Hubungan suami istri kadang berada di masa-masa ‘dingin’ ketika muncul sebuah masalah atau masing-msing begitu ‘tersedot’ dalam kesibukan sehari-hari. Segera cari solusinya sebelum membahayakan pernikahan Anda.

Perbedaan dalam cara berpikir maupun berekspresi membuat komunikasi yang terjadi antara laki-laki dan perempuan sering mengalami hambatan. Hal ini menambah rumit masalah yang biasanya hadir dalam pernikahan. Pertengkaran demi pertengkaran pun muncul dan membuat hubungan suami dan istri jadi berjarak dan bahkan saling menjauh satu sama lain.
Jika berbagai masalah yang muncul ini tidak segera ditangani dengan baik, pernikahan Anda dapat memasuki masa-masa kritis.
Membutuhkan sinergi
Elemen paling penting dalam menjaga hubungan untuk tetap hangat adalah komunikasi yang baik atau efektif. Maksudnya, komunikasi yang dilakukan tidak hanya mampu menyampaikan pesan pada lawan bicara, tapi juga membuat lawan bicara paham dan ikut menyetujuinya.
Walaupun komunikasi efektif seperti ini tidak mudah untuk dilakukan, namun dibutuhkan sinergi dari kedua belah pihak untuk bisa terwujud.
Setiap kali Anda mengalami halangan dalam mengembalikan hubungan seperti di awal pernikahan, ingatlah bahwa pasangan adalah orang yang Anda cintai dan dipilih untuk menjadi teman seumur hidup. Dengan demikian, kondisi seperti apapun yang dihadapi, Anda tahu bahwa ia dapat menjadi rekan yang bisa diandalkan.

Memperkuat kontak batin
Di zaman yang begitu sibuk seperti sekarang ini, hidup adalah sebuah rentetan jadwal yang seakan tiada berkesudahan. Itu sebabnya mengapa justru ekspresi cinta dan menghargai pasangan justru semakin dibutuhkan.
Berikut adalah 8 cara yang bisa membuat hubungan dengan pasangan kembali menghangat:

  1. Mengingat kembali memori yang indah. Di awal masa pernikahan Anda pasti banyak kenangan yang indah dan membahagiakan. Anda dapat memunculkan ‘rasa’ itu kembali dengan lebih sering melakukan kontak fisik seperti menyentuh tangan, juga menatap matanya saat berbicara.
  2. Hindari menggunakan nada tinggi. Jika Anda terbiasa berkomunikasi dengan pasangan dengan nada tinggi, ini saatnya Anda mengubah nada suara Anda. Walaupun Anda berdua tidak sepaham akan sesuatu, pastikan masing-masing tetap menghargai pendapat yang lainnya. Jika hal ini masih sulit dilakukan, bisa juga dengan menggunakan fasilitas text messages di handphone untuk menyampaikan poin-poin yang Anda maksud secara jelas.
  3. Temukan waktu yang tepat. Ketika Anda baru saja mengalami hari yang sangat melelahkan, Anda dapat mengatakannya secara terus terang pada pasangan sehingga ia juga akan memberi Anda waktu untuk menenangkan diri. Sebaliknya, Anda juga sebaiknya mencari waktu yang paling pas untuk dapat mengajaknya berbicara tentang hal-hal yang lebih serius.
  4. Tunjukan bahwa Anda menghargai apa yang dilakukannya. Walaupun pasangan melakukan sesuatu yang terlihat remeh temeh, seperti membantu menyapu halaman atau membereskan tempat tidur, sampaikan bahwa Anda menghargai apa yang ia lakukan. Memberikan pujian juga akan membuatnya lebih semangat untuk melakukan hal-hal yang Anda sukai.
  5. Bercanda dengan pasangan. Humor membuat hal-hal berat terasa lebih ringan. Dengan bercanda, Anda dan pasangan dapat melihat sisi positif dari sebuah masalah dan bisa menemukan solusinya dengan lebih baik.
  6. Dengarkan dan perhatikan. Usahakan untuk tidak mendominasi pembicaraan dan perhatikan gestural atau sinyal-sinyal fisik yang diperlihatkan oleh pasangan. Anda akan lebih memahami apa yang ia pikirkan atau rasakan.
  7. Kencan berdua. Waktu berduaan selalu dibutuhkan untuk pasangan, tak peduli sudah berapa lama pernikahan berjalan. Kencan berdua memberikan kesempatan pasangan untuk kembali ‘terhubung’. Jika anak-anak masih kecil dan tak ada yang menjaga mereka, kencan berdua di depan TV setelah anak-anak tidur juga tetap terasa menyenangkan.
  8. Membuat catatan-catatan kecil. Kejutan-kejutan kecil yang Anda berikan pada pasangan, atau sebaliknya, sesungguhnya sangat berarti. Bahkan sebatas catatan kecil yang mengingatkan ia untuk tidak lupa makan pun seakan menjadi ‘benang’ yang menarik ingatannya pada Anda.

Menjaga kehangatan hubungan tentunya tak bisa dilakukan secara drastis. Apalagi jika masalah yang ada di antara pasangan belum terselesaikan dengan tuntas. Lakukanlah tahap demi tahap dan pertahankan yang sudah baik. Segala hambatan yang berhasil diatasi akan memperkuat hubungan Anda.
Referensi:

  • Grohol , Psy.D. 9 Steps to better communication today. http://psychcentral.com/blog/archives/2009/04/14/9-steps-to-better-communication-today/
  •  Stosny S. Marriage problems: how communication techniques can make them worse. https://www.psychologytoday.com/blog/anger-in-the-age-entitlement/201002/marriage-problems-how-communication-techniques-can-make
  • Duvauchelle J. Love and communication: 11 expert tips for a better marriage. http://www.focusonthefamily.ca/marriage/communication/love-and-communication-11-expert-tips-for-a-better-marriage

 

Share.

Comments are closed.

Exit mobile version