suplemen fluorida tidak diberikan.Apakah air minum di Indonesia sudah mengandung fluorida?

    Terima kasih sebelumnya

    Salam
    Hitri
  34. Hardiono Pusponegoro Administrator

    Message Count:
    2.649
    Likes Received:
    11
    Trophy Points:
    38
    Location:
    Jakarta
    Hi Hitri,
    Di Indonesia tidak ada anjuran standar. Yang ada hanya:"Suplementasi fluorida diberikan bila air minum tidak mengandung fluorida." Dari dulu Ikatan Dokter Anak Indonesia minta kepada Perhimpunan Dokter Gigi untuk mengeluarkan statemen tetapi tetap tidak ada jawabnya. Kenapa? Kita tidak tahu apakah air minum sudah disuplementasi atau tidak, air minum dari pipa kualitasnya buruk, dan kebanyakan bayi minum aqua kalau mampu membeli.
    Belakangan ada anjuran suplementasi fluorida sesuai umur dan beratnya.
    Ada juga dokter gigi yang menganjurkan agar fluorida diberikan dalam bentuk ditempelkan ke gigi.

    Jadi memang bingung dan simpang siur deh. Kita tunggu jawaban dari dokter gigi ya.

    BTW, dari Jerman? Jauh banget. Apa forum dapat diakses dengan cukup cepat dari Jerman?
  35. Trizia

    Message Count:
    13
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    0
    Makasih banyak buat jawabannya Dr. Yoni.

    website forum anakku bisa diakses cukup cepat dari sini.

    Best Regards
    Hitri
  36. loli106

    Message Count:
    111
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    0
    apakah boleh minum vit c 1000 mg perhari?walau dampak panjang maksudnya.siapa tahu ada yang pernah baca majalah atau dari dokter,makasih ya
  37. Hardiono Pusponegoro Administrator

    Message Count:
    2.649
    Likes Received:
    11
    Trophy Points:
    38
    Location:
    Jakarta
    Dear Loli,

    Tolong dijelaskan dengan benar maksudnya:<LIST]
    <*]vitamin C 1000 mg per hari untuk ibu. bapak atau untuk anak?
    <*]Kalau untuk anak, anaknya umur berapa, berat badannya berapa?
    <*]Apa tujuan memberikannya?
    <*]Sepertinya Loli sudah tahu ada dampak jangka panjang atau mau bertanya dampak jangka panjang apa?</LIST]Tolong gunakan tanda baca dan spasi dengan benar. Kalau disambung semua membacanya susah.
    Kalau postingnya lebih rapi, tentunya banyak yang akan menanggapi. Tetapi kalau kurang rapi dan kurang jelas akan mempersulit teman2 semua.
    Terimakasih. :)

    <quote=loli106;11900]apakah boleh minum vit c 1000 mg perhari?walau dampak panjang maksudnya.siapa tahu ada yang pernah baca majalah atau dari dokter,makasih ya</quote]
  38. Hardiono Pusponegoro Administrator

    Message Count:
    2.649
    Likes Received:
    11
    Trophy Points:
    38
    Location:
    Jakarta
    Dear Loli,
    Barangkali kalimat-kalimat berikut lebih enak. Coba saya edit buat Loli.
    Admin

    Dear All,
    Saya ingin mengkonsumsi vitamin C 1000 mg per hari untuk saya sendiri. Saya mendapat info dari ... bahwa hal tersebut baik untuk kesehatan ... Tetapi, salah satu teman saya bilang bahwa vitamin C 1000 mg berbahaya untuk .... Akhirnya saya jadi ragu-ragu.

    Ada yang pernah mencobanya atau yang dapat memberi saran?

