Wasir / Ambien : Baiknya pengobatan apa nih ?

Discussion in 'Masalah ibu, ayah dan keluarga' started by yolan, 23/7/07.

  1. yolan

    Message Count:
    492
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    0
    Dear docs n smart parents,

    Tolong nanya donk. Ada yang punya pengalaman seputar penyakit hemoroid/wasir/ambien gak yach ?
    Klo punya penyakit ini baiknya pengobatan dengan cara apa ? Denger2 ada yang cuman diikat, disuntik, dan dioperasi. Baiknya yang mana dilakukan ?

    Thanks
  2. madif

    Message Count:
    676
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    0
    dear Yolan,

    Wasir, atau bahasa medisnya, hemoroid, artinya terdapatnya kumpulan dari pelebaran suatu bagian atau lebih pembuluh darah vena (yakni <I>v.hemoroidalis</I>) di daerah anorektal.

    hemoroid ini dapat dibedakan menjadi hemoroid eksternus, internus, dan campuran.

    tata laksana tentu mengacu pada situasi dan kondisi, artinya hemoroid jenis apa dan bagaimana keadaan klinis.

    Terapi tingkat pertama, tentunya dengna menghilangkan faktor penyebab. Misalnya susah BAB, diberikan nasihat diet tinggi serat, spt sayuran dan buah, sambil mengurangi diet daging. makanan yang merangsang, seperti cabe, dihentikan dulu. jika masih sulit bab, dapat diberikan parafin cair atau laksadin. jika belum ada perbaikan juga, bisa dilakukan dgn terapi sklerotik (<I>sclerosing therapy</I>) dgn menyuntikkan natrium moruat 5&#37; dan lainnya. penyuntikan ini diharapkan dapat terjadi fibrosis (penciutan akibat terbentuk jaringan parut) dan mengempisnya hemoroid internus pada daerah tersebut.

    terapi, bisa juga dilakukan dengan operasi.

    Jadi, sekali lagi, percayakan pada dokter bedahnya, mengenai tindakan yang akan diambil, tentunya setelah anda mendapatkan informasi sejelas-jelasnya (<I>informed consent</I>)

    semoga membantu.
  3. Jobaja3raja Moderator

    Message Count:
    1.314
    Likes Received:
    1
    Trophy Points:
    38
    Location:
    Jakarta
    dokt..sekalian numpang nanya, apa bedanya wasir/ambien dengan varises? kata temen saya setelah melahirkan anak ke 2, ada tonjolan daging diantara lubang anus dan vagina, kata dokter kandungannya itu bukan wasir melainkan varises karena selama hamil, teman saya kebanyakan berdiri/jongkok sedangkan bayinya besar..

    apa benar dokt?
  4. madif

    Message Count:
    676
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    0
    dear majo.. varises tidak sama dengan hemoroid.

    pada varises, terjadi pelebaran pada pembuluh darah tepi (Vena) yg berkelok-kelok dan ditandai oleh adanya ganggan fungsi katup pada vena tersebut.

    varises juga dapat muncul akibat kehamilan. biasanya varises muncul di daerah tungkai (kaki), dan vulva.
  5. Jobaja3raja Moderator

    Message Count:
    1.314
    Likes Received:
    1
    Trophy Points:
    38
    Location:
    Jakarta
    kalau gitu kasus di teman saya itu bukan varises dong melainkan wasir...
    tapi kenapa munculnya disana ya dokt? bukan disekitar lubang anus?

    sori kalo cerewet..abis penasaran juga
  6. yolan

    Message Count:
    492
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    0
    Thanks banget dr Adi.
    Mau nanya lagi nih, klo periksa ke dokter bedah umum harus pada saat wasirnya muncul / kambuh atau bisa juga pada saat tidak muncul bisa ketauan ?
    Lalu klo yang bisa diikat wasirnya trus ntar lepas sendiri itu untuk yang wasir eksternus ya dok ?

    Oya dok, satu lagi nih, klo polip beda gak ya sama wasir, temen saya pernah ada polip tuh lalu pake terapi sklerotik itu dok namun bisa kambuh lagi tuh.
    Tolong pencerahannya yang lebih lagi.... huhuhu.... maaf ya dok klo merepotkan...

