[pullquote]Ibadah puasa seyogyanya diisi dengan hal positif, salah satu aktivitas yang dapat Anda lakukan adalah merajut. Bagi pecinta rajut gulungan benang dan jarum adalah sahabat yang mengasyikkan. Dan puncak dari keasyikan tersebut adalah hasilnya yang cantik.[/pullquote]
Sabtu pagi Ayu asyik merajut di tempat cuci mobil. Antrean yang begitu panjang tak terlalu dipedulikannya. Tangannya asyik menari-nari merangkai benang warna warni. Kesibukan yang sama pun dilakukan Dian, saat mengantar putrinya sekolah, sambil menunggu, ia asyik merajut.
Merajut tidak memerlukan banyak peralatan, cukup jarum, benang, dan gunting. Peralatan tersebut bisa dengan praktis dimasukkan dalam satu wadah kantong/tas, dan dimanapun Anda bisa merajut, di rumah, di bawah pohon atau dimanapun. Bagi Ayu dan Dian merajut seperti musik yang melenakan, dan membuat lupa waktu.
Belajar merajut bagi pemula
Tak ada batasan usia untuk merajut, tua muda semua bisa melakukannya, termasuk bagi para pemula. Belajar merajut bisa dilakukan secara privat atau bergabung dengan kelas-kelas merajut.
Belajar merajut, hal pertama yang akan mereka pelajari adalah teknik tusukan dasar. Untuk teknik merajut crochet, seorang pemula bisa belajar tusuk rantai, sementara untuk teknik knitting, hal yang paling awal dipelajari pemula yang ingin bisa merajut adalah teknik cast on.
Sebenarnya merajut tidak sulit dipelajari. Cepat atau lambatnya seseorang dalam menguasai teknik merajut sangat bergantung pada kecakapan yang dimilikinya. Biasanya dalam 4 sampai 5 kali sesi kelas merajut, seorang pemula sudah bisa merajut sendiri. Setelah menguasai teknik dasar, small project pertama yang biasa mereka kerjakan adalah merajut dompet kecil, dompet handphone dan tas kosmestik.
Macam-macam teknik merajut
Bila dilihat dari teknik pengerjaan dan peralatan yang digunakan, merajut terbagi menjadi:

  1. Crochet (hakken/merenda) merupakan teknik merajut yang menggunakan jarum yang ujungnya berupa kaitan.
  2. Knitting (breien/merajut) merupakan teknik merajut yang menggunakan dua buah jarum yang ujungnya runcing.
  3. Tunisian Crochet, merupakan bentuk pengembangan dari teknik crochet dimana jarum yang digunakan untuk merajut adalah lebih panjang daripada jarum yang digunakan untuk crochet. Tekniknya juga sedikit berbeda dengan crochet. Tapi hasil rajutannya bisa menyerupai teknik rajutan knitting.
  4. Knooking juga merupakan pengembangan dari crochet. Jarumnya sama seperti jarum crochet, tapi di bagian belakang terdapat lubang untuk memasukkan tali (alat bantu untuk merajutnya). Hasil rajutan dengan teknik knooking adalah menyerupai dengan hasil rajutan knitting.

Menyelesaikan suatu pola hingga menjadi rajutan yang baik
Dalam menyelesaikan suatu pola rajutan hingga menjadi suatu karya rajutan yang baik, waktu yang diperlukan sangat bervariasi tergantung pada pola dan rajutannya. Kalau polanya mudah dan rajutannya kecil, maka karya rajutan bisa diselesaikan dalam waktu cepat. Tapi kalau untuk rajutan besar seperti taplak meja makan atau bed cover maka penyelesaiannya juga memerlukan waktu yang lebih lama.
Download artikel lengkapnya di Majalah Anakku Digital :


Kesulitan yang kerap ditemui saat merajut
Bagi mereka yang hobi merajut, merajut merupakan suatu kegiatan yang sangat mengibur. Tetapi dalam merajut mereka juga kerap menemui beberapa kendala, salah satunya adalah ukuran hasil karya rajutan yang tidak sesuai dengan pola yang diikuti. Namun bagi perajut profesional, hal tersebut dapat disiasati dengan cara menghitung terlebih dahulu sebelum mulai mengerjakan rajutan.
Kendala lain adalah kehabisan benang padahal project yang dikerjakan masih setengah jalan dan benang yang dicari sudah tidak dijual lagi di pasaran. Tetapi biasanya bagi para perajut berpengalaman hal tersebut dapat disiasati dengan mengantisipasi stok benang berlebih.
Manfaat merajut
Selain mengasyikkan, merajut punya banyak manfaat. Salah satunya mencegah stress dan pikun. Dari sisi sosial, bergabung dengan suatu komunitas yang memiliki hobi sama akan menambah relasi. Dari sisi ekonomi, kegiatan merajut bisa mendatangkan income baik secara langsung maupun online.
Nah, bagaimana apakah Anda mulai tertarik bermain dengan jarum dan benang? Tidak ada kata terlambat untuk memulai suatu kegiatan yang mengasyikkan.
Konsultan :

  • Stephane (Gomerajut)
  • Octiani Laraswati (Komunitas Rajutan Mama)
Share.

Leave A Reply

Exit mobile version