    <quote=loli106;11900]apakah boleh minum vit c 1000 mg perhari?walau dampak panjang maksudnya.siapa tahu ada yang pernah baca majalah atau dari dokter,makasih ya</quote]
  39. mamajagoan

    Message Count:
    172
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    0
    yg pernah aku baca seh konsumsi vit c lebih baik dipagi hari--krn vit c ini digunakan untuk sepanjang hari tsb. untuk dosis, kalo kelebihan malah mubazir juga kali... toh terbuang. kalo efek2, mungkin buat yg lambungnya sensi pasti jadi berasa juga kali yak. buat info lengkapnya, tunggu jawaban doc aja dueh...
  40. loli106

    Message Count:
    111
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    0
    Trimakasih mama ,soalnya aku pikirnya kan kita di jakarta ini polusi nya luar biasa dan cara makan kita juga tidak bagus.Jadi aku minum vit c ini dengan dosis 1000mg.
    Tapi sebaliknya jadi takut juga kalau sampai kena ginjal.
  41. ummu rauhul

    Message Count:
    141
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    0
    barusan ngobrol2 ama dokter di t4 kerjaku..katanya fine2 aja untuk konsumsi vit 1000mg every day, coz ada literatur yang menyebutkan kebutuhan harian vit c 3000mg(untuk orang amrik, kalo kita..separonya aja kali ya..coz lemak tubuhnya orang sono relatif lebih banyak dari kita:senyum)
    hanya masalahnya, kuat ga lambung kita? untuk mensiasatinya, konsumsi vit c setelah makan. jangan lupa, pola makan kita juga harus baik. so..kata dokter itu lagi..selama belum terasa side efeknya (misalnya nyeri2 lambung gitu..) terusin aja.
    soal pengaruhnya ke ginjal..kalo murni vit c aja, yang saya tau side effectnya ga kena ginjal deh (mohon dikoreksi) yang bisa kena ginjal, suplemen vit c yang dicampur dengan calcium, kaya C*R gitu...
    so...kalo aq sih..konsumsi vit c dosis tinggi kalo kondisi tubuh mulai agak2 nge drop..misalnya dah mulai bersin2 or mulai mengeluarkan gejala flu gitchu...
    semoga membantu ya.....
  42. loli106

    Message Count:
    111
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    0
    Dokter dan temen-temen, terimakasih atas komentarnya.

    Dok, vitaminnya buat saya.
    Saya minum vit c ini karena saya pikir kota Jakarta polusinya udah gawat. Saya tiap hari soalnya berhubungan dengan asap dan debu di jalan.
    Tapi, ada temen bilang jangan yang dosis tinggi soalnya bisa kena di ginjal. Ini yang membuat saya jadi takut. Dilema nich.
  43. mamiandrew Moderator

    Message Count:
    1.415
    Likes Received:
    1
    Trophy Points:
    38
    Dok, saya pernah dikasih tau, cara minum Vitamin c dosis 1000 mg.
    Katanya lebih baik diminum terpisah (dibagi 2 masing 500 mg) jadi diminum 2 kali sehari, karena kalau diminum sekaligus 1000 mg tubuh juga tidak akan menyerap
    100%.
    Apa benar dok ?
  44. Jobaja3raja Moderator

    Message Count:
    1.314
    Likes Received:
    1
    Trophy Points:
    38
    Location:
    Jakarta
    wah harus dibagi 2? saya kalau minum vit c ini langsung glek..glek glek satu botol abis tuh
    iya dokt, apa benar ya? terus kalau udah minum vit c 1000mg ini, apa masih boleh mengkonsumsi makanan atau minuman yang mengandung vit c nya?
    ada ngak ya bahaya kelebihan mengkonsumsi?

    setahu saya vit c itu bagus dikonsumsi bareng dengan telur, karena saling mengikat dan terserap total ke tubuh kita
  45. loli106

    Message Count:
    111
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    0
    Dokter,
    Vitamin apa saja yang diperlukan seorang anak umur 1 tahun keatas? (jika si anak tidak sakit apapun dan tidak bermasalah baik dalam hal makan maupun yang lain). Terimakasih.
  46. mamiandrew Moderator

    Message Count:
    1.415
    Likes Received:
    1
    Trophy Points:
    38
    Loli,

    Kalau anaknya tidak sakit kenapa mesti pakai vitamin ?
    Cukup makan yang bergizi dan minum susu saja.
  47. Hardiono Pusponegoro Administrator

    Message Count:
    2.649
    Likes Received:
    11
    Trophy Points:
    38
    Location:
    Jakarta
    Loli,

    Kalau anak tidak sedang sakit, tidak ada masalah makanan dan yang lain, kenapa perlu vitamin? Manfaat apa yang loli ingin dapatkan dari vitamin yang ditanya?
    Apa loli pengen anaknya jadi lebih gemuk atau montok atau lebih sehat?

