IPD Fatal bagi Batita

0

vaksin3.gifInvasif Pneumococcal Disease (IPD) merupakan penyakit ganas yang disebabkan kuman Streptococcus pneumoniae. Dalam waktu 48 jam IPD menyerang anak di bawah 5 tahun dan 78 persen menyerang anak di bawah 2 tahun. Hampir 1 juta anak setiap tahun meninggal akibat penyakit ini.

 

Mengapa anak di bawah 2 tahun?

  • Anak belum memiliki kekebalan cukup.
  • Kebiasaan bermain dengan teman-temannya secara berkelompok memudahkan proses penularan.
  • Penularan lewat kontak langsung dengan penderita atau pembawa kuman melalui batuk atau bersin.

 

Menyerang organ vital

Kuman ini menyerang beberapa bagian tubuh:

  • ke aliran darah (sepsis) menyebabkan kegagalan seluruh organ tubuh
  • ke dalam otak atau selaput otak (meningitis)
  • ke paru-paru menyebabkan pneumonia
  • ke dalam telinga bagian tengah (otitis media akut)

Gejala IPD pada umumnya berupa napas cepat, rewel karena nyeri dada, demam hingga anak menggigil disertai batuk. Yang kemudian diikuti oleh gejala yang lebih khas—tergantung organ tubuh yang terserang.

Jika kuman menyerang selaput otak (meningitis), gejala yang ditunjukkan selain rewel, lesu, tidak mau makan, leher anak juga kaku dan cenderung menghindari sinar (fotofobia), penurunan kesadaran, bahkan sampai kejang. Gangguan ini akan meninggalkan kecacatan menetap bahkan menimbulkan kematian dalam waktu 48 jam.

Jika menyerang telinga bagian tengah dapat menimbulkan gangguan pendengaran yang menetap dan keterlambatan bicara. Sedangkan jika ke aliran darah anak kelihatan lemas, pucat, dan tidak mau menetek.

Dari semua akibat, yang paling berbahaya adalah jika terjadi stadium fatal, yakni gangguan fungsi multiorgan.

 

Segera imunisasi IPD

Penemuan terbaru setelah melewati berbagai penelitian, meta analisis, dan evidence based medicine, kini terdapat vaksin anti kuman Streptococcus pneumoniae. Vaksin ini disebut Pneumococcal 7 valent conjugated vaccine (PCV7), yang memberikan solusi dalam pencegahan penyakit akibat kuman Streptokokus.

Vaksin ini merangsang sistem kekebalan tubuh untuk membentuk zat anti (antibodi) yang berfungsi mengenali dan sekaligus membunuh kuman Streptokokus. Vaksin akan memberikan kekebalan dari serangan penyakit meningitis, pneumonia, dan otitis media.

Jadwal pemberian vaksin dilakukan 4 kali: usia 2, 4, 6 bulan dan antara 12-15 bulan dengan kondisi yang telah dikonsultasikan dengan dokter spesialis anak.

Share.

About Author