Selama ini kita sering mendengar bahwa olahraga itu penting bagi kesehatan. Tapi tahukah Anda, seberapa pentingnya olahraga dalam kehidupan kita?

Jalan pagi, berenang, jogging, senam, pergi ke pusat kebugaran, aktivitas ini adalah bagian dari latihan fisik atau exercise yang umum dilakukan orang. Memperingati Hari Olahraga Nasional yang jatuh pada tanggal 9 September, mari kita gelorakan kembali semangat untuk berolahraga. Anda pun akan meraup manfaat yang luar biasa!
1. Memperkuat tulang dan otot
Hal ini penting terutama bagi anak-anak yang sedang bertumbuh. Di masa pertumbuhan, berolahraga akan memperkuat tulang maupun otot mereka. Dampak positifnya akan terasa ketika ia dewasa atau saat sudah menua.
Kenalkan kesukaan berolah tubuh sejak ia masih balita dengan memberikan contoh. Jika Anda ingin anak lebih serius mendalami olahraga tertentu, perhatikan juga kesiapannya. Panduan berdasarkan Bompa (2000), periode inisiasi atau memperkenalkan olahraga tertentu pada anak adalah di kisaran usia 6-10 tahun.
2. Mengontrol berat badan
Jika dilakukan bersamaan dengan mengatur pola makan, berolahraga dapat membantu kita mengontrol berat badan agar tidak berlebihan. Usahakan agar energi yang Anda keluarkan sebanding dengan kalori yang didapat dari makanan dan minuman yang dikonsumsi.
3. Mengurangi risiko penyakit jantung
Berolahraga membuat jantung lebih kuat dan sirkulasi darah terjaga dengan baik. Dengan demikian, sel tubuh pun mendapatkan nutrisi dan oksigen yang dibutuhkan. Anda akan terhindar dari penyakit yang berhubungan dengan kerja jantung seperti tingginya tingkat kolesterol dalam darah serta jantung koroner.
4. Memperbaiki kondisi mental
Tinggal di perkotaan memang banyak memberikan tekanan pada penduduknya, hal ini dapat mengganggu kondisi mental seseorang. Saat berolahraga, tubuh menghasilkan hormon endorfin yang membuat kita bahagia dan merasa relaks. Ini membuat kita lebih mampu mengatasi stres dan depresi.
5. Memperkuat kinerja sel otak
Sering mengalami ‘lola’ atau ‘loading lambat’? Ini karena pasokan oksigen di otak kurang mencukupi. Olahraga dan selalu aktif melakukan berbagai kegiatan fisik dapat mendorong tubuh menghasilkan protein dan senyawa kimia yang dapat memperbaiki struktur maupun fungsi sel-sel otak.
6. Memperbaiki pola tidur
Tidur adalah hal yang penting dalam hidup kita karena saat tidurlah tubuh melakukan berbagai perbaikan sel terutama penyimpanan memori. Kurang tidur dapat mengakibatkan munculnya banyak penyakit seperti tekanan darah tinggi atau diabetes. Olahraga membuat tidur kita memiliki pola tidur yang lebih baik dan berkualitas.
7. Memperbaiki hubungan seksual
Sirkulasi darah yang terganggu bisa mengakibatkan disfungsi ereksi pada laki-laki dan frigiditas pada perempuan. Dengan berolahraga, jantung terpompa dengan kuat, sirkulasi darah pun berjalan dengan lancar. Kondisi ini membuat baik laki-laki maupun perempuan dapat menikmati hubungan seksual yang lebih memuaskan.
8. Olahraga menghasilkan energi yang berlimpah!
Ini merupakan manfaat utama dari berolahraga. Tubuh menjadi segar dan bugar, lebih berenergi, mampu berpikir positif serta mengenyahkan depresi. Dengan kondisi prima karena rajin berolahraga, Anda lebih mampu menjalankan tugas sehari-hari dengan hati yang riang dan kemampuan sosial yang turut meningkat.
Nah, sekarang Anda paham alasan di balik kondisi tubuh yang sering merasa lelah, pusing, jantung berdebar, mudah sakit, sering berpikiran negatif, mengalami mood swings dan lain sebagainya, kan? Yuk kita mulai rajin BEROLAHRAGA sekarang, juga!
Referensi:

  • Artikel “Mengajak Anak Cinta Olahraga” oleh Dinastry Zakiuddin, Sp.KO yang pernah dipublikasikan di Majalah Anakku.
  • Sumber: https://www.mayoclinic.org/healthy-lifestyle/fitness/in-depth/exercise/art-20048389
  • Sumber: https://medlineplus.gov/benefitsofexercise.html
Share.

Comments are closed.

Exit mobile version