Dear Dokter,
Anak saya usia 2,5 tahun terjatuh dari tangga bermain di sekolahnya. Setelah saya periksa ada benjolan lunak di bagian yang terjatuh. Setelah saya periksa ke dokter dikatakan bahwa perdarahan terjadi di luar tengkorak, yang bisa dikatakan aman. Anak saya tidak disarankan untuk melakukan CT Scan. Apakah tidak di setiap anak terjatuh dilakukan CT Scan, Dok?
Hilda Hayarti – Bandung
=============================================================================
Ibu Hilda,
Apakah saat terjatuh kepala anak ibu sempat membentur sesuatu? Adakah yang melihat kejadiannya? Karena saat anak terjatuh yang perlu diperhatikan bagaimana kepalanya. Jika mengenai kepala, bisa menyebabkan anak dalam kondisi tidak sadar akibat perdarahan dalam rongga kepala. Akibat lain adalah terjadi pembengkakan otak. Akibat lainnya, seperti yang dialami anak ibu, terjadi benjolan di kepala.
Bila benturan terjadi pada bagian belakang kepala (apalagi benturannya keras) dapat menyebabkan pembengkakan otak, sehingga penglihatan dapat terganggu atau bahkan buta (yang mungkin bisa pulih dalam beberapa hari).
Untuk kasus ibu, coba lakukan observasi. Bila sejak jatuh, anak tidak mengalami perubahan dalam aktivitasnya, bisa dikatakan tidak ada gangguan dalam otaknya. Yang dikhawatirkan adalah bila sesudah jatuh, anak ibu kelihatan tidak sadar, kelihatan bingung, sering tidur, muntah, terdapat kaku leher, atau benjolan di kepala tak kunjung mengecil.
Jika Ibu masih waswas, cobalah konsultasikan ke dokter anak sub spesialis neurologi. Pemeriksaan CT Scan kepala direkomendasikan sesuai dengan indikasi dokter, namun tidak selalu dilakukan setelah anak terjatuh. Terima kasih.

Share.

Leave A Reply

Exit mobile version