Mempertahankan bahtera rumah tangga di era yang serba gadget ini memang tidak mudah, namun bukan berarti tidak ada cara untuk menjaga hubungan tetap mesra. Ini kuncinya.

  1. Hindari berdebat soal uang. Bagaimana Anda dan pasangan mengatur keuangan rumah tangga sebaiknya dibicarakan di awal pernikahan. Jika memang ada yang perlu dibicarakan, cari waktu dan suasana yang tepat.
  2. Letakkan gadget Anda berdua. Sisihkan waktu untuk berbincang di rumah, misalnya saja saat makan bersama, atau saat santai di ruang keluarga.
  3. Cobalah untuk tidak mempermasalahkan hal-hal sepele. Bicarakan tentang apa yang benar-benar penting dibicarakan, misalnya seberapa keras ia menyetel TV atau ia lupa menaruh koran.
  4. Utarakan rencana dan harapan, juga kekhawatiran Anda. Biarkan pasangan Anda tahu. Sebaliknya, pahami pasangan Anda dengan baik, dan dengarkan ia. Saling memberi perhatian penting dalam sebuah hubungan suami istri.
  5. Perlakukan pasangan Anda sebagai teman yang baik dan dapat dipercaya.
  6. Selesaikan argumen secara bersama-sama. Pikirkan pertentangan Anda sebagai masalah berdua untuk dipecahkan, bukan masalah menang atau kalah.
  7. Tunjukkan kasih sayang Anda setiap hari, dengan tindakan sederhana, misalnya menggenggam tangannya.
  8. Apa yang pertama kali membuat Anda tertarik kepadanya? Kenangan masa lalu akan membuat Anda tersenyum dan makin mencintainya.
  9. Setiap hubungan memiliki pasang surut. Ibarat investasi, seperti pasar saham, hubungan Anda akan naik turun. Dengan perhatian yang intens, semua masalah dapat diatasi bersama.
  10. Hindari saling memunggungi. Ini pertanda Anda berdua egois. Selesaikan permasalahan sebelum pergi tidur.
  11. Bangun di waktu yang sama. Kadang ada pasangan yang lembur, sehingga bangun lebih siang, sementara yang satu sudah berangkat beraktivitas. Hei, ini bukan hubungan yang sehat. Cobalah bangun di waktu yang sama di pagi hari. Setidaknya dapat sekadar mengucapkan selamat pagi pada pasangan.
  12. Cium pasangan Anda. Ini penting untuk menunjukkan rasa sayang atau cinta pada pasangan sebelum meninggalkan rumah. Usahakan Anda sudah bangun saat pasangan hendak berangkat ke kantor atau keluar rumah untuk menjalankan aktivitas.
  13. Berbagi tugas di rumah. Setelah menikah, tidak sedikit pria yang menyerahkan segala urusan domestik di pagi hari pada istri. Padahal berbagi tugas rumah tangga di pagi merupakan salah satu kunci pernikahan yang langgeng, karena dapat membangun kedekatan dan kebahagiaan yang akan bertahan sepanjang hari.
  14. Lakukan kontak mata dan beri ia senyuman. Saat bangun pagi, usahakan tidak langsung terburu-buru bangun dari tempat tidur. Habiskan waktu untuk saling berpelukan, berpegangan tangan atau jika tidak sempat cukup lakukan kontak mata.

Kebahagiaan itu kita yang ciptakan. Jadi, bukalah keran komunikasi yang baik dengan pasangan Anda.

Share.

Comments are closed.

Exit mobile version