    Coba tolong dijelaskan dulu, apa tujuan yang ingin dicapai dari memberikan vitamin ?

    Menurut saya, berikan saja anaknya makan makanan yang bergizi tinggi, buah, cukup susu dan cukup istirahat. Dengan begitu, mudah-mudahan anak akan selalu sehat tanpa vitamin.

    Jangan lupa juga untuk memantau pertumbuhan grafik berat badan, tinggi badan dan lingkar kepala. Selama pertumbuhannya bagus, grafiknya naik terus, rasanya tidak perlu vitamin deh.
  48. loli106

    Message Count:
    111
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    0
    Vitamin yang dimaksud seperti scott emulsion , atau seven seas (maaf nyebut merek ) .
    Makanya saya bingung juga, kegunaanya apa ya? Apa perlu diberikan?

    Kalau seperti saya sekarang ini, anak saya diberikan vina flour dan elkana, apa itu perlu Dok? dan sampai kapan diberikannya ?

    Makasih
  49. mamiandrew Moderator

    Message Count:
    1.415
    Likes Received:
    1
    Trophy Points:
    38
    Loli,

    Seperti yang sudah disebutkan tadi, kalau anaknya tidak sakit dan tidak masalah makannya ya tidak perlu kasih vitamin.

    Yang suruh anaknya minum Vina Flour dan Elkana siapa ? DSA nya ?
  50. irene

    Message Count:
    223
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    0
    Dear Loli
    Kalau tidak salah Elkana itu kan isinya kalsium ya? dan kalo lihat infonya di medicastore diberikan bila memang ada indikasi kekurangan vitamin dan mineral
    Kalo kalsium kan bisa didapat dari sumber alami seperti susu, keju, yoghurt, sayuran..
    Sebaiknya tidak memberikan suplemen yang tidak perlu, apalagi yang buatan...
    vitamin dan mineral bisa didapat dari makanan sehari2 yang sehat kok
  51. mamiandrew Moderator

    Message Count:
    1.415
    Likes Received:
    1
    Trophy Points:
    38
    He..he.. saya ingatnya malah waktu hamil ke 2 jagoan sama DSOGnya disuruh minum Elkana :)

  52. loli106

    Message Count:
    111
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    0
    Ya Dsa nya yang memberikan vit itu.

    Makanya saya bingung, mau sampai kapan , lupa tanya soalnya.
  53. mamiandrew Moderator

    Message Count:
    1.415
    Likes Received:
    1
    Trophy Points:
    38
    Loli,

    Waktu DSA nya kasih vitamin tersebut dengan indikasi apa ya ?
    Atau waktu itu Audy sedang sakit ?
    Sebaiknya tanyakan lagi ke DSA nya harus diminum sampai kapan.

  54. loli106

    Message Count:
    111
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    0
    Ke Dsa nya masih lama lagi soalnya.

    Waktu diberikan itu audy tidak dalam keadaan sakit.

    Dokter ada tanggapannya?makasih.
  55. mama_evan

    Message Count:
    12
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    0
    eh moms ikut nanya ya,
    kalo vitamin penambah nafsu makan yang baik apa ya, soalnya si evan maemnya sulit banget, suka dilepehin. aku pernah kasih nutricia makanan cair, katanya bisa untuk asupan makanan dana nambah nafsu makan, tapi untuk evan nggak ada pengaruhnya sama aja...tolong ya sarannya:confused:
  56. Hardiono Pusponegoro Administrator

    Message Count:
    2.649
    Likes Received:
    11
    Trophy Points:
    38
    Location:
    Jakarta
    Dear Mama Evan,

    Di forum sudah sering lho dibahas mengenai vitamin untuk menambah nafsu makan. Sebenarnya kalau anak susah makan, vitamin penambah nafsu makan adalah bukan solusinya. Untuk menyelesaikan masalah anak yang susah makan, harus dicari dulu penyebab kenapa anak susah makan. Apakah anak sedang sakit ? anak mau tumbuh gigi ? bosan dengan menu makanannya, dll....

