Kenali 10 Tanda Dini Kehamilan

44

[quote type="center"]Ooops… sudah 10 hari terlambat haid. Hamil nggak ya ?[/quote]

 

Beberapa tanda bisa mengarahkan Anda untuk makin meyakinkan apakah hamil atau tidak. Yuk kenali satu persatu

 

1. Payudara terasa nyeri dan bengkak

Rasa nyeri payudara bisa bervariasi dari yang sedikit sakit hingga nyeri luar biasa, disebabkan oleh pengaruh hormonal. Hasilnya, payudara membesar dan pembuluh darah vena di sekitar payudara tampak nyata. Rasa nyeri ini bisa menyerupai seperti saat sebelum menstruasi.

 

2. Kelelahan

Hubungan antara kelelahan dengan tanda-tanda kehamilan memang belum sepenuhnya diketahui, kemungkinan disebabkan peningkatan hormon progesteron yang begitu cepat menyebabkan Anda merasa mengantuk dan lelah. Biasanya, rasa lelah ini akan menghilang setelah trimester kedua dan datang lagi saat trimester ketiga.

 

image : simplehomemade.net

3. Perdarahan implantasi

Beberapa ibu mengalami “seperti” haid sekitar 11-12 hari setelah konsepsi (pertemuan sel telur dengan sperma), berdekatan dengan waktu rutin haid, mengesankan Anda haid padahal sebenarnya tidak. Perdarahan ini terjadi saat mudigah masuk ke dinding rahim yang kaya darah. Berbeda dengan haid, perdarahan hanya bersifat spottingI dan berlangsung hanya satu-dua hari.

 

4. Mual dan muntah

Keluhan ini terjadi pada 50% kehamilan terutama pada usia kehamilan 2-12 minggu setelah konsepsi. Paling dirasakan pada pagi hari tetapi bisa muncul kapan saja dan dicetuskan oleh bau-bauan tertentu. Keluhan ini bisa sangat mengganggu hingga membutuhkan perawatan di rumah sakit tetapi bisa pula tidak terlalu dirasakan si ibu. Mual dan muntah diduga disebabkan peningkatan hormon human chorionic gonadotropin (hCG), tetapi mekanisme sesungguhnya belum lah dimengerti.

 

5. Lebih sensitif terhadap bau-bauan

Wewangian parfum suami yang tadinya disukai bisa berubah menjadi bau yang paling dihindari karena membuat Anda ingin muntah. Meskipun belum ada yang mengetahui pasti, diduga ini ada hubungannya dengan meningkatnya hormon estrogen secara cepat.

 

6. Perut kembung

Anda merasa ukuran celana Anda mulai kekecilan padahal Anda baru saja 2 minggu terlambat haid? Itu bukan karena pembesaran rahim yang begitu cepat, tetapi karena kembungnya perut. Lagi-lagi, perubahan hormon yang begitu cepat turut mempengaruhi sistem pencernaan Anda.

 

7. Sering buang air kecil

Seringnya buang air kecil terutama malam hari disebabkan meningkatnya peredaran darah di sekitar kandung kemih dan tekanan rahim yang mulai membesar. Satu hal yang perlu Anda bedakan adalah infeksi saluran kemih (ISK) dengan gejala yang hampir sama. Apalagi wanita hamil lebih mudah mengalami infeksi yang tidak bergejala dibanding saat tidak hamil.

 

8. Haid tak jua kunjung datang

Tidak datangnya haid disebabkan meningkatnya kadar estrogen dan progesteron dan menjadi tanda penting kehamilan pada wanita dengan haid teratur. Sayangnya, ini sulit diduga bila haid tidak teratur, dan bisa pula terjadi akibat penyebab lain. Misalnya stres, penyakit kronis, pengobatan tertentu, gangguan endokrin, dan sebagainya.

 

9. Suhu tubuh tetap naik

Mungkin yang Anda rasakan adalah tubuh sedikit demam atau rasa tidak enak badan, tetapi suhu tubuh basal yang meningkat dan bertahan lebih dari tiga minggu bisa menjadi petanda cukup meyakinkan kalau Anda hamil.

 

10. Tes kehamilan positif

Jika sembilan tanda tersebut masih meragukan, mungkin tanda kesepuluh ini bisa makin meyakinkan. Tes kehamilan urin yang Anda pakai di rumah bisa mengukur hormon hCG secara  kualitatif, cukup untuk menentukan apakah hormon kehamilan ini  telah “beredar” dalam tubuh Anda. Kadar 5-20 mIU/ml saja sudah dapat dideteksi oleh alat pemeriksaan sederhana ini. Hanya saja, perlu diingat bahwa kit ini pun tergantung pada teknik dan interpretasinya, jadi tetap harus dipastikan lagi dengan pemeriksaan ke dokter Anda.

