Induksi Tidak Berhasil, Apa Sebabnya?

Induksi Tidak Berhasil, Apa Sebabnya?

kons bowo agustus 2008.jpg Dear Dr. Bowo,

Pada waktu persalinan yang diperkirakan toba, menurut dokter tidak ada kendala yang berarti bagi saya untuk persalinan normal, artinya posisi bayi sudah baik. Namun memasuki usia kehamilan 40 minggu belum ada tanda-tanda melahirkan, sehingga akhirnya dokter memutuskan untuk induksi. Pertama-tama dengan metode balon, namun pembukaannya hanya satu, rasa mulas tak kunjung datang lagi. Dokter memutuskan melakukan induksi infus, namun sampai habis 2 kantong infus tidak ada reaksi mulas sama sekali, sehingga akhirnya diputuskan  untuk caesar.
Kenapa demikian ya Dok? Menurut dokter reseptor mulas saya tidak bekerja. Mohon penjelasan. Terima kasih.

Desvriany, Kota Wisata, Cibubur

His (kontraksi) adalah serangkaian kontraksi rahim yang teratur, yang secara bertahap akan mendorong janin melalui rahim bagian bawah dan vagina (jalan lahir), sehingga janin keluar dari rahim ibu.

Penyebab pasti timbulnya kontraksi tidak diketahui, mungkin karena pengaruh oksitosin (hormon yang dilepaskan oleh kelenjar hipofisa dan menyebabkan kontraksi rahim selama persalinan). Persalinan biasanya berlangsung selama tidak lebih dari 12-14 jam (pada kehamilan pertama) dan pada kehamilan berikutnya cenderung lebih singkat (6-8 jam).

Induksi melalui infus bertujuan merangsang kontraksi dengan oksitosin buatan. Keberhasilannya tergantung bukaan rongga panggul (pelviks) dan besar bayi. Dikatakan gagal bila infus oksitosin diberikan dengan kadar 6mL/IU/menit tidak menimbulkan kontraksi dalam waktu 30 menit. Artinya, tidak terjadi kontraksi sedikitpun.