Gigi Renggang

1

[box type=”info”]

Dear Dokter Wina,

Dok, putri saya usia 8 tahun memiliki gigi yang renggang. Salah satunya pada gigi seri depan. Sehingga secara estetis kurang baik kelihatannya. Padahal ini merupakan gigi permanennya. Pertanyaannya, apakah sudah bisa dikoreksi Dok (mengingat usianya baru 8 tahun). Bila bisa, tindakan apa yang akan dilakukan? Mohon masukannya. Terima kasih.

Belinda Simarmata
Jakarta Selatan[/box]

Dear Ibu Belinda,

Pada usia anak Ibu, gigi-gigi yang renggang adalah kondisi yang normal. Hal ini terjadi karena rahang anak berkembang untuk mempersiapkan tempat bagi gigi-gigi tetap yang akan tumbuh, di mana gigi tetap berukuran jauh lebih besar dibandingkan gigi susu sehingga membutuhkan tempat yang lebih luas juga. Apabila gigi anak justru rapat-rapat pada usia tersebut, maka seringkali akan terjadi keadaan gigi berjejal (crowding) saat lebih banyak gigi tetapnya bertumbuh.

 

Kondisi gigi yang renggang umumnya akan terkoreksi dengan sendirinya saat lebih banyak gigi tetap anak yang keluar, umumnya semua gigi tetap telah tumbuh pada usia 12 tahun (terakhir adalah taring atas kiri dan kanan yang semakin menutup celah-celah tersebut).

 

Beberapa kondisi yang dapat menyebabkan celah besar di antara gigi depan yang tidak menutup dengan sendirinya adalah :

  1. Frenulum labialis (kulit di bagian dalam mulut yang melekat pada gusi tengah atas) terlalu tebal dan melekat terlalu rendah sehingga menghalangi penutupan celah di antara gigi depan
  2. Mesiodens (adanya gigi ekstra di antara kedua gigi depan), dapat dilihat dengan x-ray gigi
  3. Gigi missing, yaitu tidak adanya benih gigi tetap, sehingga ruang menjadi berlebih.

Kondisi-kondisi tersebut perlu diperiksa oleh dokter gigi untuk dapat ditentukan penatalaksanaannya.

 

Share.

About Author

Drg. Wina E. Darwis, MDSc adalah seorang Dokter Spesialis Gigi Anak. Sore hari berpraktek di Klinik Anakku Kelapa Gading dan Klinik Gigi Family Dentistry Panglima Polim. Drg. Wina sangat berminat pada masalah gigi anak dengan kebutuhan khusus, misalnya cerebral palsy, autisme dll.

  • Rista

    Dok, anak saya 6 bulan, giginya sudah tumbuh 2 dan tumbuhnya tidak rata, tumbuhnya keduanya miring.. apa sebabnya y? dan apakah selamanya akan seperti itu? dan gusinya sudah mau tumbuh gigi lagi sepertinya juga akan miring tumbuhnya. mohon solusi dan penjelasannya.. terimakasih