 

Referensi :

  • Decherney AH, Nathan L, Goodwin TM, Laufer N. Current diagnosis & treatment. Obstetrics&ginecology. 2007
Share.

About Author

  • rhie

    salam kenal,baru dua minggu yang lalu saya haid tapi berhenti pd hari ketiga.sekarang ini sudah 4hari saya merasakan mual yg aneh,bdn terasa lemah,sensitif terhadap bau-bauan,kepala terasa pusing.apa ada kemungkinan saya hamil?trims

    • http://www.anakku.net/ Anakku Magz

      Dear rhie… salam kenal… sebaiknya diperiksakan ke dokter ya :D

  • ica

    saya sudah datang bulan tapi saya sering mual mual
    itu pertanda apa ya?

    • http://www.anakku.net octyvani

      Mual merupakan gejala dari banyak penyakit, bukan hanya kehamilan. Mual sesekali disertai dengan haid bukan tanda kehamilan. Kalau mual terus berulang lebih baik periksa ke dokter ya :)

    • http://www.anakku.net/ Anakku Magz

      Mual merupakan gejala dari banyak penyakit, bukan hanya kehamilan. Mual sesekali disertai dengan haid bukan tanda kehamilan. Kalau mual terus berulang lebih baik periksa ke dokter ya :)

  • Selvi

    Salam kenal nama sy selvi…terakhir kali saya mendptkan haid pd bln okt tgl 24. dan sampai hari ini haid blm dtg lg..pd bln nov sy coba tes urine dgn alat yg sy beli di apotek dan hasilnya negatif…tp sy mengalami 9 tanda2 dini kehamilan. Apa yg hrs sy lakukan. perlu diketahui usia sy 39 thn blm dikaruniai anak dan usia perkawinan sy memasuki tahun ke 5. terima kasih.

    • http://www.anakku.net octyvani

      Salam kenal! saya mengerti hal ini cukup sensitif buat Ibu Selvy..
      Saran saya, periksa urin lagi, tapi di laboratorium, dengan urin pagi hari. Namun, sangat baik jika Ibu memeriksakan diri kembali ke dokter ahli kebidanan subspesialis fetomaternal terlebih dahulu..

    • http://www.anakku.net/ Anakku Magz

      Salam kenal! saya mengerti hal ini cukup sensitif buat Ibu Selvy..

      Saran saya, periksa urin lagi, tapi di laboratorium, dengan urin pagi hari. Namun, sangat baik jika Ibu memeriksakan diri kembali ke dokter ahli kebidanan subspesialis fetomaternal terlebih dahulu..

  • http://www.facebook.com/profile.php?id=100005013101005 Dewi Santika

    kak,mau tnya? apa selang 1 hari setelah ML, ada gejala mual,pusing,pyudara kencang,vagina kencang ,apa itu tanda2 hamil?

    • http://www.anakku.net octyvani

      Wah, gak bisa secepat itu supaya tau, nanti cek urin kehamilan waktu jadwal haid selanjutnya ya

    • http://www.anakku.net/ Anakku Magz

      Wah, gak bisa secepat itu supaya tau, nanti cek urin kehamilan waktu jadwal haid selanjutnya ya

  • atik

    perut saya di sebelah pusar kanan dan kiri trsa keras .. dan payudara saya sakit sebln ini ,, apa itu juga di katakan hamil .

    • http://www.anakku.net octyvani

      Tes kehamilan dgn urin dulu aja ya, biar tau hamil atau tidak :)

    • http://www.anakku.net/ Anakku Magz

      Tes kehamilan dgn urin dulu aja ya, biar tau hamil atau tidak :)

  • aisyah

    bun,sy udh telat 2 mnggu penuh..
    tp sy gk dtg haid juga..
    tgl 3 kmrn sy dtg haid tp kq cmn kyk flek gt ya,bwarna cklat aj..
    gk smpe 1 hari..
    trs tgl 5nya dtg lagi..
    tp merah jambu gt..
    klu sy bleh tau itu tnda apa ?

