Berikut adalah 4 fakta anak sulit makan :

  1. Kesulitan makan, berat pada anak (dicirikan dengan penolakan makan yang ekstrim, gangguan pertumbuhan, dan tak punya nafsu makan) tidak berhubungan dengan gangguan kognitif tetapi berhubungan dengan indeks perkembangan mental yang lebih rendah. Anak-anak ini kurang peka terhadap sinyal lapar dalam tubuh sehingga jarang merasa lapar. Hal ini tidak terjadi pada spektrum yang lebih ringan seperti anak-anak picky eater (pemilih makanan).
  2. Anak-anak picky eater memiliki variasi diet yang lebih rendah dibanding anak-anak dengan pola makan sehat. Bila hal ini terjadi, orang tua sebaiknya memiliki strategi dan rencana makan khusus agar asupan makanan lebih bervariasi.
  3. Anak-anak picky eater memiliki kecenderungan neofobia (takut kan hal-hal baru) sehingga orang tua kerap kesulitan memperkenalkan makanan baru. Namun ini tergantung bagaimana pendekatan ibu dalam memperkenalkan makanan tersebut. Tindakan pemaksaan tidak menguntungkan dan akan membekas bagi si kecil.
  4. Penelitian di Inggris melaporkan sekitar 20% ibu mengeluhkan anaknya memiliki problema makan, dan sebagian mengatakan anak hanya mau makanan tertentu (17%) atau minuman tertentu saja (13%). Anak-anak yang punya masalah makan memiliki berat badan yang lebih sulit naik. Namun tidak berarti anak-anak picky eater pertumbuhannya tidak sebaik mereka yang normal. Menurut penelitian ini pula, konsumsi susu berlebihan berhubungan dengan nafsu makan yang rendah tetapi tidak berhubungan dengan pertumbuhannya.

Referensi:
Wright, CM, Parkinson, KN, Shipton D, Drewett, RF. How do Toddler eating problems realte to their eating behavior, food preferences, and growth? Pediatrics October 2007; 120:4.pp. e1069-e1075
Chatoor, I, Surles J, Ganiban, J. Beker, L, Paez LW, Kerzner, B. Failure to thrive and cognitive development in toddlers with infantile anorexia. PEDIATRICS Vol. 113 No. 5 May 2004, pp. e440-e447.
Davenport, RJ. Picky eater. Sci.Aging Knowl. Environ. Jan 2004; 2004: 2.
Carruth BR, Skinner JD. Revisiting the Picky Eater Phenomenon: Neophobic Behaviors of Young Children
J. Am. Coll. Nutr., Dec 2000; 19: 771 – 780.
Carruth BR, Skinner JD, Houck K, Moran J, Coletta F, Ott D. The Phenomenon of “Picky Eater”: A Behavioral Marker in Eating Patterns of Toddlers. J. Am. Coll. Nutr., Apr 1998; 17: 180 – 186.

Share.

Leave A Reply

Exit mobile version