    Berdasarkan perbincangan dengan dr. Adi di SB beberapa waktu yang lalu, kalau gak salah dr. Adi bilang, vitamin penambah nafsu makan gak akan efek lho bikin anak jadi nafsu makan. Jadi, mama Evan jangan bingung kalau pernah nyoba kasih vitamin penambah nafsu makan buat Evan, ternyata sama Evan gak efek. Itu adalah normal.

    Nah, sekarang daripada pusing nyari vitamin penambah nafsu makan yang cocok buat Evan, lebih baik, Mama Evan cari dulu penyebabnya untuk mendapatkan solusinya. Contoh: Evan bosan dengan menu hariannya, gantilah dengan menu yang lain. Silahkan jalan-jalan ke sub forum resep untuk melihat sharing menu-menu makanan untuk bayi dan anak.

    Jangan bingung lagi ya, Mama Evan.
  57. bundanuzula

    Message Count:
    505
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    0
    bisa jadi anak lagi bosen sama menunya...coba diganti aja,bener kata raisa...
    di forum ada aneka resep yang ditawar para don@ disana
    silahkan mencoba:p
  58. irene

    Message Count:
    223
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    0
    Hayooo mama evan...
    ndak ada lho vitamin penambah nafsu makan...
    Kalo anak ndak mau makan paling mungkin anaknya bosen sama menu yang itu itu aja...
    Coba search di forum di bagian resep wah banyak banget resep2 dari mommy mommy yang enak2 dan mudah...
    Kemaren anak saya juga pernah ndak doyan makan...dari biasanya piringnya penuh berkurang hampir setengahnya langsung dech sibuk cari variasi.. ternyata oh ternyata bosan dengan nasi tim... he....he...he... langsung bikin variasi kentang panggang, makaroni panggang, roti... setelah itu lahap lagi...
  59. madif

    Message Count:
    676
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    0
    Wah, seru juga melihat diskusi para mommy di sini.

    Dan senangnya, hampir semua mom sudah paham mengenai vitamin. it's too good to be true :)

    Vitamin sebenarnya sudah cukup didapatkan dari makanan sehari-hari, jadi cukup dengan menjaga pola makanan bergizi (perhatikan juga bagaimana cara menyiapkan makanan tersebut).

    Suplemen vitamin baru diberikan pada kondisi-kondisi khusus, misalnya pemberian kapsul vitamin A yang dicanangkan pemerintah.

    Vitamin untuk penambah nafsu makan? Hehehe, tidak ada tuh. Yang jelas, untuk kasus anak sulit makan, bukan vitamin solusinya, tapi cari tahu dulu, apa penyebabnya. Setelah itu, baru dicari solusinya.

    Semoga membantu ya, semoga tidak salah kaprah lagi :)
  60. loli106

    Message Count:
    111
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    0
    Dok,

    Kalau vitamin A yang dikasih di puskesmas itu boleh dikasih ke anak umur 1 tahun keatas?

    Pemberian vitamin A itu boleh diberikan dalam keadaan anak bagaimana? Misalnya lagi sakit apa boleh? Misalnya abis imunisasi apa boleh? Lagi demam boleh?

    Trimakasih
  61. mamajagoan

    Message Count:
    172
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    0
    merujuk ke soal nafsu makan, salah satu dsa anakku dulu pernah nanggepin salah satu telpon yg masuk saat periksa, dengan kalimat seperti ini 'maksud ibu vitamin apa, bu? vitamin yg bikin anak ibu makan dari sepiring jadi dua piring sih ya gak ada bu...' hihih.. saya yg lagi duduk depan si dsa cuma nyengir...

    maaph, anggap cuma intermezo... silahkan lanjutkan... heheh..
  62. madif

    Message Count:
    676
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    0
    Pemberian kapsul vitamin A:
    <LIST=1]
    <*]Satu kapsul biru, dosis 100.000 IU untuk usia 0-11 bulan
    <*]Satu kapsul merah, dosis 200.000 IU, untuk balita usia 12-59 bulan dan anak usia 6-12 tahun
    </LIST]
  63. Hardiono Pusponegoro Administrator

