Mengusir Deposit Lemak dengan Liposuction

0
[quote type="center"]Deposit lemak ‘bandel’ tidak akan terusir dengan olahraga dan diet.[/quote]

 

Cara yang efektif adalah dengan melakukan liposuction alias sedot lemak. Memiliki tubuh indah memang impian setiap orang, namun tanpa disadari akibat dari gaya hidup yang keliru banyak masyarakat baru menyadari bahwa tumpukan lemak sudah demikian banyak di tubuh. Akibatnya, selain ada lemak yang berada di permukaan, terjadi pula penumpukan lemak yang lebih dalam –disebut juga dengan deposit fat.

Deposit fat merupakan lemak yang sifatnya lebih solid dan padat, letaknya pun lebih dalam serta lebih sulit dibakar dengan olahraga atau aktivitas fisik lainnya. Deposit lemak juga bukan jenis lemak yang dapat digunakan sebagai cadangan energi.

Di mana deposit lemak berada?

Lemak yang sifatnya menggumpal ini biasanya terakumulasi di organ-organ tertentu, seperti perut, paha luar dan dalam, serta lengan.

Jika Anda ingin mengetahui apakah ada deposit lemak di bagian tersebut, caranya relatif mudah. Coba lakukan cubitan besar di bagian itu, dan rasanya adakah benjolan yang mengeras. Jika ya, beerarti Anda memiliki deposit fat.

Mengingat lokasinya, maka tak urung deposit fat mengganggu secara penampilan, membuat kontur tubuh menjadi kurang indah. Sayangnya, tumpukan lemak membandel ini tak mudah hilang dengan olahraga, maupun diet ketat, karena sifatnya yang solid. Lemak ini harus ‘dipecah’ dulu baru kemudian diambil.

rosiehuntingtonwhiteley.net

Ada 4 teknik pengambilan deposit fat

  1. Eksternal: Dengan menggunakan alat tertentu lemak dihangatkan dari luar, lalu kemudian diambil dengan ultrasound.
  2. Manual: Lemak langsung diangkat melalui operasi
  3. Ultrasound langsung
  4. Vaser: Merupakan teknik terbaru

Mengapa memilih liposuction?

Pada dasarnya tujuan liposuction adalah membentuk kontur tubuh agar proporsional (recounturing). Dengan demikian, liposuction tidak hanya dilakukan untuk mereka yang kelebihan berat badan saja (gemuk), mereka yang bertubuh relatif kurus namun memiliki kontur tubuh yang tak indah pun memerlukan liposuction.

Muara dari tujuan orang melakukan liposuction adalah estetika. Dan berdasarkan catatan dari meja praktik, kebanyakan usia wanita yang melakukan liposuction adalah 25-35 tahun. Dan mayoritas adalah kaum hawa.

Di mana melakukan liposuction?

Mereka yang melakukan liposuction selayaknya dalam kondisi yang nyaman saat treatment. Itu sebabnya bius yang dilakukan adalah bius umum, yang juga bertujuan untuk mendapat hasil luas serta kontur tubuh yang bagus.

Dokter yang dapat melakukan bius umum adalah divisi bedah—dalam liposuction adalah dokter bedah plastik. Oleh karena itu seyogyanya liposuction dilakukan oleh dokter bedah plastik. Di luar divisi tersebut tidak diperbolehkan melakukan bius umum.

Bisa langsung pulang

Bagaimana prosedur liposuction?.

  1. Pemeriksaan kesehatan secara umum. Bagi yang memiliki riwayat penyakit tertentu, sebaiknya berkonsultasi dengan dokter bersangkutan, untuk memastikan bahwa penyakit terkontrol dengan baik. Ini penting dilakukan untuk mencegah adanya gangguan hemodinamik.
  2. Melakukan pemeriksaan darah lengkap.
  3. Mendiskusikan dengan dokter bedah plastik untuk menentukan berapa banyak lemak yang akan diambil.

Jika semua berjalan lancar, proses liposuction dapat dilakukan secepatnya. Dengan catatan semua prosedur dan syarat sudah terpenuhi. Bahkan bisa saja klien langsung pulang pascaliposuction.

Pengangkatan deposit fat tidak boleh begitu saja dilakukan, tetapi tetap di bawah kontrol dengan mempertimbangkan komposisi lemak tubuh yang proporsional. Tidak disarankan mengambil lemak secara berlebihan, karena dapat menyebabkan ketidakseimbangan dalam tubuh, bagaimanapun lemak masih diperlukan oleh tubuh.

Share.

About Author

Dr. Gwendy Aniko, SpBP - Departemen Bedah Plastik FKUI/RSCM Jakarta