Bell’s palsy (kelumpuhan wajah sesisi)
Penyakit ini menyebabkan terjadinya pembengkakan saraf wajah (saraf ke-7) satu sisi. Biasanya penderita akan merasa salah satu matanya pedih ketika cuci muka, karena mata itu tak dapat dipejamkan. Ia juga sulit berkumur, mulutnya miring/mencong, bicaranya pelo, saat minum airnya akan meler, dan pengecapan lidah berkurang. Penemuan terakhir menunjukkan adanya kemungkinan infeksi virus yang terbawa oleh udara atau angin.

 

Penyakit ini sering dijumpai dan biasanya menyerang remaja dan dewasa muda. Bila terjadi pada orang tua harus dipikirkan kemungkinan gejala stroke.Bell’s palsy dapat disembuhkan bila cepat ditangani. Terapinya bisa dengan obat antiinfla-masi/antiedema, antivirus dan vitamin saraf. Penderita juga harus melakukan senam muka (facial exercise). Pasien biasanya akan pulih dalam waktu 1-6 minggu.

Gambar dari www.chicagoear.com

Tortikolis (leher tengeng/salah bantal)
Penyakit ini biasanya terjadi saat orang bangun tidur. Penderita merasa lehernya kaku, tidak bisa menengok kesatu sisi, juga nyeri seperti disetrum bila dipaksakan bergerak. Bila bicara atau batuk akan terasa sakit. Penyakit ini dapat diobati dengan suntikan pada titik-titik nyeri di leher serta pemberian obat antiradang. Bila perlu bisa dilakukan terapi pemanasan.

Frozen shoulder (bahu beku)
Penyakit ini biasanya timbul di saat bangun tidur pagi. Penderita tidak sanggup menggosok gigi dan menyisir rambut karena pergelangan bahunya terasa sakit bila lengan diangkat atau digerakkan. Bila tidak diobati tentu akan membatasi pergerakan bahu, dan bila penyakitnya menahun perlu dilakukan tindakan operasi. Pengobatannya terdiri dari pemberian obat anti-radang, anti nyeri dan suntikan pada pergelangan bahu. Juga perlu terapi pemanasan ditambah latihan bahu.

Carpal tunnel syndrom
Adalah penyakit dengan gejala kesemutan dan nyeri pada tangan terutama 3 pertama (ibu jari, telunjuk, dan jari tengah). Gejala akan lebih terasa pada malam hari dalam ruang ber-AC. Gejala itu disebabkan adanya pembengkakan saraf yang melewati terowongan di pergelangan tangan. Penyakit ini dapat disembuhkan bila cepat ditangani.

Share.

No Comments

  1. kalau salah bantal, bukannya hanya lia, tapi saya sering banget, apalagi kalau habis nemenin jay bobo, dia enak di kasur, emaknya kan geletakan di lantai he he, biasanya saya diemin aja, memang sih menganggu banget, habis udah keseringan…
    yang sebel itu kebiasaan bawa tas hanya disatu sisi, misalnya selalu dipundak sebelah kiri saja, jadi suka sakit di tulang belikat (tulang sayap) belakang.
    maklum kalau semasa gadis, isinya kan perangkat perang pribadi, setelah embel2 nyonya, dari tisu kering sampe basah, ikat rambut, peniti, tensoplas, kertas2 catatan belanja wuiih kumplit sama beratnya he he

  2. Moms, Dok,
    Sekarang saya sering kesemutan di kaki. Baru menggantung kaki sebentar saja, pasti deh kesemutan. :confused:
    Kenapa ya? Mohon infonya…
    ikutan sharing akh…
    mudah2an gak salah jawab
    kayaknya kurang vitamin b
    _______________
    fitri_bundanuzula 🙂

  3. wah majo kalo yang Tortikolis (leher tengeng/salah bantal) waktu itu lia pernah ngalamin.. kalo kata orang2 si bantalan.. biasanya lia pijit pake ludah basi dan bantalnya di jemur..

  4. Moms, Dok,
    Sekarang saya sering kesemutan di kaki. Baru menggantung kaki sebentar saja, pasti deh kesemutan. :confused:
    Kenapa ya? Mohon infonya…

  5. Bundanuzula,
    makasih ya. Saya akan coba makan supplemen vit B kalo emang begitu..
    Yg lupa saya kemukakan adalah, kesemutan ini baru saya rasakan sejak habis melahirkan.
    Duh kenapa ya? Takutnya ada sebab lain…

  6. Dear all bunda n dokter…

    Saya member baru anakku, salam kenal ya. Sudah 1 minggu ini saya sering sekali sakit kepala, berkunang2 dan akhir2 ini malah sakit sekali. ada yang bisa membantu?

Leave A Reply

Exit mobile version