    Message Count:
    2.649
    Likes Received:
    11
    Trophy Points:
    38
    Location:
    Jakarta
    Omong-omong soal vitamin A.
    Kalau di Malaysia gak ada program pemberian vitamin A seperti di Indonesia, apa bisa minta ke DSA aja dok ? Nanti bilangnya gimana ya dok ?
  64. madif

    Message Count:
    676
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    0
    dear raisa, tentunya berbeda antara kebijakan pemerintah (departemen kesehatan) di INA atau di MLY. Di INA, dilakukan karena ditenggarai masih banyak anak di Indonesia yang kekurangan vitamin A.
  65. irene

    Message Count:
    223
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    0
    Dokter Adi
    Saya mau tanya nih mengenai vitamin A.
    Bulan lalu waktu kunjungan rutin ke DSA untuk imunisasi pas saya abis baca majalah anakku yang bahas mengenai vitamin A ini (lupa edisi bulan apa dapet oleh2 dari seminar..he...he...he...) nah waktu saya tanyakan ke DSA perlu tidak vitamin A ini kok katanya ndak perlu ya?
    Apakah memang pemberian vitamin A ini diwajibkan oleh pemerintah?
    Thanks before untuk jawabannya
  66. suanitaryono

    Message Count:
    69
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    0
    Hai dokter and mommies,
    ikut nimbrung nanya juga nih, kalo Theo my baby kan masih umur 4 bulan, weight 6,1 kg height 65 cm, tergolong agak kurus kan? mimik susunya susah banget, setiap kali minum susu takaran 90 ml terkadang bisa 2 ampe 3 jam habisnya, kalo sudah lewat 3 jam ya aku buang aja. sehari cuma bisa minum sekitar 700 ml aja, pernah di bawa 700 ml sesekali di atas 700 ml tapi jarang sekali. Karena minumnya susah waktu bangun, jadi sering dikasi sewaktu tidur. Aku kuatir kalo nanti sudah tumbuh gigi masih nyusu waktu tidur gimana ya?

    sekarang sih sama dsa nya dikasi multivitamin buat infant gitu,masih aku kasih terus, ga tau lo kalo sebetulnya ga bisa nambah nafsu makan, mungkin palingan nambah gizinya aja kali ya...

    kalo kemungkinan theo ga suka susunya,aku uda coba ganti 3 kali,sekarang pake bmt platinum morinaga,yang menurutku paling manis dan wangi,dibandingkan dua merk sebelumnya yang rada bau obat dan hambar.

    kalo tumbuh gigi belum kali ya, emang sekarang suka isap jari dan ngences sih, tapi ga rewel spt bayi mau tumbuh gigi gitu...

    gimana ya dok and mom? please advise...thank you
  67. mamiandrew Moderator

    Message Count:
    1.415
    Likes Received:
    1
    Trophy Points:
    38
    Ikutan Sharing ya...

    Anak saya Matthew (11 bulan lebih) sampai sekarang juga masih minta susu tengah malam tapi tidak setiap hari.
    Jadi saya coba akalin, minum susunya sebelum tidur jam 21.00 agak banyak (150-180 ml) biasanya akan tahan sampai subuh atau pagi jam 06.00 baru nyusu lagi.

    Cuma kalau sore tidak tidur maka malamnya jam 19.30 - 20.00 sudah akan tidur dan jam 02.30 - 03.30 pasti minta susu (sudah dikasih air putih, tapi tetap nangis minta susu) jadi mau ga mau dikasih susu deh, tapi setelah nyusu biasanya selalu saya biasakan bilas/minum air putih lagi.

    Pengalaman saya anak yang suka isap jari atau ngeces belum tentu pertanda akan tumbuh gigi, karena Matthew dari 3 bulanan ngeces terus sampai sekarang giginya baru tumbuh 1 buah :p

  68. Hardiono Pusponegoro Administrator

    Message Count:
    2.649
    Likes Received:
    11
    Trophy Points:
    38
    Location:
    Jakarta
  69. suanitaryono

    Message Count:
    69
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    0
    Thanks mami andrew dan bunda raisa, ternyata lumrah ya kasi susu malem2 gitu. aku juga mikir gitu, daripada anaknya kekurangan gizi mending tak kasi susu dulu,soal uda ada gigi nanti cari solusi lagi,siapa tau mik susu dan mpasi bisa lebih lancar siang.