    • http://www.anakku.net octyvani

      Dear Mbak Aisyah, jadwal haid tidak teratur, biasa disebabkan oleh stres, pola makan, pola istirahat, atau perubahan hormon. untuk memastikan hamil atau tidak bisa menggunakan test pack.

      flek bisa muncul karena 2 hal, perubahan hormon atau kelainan anatomis. kalau baru sekali ini saja muncul sebaiknya ditunggu dulu hingga jadwal haid bulan depan. jika Mbak sangat kuatir, bisa langsung menghubungi dokter obginnya ya.

    • http://www.anakku.net/ Anakku Magz

      Dear Mbak Aisyah, jadwal haid tidak teratur, biasa disebabkan oleh stres, pola makan, pola istirahat, atau perubahan hormon. untuk memastikan hamil atau tidak bisa menggunakan test pack.

      flek bisa muncul karena 2 hal, perubahan hormon atau kelainan anatomis. kalau baru sekali ini saja muncul sebaiknya ditunggu dulu hingga jadwal haid bulan depan. jika Mbak sangat kuatir, bisa langsung menghubungi dokter obginnya ya.

  • meisya silvia

    bun,12 januari aq haid,harusnya tgl 12 februari ini aq haid lg karena haid aq semenjak menikah sudah teratur,tp trnyata saya baru haid tgl 22-23feb ini,skrg(24feb) udah berenti lg haidnya,,itu kenapa yaa?apa yg hrs saya lakukan?

    • http://www.anakku.net octyvani

      haid terkadang bisa tidak teratur. jika baru sekali ini terjadi ada baiknya ditunggu jadwal haid selanjutnya. bila masih begitu sebaiknya memeriksakan diri ke dokter obgin ya

    • http://www.anakku.net/ Anakku Magz

      haid terkadang bisa tidak teratur. jika baru sekali ini terjadi ada baiknya ditunggu jadwal haid selanjutnya. bila masih begitu sebaiknya memeriksakan diri ke dokter obgin ya

  • may

    halo mbak, apakah bercak darah pas mau haid sudah termasuk dalam kategori haid? tgl 15-16 Jan bercak darah saya sudah keluar dan tgl 17-18 haid seperti biasanya. dan tgl 10 Feb sudah berulang kembali. apakah itu siklus normal? tks.

  • http://www.facebook.com/Erizkha.Louphbie Rizka Louphbie

    Saya dlam masa menyusui anak saya bru brumur 7 bulan 3 mggu,, trakhir saya dpat haid awal blan fbruari stelah saya brganti kb dri kb suntik ke pil kb menyusui *ndalan sampai saat ini tgl 21 maret saya blum dpat haid dan sdah saya test pack hasil’x negatif… Dri awal maret saya merasakan sakit perut seperti hendak haid tetapi haid tak kunjung dtang,, mungkinkah ini krna efek pnyusuaian pil kb…?? Trimakasih

  • putri

    badan panas (panas dingin) disertai badan sakit….tp ga lama kalau sudah istirahat normal lagi,,apakah pertanda hamil?

  • merina

    telat berapa minggu baru bs dites kehamilan

  • indah

    tanggal menstruasi saya masih jauh tapi sekarang saya merasakan tubuh saya mudah lelah,kepala pusing,punggung dan pinggang saya sering sakit terkadang perut saya mual dan muntah. apakah saya hamil?? padahal tgl menstruasi saya tanggal 27 sekarang masih tgl 16.

    • http://www.anakku.net/ Anakku Magz

      Tubuh lelah, kepala pusing, nyeri pinggang, mual dan muntah belum tentu hamil. Untuk memastikan tes urin kehamilan dulu ya.. :)

  • Irma Juhariyah

    aku udah telat 10 hari belum dapet mens tapi perut terasa sakit/ keram

    • http://www.anakku.net/ Anakku Magz

      Telat mens bisa disebabkan oleh berbagai hal, silahkan periksakan ke dokter ya :)

  • winda

    haii,bun saya winda saya telat sudah 3 hari sdah saya TP tp hasil masih negatif kpan saya bisa TP lg ya bun untuk tau hasilnya lg ya,.,

    • http://www.anakku.net/ Anakku Magz

      Dear Mba Winda, test pack bisa dilakukan 2-4 minggu setelah taksiran haid semestinya. bila masih kurang yakin, bisa periksa ke dokter :)
      smg dpt kabar baik yaa

  • Tyas

    Saya hanya merasakan gejala seperti mens biasa (PMS) Sampai-sampai saya tidak sadar sdh terlambat haid 2 minggu. Pas test pake sensitive, hasilnya strip 2…Alhamdulillah…

    • http://www.anakku.net/ Anakku Magz

      Selamat ya :)

  • rista

    saya sudah telat 12 hari waktu telat 8 hari sata TP hasil nya negativ. tetapi perut saya biasa2 saja. cuma berasa kram. dan suka keluar keputihan. mohon info yaa bun trima kasih :)

    • http://www.anakku.net/ Anakku Magz

      Dear Mbak Rista, perut kram, keputihan kemungkinan bisa disebabkan oleh infeksi. Coba diperiksakan ke dokter kandungan ya.

