Peran Vaksinasi Influenza

0
[quote type=”center”]Tidak ada satu pun negara di dunia yang sangat siap menghadapi pandemi influenza.[/quote]

 

Namun kesiapsiagaan Indonesia saat ini sudah sangat jauh lebih matang dibandingkan saat flu burung pertama kali merebak di Indonesia empat tahun lalu.

Berbagai pertemuan digelar untuk membahas kesiapsiagaan menghadapi pandemi, baik nasional maupun antar negara dan internasional. Tujuannya, untuk merumuskan dan mendefinisikan bagaimana strategi koordinasi, respon, dan perencanaan pandemi pada level global dan regional serta upaya-upaya meningkatkan strategi tersebut. Pertemuan menekankan pentingnya sistem koordinasi maupun jaringan yang lebih baik. Salah satu yang perlu digarisbawahi adalah tentang vaksinasi sebagai langkah pencegahan influenza.

Hipotesa terjadinya pandemik influenza

Hipotesa munculnya pandemi influenza dibuat berdasarkan pengalaman pandemi terdahulu yaitu :

  1.  subtipe baru akibat genetic reassortant virus influenza manusia dengan virus avian influenza/unggas air.
  2. lazimnya virus influenza manusia tidak menyebar pada burung dan begitu sebaliknya.
  3. babi merupakan kandidat sebagai mixing vessel antara manusia dengan unggas air.

 

Ditemukannya kejadian luar biasa infeksi H5N1 pada unggas di Vietnam, Thailand, Indonesia, China, diramalkan bahwa episentrum terjadinya pandemi medatang adalah di Asia. Babi menjadi tempat ‘bertemunya’ virus influenza manusia dan unggas.Tropical Disease Research Centre Universitas Airlangga Surabaya telah menemukan kejadian infeksi H5N1 pada babi.

 

Vaksin influenza mengandung virus mati yang tidak infeksius sehingga tidak dapat menyebabkan sakit influenza. Vaksin influenza akan mencegah infeksi virus influenza dan tidak mencegah infeksi virus lain seperti parainfluenza,  ataupun selesma (common copld), yang memiliki gejala klinis serupa.

 

Apa beda vaksin seasonal influenza, vaksin pre-pandemik dan vaksin pandemik?

  1. vaksin influenza seasonal adalah vaksin yang dibuat untuk mencegah infeksi virus influenza yang bersirkulasi di masyarakat dan di-update setiap tahun
  2. vaksin pre-pandemik berisi antigen dari virus influenza subtipe H5N1, yang diduga kuat akan menjadi penyebab pandemik
  3. vaksin prepandemik adalah vaksin virus influenza yang berpotensi menjadi penyabab pandemi yang akan digunakan sebelum pandemi. Saat ini secara umum vaksin yang sedang dalam proses adalah dari clade-1 Vietnam strain dan clade-2 Indonesia strain
  4. vaksin pandemik adalah vaksin masa depan (masa pandemi) yang belum diketahui komposisi antigeniknya. Vaksin ini akan mencegah infeksi subtipe emerging influenza virus pandemik yang baru akan diketahui dari isolasi virus baru saat terjadi pandemi. Seseorang yang telah divaksinasi influenza seasonal maupun vaksin influenza pre-pandemik harus divaksinasi virus pandemik untuk mendapatkan pencegahan yang sempurna.

 

Dalam menghadapi pandemi influenza, setiap negara harus mempersiapkan diri dengan melindungi warganya masing-masing. Sebagai upaya mengurangi terjadinya genetic reassortment antara virus influenza manusia dan virus influenza avian, maka semua kelompok umur (>6 bulan) perlu diberikan vaksinasi influenza seasonal. Maka pemberian vaksinasi influenza seasonal perlu menjadi prioritas Departemen Kesehatan RI dalam menysusn Program Kesiapsiagaan Nasional Menghadapi Pandemi Influenza.

10 hal yang perlu diketahui tentang pandemi influenza :

  1. Pandemi influenza berbeda dari avian influenza
  2. Pandemi influenza merupakan kejadian berulang yang terjadi di dunia
  3. Dunia saat ini sedang dihadapkan pada ancaman pandemi influenza
  4. Pandemi influenza akan mengenai semua negara di dunia
  5. Penyebaran penyakit influenza (subtipe virus influenza baru) akan mengenai semua negara di dunia
  6. Menghadapi peningkatan kasus virus influenza pada saat pandemi, diramalkan perlengkapan medis tidak akan memadai
  7. Seperti pandemi influenza terdahulu, akan terjadi kematian dalam jumlah besar
  8. Pada saat terjadi pandemi, sektor ekonomi dan sosial akan terputus
  9. Setiap negara harus mempersiapkan diri menghadapi pandemi influenza, dengan mengacu pada pedoman WHO mengenai pandemic preparedness program
  10. WHO akan mengumumkan kepada dunia apabila telah terjadi ancaman pandemi.

Referensi :

  • WHO: Programmes and projects. Epidemic and Pandemic Alert and Response Diseases 14 October 2005. http://www.who.int/entity/csr/disease/en.
Share.

About Author

Prof. dr. Sri Rezeki S. Hadinegoro, SpA(K) - Divisi Infeksi & Penyakit Tropis Departemen Ilmu Kesehatan Anak FKUI-RSCM