    Thanks
  7. razan Member Aktif

    Message Count:
    111
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    16
    Dokter Kalau wasir obatnya apa ya...waktu hamil besar aku terkena wasir... kecil sih tapi kadang kalau sembelit sakit banget....Apa yang menyebabkan orang bisa terkena wasir ? ada yang bilang karena kebanyakan duduk benar tidak dok...
    Thanks
  8. bundanuzula

    Message Count:
    505
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    0
    to razan....

    teman saya jg ada yg wasir/ambien setau saya dia minum rebusan daun andelem(kopi wulung) tiap hari, insyaallah sembuh,kata tmn saya di desa2 dekat serpong sini banyak...gak tau tempat lain ada apa gak...daunnya hampir sama dgn kembang sepatu tp agak kecil2...klo di minum adem rasanya...
  9. yolan

    Message Count:
    492
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    0
    Wah, bundanuzula, itu daunnya spt apa ya... kebetulan saya tinggal di serpong nih...carinya dimana ya... boleh difotoin gak ya....

    Thanks banget ya....
  10. bundanuzula

    Message Count:
    505
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    0
    tar saya minta tmn fotoin deh...klo dah dpt saya kbri lg...
  11. mamajagoan

    Message Count:
    172
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    0
    bukannya varises emang bisa terjadi di area reproduksi perempuan tsb? tapi ya yg lebih jelas ngasi diagnosa tentunya dokter yg ngeliat kondisinya lgs seh ya... hehe
  12. detta

    Message Count:
    390
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    0
    Yolan minum obat cina mau ga?
    kalo mau aku fotoin kardus obatnya dan cara minumnya.
    mertua aku tuh minum, dan manjur..

  13. yolan

    Message Count:
    492
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    0
    Wah boleh2 Det... tolong d dikasi poto nya ya....
    Trus itu mik nya klo lagi kumat atau gak kumat pun diminum ya trus bisa hilang wasir nya ?

    Thx Det.
  14. detta

    Message Count:
    390
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    0
    Yolan, Nimas terlampir fotonya yak..

    Nama nya : Chinese Zhigenduan
    cara pakai : Sehari 3x 2 kapsul
    1 kotak isi 50 kapsul

    Minum nya kalo udah ada tanda2 mau keluar wasir sampai masuk lagi tuh wasir :senyum


    semoga membantu
  15. Hardiono Pusponegoro Administrator

    Message Count:
    2.649
    Likes Received:
    11
    Trophy Points:
    38
    Location:
    Jakarta
    Saya melakukan terapi minum jus buah setiap sore sebelum makan malam.
    1 gelas besar jus buah. Bikin jus nya pake extractor. Jadi, bukan diblender.

    Alhamdulillah, sekarang BAB lancar walau masih setiap 2 hari sekali. Hari ini BAB, lusa BAB. Jika dibandikan dulu, kondisi sekarang tentunya lebih baik dan sepertinya si wasir sudah menghilang deh.... :jiggy:

    Terima kasih sekali dokter Adi buat tipsnya dan juga PM nya dulu tuh.....
    You are the best :notworthy:
  16. harisqq

    Message Count:
    3
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    0
    Saya punya teman kantor yang mengalami hal yang sama yaitu wasir, beliau mengeluh setiap duduk terasa sakit karena kasihan saya memberi saran dan penjelasan singkat kenapa terjadi wasir - versi alternatif.

    Pada dasarnya semua penyakit berasal dari kesehatan perut untuk itu kita harus tahu pola kerjanya.
    1. Makanan yang masuk ke dalam perut kita akan mengalami proses metabolisme memisahkan sari-sari makanan dan sampah / kotoran.
    2. Proses metabolisme setiap makanan berbeda - beda,
    misal
    . Daging prosesnya 2-3 hari
    . Sayuran / buah - buahan kurang dari 1 hari dll.

    Karena kita tahu prosesnya maka sebaiknya kalau kita makan dahulukan yang mudah membusuk di perut kita agar cepat bisa dikeluarkan karena kalau terbalik akan terjadi sebagai berikut :

    .Daging yang dibawah belum membusuk sehingga belum waktunya untuk dikeluarkan sedangkan yang diatas sudah membusuk seharusnya dikeluarkan oleh tubuh tetapi karena terhalang oleh daging kotoran ini akan menimbun di usus lama kelamaan akan menjadi toksin usus dan semakin berat sehingga mendorong usus untuk dikeluarkan akibatnya daging yang belum waktunya membusuk harus dikeluarkan lewat usus yang di anus.
    Karena sifatnya usus itu elastis seperti karet maka tidak ada masalah, tetapi kalau ini menjadi kebiasaan pola makan kita lama kelamaan usus kita yang tertarik keluar tidak bisa kembali ini yang namanya wasir.

    Contoh : Kalau karet ditarik terus menerus dan lama maka elastisnya akan berkurang bahkan tidak kembali lagi seperti bentuk semula.