  • Yulie

    Salam sehat, sy mau tanya.

    Begini sy pernah keguguran bulan Juni tgl 8 dikuret usia janin mau masuk 6 minggu. Setelah itu bulan Juli, dan agustus sy haid selalu tgl 9 tapi dibulan September sy haid tgl 10. Sekarang bulan Oktober sudah tgl 10 sy belum haid jg, apakah sy hamil? karena kemarin tgl 9, 1 hari menjelang mau haid sy test pack masih negatif. Tapi badan terasa gampang lelah, gelaja mau haid itu udah ada seperti perut bagian bawah kram, pinggang pegel, payudara snut2. Apakah tanda kehamilan seperti ini jg?

    Mohon sarannya, terima kasih.

    • http://www.anakku.net/ Anakku Magz

      Dear Mbak Yulie, bila masih penasaran masih bisa dicoba dengan testpack lain atau ke laboratorium. Badan terasa gampang lelah atau kram perut, pinggang pegal dll memang bisa terjadi pada kehamilan, tapi bila terjadi itu belum tentu hamil (gejala tersebut sangat tidak spesifik merujuk ke kehamilan).

  • Maria

    Hai, salam kenal. Saya mau tanya apakah tanda2 kehamilan seperti payudara membesar or keras biasanya terjadi pd minggu keberapa ya? Krn saya sudah minggu ke3 tidak merasakan hal tsb. Terima kasih.

    • http://www.anakku.net/ Anakku Magz

      Salam kenal Mbak Maria, payudara membesar atau mengeras disebabkan untuk persiapan menyusui. Yang penting payudara sudah siap pada minggu ke 37 kehamilan, untuk mulai membesar/mengeras tergantung dari masing2 individu, jadi tidak perlu khawatir :)

  • maria.ulfa

    Salam kenal saya maria dari kaltim,mau tanyak ni bulan agustus saya hait tgl 30 selesai hait tgl 5 nah sekarang sdh tgl 3 desembet tapi blm dapat hait jg,nah saya ada tanda” seperti di atas payudara sakit dan suka kencing” di mlm hari,barusan tdi pagi saya tespek eeeh hasil nya(-) apa saya ini masuk dalam tanda” hamil

  • sana

    salm knl mbk, nm saya mbk sana, mbk bln kmrn saya haid tp cm 2hari, hr prtma haid biasa, tp hr ke2 cm flek coklt dan lngsung brenti total, biasa siklus haid 6-7 hari haid, dan skrg aq suka nglmin mual, puyeng, perut kyk kembung dan penuh, truz payudara suka sakit, apakah itu tnda-tnda kehamiln dini y mbk? buln ikmrn aq siap haid tgl 20,

  • mfatria putra

    Perkenalkan nama saya ricka… bulan januari saya sudah datang bulan dan pas 7hari abis bersih dan bulan febuari ini saya datang bulan sudah memasuki 4hari masih sedikit sedikit yg keluar juga darahnya tidak.semerah sep
    ertu datang bulanyanh kematin
    . Tapi keluhan saya mencium aroma yg sedikit bau terus kepala.pusing perut terasa mual dan kembung gitu. .

    • http://www.anakku.net/ Anakku Magz

      Dear ricka, sebaiknya diperiksakan ke dokter yah.. :)

  • fhyan

    nama sy ratna.saya bersetubuh dngan kekasihku ketika saya sedang datang bulan.apakah akan ada perkembangan janin?tapi saya sudah sring kencing-kencing dan payudar sering nyeri dan gatal”.apkah saya hamil?mohon bantuannya…
    Trima ksh

    • http://www.anakku.net/ Anakku Magz

      Dear Ratna, ketika sedang datang bulan, pada saat tersebut dinding lapisan rahim meluruh, sehingga tidak ada sel telur yang dapat dibuahi. Pada masa ini, bukanlah masa subur pada wanita, sehingga kemungkinan untuk hamil kecil. Namun, untuk memastikan kehamilan adalah dengan pemeriksaan urin jika dipastikan pada bulan selanjutnya tidak ditemukan pada siklus haid yang sesuai dengan jadwal. Terima kasih :)