[box type=”info”] Pendidikan seks bukan hanya tugas guru, Anda perlu memberi pengertian soal ini pada putra-putri remaja Anda. Lebih baik mereka bertanya kepada Anda dari pada sumber yang lain. Alkohol dan obat-obatan memberi pengaruh yang besar terhadap kejadian seks bebas atau bahkan pemerkosaan.
Di sekolah mungkin remaja Anda mendapat ilmu tentang anatomi tubuh manusia, pendidikan seks, dan yang berkenaan dengan hal tersebut. Namun mereka mungkin tidak memahami dengan baik. Se- bagai orang tua sebaiknya Anda melengkapi apa yang mereka pelajari di sekolah, sebagai fondasi kehidupan seks mereka ke depan.
Orang tua perlu bicara dengan anak remajanya. Memang tidak mudah. Jika Anda menundanya sampai merasa waktunya tepat, Anda mungkin kehilangan peluang terbaik. Bicaralah sebagaimana Anda tengah bicara hal lain, dalam suasana santai namun serius.
Jika ABG Anda mengajukan pertanyaan yang sulit dijawab, bersikaplah jujur bahwa Anda tidak tahu, dan mengajaknya bersama-sama mencari tahu. Misalnya melalui buku, internet, atau tanyakan pada pakarnya. Jangan ‘sok’ tahu dengan menjawabnya kesana kemari, tapi malah justru membuat ABG Anda bingung.[/box]
Tertarik dengan ulasan ini, silahkan membeli majalah anakku edisi november 2011 ( Edisi 11/VII/2011 )

Share.

Leave A Reply

Exit mobile version