    Untuk mengatasi ini :
    1. Setiap pagi saya sarankan meminum jus pepaya yang matang karena fungsi pepaya adalah membersihkan kotoran yang ada di perut kita.
    2. Mencoba memperbaiki sel - sel usus yang keluar dengan suplemen energi bunga DR Diana info ada di <URL="http://www.suplemen.energibunga.com">http://www.suplemen.energibunga.com</URL>

    Setelah melakukan saran tersebut alhamdulillah masalah wasir bisa diatasi dan tidak jadi dioperasi.

    Salam
    Haris
    <URL="http://www.energibunga.com">www.energibunga.com</URL>
  17. nisa

    Message Count:
    4
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    0
    Suami juga mengalami Wasir <kalo gak salah sejak kuliah>
    cuma gak pernah diobatin....
    kendalanya adalah. tdk bisa bekerja berat, kalo jongkok sebentar langsung nongol....
    nah belakangan ini dia/suami sering mengeluh dengan wasirnya, sehingga kalo dirumah yang dilakukan adalah Istirahat.

    Kebetulan ada kenalan seorang ahli Tusuk Jarum...
    setelah dilakukan 1 kali terapy..hasilnya alhamdulillah suami dapat beraktifitas lagi.....

    #NB for ayah : sepertinya dah waktunya kontrol nih.....jangan lupa kontrol lagi yah..#
  18. Jobaja3raja Moderator

    Message Count:
    1.314
    Likes Received:
    1
    Trophy Points:
    38
    Location:
    Jakarta
    setahu saya..jalan satu2nya menghilangkan wasir adalah dengan kedokter..karena pengobatan alternatif biasanya bersifat sementara saja..

    Pada stadium wasir ringan, dokter akan memberi obat-obatan jenis phlebodinamic seperti ardium dan daflon atau memberi salep. Tujuannya tak lebih adalah melancarkan sirkulasi darah di daerah anus dan menghilangkan tonjolan, bengkak dan pendarahan. Salep bertujuan mengurangi sakit, bengkak dan mencegah infeksi.

    Tindakan lain adalah ligasi atau pencekikan wasir dengan gelang karet.
    Dengan dicekiknya wasir tersebut maka wasir akan mati dan rontok. Menurut Sutanto, tindakan ini tepat untuk wasir yang berada di dalam dan berukuran agak besar. Jika pasien atau dokter sama-sama bersedia melakukan prosedur operasi, maka bisa dilakukan operasi.

    Baru-baru ini telah dikembangkan alat operasi baru yakni stapler yang dapat memotong dan menjahit sekaligus usus di atas wasirnya, sehingga wasir secara otomatis terangkat ke atas. Tindakan ini hanya untuk wasir dalam saja. Keuntungan pemakaian stapler adalah penderita sama sekali tidak merasakan nyeri.
  19. yolan

    Message Count:
    492
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    0
    Dear docs n moms,

    Klo rumah sakit or dokter yang sudah ada alat stapler or yang model diikat pake gelang karet dimana yach ? Ada yang tau gak ya ? Ada yang sudah punya pengalaman or temannya pernah pake pengobatan cara ini ?
    Soalnya temen n mertuaku pake operasi tapi bisa kambuh lagi nih, malah jadi bolak balik operasi donk...

    Thx
  20. Hardiono Pusponegoro Administrator

    Message Count:
    2.649
    Likes Received:
    11
    Trophy Points:
    38
    Location:
    Jakarta
    Dear Yolan,

    Wasir nya udah parah belum ya ?

    Dulu aku juga kayaknya punya, hasil dari hamil dan melahirkan.
    Selain terapi minum jus seperti yang sudah aku pernah posting, belakangan ini aku minum Yakult sehari 2 x.

    Sejak itu, gak pernah lagi BAB keras apalagi berdarah, hingga akhirnya wasir mengecil dan hilang.
  21. yolan

    Message Count:
    492
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    0
    Dear Raisa,

    Parah pa gak ya ? Karena dulu pernah pas kambuh setelah lairan itu trus disuntik untuk mengempeskan wasirnya kata dr nya pas itu. Lalu sekarang asal kebanyakan gendong Mici pasti jadi kambuh. Suami minta cepet diberesin sebelum ntar hamil lagi, takutnya ambien kambuh lagi n harus bed rest.
    Aku udah coba mik juice spt Raisa bilang n rutin tiap hari, selain itu juga udah mik vitacharm juga Raisa.
    Aduh...ngomong2 juice, jangan2 aku tuh memang gak cocok sama apel ya, baru inget d, dulu soalnya apel malah buat sembelit. Padahal tiap hari mik juice apel, wortel, strawberry, kadang ditambah caisim.

    Thanks ....
  22. Fansa

    Message Count:
    22
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    0
    Mau ikutan sharing nih..

