[quote type=”center”]Sekarang saatnya! Kita bahkan dapat menumbuhkan kecintaan anak pada membaca sejak mereka dalam kandungan. Kita perkenalkan suara dan perubahan intonasi kita saat membaca buku cerita.[/quote]
 
[dropcap style=”font-size: 60px; color: #83D358;”]K[/dropcap]etika ia sudah 3 bulan, kita bisa mulai menunjukkan buku dan membaca di sebelahnya. Ketika ia berusia 6-9 bulan, kita bisa memangkunya atau duduk di sebelahnya dan memperlihatkan buku sederhana untuk “dibaca” bersama-sama. Ketika ia berusia 1-2 tahun, kita bisa membaca bersama dan memintanya untuk pura-pura memegang buku yang kita baca. Ketika berusia 2-5 tahun, kita bisa bersama-sama membaca bersama buah hati kita, minta bantuannya untuk membuka halaman per halaman dan bahkan bisa mengajaknya memilih buku yang ia suka di toko buku. 
Yuk, pilih jenis bukunya ?
membaca-bersama
Apakah ada referensi judul buku yang baik dibaca anak ? Tidak ada. Semua buku dan bacaan memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing untuk setiap anak. Sesuaikan tahap perkembangan anak dengan jenis buku yang ada.
1. Catalogue book (0-6 bulan)
Adalah buku tanpa cerita. Biasanya di tiap halaman berisi gambar benda dengan namanya di bawahnya atau gambar aktivitas dan nama aktivitas di bawahnya. Biasanya buku ini berbentuk board book.
2. Picture book (7 bulan-3 tahun)
Buku cerita yang teksnya masih sedikit. Tiap halaman biasanya berisikan 1-2 kalimat. Ada hubungan langsung antara teks dengan gambar. Buku jenis ini dapat terus digunakan sampai anak bisa membaca sendiri.
3. Longer picture book (3 – 6 tahun)
Buku cerita yang teksnya sudah lebih banyak per halaman dan ceritanya lebih panjang, biasanya terdapat 2-5 kalimat.
4. Illustrated chapter book (6 – 12 tahun)
Teksnya sudah banyak, ceritanya mulai panjang (dibagi dalam bab) tetapi masih ada ilustrasinya. Cocok untuk anak usia 6 tahun ke atas, terutama saat ia sudah mulai belajar membaca namun masih mudah bosan untuk membaca dalam durasi yang panjang.
4. Short novel, novel dan story collection.
Ketiga jenis buku ini dapat diperuntukkan kepada anak di atas usia 12 tahun yang diasumsikan sudah mahir membaca. Ketiga jenis buku ini memiliki kesamaan, yaitu tidak lagi menggunakan ilustrasi gambar. Namun mereka memiliki perbedaan dalam panjang dan jumlah cerita dalam satu buku. Short novel memiliki satu cerita pendek di dalamnya, novel memiliki satu cerita dalam durasi yang panjang sedangkan story collection memiliki beberapa cerita yang masing-masingnya berbeda durasi dalam satu buku yang sama.
Referensi :

  1. Berk, Laura E. (2003). Child Development 6th ed. New York: Allyn and Bacon.
  2. Trelease, Jim. (2006). Read-Aloud Handbook. London: Peguin.
Share.

Leave A Reply

Exit mobile version