    Bunda Raisa, dsa nya sih bilang underweight,karena waktu umur 2 bulan lebih parah lagi,theo dengan tinggi 63 cm beratnya cuma 4,4 kg. dalam kurun waktu 2 bulan ini cuma nambah 2 cm(normal ga sih?).dsanya sih ga mempersoalkan tinggi, katanya tinggi itu sudah dari sononya(genetik).dengan tg 65 cm seharusnya berat badan di kisaran 7,2kg(Theo cuma 6,1 kg aja)

    Soal dot, aku sekarang justru lagi train alihkan ke avent yang silikon, karena sejak lahir sampai sekarang theo pake dot rubber pigeon (sudah ukuran L),tapi karena uda biasa pake rubber, pake silikon ngemotnya lebih susah lagi tuh,padahal aventnya aku kasi lubang 3 lo. Aku memang pengen alihkan ke silikon karena yang rubber suka ada bau karet agak nyegat gitu.

    kalo menurutku, theo termasuk type yang ga bisa minum banyak.malahan sudah 2 hari ini muntah selesai minum susu,padahal disendawakan dan hanya rebaban aja, ga tengkurep or banyak gerak. apa lambungnya kecil ya?:confused:

    kasian juga theonya, udah minumnya lama ampe 2 jam, selang sejam dikasi susu lagi karena sudah jadwalnya lagi, kalo dimundurin lagi nanti kuantitas asupannya kurang dong.

    sebetulnya kalo diliat dari tingkat perkembangan motorik sepertinya tidak ada masalah,theo udah bisa merayap maju dan mundur sedikit,belum lancar sih.anaknya juga aktif banget,kalo didudukin tangannya udah bisa nahan bentar sebelum roboh lagi. kakinya juga cukup kuat, bisa mendorong untuk berdiri. tapi tetap kuatir dengan asupan segitu cukup tidak untuk perkembangan otak yang optimal?
  70. mamiandrew Moderator

    Message Count:
    1.415
    Likes Received:
    1
    Trophy Points:
    38
    Dear Suarnitaryo,

    Coba lihat dan baca2 tentang grafik pertumbuhan anak yang sudah pernah diposting <url=http://www.anakku.net/forum/showthread.php?t=624&highlight=grafik+pertumbuhan>disini</url>
  71. mama_chika

    Message Count:
    187
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    0
    Dear dr. Adi,

    Yang saya tahu pemerintah mengadakan imunisasi nasional setiap 6 bulan sekali untuk pemberian vitamin A, yang di selenggarakan di pos yandu dan puskesmas. Berhubung saya bekerja dan di daerah sekitar saya tidak ada pos yandu, maka selama ini Chika belum pernah dapet vitamin A dok.

    Karena memang bukan imunisasi, hal itu tidak tercantum dalam jadwal imunisasi, tapi setau saya pemerintah mencanangkan untuk setiap anak mendapatkan vitamin A sebanyak 6X (bener apa salah ya...:confused:), bener ngga dok? Saya sudah pernah coba tanya ke klinik tempat chika imunisasi, di tempat mereka ternyata tidak menyediakan vitamin A seperti program pemerintah.

    Sebetulnya kalo memang vitamin A itu penting, selain melalui program pemerintah, Chika bisa dapet vitamin A dari mana ya dok?

    Mohon pencerahannya ya dok.
  72. Hardiono Pusponegoro Administrator

    Message Count:
    2.649
    Likes Received:
    11
    Trophy Points:
    38
    Location:
    Jakarta
    Program Vitamin A sudah berlangsung lama. Sayangnya, program tersebut tidak dikomunikasikan dengan baik kepada dokter anak. Jadi kebanyakan dokter anak malah tidak menyediakan dan tidak memberikan vitamin A tersebut.

    Maklum deh, disini suka jalan sendiri2 jadi agak rancu.

    Beberapa dokter anak menyediakan vit A di prakteknya. Kalau tidak ada, ya minta saja di puskesmas.
  73. bunda khalisa

    Message Count:
    57
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    0
    jd inget, vina flour itu ibuku jg berikan pd anak-anaknya (kecuali aku), katanya sebagai penguat gigi. Udah terbukti gigi adik-adikku tidak mudah rusak..
  74. loli106

    Message Count:
    111
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    0
    Oh Elkana itu udah lama ya?