    Keluarga suami saya rata2 pada bermasalah di urusan pencernaan begitu pula ngga ketinggalan: wasir. Kakak ipar saya yang wasirnya cukup parah pernah operasi dan katanya selama 1 bulan luarbiasa tersiksa karena sangat perih kalo BAB.

    Suami saya juga sama, dia wasirnya sudah besar banget, sedikit lebih besar dari telur puyuh, miris dan merinding banget saya waktu ngeliatnya. Saya juga ada wasir tapi kecil banget. Ukuran segitu kecil aja udah bikin saya pengen nangis kalo lagi kambuh apalagi yang kalo udah segede suami saya... :nangismadif

    Sampe sekarang sih ngga ada pengobatan yang pernah dia ambil, jadi lebih ke arah nahan sakit aja dia itu. Saya pernah nyaranin untuk operasi, tapi setelah denger cerita dari kakaknya dia bilang sampai kapanpun diusahakan jangan sampe operasi, katanya mending sakit yang begini daripada seperti yang dirasakan kakaknya.
  23. mama_chika

    Message Count:
    187
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    0
    Nah, apa yang dialamin sama temennya majo sama kaya yg aku alamin, cuma aku merasa tonjolannya diantara lubang anus aja dan merasa keluar kalo abis pup dan ngeden, setelah itu rasanya sih masuk lagi ke dalem. Tapi aku ngga punya keluhan susah BAB, BAB sakit/keras (kondisi normal/tidak sakit), kalo duduk juga biasa aja. Yang aku alamin ini wasir atau bukan ya?

    Aku udah berasa dari sejal lahirin anak pertama, ampe sekarang dah punya chika masih ada, ngga ada keluhan fisik sih cuma agak mengganggu aja, berasanya ko nih pup ngga selesai-selesai seperti ada yg mengganjal terus..:senyum

    Tolong masukannya ya moms, Dok..:notworthy:
  24. FUPHINPHIN

    Message Count:
    10
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    0
    nah temen2 kebetulan dekat rumah saya ini ada satu orang dokter yang mahir dalam hal wasir/ambein dll..... ini terapinya tanpa operasi .... kebetulan juga papa saya udah berobat disana dan itu sudah terbukti sembuh loh.... nama dokternya LAU IKAM TELP 6310274... SEMOGA LEKAS SEMBUH.....
  25. body healthy

    Message Count:
    3
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    0
    Perkenalkan saya member baru,
    Dokter Adi, oleh dokter kandungan saya di vonis ambeien, karena ada daging keluar dari anus, usia kandungan saya 31 minggu.
    Saya sedikit khawatir dgn obat-obat yang harus saya konsumsi di saat hamil. Obat tsb atl:
    oles: boraginol s
    dimasukan: boraginol s
    diminum: Ciflon
    apakah benar obat-obat tersebut aman untuk saya konsumsi selama hamil?
  26. Hardiono Pusponegoro Administrator

    Message Count:
    2.649
    Likes Received:
    11
    Trophy Points:
    38
    Location:
    Jakarta
    Memangnya daging yang keluar dari anus udah besar ya ?
    mengganggu sekali kah ? gak bisa dimasukin sendir lagi gitu kalau abis BAB atau BAK?

    Waktu hamil pertama, saya juga mengalami masalah yang sama. Tapi, sama dokter kandungan gak dikasih obat apa apa. Terus seiring dengan berakhirnya kehamilan, dagingnya gak keluar lagi tuh :045:
  27. body healthy

    Message Count:
    3
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    0
    Sebenarnya sih gak terlalu besar juga, tapi sakit banget iya. Mungkin otot-nya pada tegang kali yah :022: waktu habis melahirkan anak pertama juga sempet keluar, tapi sama sekali gak sakit. Beda sama yg sekarang.
    Sekarang seteah 2 hari diobatin dah gak sakit lagi, tapi tiap dimasukin berapa menit kemudian masih tetap keluar lagi.
    Ada saran gak yah.
  28. ibu-elba

    Message Count:
    54
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    0
    saya juga keluar daging gitu waktu habis BAB tapi kecil sih....itu muncul waktu pertengahan kehamilan tapi sampe sekarang belon hilang.
    pernah sih sesekali sakit habis BAB, tapi setelah banyak makan sayur dan buah jadi ga sakit......:p
    kayaknya kalo mau ngilangin dagingnya harus operasi deh....:rolleyes:

    ____________
    :)
  29. bundanuzula

    Message Count:
    505
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    0
    coba diminum daun amdelem+kaca beling, direbus terus minum airnya,
    temen saya minum begituan alhamdulillah sembuh

    semoga membantu


    _______________
    <COLOR="Blue">fitri_bundanuzula</COLOR> :)

Share This Page