[box type=”info”] Anak cacingan? Ah, itu mah biasa..namanya juga anak-anak. Eiiit…nanti dulu, jangan sepelekan bila anak Anda cacingan, karena cacing bisa merampas nutrisi, dan bermuara pada masalah kecerdasan anak.

Infeksi cacing atau biasa disebut dengan penyakit cacingan disebabkan oleh parasit. Parasit akan menyerang tubuh dengan cara menempelkan diri dan mengambil nutrisi. Pada kasus cacingan, cacing bahkan dapat melemahkan tubuh dan menyebabkan gangguan kesehatan.
Cacingan biasanya terkait dengan kesadaran akan kebersihan baik terhadap diri sendiri ataupun lingkungan sekitar. Cacingan dapat menular melalui larva/telur yang tertelan dan masuk ke dalam tubuh.
Salah satu akibat dari cacingan adalah berkurangnya kecerdasan anak, karena nutrisi penting bagi otak (misalnya zat besi) juga ‘dicuri’ oleh cacing-cacing tersebut. Akibatnya anak terlihat lemas dan sulit berkonsentrasi saat belajar. Sayangnya, kondisi ini kerap terlewatkan, karena cacingan dianggap sepele. Bila tidak ditangani dengan segera, infeksi cacing mengganggu aktivitas anak, dan pada akhirnya ber- imbas kepada kecerdasan anak.

[/box]
Untuk lebih jelas tentang pencegahan dan pengobatan cacingan, silahkan membeli majalah anakku edisi november 2011 ( Edisi 11/VII/2011
 

Share.

Leave A Reply

Exit mobile version