    Nah sampai kapan ya diberikan elkana itu ya?

    Salam
  75. Dina

    Message Count:
    28
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    0
    dear dokter and mommies

    anakku dari 0 bulan selalu dikasih vitamin ama dsa nya. jadi tiap bulan pada saat dia di imunisasi dokter kasih resep vit.tiap bulan vit nya berubah-ubah. 0-3 bulan ab-vlek (kalo gk salah nulisnya) 4- 9 bulan saya lupa karena tiap bulan ganti. 10 bulan neoboost,11 bln osteocare, 12 bulan curmunos.saya selama ini menganggap vit memang baik untuk anak karena saya pun meskipun tidak sakit masih didoping berbagai macam vit(spt na....e,redox....dll).jadi untuk kedepannya gimana ya saya ke dsa nya. oh iya kalo pemberian madu bagaimana? anak saya umurnya sdh 1 thn skrg apakah boleh dikasih madu?
  76. mamiandrew Moderator

    Message Count:
    1.415
    Likes Received:
    1
    Trophy Points:
    38
    Dear Dina,

    Kalau anaknya sehat dan tidak ada keluhan kenapa mesti dikasih vitamin ya ?

    Madu boleh diberikan untuk anak diatas 1 tahun.
    Masalah madu sudah pernah dibahas silahkan lihat <url=http://forum.anakku.net/showthread.php?t=1677&highlight=madu>disini</url>

    Silahkan baca juga artikel yang sudah ada di web :
    <url=http://www.anakku.net/index.php?option=com_content&task=view&id=196&Itemid=27>Madu, nutrisi kaya gizi untuk si kecil</url>
  77. akimtanty

    Message Count:
    31
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    0
    Hi mom's and Doc,

    Bayiku, cowok 7 bulan berat 9,5 kg, panjang 70 cm, dia sering kena batuk pilek dan lendirnya banyak sekali, kemungkinan tertular dari kakaknya atau alergi masih belum ketemu nich ( tapi aku udah diet ASI buat jaga2 kalo bener alergi meskipun kata dokter anakku alergi susu sapi, aku juga bingung karena meskipun udah diet masih aja ada bintik2 merah di pipi padahal udah tidak makan telur,kacang2an, keju,susu, coklat, seafood, ikan ), dan masih ASI 600-700cc sehari dan makan bubur 3 x dan buah 1 kali.

    Boleh tidak yach aku kasih dia zinc kid, karena waktu dia diare, dsanya kasih vitamin tsb katanya untuk jaga stamina yang isinya hanya seng saja. tapi cuma minum 5 hari aja.

    Kalo sekarang aku mau kasih dia lagi boleh tidak yach? Dan apa ada rekomendasi vitamin yang bagus untuk jaga stamina bayiku supaya tidak gampang kena batuk pilek?

    Terima kasih ,

    Tanty
  78. veron0805

    Message Count:
    332
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    0
  79. azkia

    Message Count:
    90
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    0
    Dear Tanty,

    Anak saya juga 2 minggu yg lalu diare dan DSA nya memberikan resep zinkid.
    Di bawah ini cuplikan dr thread sebelumnya mengenai zinkid dari dr.Handryastuti :

    <COLOR=navy>Zinckid isinya zinc, cara kerja membantu pembentukan kembali epitelisasi usus yang rusak krn diare, meningkatkan kekebalan tubuh krn zinc termasuk komponen untuk membentuk sistem kekebalan sekaligus juga untuk menggantikan zinc yg keluar melalui diare. Yang perlu dicari penyebabnya kenapa sering diare.</COLOR>

    <COLOR=black>dan ini dari Opa Yoni :</COLOR>

    <COLOR=navy>Teorinya sekali makan <COLOR=navy><COLOR=blue>zinkid</COLOR>,</COLOR> anak terlindung dari diare sampai 3 bulan ke depan.
    </COLOR>
    <COLOR=navy><COLOR=black>Semoga membantu</COLOR>
    </COLOR>

Share This Page